Militer AS Uji Coba APS Throphy di Tank Abrams

4
28
Tank M1A2 Abrams angkatan darat AS di Irak © US Army via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pentagon telah mengumumkan pada tanggal 18 Januari bahwa militer yang ditugaskan ke Kompi D, Skuadron ke-1, Resimen Kavaleri ke-1, Tim Tempur Brigade Lapis Baja ke-2, Divisi Lapis Baja ke-1, menguji sistem proteksi aktif untuk tank di Fort Bliss pada tanggal 1-13 Desember, seperti dilansir dari laman Defence Blog.

Sistem Proteksi Aktif (APS) Trophy buatan Israel untuk tank akan menghilangkan ancaman musuh, seperti granat berpeluncur roket dan rudal anti-tank, sebut Letnan Kolonel James Edwards, petugas penguji di Pusat Uji Angkatan Darat, Aberdeen Proving Ground, Maryland

“Cukup banyak yang dilakukannya, seperti melibatkan ancaman yang mendekati tank”, kata Edwards, yang hadir untuk pengujian di Fort Bliss. “Kami mencoba menentukan apakah kemampuan tersebut akan berlaku untuk platform Abrams”.

Untuk melakukan ini, penguji mengirim pasukan yang ditugaskan ke Kompi D, menjalankan tank gunnery Tabel III hingga VI. Mereka menggunakan amunisi aktif di Tabel VI, terhadap tank M1A2 Abrams SEPv2 standar dan terhadap tank yang dilengkapi dengan APS Trophy, kata Edwards.

Selain itu, US Army melakukan latihan adu kekuatan dengan kedua jenis tank.

Mekanik sipil memasang sistem Trophy pada lambung tank, dengan berat sekitar 5.000 pound, idenya adalah untuk membandingkan kinerja tank dengan dan tanpa beban.

“Beratnya sangat banyak, itulah sebabnya kami khawatir”, kata Edwards. “Kami khawatir dengan komponen seperti drive dan break turret, dan semua mekanik yang terlibat dalam melintasi turret”.

Ketika awak tank berlatih, sistem komputer merekam semua yang mereka lakukan sehingga anggota kru dapat meninjau kinerja mereka serta informasi itu juga membantu evaluator pada sistem Trophy.

Pengujian memuncak dengan tembakan ancaman simulasi jarak dekat, tetapi tidak langsung pada tank, untuk melihat apakah sistem akan menangkis ancaman, kata Edwards. Warga sipil, yang bukan Tentara, berada di dalam tank selama pengujian.

Beberapa entitas Komando Tes dan Evaluasi Angkatan Darat AS ini berkolaborasi bersama dalam acara tim uji gabungan. Personel penguji dari Komando Uji Operasional, Fort Hood, Texas; Pusat Tes Aberdeen, Aberdeen Proving Ground, Maryland; Pusat Uji Yuma, Yuma Proving Ground, Arizona; dan Redstone Test Center, Huntsville, Alabama, berpartisipasi dalam pengujian, lanjut Edwards.

Pemerintah Israel pertama kali mengembangkan teknologi proteksi aktif Trophy ini, kata Edwards, dan Angkatan Darat AS mulai mengembangkan sistem tersebut untuk Abrams sekitar dua tahun lalu.

Produksi sistem akan menjadi kolaborasi antara General Dynamics Land Systems, Leonardo DRS, dan Rafael Advanced Defence Systems Ltd. General Dynamics Land Systems sendiri adalah produsen asli tank Abrams; sementara Rafael adalah produsen asli dari sistem APS Trophy dan bermitra dengan Leonardo DRS.

4 KOMENTAR

  1. Tehnologi kreatif dan muhtahir yang cukup revolusioner akan terus berkembang…ini mungkin jadi solusi bagi kendaraan lapis baja ringan yang rentan dari serangan…!!!
    Saya berharap BUMN strategis kita bisa mengeluarkan produk yang revolusioner seperti ini….!!!
    Kita…???