Jan 292019
 

JakartaGreater.com – Angkatan Bersenjata Filipina melalui Departemen Pertahanan (DND) berencana untuk memperoleh sistem pertahanan udara SPYDER. Sistem SPYDER dibangun oleh Rafael Advanced Defense Systems dari Israel, seperti dilansir dari Army Recognition.

DND mengatakan bermaksud untuk membeli SPYDER, namun mereka masih perlu untuk menentukan kualitasnya. Pemerintah Filipina terlibat dalam program modernisasi militer yang signifikan. DND telah membeli rudal sejumlah SPIKE-ER dari Israel untuk Angkatan Laut Filipina.

SPYDER (Surface-to-air PYthon dan DERby) merupakan sistem pertahanan udara mobile jarak pendek dan menengah buatan Israel yang dikembangkan perusahaan Rafael Advanced Defense Systems dengan bantuan dari Israel Aerospace Industries (IAI).

Rafael merupakan kontraktor utama dan IAI adalah subkontraktor utama untuk program SPYDER tersebut. Sistem ini mencapai tonggak pentingnya pada tahun 2005 ketika rudal ditembakkan terhadap sasaran uji di Shdema, Israel dan mencetak hit langsung. Sejak itu, telah dipamerkan di beberapa pameran militer di seluruh dunia.

SPYDER adalah sistem rudal permukaan-ke-udara level rendah, reaksi cepat yang mampu menyerang pesawat terbang, helikopter, kendaraan udara tak berawak, drone dan amunisi dengan pemandu presisi.

Ini memberi pertahanan udara untuk aset tetap dan pertahanan titik dan area untuk pasukan mobile di zona pertempuran. Sistem dipasang di atas truk Tatra, truk Mercedes-Benz Actros, truk MAN TGS, truk seri P Scania, truk Dongfeng, atau TELAR.

Ini mengimplementasikan rudal Python-5 dan Derby dari perusahaan yang sama. Peluncur SPYDER ini dirancang untuk menembakkan rudal darat-ke-udara Python-5 dan Derby yang memiliki kesamaan penuh dengan rudal udara-ke-udara.

Ada dua varian SPYDER:

  • SPYDER-SR (jarak pendek): 20 km dengan rudal Python-5
  • SPYDER-MR (jarak menengah): 50 km dengan rudal Derby

Kedua sistem adalah reaksi cepat, segala cuaca, sentris jaringan, multi-peluncur, dan self-propelled. Baterai tipikal terdiri dari:

  • 1 unit pusat komando dan kontrol
  • 6 unit peluncur rudal dan kendaraan pemasok
  • SPYDER-SR menggunakan radar ATAR EL/ M-2106
  • SPYDER-MR menggunakan radar MMR EL/M-2084.

Yang terakhir adalah radar yang sama yang digunakan oleh sistem Iron Dome yang saat ini berada dalam pelayanan dengan Angkatan Bersenjata Israel.