Apr 102016
 

Manila – Para pejabat militer bersumpah Minggu/ 10/4/2016, untuk “menghancurkan” kelompok ekstremis Abu Sayyaf dengan lebih ofensif setelah pertempuran sengit selama akhir pekan meninggalkan 18 tentara tewas dalam pertempuran satu hari terbesar pemerintah tahun ini.

Menteri Pertahanan Voltaire Gazmin dan pejabat militer terbang ke selatan untuk melihat sebagian dari 53 tentara yang terluka dalam pertempuran dengan militan Abu Sayyaf yang mengamuk selama hampir 10 jam, hari Sabtu di daerah-daerah pedalaman di pulau Basilan. Setidaknya lima militan, termasuk seorang pejuang Maroko, tewas, kata militer.

Banyaknya korban yang dilaporkan ditandai Filipina sebagai Hari Valor Sabtu (Day of Valor Saturday), untuk mengingat veteran Filipina yang meninggal dalam Perang Dunia II.

“Setelah kami berduka untuk tentara kita, kita akan melanjutkan pertarungan,” ujar Menteri Pertahanan Voltaire Gazmin dan militer pun mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama.

Kepala Staf Angkatan Darat Letjen Eduardo Ano mengatakan militer bertujuan untuk “menghancurkan Abu Sayyaf secara total”, terutama sekarang kita telah menemukan lokasi yang tepat dari kelompok tersebut.”

Sebuah serangan besar pada hari Sabtu ditargetkan untuk melumpuhkan komandan Abu Sayyaf Isnilon Hapilon, yang secara terbuka berjanji setia kepada kelompok ISIS dan telah diburu selama bertahun-tahun karena perannya yang dituduhkan dalam beberapa serangan teroris, kata para pejabat militer.

Washington telah menawarkan hadiah sampai $ 5 juta untuk informasi yang mengarah ke penangkapan dan penuntutan Hapilon ini.

Militan Abu Sayyaf, bagaimanapun, berhasil memperkuat barisan mereka yang tercermin dalam pertempuran ini. Saat Militer menjelajahi daerah pemberontak, pasukan bertemu dengan senjata berat dan terkena ledakan yang mungkin telah disebabkan oleh bom, ujar Ano kepada wartawan.

Di antara militan terbunuh adalah warga negara Maroko diidentifikasi sebagai Mohammad Khattab dan putra Hapilon. Mayor Tan menambahkan bahwa sekitar 20 orang bersenjata lainnya luka-luka.

Militer Filipina Patroli di zamboanaga (Foto : AFP)

Militer Filipina Patroli di zamboanaga (Foto : AFP)

Khattab, seorang ahli pembuatan bom, telah berada di Filipina selama sekitar tiga tahun dan sedang berusaha untuk menghubungkan Abu Sayyaf dengan organisasi teroris Timur Tengah kemungkinan termasuk kelompok ISIS, kata Ano.

Abu Sayyaf telah jauh melemah, sejak lebih dari satu dekade akibat serangan Filipina yang didukung AS. Namun jumlah besar korban militer pada pertempuran hari Sabtu menggarisbawahi ketahanan militan ‘dan kompleksitas menangani masalah keamanan selama puluhan tahun di selatan.

Tahun lalu, 44 pasukan komando polisi tewas dalam bentrokan dengan berbagai kelompok pemberontak di kota Mamasapano selatan, saat misi rahasia yang penuh dengan perencanaan namun pelaksanaannya rusak, tapi tetap membunuh seorang tersangka teror Malaysia.

Kemarahan atas kematian polisi terhenti setelah kesepakatan damai dengan kelompok pemberontak Filipina.

Abu Sayyaf didirikan pada tahun 1991 di Basilan, sekitar 880 kilometer (550 mil) dari selatan Manila. Dengan mengumpulkan tokoh agama dan penjahat, ia bersumpah untuk melakukan jihad, atau perang suci, tetapi kehilangan kepemimpinan kunci di awal pertempuran, dan mengirimnya ke jalan kekerasan ekstremisme dan kriminalitas.

Amerika Serikat dan Filipina telah secara terpisah memasukkan Abu Sayyaf ke dalam daftar hitam sebagai organisasi teroris untuk pemboman mematikan, penculikan dan pemenggalan kepala.

Kelompok brutal ini telah disalahkan untuk lonjakan penculikan dengan tebusan dalam beberapa pekan terakhir. Faksi Abu Sayyaf membebaskan mantan misionaris Italia pada hari Jumat setelah enam bulan kurungan hutan di pulau Jolo selatan.

Abu Sayyaf mengancam akan memenggal kepala salah satu dari dua warga Kanada dan Norwegia yang diculik jika uang tebusan besar tidak dibayar, tapi belum ada tanda-tanda nasib para sandera setelah batas waktu berakhir pada hari Jumat.

Kini militer Filipna berjanji akan menghancurkan Kelompok Abu Sayyaf secara total, pasca tewasnya 18 prajurit Filipina dalam pertempuran 9 jam, Jumat hingga Sabtu, 09/4/2016.

Sumber : Pphilstar.com

  52 Responses to “Militer Filipina Bersumpah, Akan Hancurkan Total Abu Sayyaf”

  1.  

    Hati” dengan sumpah…. Nanti klo ga ksampean gmna coba???

    •  

      itu tentara yang kiri gendut..d Indonesia sudah di mutasi saja ke kelurahan..gk boleh ikut perang..hee

    •  

      persenjataan kaliber besar , senapan mesin berat , M20 pelontar granat , carl gustaf , rpg 7 , IED peledak ranjau buatan dan ranjau darat …
      itu inti dari kekuatan bandit penculik yg harus digaris bawahi …
      mampukah di berangus hanya dengan pasukan khusus bersenjata mp5 , HK416 , M16A1 , ss1 , ss2 ?? dan kemampuan akrobatik turun dari heli , rappeling dari atas gedung , berkerumun dalam 1 regu menyerang ke depan ??? latihan yg selama ini melawan teroris abal2 yg seolah2 tidak tahu kehadiran pasukan khusus engagement ..
      latihan yg mengkhususkan teroris yg sedang didalam gedung dengan kemampuan vision terbatas , terdesak dan bersenjata ringan ..
      bagaimana dengan melawan teroris bersenjata seperti rambo dengan jumlah ammo dan pasukan tak terbatas , membangun benteng di bukit dan hutan2 , medan ranjau , sniper , dan jebakan2 trdisional ..
      seperti kopassus yg terjun di timtim banyak korban di kopassus ..
      abu sayaf sesuai dan sama dengan persenjataan fretelin pada awal perang terbuka di tim tim lengkap dan terlatih …
      semoga berhasil TNI ..

  2.  

    hikamah dari sebuah kejadian penyanderan..moment yg tepat buat filipina menghabisi segala bentuk pemberontakan…mungkin TNI jika di ijinkan akan memback up jika mereka kewalahan..

  3.  

    Turut berduka cita atas perjuangan tentara Pilipina yang jadi korban

  4.  

    Semoga keadilan ditegakan.. Amien ya rabb..

  5.  

    Klo diliat rencana bagus, semua pas pelaksanaan ga bagus, jangan2 ada invisible hand yang masok senjata kaum tsb, dan kasih tau rencananya

    Kalau udah kyk gini kayak disuriah dunk

    Hmm… Susah juga ya, harus bener2 diperhitungin, soalnya senjatanya canggih2, dapat dari mana coba?

    Kayak seolah-olah emang dibikin biar rusuh terus…

    Indonesia jangan ampe gitu…

    Amin!
    Tiga “PERSATUAN INDONESIA”

    JAYALAH NEGERIKU
    JAYALAH BANGSA KU

  6.  

    banyak juga yang mati, kalau udah begini masa iya mau mundur.
    pihak filipin udah mengurung dari mana aja alias gak di beri lubang buat kelompok abu sayaf turun ke kota. cari makan dimana coba, kelaperan yang ada.

  7.  

    Yo wis sak karepmu.dibantu malah mlengos.

  8.  

    mugo2 cpt mari masalahe tak dungakno para WNI sing d sandera slamet kabeh lan tentara filipina sing gugur d terimo arwahe karo gusti ALLAH amien

  9.  

    Smoga kalau ada perubahan terjadi di Philippine tidak justru berdampak negatif bagi WNI di sana.

  10.  

    Lha tentara ente ngak ikut tho?

    •  

      Piye toh tentara Filipina, iso entek nek ora dibantu, Indonesia cepet kirim DENSUS 88ne. (gimana nih tentara Filipina bisa habis kalo tidak dibantu, Indonesia cepat kirim DENSUS 88 nya yg gagah berani).

  11.  

    Perang asimetris tapi tentaranya tidak pakai rompi dan helm anti peluru kasihan bgmna ngga banyak yg mati

  12.  

    Maju ntrus tentara filipin,pantang menyerah sebelum ditumpas habis militan abu sangap,,,,
    Tapi jangan sungkan2 minta bantuan TNI,akan lebih efektif jika operasi gabungan sama TNI.

  13.  

    Lain kali kalo menyerang jgn hnya pasukan infateri tp hrus ada bantuan kekuatan udara yg mendukung dri atas.. Biar konsentrasi musuh pecah…ok???

  14.  

    sebaiknya pembebasan sandera lebih diprioritaskan sebelum niat menghancurkan total abu sayyaf.

  15.  

    Assalamu’alaikum
    Saya mau mengomentari pasukan filipina.
    Jika kondisinya lagi kena serangan mendadak yang dan posisi tentaranya lagi di angkut truk, seharusnya tentara yang keluar duluan langsung tiarap sambil memberi tembakan balasan kemudian lemparkan granat asap ataupun ledakan untuk memberi jeda pasukan lainnya mengambil posisi serta untuk memecah pasukan musuh, http://jakartagreater.com/satelit-indonesia-temukan-posisi-wni-yang-disandera-abu-sayyaf/ masa pasukan bergerombol seperti ini, la kalau saya terorisnya saya tembakin kemudian saya roket musnah deh. Pasukan elit itu biasanya kalau operasi diterjunkan individu atau grup” kecil dan jaraknya pun gak tanggung” biasanya 30km dr target operasi makanya staminanya harus kuat. Selain itu catatan untuk pelatihan tentara pilipin jangan gunakan minuman keras yang ada malah kena diabetes nantinya.
    Btw tentara malaysia, china, amerika dan lainnya insyaallah saya sudah tahu kelemahannya, seharusnya seorang penjaga negara harus tahu kelemahan musuh potensialnya.
    Btw lagi menggoda penyiar radio wuahahaha :v

  16.  

    selama ini media slalu membesar besarkan kehebatan tni terutama dlm menumpas kelompok militan..kelompok abu sayaf ini gk bs di anggap enteng..mreka punya senjata canggih,gk hnya senapan tp pelontar granat bahkan ranjau bnyak ditebar dimana mana..mereka psti lbh jauh mengenal medan tempur sendiri..ini saatnya membuktikan kehebatan tni ys selama ini slalu di beritakan media media..jika trnyata nnti gagal atau bnyak makan korban,bs malu kita

  17.  

    harus perang total negara berdaulat harus mampu mengawal semua wilayahnya.
    jangan ragu minta bantuan kepada TNI,awal bencana ini adalah karena penyanderaan WNI.
    maju terus tentara filipina lebih baik menghadapi ancaman daripada selalu dalam ancaman.

  18.  

    Pasukan kita tentunya sdh paham tntang perang hutan, dimana area ranjau dan tmpat yg mungkin dpasang jebakan2 bahkan tmpat2 yg disinyalir adanya sniper karena dlm latihan survival itu jg diajarkan dsana tinggal realisasinya melawan milisi abu sayyaf..yg penting kita siap dan yakin serta semangat dlm diri kita sbagai prajurit..mati dlm tugas sebagai prajurit lebih kami banggakan dripada wafat setelah pensiun dan juga adalah hal wajar kalo kita mati dalam tugas karena sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai prajurit…

  19.  

    kagak usah menyamar juga udah keliatan kelakuan malon kayak gimana.

  20.  

    Kalo kita boleh masuk … musti bw armed, mi35, kav marinir & sekalian siapkan meriam kapal perang … tes SPR neh

    Kemungkinan akan menghadapi perang terbuka spt tentara Philippine.

    Logistik musti cukup …

  21.  

    Kalo saya takut mati ga usah jadi prajurit jadi hansip saja yg tugasnya menjaga acara pernikahan dan ronda keliling kampung buat nangkap maling bung….

  22.  

    Kok kayaknya langsung neken Abu Sayyaf terus? Gara-gara sandera 10 WNI? Apa Philippine merasa bertanggung jawab sekarang pas ada sandera WNI? Kan bisa dari kemaren-kemaren.

    Jadi pengen tau dibalik dapurnya…

  23.  

    Nbell bisa airrefueling ga all?

  24.  

    Hehehehehe…diserang pada saat konvoy besar…bukankah tentara philipina sdh tahu medan dilapangan..?jika ada diantara ketinggian seharusnya lebih waspada dgn memecah konvoy menjadi beberapa tim..dan mengirim tim pembersih ke titik rawan ketinggian tsb..atau menyertakan helikopter serang utk melindungi pasukan darat yg maju..dan kemungkinan ops ini sdh bocor (mata2 ditubuh militer pinoy)shg medan lintas konvoy sdh diketahui dan dibuat jebakan betmen terbukti mereka amat siap menyambut kedatangan tentara pinoy ini dgn bom mungkin ranjau dan senjata berat lainnya…mungkin perang anti gerilya yg hrs diterapkan dgn jaring laba2 utk membuat sekat menyebarkan tim2 khusus kecil yg mengendap 3-7 hari dilokasi musuh sekaligus memutus jalur logistik dan bantuan serangan dari gerombolannya.. Btw RIP turut berduka cita utk semua korban tentara philipina.. Adios amigos siap adu jotos

  25.  

    bell philipina ga ada flir nya mungkin yak? Soalnya bukan anggota. Klw dipinjemin bell yg di sentul boleh tidak?

  26.  

    sependapat sama @Tukang Cari Kesimpulan.
    militer fhilipin terkesan buru” dlm operasi militer ke kelompok abu sayaf…setalah 10 wni d sandera.
    pemerintah fhilipin terlihat panik begitu pemerintah Indonesia tawarkan bantuan militer…

    Om Diego mohon pencerahan nya donk…

  27.  

    Taruhan nih, itu 2 yg dikirim dari penerbad 1745 bukan perwira kopassus. Kalau bravo99 jg bukan. Klw denjaka ga mungkin. Mungkin panglima kesana. Tapi ada yg kena Mines. Ketahuan di serbu anak kampung atas. Makanya sampai 10 jam oprasi. Bell ga brani bantu harusnya brokenarrow. Tapi ditolak pangkalan. Ckckck. Sedih banget bayangkannya.

  28.  

    moga militer filiphina lbh hati”dan lbh efektif dlm menumpas teroris,strategi yg tepat,perencanaan yg matang didukung mental baja, niscaya bisa menghancurkan target dgn korban seminimal mungkin di pihak pemerintah,,,salut atas keberanian dan pengorbananya,,

  29.  

    wuih langsung dihadiahkan Korea Selatan 16 Bell, AAV7A1, two frigates, two anti-
    submarine helicopters for Philippine Navy; two
    long-range patrol aircraft, six close-air support
    aircraft, munitions for FA-50 and three air
    surveillance radars for the Philippine Air Force.

  30.  

    gitu yang semangat!!! kalau semangat saja tidak punya macam mana nak perang.strategi menghadapi masalah seperti ini harus dengan cara infiltrasi atau penyusupan,bukan terang terangan,setelah sandra di bebaskan baru pasukan pemukul turun tangan.
    jadi lucu lihat komentar bocah menyamakan kejadian pilifina dengan gpk,kalau di filipina mereka terkosentrasi pasukan besar dan tidak sembunyi sembunyi,kalau gpk selain segelintir orang mereka menyebar dihutan hutan.tapi saya maklum mungkin seumur hidup mereka tidak pernah tau hutan,mencari manusia di hutan sama saja mencari jarum dalam tumpukan jerami.

  31.  

    Udah dikasih arena sama Bung Admin tuhh, jgn bergaduh disini…

  32.  

    hebat wong jowo cuma mereka yg terbukti cinta mati ama TNI

    suku suku lain zaskia gk pernah tengok tu komentar dukung TNI

  33.  

    Dr lokasinya sih itu area kos2an mahasiswa unair bro. Mungkin mahasiswa unair yg dri Malaysia ato orang biasa yg cuma pengen ngetroll ae..

  34.  

    malon celup

  35.  

    seletan filipina “”tokoh agama dan penjahat”””, ia bersumpah untuk melakukan jihad, atau perang suci
    ————–
    damai lah negeri ku semoga orang waras lebih banyak di negeri ini..

  36.  

    @pemo

    Alamat itu kuburan bang…

  37.  

    kalau di tarik garis lurus dari permasalahan nya adalah penyanderaan oleh abu sayyaf,. di luar polemik yang di hadapi disana. seandainya abu sayyaf membenci pemerintahan filipin kenapa banyak sandera yang diambil.

  38.  

    kok lokasinya di negara camerun …gmna tuh…

  39.  

    saya nak kasih ulasan..baiknya mcm perkara ni pasti akn lama..pasal fhilipina nak rasa sdh berkorban untk tenteranya.mereka tak mahukan kegagaln lgi..mkin shaja malu.dn akn mmblaskn atas keganasan dn jenayah2 abu sayaf.mereka jg sdh dptkan cabaran atas tewasnya tentera2 mereka dn mkin sahaja kerajaan fhilipina ttp akn mngeluarkn semua kekuatn militernya.jika kerjaan fhilipina ttp memaksakn kekutan militernya untk mnghncurkn pngganas ni apkh mereka bolh kuasakan untuk tawanan yg bnyak ttp aman ni mesti difikir dngn baik..bolh sahaja abu sayaf nak makin berjaya pasal mereka bolh ksih ancaman dn amaran untuk tawann akn ditewaskan.jumlah tawann ade 10 ini bukn satu atau dua..fhilipina mesti pakai strategik yg haibat..

 Leave a Reply