Feb 242015
 
Prototype Tank SBS Pindad (JKGR)

Prototype Tank SBS Pindad (JKGR)

Sebagai salah satu negara yang mempunyai luas wilayah dan jumlah penduduk yang besar di dunia, Indonesia sudah sewajarnya berusaha melakukan modernisasi peralatan militernya agar ketika digabungkan dengan semua potensi dan sumber daya lain, bisa menjadi sebuah kekuatan militer yang diandalkan untuk menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesua dari gangguan dan ancaman negara lain.

Berikut perhitungan beberapa variabel kekuatan militer Indonesia yang dihitung oleh sebuah lembaga pemeringkat kekuatan militer dunia Global FirePower military dimana Indonesia berada di urutan 12 dengan Power Index: 0.5231

TENAGA KERJA
Melampaui Total peralatan militer yg ada dimana ketersediaan jumlah tenaga kerja yg sewaktu waktu siap untuk melayani negara dalam sebuah keadaan perang jumlahnya cukup besar. Hal ini mendorong kekuatan militer indonesia ke arah kesiapan tempur pada titik tertentu.

Jumlah penduduk: 253,609,643
Tenaga kerja : 129,075,188
Personil aktif :  476.000
Personil aktif Reserve: 400.000
Reaching military age annualy : 4.455.139

KEKUATAN DI DARAT
Tank tempur utama, light tank dan tank penghancur Termasuk jg pengangkut personel lapis baja (APC) dan Infantry Fighting kendaraan (model APC).

TanK: 468 UNIT
Lapis baja (AFVs): 1,089
Self-propelled senjata (SPGs): 37
Artileri: 80
MLRS: 86

KEKUATAN UDARA
Jumlah pesawat tempur termasuk pesawat sayap tetap dan rotary.

Jumlah pesawat: 405
Pesawat tempur/sergap: 30
Pesawat bersayap tetap: 52
Pesawat Transportasi : 187
Pesawat latih: 104
Pesawat lain: 148
Helikopter serbu : 5

KEKUATAN ANGKATAN LAUT
Jumlah kapal perang dan beberapa material yg lainnya.

Kapal perang: 171
Kapal induk: 0
Fregat: 6
Kapal perusak: 0
Kapal Corvette: 26
Kapal selam: 2
Pertahanan pantai : 21
Mine Warfare: 12

SUMBER DAYA (MINYAK)
Minyak tetap nyawa dari kekuatan dalam suatu perang.

Produksi minyak: 983,000 bbl/hari
Konsumsi minyak: 1,355,000 bbl/hari]
Proven oil reserves : 4,030,000,000 bbl/hari

LOGISTIK
Salah satu variabel penting untuk memenangkan sebuah peperangan adalah  logistik. Jumlah Tenaga kerja yang mencerminkan juga sebuah kekuatan memanfaatkan industri untuk perang secepat mungkin.

Angkatan kerja: 120,000,000
Merchant Marine strength: 1,340
Pelabuhan utama : 9
Cakupan jalan: 437,759km
Cakupan Kereta api: 5,042km
Jumlah Bandara: 673

KEUANGAN (dalam USD)

Terlepas dari kekuatan memanfaatkan militer dalam jumlah, perang masih didorong oleh pembiayaan sebanyak  apapun.

Anggaran pertahanan: $6,900,000,000
External debt : $223,800,000,000
Reserves of foreign exchange and gold : $83,450,000,000
PPP: $1,285,000,000,000

GEOGRAFI (km)
Nilai-nilai geografis terutama keaslian angka ke dalam perang defensif-berpikiran (berlaku invasi).

Luas wilayah : 1,904,569 km
Pantai: 54,716 km
Panjang Perbatasan: 2,958 km
Waterways : 21,579 km

Berikut Urutan Lengkap :

1. USA               Pwrindx     0.1661
2. Rusia                                0.1868
3. China                                0.2341
4. India                                 0.2695
5. Inggris                             0.2743
6. Prancis                            0.3065
7. Korsel                              0.3098
8. Jerman                            0.3505
9. Jepang                            0.3836
10. Turki                               0.4335
11. Israel                              0.4074
12. Indonesia                      0.5231
13. Australia                        0.5281
14. Canada                          0.5625
15. Taiwan                          0.5671
16. Italia                              0.5735
17. Pakistan                       0.6122
18. Mesir                             0.6214
19. Polandia                       0.6688
20. Thailand                       0.6833

Sumber GFP 2015.

By. Alden

Bagikan :

  156 Responses to “Militer Indonesia Nomer 12 Terkuat di Dunia”

  1.  

    one

  2.  

    two

  3.  

    Hore peringkat 12….

  4.  

    Bentar lagi urutan 13 australia menggantikan posisinya, begitu F35 dateng…

  5.  

    Parameternya apa aja y..yg ghoib2 dihitung jg ga..:)

  6.  

    Belum tentu kalo su 35 jg dateng hehehe

  7.  

    Kmren kta menhan pringkat 20 kok skrg 12 yg bnr yg mana?

  8.  

    Setelah semua tot dari semua negara spt ifx, rudal, tank, lontong dsb diselesaikan..bayangkan Indonesia pasti masuk 5 besar..krn sdh bisa mempunyai alutsista dgn kualitas dan kuantitas spt yg diinginkan..
    Mau punya ratusan pespur bisaa..mau punya ratusan rudal maut bisaa..mau punya ratusan lontong bisaa..

    Para jenderal Negara tetangga kanan kiri.depan belakang akan nervous setiap hari..banyak yg jantungan..banyak yg gk enak mkn..akhirnya jenderal jenderal tsb mati tanpa diserang Indonesia..

  9.  

    msa ausie dbwh indo? rada2 meragukan….hhhmmm

  10.  

    Melejitnya luar biasa skrg rank 12, berita sumringah di awal pagi. Salam kenal semua 🙂

  11.  

    itu di hitung berdasarkan kuantitas…bukan kualitas…

  12.  

    masih bingung saya,,beberapa pekan yg lalu saya baca artikel peringkat militer RI turun ke 19,knapa skarang 12.
    Hitung nya gmana ya,,konsumsi minyak lebih besar dari produksi,kapal selam 2 tua,pespur kelas berat 16,
    Ya sudah lah…

  13.  

    Gombal power maning ????…

  14.  

    bisa jadi 10-15 tahun kemudian menjadi 7 besar dunia.

  15.  

    Pasukan Ki joko bodo and patner ko belum di hitung
    Bisa 5. Besar tuh …….

  16.  

    Meski ada di peringkat 30 aqu masih bangga…

  17.  

    sktr pkl 10.15 wita, shukoi latihan di atas langit mataram ntb sktr 5 menit, keren tumben liat pesawat tempur gede,, biasanya cuma f-5 tiger… keren juga akrobatiknya

  18.  

    Kok bisa 12 ya? kalau kita lihat dari alutsista, Indonesia masih jauh di bawah Australia dan pakistan.

  19.  

    bener tu,katanya alutsista tua kok bisa.

  20.  

    Terkuat ke 12 untuk 3 hari saja….#miris

  21.  

    Hati2 jangan sampai terlena terus berbenah bidang pertahanan jangan ada unsur tipu daya yang dapat melemahkan dan merasa cukup.

  22.  

    2 unit kilo class.

  23.  

    baiknya Indonesia jangan terlena dengan segala bentuk ranking rankingan ataupun urut urutan militer terkuat di dunia

    lebih baik militer Indonesia tetap rendah hati tetapi manakala diperlukan kekuatannya amat mematikan untuk mengalahkan musuh

    dan jangan lupa penguasaan teknologi dan memajukan industri militer dalam negeri adalah kunci untuk memodernisasi militer suatu negara

  24.  

    Tentara malon tidak masuk hitungan, karena tentara malon tidak dikatagorikan sebagai tentara, malon cuma bisa nembak pohon pisang ………. pecundang !!!

  25.  

    Inilah raport TNI kita…
    Spt kita punya anak kalau dia mendapat rangking lebih baik kita akan bangga.. Spt itu pula yg ingin di tunjukan TNI kepada kita… Jadilah ayah yg baik jgn jd ayah yg plin plan… Dpt ranking jelek di marahi dpt ranking baik gak percaya…
    TNI kami bangga punya kalian.. Tetap tunjukan prestasimu anaku…

  26.  

    TNI:Bila memang hanya 3 hari bisa bertahan Maka kami akan jadi kan 3 hari menjadi hari neraka untuk musuh musuh kami, bila memang hanya
    3 hari akan kami manfaat kan peluru peluru kami untuk terbaang, meluncur hinga sampai ta tersisa
    bila memang hanya 3 hari ,, maka kami akan terbangkan jet jet kami seperti kilat yg menyambar, walaupun kami takan pernah kembali lagi ,, bila hanya 3 hari kami akan luncurkan kapal kapal kami secepat angin yg memporak porandakan walupun kami akan tengelam ,, bila hanya 3 hari akan ku gunakan nyawaku sebaik baik nya untuk menjaga NKRI ini . Demi 3 hari kami rela Mati
    1 komando …!!!

  27.  

    Mantap, bravo TNI

  28.  

    MLRS 86….

    Apa aja tuhh kok 86, yg dri Brasil perasaan blum dtang…

    Terus Vietnam urutan brpa?

    Indonesia.bru menang jumlah pasukan aja nhi bosss… kalo alutsista jauhhh kurangggg

  29.  

    Gilaaaaaa….

    Singpore aja urutan 26, ehhhh si Malon urutan 35

    Benar benar mengerikannnn l

    Pretttttttt

  30.  

    Berantas mafia migas dan pengemplang BLBI, pendapatan bertambah, anggaran pertahanan bertambah.
    Tambah produksi migas, bangun kilang-kilang baru, bangun penampungan migas yang buaanyaaaaakkkk…., SAMPE KUAT PERANG DENGAN ENERGI SELAMA 1 TAHUN!!

    MERDEKAAAAAA!!!

  31.  

    Sudah terbukti Dengan senjata tradisional dan bambu runcing aja kita bertahan 3,5 abad…

  32.  

    Negaranya presiden Dilema dari negara Baksil kok ga ada di 20 besar ya ? Ada apa gerangan dengan si Baksil itu ?

  33.  

    Hasil peringkat ke 12 Global fore power merupakan hasil kerja kabinet SBY,,,.sudah lbh 100 hari kok tiada program yaa baik yg masuk parlemen, dibahas perlemen boro2 press release,,kok spt adem ayem,,malah kadang bicara Kemenhan masih seputar (terkait) dengan hasil kerja Kemenhan Kabinet sebelumnya (SBY) misal terkait PKR105, Kasel Changbogo, KCR, Tank medium, pesawat F16, Super Tukino, Heli Apache, dll,,,sering kita baca dgn bangga mereka mengatakan TNI akan sgr mendapat tambahn alutsista baru ,,dst,,dst,,mestinya maluu nii,,kami harap kemenhan sgr merelis program2 barunya, spt pengadaan pespur pengganti F5 Tiger II, Penambhan Squadron tempur Kelas berat, Pengadaan penambahan Kapal Selam, Penambahan PKR 105 PT. Pal, Penambahan Tank Ampibi, Program medium Tank, Rudal Arhanud, KCR60, KCR40, Kapal Destroyer, Kapal Cruiser, dll msh banyak yg waktu kabinet sebelumnya sudah dimulai programnya sesuai MEF I..namun kela njutan pd Kabinet Kerjisa lebih gahar lagi, maka sangat mungkin kekuatan pertahanan RI bisa masuk 10 besar dunia

  34.  

    jangan sampai urutan 12, fakta urutan 40

    12. Indonesia 0.5231
    13. Australia 0.5281
    14. Canada 0.5625
    15. Taiwan 0.5671
    16. Italia 0.5735
    17. Pakistan 0.6122
    18. Mesir 0.6214
    19. Polandia 0.6688
    20. Thailand 0.6833
    saya sangsi, sepertinya ini pengalihan dan tentu saja membahayakan TNI

  35.  

    Korut gx ada yah?.. pdahal negara wamil..

    •  

      Korut urutan 36 bro. Ada 126 negara yg di ranking GFP tahun 2015 ini.

      •  

        dari perhitunga 20, sepertinya sangsi jika Indo ada diurutan 12, melewat Taiwan, Pakistan, dan Polandia sedangkan Mesir terkenal yg suka borong memborong berbagai alutsista, jelas itu bukan hal yg mustahil karna dari segi ekonomi yg cukup hal yg diragukan dari pernyataan tersebut, bahkan Tailand sudah mampu memproduki alutsista yg jauh lebih mumpuni dari Indo

  36.  

    Klow gue si seneng damai tentram negri ini… perang hnya mmbawa khancuran .

  37.  

    yg meragukan apanya bung… ..!

  38.  

    Dibaca lagi parameternya.. Ini kekuatan potensial suatu negara, bukan cuma alutsista saja.

  39.  

    mantap banget. update terbaru. sepertinya ini bekas hasil dari presiden SBY Sebelumnya ya 😉

  40.  

    Sepet? Lu bisa nggak buat web sekelas yang membangun gituan? ,argumen rendahan jangan sok mas haha

  41.  

    Jangan terlena tetap bekerja keras berdoa dan jujur

    Insyaallah NkRI

    Lebih kuat

  42.  

    Bung.,,tu Tank yang pake peluncur Roket sprti gambar diatas buatan kita sendiri atau kita beli dari Negara lain…kalau buatan anak bangsa berarti kita dh bisa dong buat Rudal2 canggih sperti YAHONT….ATAU BRAHMOS….

  43.  

    betul bung panji tengkorak, indo akan kirim panji – panji berdarah bagi siapapun menggangnggu NKRI.

  44.  

    Ada yg tahu Meley dimana?

  45.  

    GFP sudah berusaha menyajikan komparasi militer antar negara di dunia dengan se cermat dan se teliti mungkin baik itu dari sisi alutsista maupun dari potensi2 pendukung yg lain. Sehingga hasil peringkatnya kadang2 tidak mudah di pahami sebagian orang. Kalau ada yg meragukan itu sah2 sj karena sejatinya pembuktian siapa yg lebih kuat dari siapa adalah ketika terjadi perang”

  46.  

    Ati2 dan waspada……. jangan ketipu dengan no urut dan data

  47.  

    Lumayan di urutan 12 tak seperti malay nyungsep

  48.  

    Semoga Kuantitas dan Kualitas Militer kita semakin ditingkatkan
    Harus nya parameternya ditambah Rasa Nasionalis dan Rela berkorban/Militansi suatu warga negara, kita pasti lebih unggul dari negara sebelah

  49.  

    Bung panji tengkorak, setuju bhw malaysia memang manja, dan itu disadari betul oleh Mahathir muhammad, dan oleh krn nya saat beliau memimpin negri jiran itu beliau lah yg mencambuk kerass, merubah mental melayu menjadi mental china (bhs keren pemalas secara generasi bnyk yg nyebut sbg mental melayu), & bumiputera bnyk diberi peluang shg mereka menjadi sukses secara nasional & regional..maaf kata dinegeri ini kita lihat buaanyak skl yg ber mental melayu sbg bnyk skl malas, suka cari jalan pintas untuk kaya, dpt jabatan dll,,justru negeri kita ini yg lg kearah dimana bnyk skl generasi muda yg manja & tidak suka bekerja keras, korupsi dimana2 msh muda lg (contoh gayus)…namun kalau untuk mendapatkan prajurit masih bnyk skl daerah2 yg smp kini setia menyediakan putra2 nya utk menjadi tentara..

  50.  

    saya udah baca situs militer lain,
    Militer indo urutan 19,di dalam nya saya baca isinya menyudutkan presiden jokowi,karna jokowi penyebab peringkat turun.
    Eh tiba2 muncul artikel ini…?

  51.  

    Saya baca peringkat kita 19.iki 12 yg bener yg mana sih.lalu brazil yg punya astros dan tucano peringkat berapa

  52.  

    Bung admin, itu sudah banyak yg ngscroll, tolong ditertibkan
    Sanggat mengganggu
    Makasih

  53.  

    Haduuuh engkong dah tua fikirannya gak sampe!!! Kalau indonesia di serang sama rudal balistik ya hancur lah engkong!!! Tapi daya perlawanan daya juang sistem pertahanan negara kami tentu ada kong!!! Dan ingat kekuatan militer kami masuk 20besar!!!! Kalo yg nyerang kami adalah negara rengking 7 ke atas ya tentu gak imbang!!! Tapi kalo yg nyerang rengking 10 ke bawah tentu sangat bisa kami atasi!!! Oh ya engkong china itu pernah di libas mongol, inggris pernah di jajah romawi, turki di taklukkan inggris, majapahit pernah menghalau mongol!!! Dan ingat engkong siapa yg ngira amerika yg gagah perkasa bisa babak belur sama tentara ber caping di vietnam?????? Dan kalau ada tentara yg yg mau coba rasakan perang berlarut2 masuklah ke negara kami Indonesia! Engkong boleh buka sejarah mengapa perlawanan rakyat indonesia tak pernah padam?? Pemberontak di asia tenggara butuh puluhan tahun untuk di redam??? Semua itu karena DAYA JUANG kami yg tinggi!!! Militansi yg kukuh, biasa hidup sengsara, tak mudah silau dengan dunia!!! Faham engkong?????

  54.  

    Mohon admin menertibkan komentar2 yg tidak bermutu dan diulang2 berkali2 seperti diatas. Smoga forum ini tetap menjadi tempat diskusi yg sehat sebagai pencerdasan kita smua sebagai anak bangsa dalam bidang kemiliteran dan pertahanan keamanan. GFP jg lembaga dari luar negeri sama seperti yg lainnya yg jg sering memberikan penilaian di bidang2 yg lainnya seperti negara terkorup di dunia, negara pelanggar Ham di dunia dll. Pertanyaannya adalah Kenapa kalau ada lembaga luar negeri menempat kan negara kita sebagai negara terkorup nomor sekian misalnya kita begitu heboh ramai2 percaya tapi giliran negara kita ditempatkan di urutan yg baik dalam bidang yg lain banyak diantara kita malah mencemooh dan mengolok2 bangsa sendiri. Sudah adilkah kita sebagai warga negara dalam menilai tempat kelahiran kita, tempat kita hidup dan mungkin jg tempat jasad kita dikuburkan kelak ini??? Smoga kita bisa menjadi orang yg berguna buat bangsa dan negara tercinta ini.

  55.  

    BOLEHLAH kekuatan militer kita cuma kuaat 3 hari…
    tapi jangan lupakan kami rakyat jelata yg siaaap mati demi keutuhan NKRI
    kami rakyat sipil indonesia siaap untuk perang sama siapa saja yg coba mengganggu keutuhan NKRI

    MERDEKAAAAAAAAAAA………….

    •  

      Bung…itu adalah ucapan merendah dari seorang pejabat pertahanan kita. Kalau dulu saja kita mampu menjalani peperangan puluhan tahun dengan senjata dan peralatan seadanya. Logikanya dengan kondisi yang sudah jauh lebih baik kita pastinya sudah jauh lebih kuat. Tentara kita adalah tentara rakyat yang lahir dari rakyat. Bukan tentara nasi bungkus, yang ketika jaga di pos terpencil didrop makanan kemasan dari udara. Di Asia Tenggara hanyalah Vietnam yang kondisinya mirip dengan Indonesia. Jika musuh berani menyerang Indonesia, mereka boleh jadi memenangkan pertempuran tapi tidak peperangan.

  56.  

    Dari tahun kemaren..Aussie membuntuti Indonesia 🙂

  57.  

    Aq dlu suka lepak dan sllu brjumpe gan askar melayu yg tngh stim arak..bila dh mabok kacau orang sana sini..sekali dia buat hal ngan aku pnya gank..aku bgi penumbuk,aku angkat dan cmpak kat pintu kedai..aku dh biasa gadoh ngan tentra mlayshit..

  58.  

    jangankan perang geriilya yang dpt bertahan bertahun-tahun.
    perang linear pun, kita dapat mempertahankan kota surabaya selamat100 hari.

  59.  

    jangankan perang geriilya yang dpt bertahan bertahun-tahun.
    perang linear pun, kita dapat mempertahankan kota surabaya selama 100 hari, walau hanya dgn bambu runcing.

  60.  

    Joe budak malingsial yg diajarkan jadi maling kemudianhari oleh negaranya. Khan mereka dorang sekumpulan maling2 yg membentuk negara yg disebut MALINGSIAL

  61.  

    Justru yangv mencuri perhatian tu. India sama austrlia..india mantap.di 4 besar..sementara saudara selatan nempel di urutan 13…ancaman nyata di halaman belakang. .

    •  

      Betul bung. Asia tenggara di kepung kekuatan2 besar dunia seperti China, india, Australia dan tentu sj amerika. Tidak heran masing2 negara di asia tenggara berlomba belanja alutsista untuk mengantisipasii dinamika tersebut.

  62.  

    Asli ngakak hahahahaha hihihihihi wkwkwkwkwk baca komen warga Jakarta gemeter.com sekarang huahuahua lanjutken….

  63.  

    Jgn lupa…pasukan gaibnya indonesia ada puluhan juta lo….sama senjata gaibnya dari keris dll…..Smua pantai di jaga oleh Ratunya masing2x..Jadi di indonesia…pasukan nyatanya ada di tambah pasukan gaib nya dan di tambah wilayah gaibnya…..indonesia merdeka…

  64.  

    Indonesia Bukan Negara Lemah, semua sudah terbukti kalau Peralatan Tempur Indonesia di rahasiakan semenjak di Embargo Amerika !
    (Rusia – China – Indonesia) Negara yang memiliki Misteri, Dokumenn F-35 Us berhasil di curi China sekarang jadi tipe pesawat J-35 Tiongkok , Wajar Indonesia peringkat 12 dunia karna Negara Sahabat nya urutan 2 & 3 Dunia! Malaysia , Singapura , Australia kan cuman jadi Negara pembantu Inggris saja, yang harus bayar Pajak ! 😀

  65.  

    Mantab!!!!
    Tingkatkan terus prestasimu Indonesia!!!
    Kalo kita udah ada diurutan ke-3 Seperti KOPASSUS, ayok gantian jajah Belanda sama Jepang sekalian, kita rebut AKB48 itu! 😀

  66.  

    Mantab!!!!
    Tingkatkan terus prestasimu Indonesia!!!
    Kalo kita udah ada diurutan ke-3 Seperti KOPASSUS, ayok gantian jajah Belanda sama Jepang sekalian, kita rebut AKB48 itu! 😀
    Kita rampas Van Persie, Arjen Roben dkk.. hahahaha

  67.  

    salam merdeka buat tni’kami dari sumsel menyampai kan kuat dukungan’cegah negara lain yg mengabil hak negara kita’jangan sampai mereka masuk ke perbatasan hancur kan mereka’sudah lama kita diam.

  68.  

    buat orang yg meragukan indonesia,mau coba!!!?
    datang ke palembang! silahkan coba garpu palembang,
    nenek moyang kami perang menggunakan bambu saja indonesia bisa merdeka,,,

    apalagi saat ini,dengan segala macam peralatan tempur yg dimiliki,,,

    sekejap mato yg ragu dngn TNI kami pindah ke balik papan.

  69.  

    Indonesia udah diakui di dunia Internasional,kekuatan militernya mantap cadangan minyak banyak,antileri bisa bikin sendiri,Senjata punya sendiri,personel banyak,,,so yang macam-macam sama Indonesia nanti mati ditempat

 Leave a Reply