Militer Indonesia Segera Operasikan 50 Sanca MRAP

28
37
Sanca MRAP (Madokafc/Defence.PK)
Sanca MRAP (Madokafc/Defence.PK)

Perusahaan PT Pindad meluncurkan kendaraan taktis (rantis) anti ranjau (Mine Resistant Ambush Protected / MRAP) 4×4 lapis baja baru pada 3 November 2016, bekerjasama dengan Thales.

Kendaraan yang diberinama sebagai Sanca (ular ganas), merupakan desain kendaraan serbaguna Bushmaster Thales Australia, namun kedepannya akan disesuaikan untuk kebutuhan Indonesia, kata pejabat industri pada upacara peluncuran di pameran Indo Defence 2016 di Jakarta.

Sanca MRAP (Madokafc/Defence.PK)
Sanca MRAP (Madokafc/Defence.PK)

Berbicara kepada IHS Jane, mereka menambahkan bahwa PT Pindad akan mendapat kontrak dari Kementerian Pertahanan Indonesia untuk memproduksi batch awal sebanyak 50 unit kendaraan taktis anti ranjau Sanca untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sebanyak 30 unit kendaraan tempur Sanca MRAP akan dioperasikan oleh pasukan penjaga perdamaian TNI dan sisanya digunakan oleh pasukan khusus TNI, atau dikenal sebagai Kopassus.

Sumber : Janes.com

28 COMMENTS

    • Jelas” itu editan mas. Aslinya mah masih polosan. Ujung” cuma dikasih FN mag syukur” dikasih m134d biar makin gahar. BTW itu tanki bensinnya disitu apa gak jadi sasaran empuk IED, .50 cal atau RPG musuh

  1. 4×4 ini utk pertempuran kota2 siiiip lah buat tambah arsenal kendaraan tempur, POLRI dikasih juga lah jangan melulu Baracuda…..berandI andai Pindad buat juga kembangkan type lain semisal seperti Stryker M1126 APC tampilannya besar gagah dan serem sepertinya sangat banyak guna (multipurpose)

  2. Alhamdulillah ….
    Dulu Ada embargo …
    Membuat Orang jadi creative Dan sadar …
    Setelah anggaran belanja Alutsista meningkat ..
    Orang atau produsen Alutsista lebih semangat Dalam menawari kerjasama dengan NKRI Dan TNI …
    Lebih percaya diri ..semangat Dan professional ..karena visi kerja nya jelas …
    Mandiri ..professional Dan kuat ..

  3. lhoh itu kan sanca….bukan bushmaster. Seeperti Anoa dan VAB….tapi kan bukan lisensi.

    memang hampir mirip tapi banyak perbedaanya.
    Sanca dan thales bushmaster…..

    apa bener lisensi an dari thales kah?
    kok kasusnya mirip LPD makasar dan LPD banda aceh…lisensi tapi sangat berbeda, tapi punya kesamaan dasar.

  4. Jika dibikin yg versi sipil, mungkin laris manis ya, krn model dan bentuknya lumayan kokoh spt jeep2 buatan as dan japan, mungkin bs bersaing dgn rubicon, hummer atau land cruiser turbo…bikin yg banyak dan jgn hanya utk kopassus, utk tni ad dan tni al jg bisa, jika dibuat yg versi amphibi…

  5. Wahh keren bingittt….ane pesan satu….buat mudik nanti…rumayan buat angkut 20 org di jamin aman sampe tujuan….kalau ada truk atau bis yg ugal ugalan dan sok jaguh…bisa beradu….coba kalau berani ada yg nabrak pasti bongko bin modyiar….

  6. Jujur seneng sih dpt lisensi yg bias dimodif dan prod massal spt yg lalu2: ss1, anoa, lpd korsel, dll. Tapi jujur msh bingung knp hrs lisensi ya? Klo yg saya sebut awal jelas krn kita belum punya teknologi atau desainnya, drpd belajar dr awal lama bs shortcut dr lisensi. Tp utk kasus sanca bukankah sudah punya komodo yg aseli desain pindad? Apakah cuma mau incar teknologi v-hull? Apakah tekanan UK agar tot vehicle platform utk mistral startreak ga boleh made in nkri shg hrs pake kendaraan oz yg msk commonwealth? Terus bgmn penggunaan antara komodo, sanca, dan anoa spy ga tumpang tindih dan tidak susah maintenancenya krn beda2 produk? Tolong berikan saya pencerahan ya, rekans.

  7. Jujur seneng dpt lisensi yg bisa dimodif dan prod massal spt yg bbrp brg yg lalu2: ss1, anoa, lpd. Tapi masih byk bingung juga. Kenapa utk sanca harus lisensi? Kalo bbrp prod yg saya sebut sebelumnya wajar krn kita belum punya teknologi atau desainnya shg perlu lisensi spy shortcut penguasaannya. Namun utk sanca bukankah sudah ada Komodo? Apakah kita mau kuasai (baca: belajar) teknologi v-hull dan armor dari Thales? Terus bagaimana strategi penggunaan dalam medan tempur dr komodo, sanca, dan anoa spy ga tumpeng tindih? Bukan hanya ttg strategi perangnya tp juga maintenance, mengingat semakin byk jenis kendaraan yg sebenarnya sejenis akan menyusahkan sparepart dan otomatis biaya tinggi.

    • Sebenarnya banyak macam produksi kendaraan militer juga Tidak Ada masalah ..
      Yang penting Ada yang pesan ..khusus nya TNI ..
      Juga ..yang penting Bisa baca secara teliti isi kontrak kerjasama Dan Lisensi …
      Anoa …BTR 4 …komodo…Elang .. badak …semua ..pandur 2 …vampire ..garuda ..whatever…pokoknya yang penting Bisa hati hati memilih rekanan Lisensi produksi & TOT .

LEAVE A REPLY