Militer Indonesia vs Korea Utara, Mana yang Lebih Gahar?

334

Membandingkan militer Indonesia dan Korea Utara (Korut) mungkin adalah komparasi paling aneh. Alasannya jelas karena antara kita dan mereka baik-baik saja, tak terlibat semacam gesekan atau apa pun. Tapi, semenjak berita pembunuhan kakak Kim Jong Un mencuat dengan salah seorang terdakw adalah warga negara Indonesia, maka perbandingan ini jadi masuk akal.

Untuk urutan militer, berdasarkan data yang ada, kita menang jauh dari Korut. Global Fire Power tahun 2016 menulis kita menang peringkat. Cukup jauh lho selisihnya, Indonesia berada di urutan ke-14 sedangkan Korut di urutan ke-25, jaraknya hampir 10 poin.

Meskipun begitu, adalah salah kalau Indonesia menganggap enteng negara Kim Jong Un ini. Mungkin peringkat mereka masih dibawah kita, tapi realitanya, Korut jauh lebih menyeramkan dari negara-negara mana pun.

Masih tentang komparasi militer kita dan mereka, berikut beberapa fakta perbandingan antara Indonesia melawan Korut. Kira-kira siapa yang lebih mematikan?

Jumlah Tentara Indonesia Kalah Telak

Tentara tentu menjadi aspek pertama yang harus diperhitungkan dalam komparasi militer kedua negara. Sayangnya, di ranah ini kita harus mengakui kalau Indonesia kalah telak soal jumlah personil militer.

Berdasarkan data yang ada, Korut menang jumlah tentara aktif dengan total mencapai 700 ribu orang, sementara kita hanya memiliki 476 tentara aktif. Jumlah itu belum termasuk tentara lapis kedua mereka yang jumlahnya sekitar 4,5 juta orang.

Kekuatan Darat Korut Bikin Ciut Nyali

Jika di ranah ketentaraan kita kalah jumlah, lalu bagaimana dengan koleksi mainan angkatan darat mereka? Lagi-lagi kita harus diakui kalau Korut juga lebih unggul dan cukup telak. Jumlah tank misalnya, Indonesia tercatat hanya punya sekitar 468 unit sedangkan Korea Utara memiliki tank sekitar 4.200 unit.

Demikian juga dengan kendaraan taktis, mereka unggul dalam hal jumlah dimana rantis mereka mencapai 4.100 unit sedangkan kita hanya punya 1.000 unit lebih sedikit.

Alutsista Udara Korut Lebih Banyak

Keunggulan Korut dibandingkan dengan Indonesia juga terlihat lagi pada kendaraan udara. Ya, koleksi pesawat angkatan udara mereka lebih banyak dari pada kita.

Misalnya saja pesawat tempur Korea Utara jumlahnya sekitar 458 unit sedangkan kita hanya memiliki 35 unit, serta jet penyerang Korut sekitar 572 unit sementara Indonesia hanya memiliki 58 unitsaja. Ini belum termasuk koleksi helikopter tempur mereka yang jumlahnya juga lumayan banyak.

Indonesia Kalah Telak di Perairan

Pada ranah kekuatan darat dan udara, kita dihajar Korut. Lalu bagaimana dengan sektor kelautan? Nampaknya kita lagi-lagi harus gigit jari pasalnya Indonesia bakal ditekuk sejadi-jadinya oleh negara saingan Korea Selatan ini.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah koleksi alutsista laut mereka yang jumlahnya tak karuan. Salah satunya adalah kapal selam, saat ini mereka memiliki 70 unit kapal selam sedangkan kita baru memiliki 2 unit saja.

Perlu diketahui, meskipun tak punya kapal induk, kekuatan laut Korut adalah termasuk yang terbaik di dunia.

Indonesia Menang di Bidang Keuangan

Meskipun Indonesia kalah telak dengan Korut di hampir semua bidang kemiliteran, tapi kita unggul di ranah keuangan. Global Fire Power mencatat kalau daya beli Indonesia jauh lebih tinggi.

Daya beli Indonesia adalah $2,6 trilyun sedangkan Korut hanya $ 40 milyar saja. Kita juga menang jumlah devisa dengan total $103 milyar sedangkan mereka hanya $ 6 milyar saja.

Meskipun demikian, keunggulan ini tak begitu berarti ketika kita mengetahui kalau Korut punya sederetan rudal nuklir yang siap meluncur kapan saja.

Seumpama kemungkinan terburuknya Kim Jong Un marah dengan Indonesia, maka probabilitas perang antara kita dan mereka cukup kecil. Hal ini tak lain karena adanya peristiwa sejarah yang penting diantara kedua negara.

Seperti yang kita tahu, Bung Karno dulu begitu akrab dengan Kim Il Sung, sang pendiri Korut. Jong Un sangat mencintai kakeknya dan semua hal tentang kakeknya tersebut. Jadi, mungkin ia takkan menyerang Indonesia dalam rangka menghormati kakeknya itu.

Boombastis

47 KOMENTAR

  1. Kalo dilihat pada Foto artikel diatas itu, yg motif bendera korut dan yg warna pink itu tentara semua ya.? Atau cuma masyarakat yg dikerahkan spy terlihat jumlah yg banyak sbg propaganda.? atau hanya penonton tp diwajibkan menggunakan atribut utk kemeriah parade militer korut.?

  2. Adeh, korut ini mikirin supaya rakyat bisa makan ajah udah susah πŸ˜€ mikirin supaya negara kagak kolaps ajah udah susah, lalu mau perang??? πŸ˜€ mangkanya tuh korut mengembangkan bom nuklir, karna tanpa itu, nih korut bakalan “Digilas” oleh korsel

  3. Presiden RI lebih hati2.
    Presiden Korut berangasan dan gegabah.

    Lawan pespur mereka ? Kita punya rudal dari darat dan rudal dari kapal.

    Lawan kapal selam mereka ? Kita punya ranjau laut yg diam di dasar laut dan akan aktif sendiri melepas torpedo saat ada kapal selam melintas di dekatnya.

    Tentara mereka walau banyak masih kurang kapal pendarat.

    Lawan hovercraft mereka ? Peluru tajam kita bisa merobek karetnya.

    Lawan helikopter mereka ? Kejauhan jarak mereka ke kita hingga heli mereka jatuh sendiri di laut kehabisan bbm.

    Kalaupun diterjunkan, kita punya AA gun.

    Kita pun punya banyak sniper yg pelurunya mampu menembus lapis baja mereka.

    lawan rudal balistik mereka ? Belum lewat ZEE kita udah jatuh sendiri rudal itu.

    Mereka mau lewat mana ?
    Ke arah timur akan dihadang Jepang.
    Ke arah selatan akan dihadang Korsel dan Taiwan.

    Walau ks dan pespur mereka banyak tetapi jadul, jauh lebih up to date punya kita.

    Sebelum sampai di ZEE RI, kekuatan mereka akan berkurang setengah, sampai ZEE RI hanya tersisa 10% saja dan sampai wilayah kedaulatan RI hanya tersisa 1% saja.

    Jadi yg menang siapa ? RI lah.

    • Masalah pemimpin, ya wajarlah, jgn samakan wiwi dan u’un, beda usia dan beda pengalaman bung, biasa lah, Masih darah muda πŸ˜€
      Dan masalah perang, ya memang nih korut tdk “diciptakan” untuk kita bung, yg “diciptakan” untuk kita tu ya Singapoor dan australia, kekuatan militer mereka cukup cocok untuk battle dengan kita, tapi tetep aja mereka gk akan bisa menang meskipun dengan beking AS

    • Ranjau lautmu tn phd tidak brfungsi kalau kesel mrk tidak memiliki gelombang elektromaghnetik walau mrk senggol2 itu ranjau lautmu.
      loe lawan pesawat merk dgn rudal? Mrk punya rudal bwh air yg diterbangkan pespur yg bisa mmcapai jarak 1000km, jd gak perlu pespur dekat jangkauan radar kapalmu.
      Mau loe lawan dgn pencak silatmu? Tinggal pencet tombol rudal ajjaaa.
      Mau loe lawan pakai apa lg kalau loe sudah dicium rudal

      Hahhaahaaaa