JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 122015
 
Royal Navy

Royal Navy

Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond mengatakan angkatan bersenjata Inggris siap mengambil tindakan di Asia Pasifik, jika kepentingan dan aliansi di wilayah ini berada dalam risiko akibat adanya gejolak keamanan regional. Hal ini dia sampaikan dalam kunjungannya ke Singapura 30 Januari 2015, seperti yang disampaikan ahli pertahanan Ridzwan Rahmat kepada IHS Janes di Inggris.

Mantan Menteri Pertahanan Inggris ini mengatakan dia kecewa pada lambatnya rekonsiliasi padahal keterkaitan ekonomi terus meningkat di wilayah Asia Pasifik.

Contoh dari Perang Dunia I menunjukkan bahwa hubungan ekonomi mempunyai jaminan untuk perdamaian regional, namun masih bisa terkoyak oleh persaingan strategis, kata Hammond. β€œBanyak pihak di dalam dan di luar Asia gugup karena ketegangan politik dan meningkatnya nasionalisme di Asia Timur,” kata Hammond.

Meskipun Inggris tidak mengambil posisi pada sengketa teritorial di Laut China Timur dan Selatan, dan masih menolak untuk memperkuat kekuatan di Asia, namun Hammond menyarankan agar sengketa teritorial diselesaikan sesuai dengan aturan internasional.

London memiliki saham penting terkait keamanan di Asia dengan perdagangan senilai 4,5 triliun dollar AS, yang melewati Laut Cina Selatan setiap tahunnya.

Hammond juga mengatakan Inggris tetap berkomitmen dengan pakta keamanan multilateral regional yang dikenal sebagai Kesepakatan Pertahanan Lima Negara yang ditandatangani dengan Australia, Malaysia, Selandia Baru dan Singapura pada tahun 1971.

“Itu berarti kita siap dan mampu untuk memobilisasi dukungan dari Asia-Pasifik kepada sekutu, teman, dan mitra,β€œ katanya.

Dia juga menyinggung keterlibatan Royal Navy dalam upaya bantuan di Filipina pasca bencana Topan Haiyan tahun 2013 dan pencarian Malaysia Airlines MH370.

image

Presiden Argentina Cristina Kirchner bertemu Presiden China Xi Jinping di Beijing, 4/02/2015 (Foto / CNS)

China’s nationalistic Global Times menghubungkan langsung pernyataan Hammond dengan perjanjian maritim yang ditandatangani antara Beijing dan Buenos Aires selama kunjungan Presiden Cristina Kirchner dari Argentina pada 03-05 Februari 2015.

Perjanjian ini memungkinkan China menjual kapal perang, kendaraan lapis baja dan pesawat militer kepada Argentina. China juga akan membantu AL Argentina membangun armada korvet kelas Malvinas, yang dapat dianggap sebagai provokasi ke London, kata Global Times. Malvinas adalah nama yang diberikan Argentina untuk Kepulauan Falkland, wilayah luar negeri Inggris di Atlantik Selatan yang diserang oleh Argentina pada tahun 1982. (WantChinaTimes)

Bagikan :

  77 Responses to “Militer Inggris Siap Bertindak di Laut China Selatan”

  1.  

    Hmmmm….

    •  

      Negara yang kuat mampu dan berani membela kepentingan nasionalnya meskipun berada di seberang lautan berjarak ribuan kilometer.
      Indonesia harus mengarah ke sana.
      Satu-satunya cara adalah dengan memproduksi sendiri alutsista untuk tiga matra dengan prioritas utama matra laut dan udara.

      •  

        Benar sekali Bung Xtrada. Saya setuju pendapat Anda.

      •  

        Indonesia kalau mau tidak dilecehkan negara asing ya harus seperti China.
        Trend sekarang, militer kuat dulu baru dihargai.

        •  

          Untuk membangun militer kuat harus ditopang ekonomi yang kuat bung. Ini yg dilakukan Cina. Sebelum tahun 2000an, kekuatan militer Cina masih dipandang sebelah mata. Baru kira2 15 tahun terakhir ini diperhitungkan

      •  

        Indonesia lebih mewaspadai Strategi Perang asimetris ( asymmetric warfare strategy.) yg Tidak kelihatan, tetapi sangat kuat dirasakan. Effeknya : Menghancurkan !

        contohnya perang ditimur-tengah tidak bisa dibedakan mana kawan dan lawan berperang dgn saudara sendiri yg organisasinya bentukan asing.

        indonesia,salah satunya kemungkinan ada hunbungannya dgn pengangkatan penasehat militer dimana keluarganya adalah agen china. agen asing mulai mempengaruhi militer waspada…waspada!!!!

    •  

      Brown, Green, Blue Water Navy…Kira2 Indonesia masih tahap mana? Klo China, India sedang mengarah ke Blue water Navy….KLO INDO MSH SEKITAR GREY ATAU DARK WATER NAVY…SANGAT MENGENASKAN YG KATANYA SBG POROS MARITIM DUNIA???

      •  

        Lha itulah, presiden kita yang dulu2 ngapain aja? Kemana gagasan Jalesveva Jayamahe semenjak Bung Karno diturunkan? Ini yang bikin kita tertinggal karena sejak 1967 – 2014 ga diperhatikan dengan serius. Baru akhir2 ini aja mau dimulai lagi oleh Presiden Jokowi

    •  

      mulai tahun depan indonesia harus menganggarkan 5% untuk pertahanan dan muali borong pespur ters beli kapal perang dari jerman, prancis, korea, rusia, italia, dan tentunya genjot pembangunan kapal perang dalam negri juga agar cepat memenuhi kebutuhan ideal TNI,..
      dengan adanya inggris artinya sudah siap konplik yang semakin memanas maka suka tidak suka indonesia harus menggenjot pertahanan indonesia untuk mempersiapkan diri kalau2 konplit terjadi,..

  2.  

    Makin panas

    •  

      sudah armada ke-7, ke-5, tambah inggris+fpda, sebenernya mo ngelawan siapa mereka?? ngerebutin lcs yg tdk terlalu besar sdanya?? sepertinya kita butuh teknologi alien buat jadi wasit

      •  

        bung nn cluenya di no 32 bung danu, bukan sda bung, kyaknya terusan yg di thailand itu, natuna cuma 222 tcf rusia 1100-an tcf gasnya, kan china tinggal beli doang ke rus apalagi harga migas lg murah2nya, tapi kalo terusan itu jd, hilang sudah inggris mini di asean alias upil $4.5t/thn

        jadi qta nonton aja, asal ga masuk ke wilayah qta

      •  

        tapi setidaknya kita juga harus bangun pelabuhan internasional juga untuk memotong jalur perdagangan upil di sekitaran kalimantan or sulawesi kan jadi jalurnya lebih dekat dengan begitu bisa dipastikan jalur emas upil pasti mati y pasti nanti banyak yang akan menjegalnya tapi apabila kita tempatkan TNI untuk menjaga tempat di sekitar pembangunan pelabuhan nantinya y setidaknya sama besarnya dengan pelabuhan si upil dijamin perekonomian indonesia pasti meningkat drastis,.
        terus MEA harusnya memakai matauang khusus untuk ASEAN, seperti Eropa kan memakai euro jadi tidak usah memakai dolar, dijamin eknomi ASU langsung panas dingin,.. πŸ˜€
        hanya pendapat orang awam mohon bimbingannya sesepuh πŸ˜€

  3.  

    Judulnya kurang tuh, harusnya ditambahin … militer inggris siap bertindak di LCS dan di indonesia apabila negara FPDA merasa terancam

  4.  

    Mampukah Inggris? Menurut saya tidak. AL mereka saat ini tidak mampu melakukan power projection tanpa sekutu. Ini hanya reaksi sesaat saja.

  5.  

    Majikan malon mau nimbrung di LCS ………. pasti dia akan menyesal, taruhannya terlalu besar !!!

    •  

      TUAN LOE SI BELANDA BUAT LOE JADI HAMBA GIMANA CEUK? TAK KAN BELANDA MAU DIAM AJA JIKA NATUNA MILIK INDON MAU DI AMBIL CINA? HAMPIR 500 TAHUN MENJADIKAN INDON HAMBA MASA SIH ENGAK MAU DI BANYUIN

      •  

        Indonesia sudah merdeka lon sebagai hasil dari perjuangan merebut dari belanda ( tidak seperti malon, sampai sekarang masih jadi kolonial/jajahan british ), so belanda atau siapa pun tidak ada yang bisa mengambil Natuna dari NKRI !!!
        …………… apakah melei malon tidak capek dijajah terus oleh british ???
        kaciaaan deh loe !!!

      •  

        maaf sebelumnya tapi kalau bangsa anda kaya bisa tidak mengurangi hutang negara anda yang 64% dari APBN setidaknya dalam 5 tahun jadi 30% dari APBN,.???
        iya kami memang miskin tapi kami tidak akan miskin rasa nasionalisme,. apa anda pernah mendengar dan merasakan rasa nasionalisme yang kuat dari masyarakat anda Joe.??
        Setidaknya bangsa2 besar di Eropa sana masih mengakui atas kebesaran rasa nasionalisme kami,.
        terus apa kontribusi bangsa anda dalam menjaga perdamayan dunia.??
        setidaknya TNI2 kami ada di seluruh penjuru dunia untuk perdamayan,..
        apakah Malaysia pernah diminta tolong bangsa lain untuk membantu menyelesaikan sengketa dan melakukan perdamayan,??
        setidaknya bangsa kami pernah dan selalu siap saat dibutuhkan baik dalam menjadi penengah dalam komplik2 negara lain,..

      •  

        ITULAH MELEI MALON, YG TERLALU LAMA MENJADI MINORITY DI NEGARA SENDIRI, SEBAB KENYATAANNYA NEGARA MELEI MALON INI DIJAJAH OLEH :
        BRITISH, CHINA, DAN INDIA SAMPAI SAAT INI !!!

  6.  

    uhuuiii di kipas2 truss :mrgreen:

  7.  

    Inggris emang sok jagoan, paling di fentung dongfeng ciut

  8.  

    Amin….mudah-mudahan bung negara 1001 prototipe

  9.  

    Para perusuh telah datang , apakah TNI sudah menyiapkan diri? Ramalan bahwa indonesia akan di jepit oleh kekutan barat dan fda mungkin ada benarnya.

    •  

      Dan memang benar2 terjepit serta terhimpit

      •  

        Tapi kagak nyadar nyadar !

        •  

          Sebenarnya nyadar bung, tapi tidak mampu berbuat lebih. Untuk merespon gejolak yang ada Indonesia mesti mampu berinfestasi secara besar di bidang pertahanan dan itu Wajib hukumnya. Untuk bisa memastikan kekuatan yang ideal untuk pertahanan Indonesia yang begitu luas jelas tidak cukup hanya 0, sekian persen dari APBN. Kalo gak salah dulu Pak Andi Wijayanto pernah bilang untuk kekuatan udara Indonesia membutuhkan minimal 30 skuadron tempur dan idealnya 60 skuadron tempur. Nah itu berapa duit?? untuk AL dibutuhkan 600 KRI, berapa duit?? apa mau anggaran kementrian lain dialihkan ke Pertahanan???

  10.  

    HMS DEFENDER. Tuh ada tulisannya

  11.  

    Tenggelamkan….

  12.  

    Salah satu negara eropa yang militer nya terkuat selain Jerman dan Rusia,Britania Raya mempunyai mental yang kuat di PD 2 mereka habis-habisan dihajar Jerman,sebelum nya Perancis jaman Napoleon Bonaparte tetapi tetap bisa mengatasi, anehnya mereka kehilangan jenderal nya waktu lawan Indonesia di Surabaya,

    •  

      Betul Bung, Inggris memang bermental baja kalau urusan perang.

      Seandainya jerman tidak membuka front timur, jepang tidak menyerang pearl harbour, strategis bomber di fokuskan pada lapangan udara sehingga battle of Britain bisa dimenangkan jerman, jerman tidak menahan pergerakannya pada battle of dunkrik , menahan diri pada battle of norway,
      jerman mungkin sudah mendarat di inggris.

      just my opinion

      regards

      •  

        Salken bung captainlemot, anehnya Hitler tidak mau meneruskan bombardir pasukan sekutu di perancis, padahal mereka sudah kepentok di pantai dan menunggu evakuasi, seandainya Jerman menghabisi sekutu waktu itu jalan PD 2 pasti berubah, ada sumber mengatakan bahwa hitler tidak ingin mempermalukan Inggris, yang mereka anggap setara dengan Bangsa arya

  13.  

    Negri london g kapok2nya kalah perang hutan kalimantan SAS dan ghurka d sikat sama kopasus, negri london siap2 kolaps habis2an ikut LCS WAR,tpi apakah armada alutsista qta sdah siap d LCS WAR…Qta koalisi saja sama tirai bambu…..lbh aman.

  14.  

    Perusuh akan datang secara bertahap,
    setelah inggris siapa lagi menyusul ?

  15.  

    mbah nya kolonialisme mulai unjuk gigi lg neh … kami jg faham maksud bung british, sejarah negeri kami sdh terpatri kelakuan kejam negara anda thp nenek moyang kami … sejak jaman Raffles sampai perang kemerdekaan di Surabaya, silahkan datang … jaman sdh berubah bung … kami siap layani anda sama spt leluhur kami melayani anda dahulu.

  16.  

    Kenapa see Indonesia gak bersekutu ajaa sama Negri timur ,, para warjag yang saya hormati tolong dong penjelasan nya …

    •  

      begini neng … yg namanya bersekutu di jaman skrg tergantung modal yg kita punya, mirip perusahaan swasta … kalo sahamnya minoritas ya musti siap ikutin maunya yg punya saham mayoritas, kemampuan kualitas dan kuantitas militer jg akan dihitung bila kita masuk pakta atau aliansi, setiap keputusan ttg strategic militer jg hrs sama … ribet amat.
      enaknya punya power sendiri, ekonomi kuat, persatuan bangsa jg musti kuat, punya hubungan baik dg negara lain tapi jg militer kita jg musti mampu lakukan pre emptive biar negara lain jg respek thp kedaulatan NKRI (maaf cuman pendapat lulusan sekolah rakyat)
      salam

    •  

      karena usa ga akan rela indonesia ke timur, seandainya indonesia sekutu ke timur, pasti akan ada pergulingan kekkuasan dengan dukungan dari usa.
      contoh nyata adalah orde lama yang mempunyai sekutu sovyet.usa dengan cia nya berusaha menggulingkan soekarno melalui pemberontakan yang didukung usa seperti permesta dan pada akhirnya dari internal dalam negri sendiri.
      contoh lain adalah iran, ketika iran mengakusisi perusahaan minyak milik usa menjadi aset nasional, usa menggalang kudeta militer dengan memasukan presiden bonekanya yang mengeruk sda iran yang kaya minyak untuk kepentingan barat, sehingga munculah revolusi iran.

      begitu penjelasan singkat saya

  17.  

    mereka tu bisa apa,., beraninya cuman keroyokan ajha.,.,.

  18.  

    Gosipnya inggris mengatakan itu karena diketahui saat rusia membantu pencarian airasia diselat karimata ks nuklirnya juga ikut..katanya sih

  19.  

    FPDA mulai galau rupanya sampai mintak tolong ma induk nya
    anak anak nya uda ndak punya taring jadi gini da kl suka usil,hahaha,,

  20.  

    Weleh gak Emaknya (UK) gak Anaknya (Singapura) gara2 nama kapal perang saja sudah tensi trus marah2 dulu singapura merajuk pada kita krn kita pake nama KRI Usman-Harun, nah skrng UK marah ma Argentina utk nama kapal perang Malvinas masih sakit hati ya ma perang Falkland yg bikin malu UK…nah trus hubungannya apa ma laut LCS kok di bawa2 kalo berani head to head dong dng PLA gak usah bawa2 LCS paling kalo gak di dukung ma armada ke-7 US navy paling ya gak isa apa2 menghadapin PLA..mana dong nama besar Astute class klo cman beraninya di belakang punggung US

  21.  

    Mngkin karena mendengar Indonesia berencana beli su35.., badut-badutnya yg di FPDA pd sms..WA..BBM ratu sono..

    Laporan klo alutsista mrk kurang..

  22.  

    majikannya malon marah, karena cina mau perkuat alutsista nya argentina. Kan sejak sengketa malvinas inggris ..argentina di sunat sama inggris….kapok…berani gak sama cina? Kita liat aja…di eropa anggota nato jerman dan prancis sdh menentang mamarika tentang kasus ukraina….mo sampe kapan sih ini dua babon putih besar menguasai dunia?

  23.  

    majikannya malon marah, karena cina mau perkuat alutsista nya argentina. Kan sejak sengketa malvinas ..argentina di sunat sama inggris….kapok…berani gak sama cina? Kita liat aja…di eropa anggota nato jerman dan prancis sdh menentang mamarika tentang kasus ukraina….mo sampe kapan sih ini dua babon putih besar menguasai dunia?

  24.  

    saya pikir meraka itu semua bersandiwara bung, siap2 produksi berjuta2 misil

  25.  

    dari semua analisa, pernyataan Menlu Inggris itu spt GERTAK SAMBAL aja…ngga ada gaungnya, Inggris tanpa AS BUKAN APA2….apa berani seorang dewek menghadapi Tiongkok? apalagi bila sekutu dekat Tiongkok, Korut ikut membela majikannya…

  26.  

    Maaf ikut nibrung.
    Inggris berani ikut di cls. Kawatir argentina bertambah kuat atas dukungan cina

  27.  

    Dgr2 Malay Australi pd ikut program Type 26 Fregat y Bung sm Inggris. .
    Mohon Pencerahan dr Para Senior dsni bnr atau gak ya it?

  28.  

    YA KONE KALAU NATUNA DI AMBIL CINA LOE BOLEH MINTA SAMA TUAN LOE BELANDA.BELANDA KAN SUDAH JADIKAN NENEK MOYANG LOE HAMBA SELAMA HAMPIR 500 TAHUN.LOE JANGAN MINTA SEDOKAH AJA SAMA BELANDA KONE.NEGERI LOE MISKIN ENGAK MUNGKIN MAMPU PERTAHAN NATUNA

    •  

      Indonesia sdh terbukti perjuangannya…cina gak mungkin ambil natuna..cina tau apa artinya indonesia buat cina, dan siapa sesungguhnya indonesia…hehe

    •  

      Joe iya negara kami miskin tapi setidaknya takyat indonesia tidak akan mati kelaparan dengan adanya tanah yang subur yang terbentang dari sabang sampai merauke,..
      kami putra putri indonesia akan berusaha berlari dan terus berlari untuk mengejar ke tertinggalan kami dari bangsa2 eropa sampai saatnya nanti Indonesia bisa sejajar dengan negara2 eropa yang sudah sangat maju,.

      •  

        USAH BERMIMPI SAMPAI KE EROPA.DI ASIA JUGA INDON MASIH JAUH KETINGGALAN . BANJIR DI JAKARTA MASIH TIDAK BERES2 HINGGA SEKARANG.JAKARTA DAN SURABAYA ADALAH KOTA TERMACET DI DUNIA.KORUPSI DI INDON ANTARA YANG TERPARAH DI DUNIA.U

        •  

          bagi kami putra putri Indonesia tidak ada yang tidak mungkin selagi kami masih punya kaki dan tangan dan selagi masih ada rasa nasionalisme dengan usaha sigigih mungkin takan ada yang tidak mungkin, saya sendiri sebagai putra bangsa Indonesia terus optimis dan walau kami harus mengasi secuit harapa setidaknya itu usaha kami, kami tidak dengan akan menunggu dibantu dan menjual harga diri bangsa,. itulah yang tidak dipunya bangsamu Joe walau harus hancur sekalipun tidak sedikitpun kami akan menjual harga diri bangsa dan mengemis memohon bantuan negara lain,..

  29.  

    Kl indonesia ngak perlu minak tolong ma belanda sendiri aja masi berani kok lawan cina kami yakin kok indonesia itu kuat tni nya ,,,,

  30.  

    Ooh gitu ya ,, tanks ya guys @den bdg & @captainlemot …
    Yg sudah membrikan informasi ,,

  31.  

    “London memiliki saham penting terkait keamanan di Asia dengan perdagangan senilai 4,5 triliun dollar AS, yang melewati Laut Cina Selatan setiap tahunnya.” …..pantes mreka mau nimbrung ,..

  32.  

    Cina dan vietnam hanya sandiwara, spy vietnam bisa beli alutsista canggih…nantipun kalo lcs pecah..vietnam akan bersama cina menghajar fpda

    •  

      sebagai tambahan bung kone, pasca perang vietnam, china pernah berusaha menginfiltrasi vietnam. anda dapat membaca artikel terdahulu dari bung stmj.
      peran vietnam yang berusaha menaikkan potensinya sehingga mendapatkan kemitraan dengan jepang baik dibidang ekonomi dan militer (baru saja vietnam mendapatkan hibah kapur dari jepang untuk coast guardnya) terbilang berhasil. tentu saja menjadi gunjingan dan kasak kusuk bagaimana vietnam menaikkan anggaran belanja dan pertahanannya diberbagai lini.
      konflik lcs sendiri telah membuat vietnam siaga. china tidak dapat memandang sebelah mata pada vietnam. dalam perang modern mereka sanggup berperang selama 90 tahun melawan pendudukan perancis dan ditambah 7 tahun melawan amerika. jenderal westmoreland dari amerika sendiri sampai sempat mencetus, bahwa vietnam tidak akan terburu-buru berperang dengan amerika (belajar dari perang melawan perancis) sedang justru amerika lah yang diburu untuk mengakhiri perang itu!! (bandingkan dengan indonesia)..
      jadi vietnam secara ideologi politik berbeda dengan cina. vietnam menganut komunis a la soviet dan china memiliki garis pandang komunis sendiri. itulah mengapa china pernah melakukan ekspansi ke vietnam, dan tidak pada korea utara…
      imho…salam tabik bung kone…

  33.  

    kemarin di thread gripen saya tulis rafale ada adalah pilihan terbaik diluar sukhoi karena kita dikellilingi negara2 anggota FPDA / Kesepakatan Pertahanan Lima Negara.
    dibawah adalah penegasan komitmen terhadap FPDA dari sang dedengkot / godmother-nya

    …London memiliki saham penting terkait keamanan di Asia dengan perdagangan senilai 4,5 triliun dollar AS, yang melewati Laut Cina Selatan setiap tahunnya.

    Hammond juga mengatakan Inggris tetap berkomitmen dengan pakta keamanan multilateral regional yang dikenal sebagai Kesepakatan Pertahanan Lima Negara yang ditandatangani dengan Australia, Malaysia, Selandia Baru dan Singapura pada tahun 1971.

    β€œItu berarti kita siap dan mampu untuk memobilisasi dukungan dari Asia-Pasifik kepada sekutu, teman, dan mitra,β€œ katanya…

    – – –

    klo jadi beli typhoon / gripen kita harus berbaik2 dengan para tetangga yang anggota FPDA biar gak diembargo oleh sang dedengkot.
    artinya typhoon / gripen hanya ‘aman ‘ digunakan terhadap cina (seandainya RI konflik dengan mereka).

    •  

      kalau indonesia akuisisi pespur dari block barat indonesia harus minta ToT seperpatsnya jadi walau kita di embargo kita masih tetap bisa produksi sperpats, ngak tergantung sama negara pembuatnya jadi mau di embargo or ngak ngak akan ngaruh, itu salah satu yang aman buat indonesia jadi peduli amat mau di embargo or ngak selama kita bisa buat sperpatsnya,.. itu menurut saya sebagai orang awam sih xixixixi
      maaf sesepu kalau salah kata πŸ˜€

    •  

      ada memang jebolan barat yang demikian terkesan dengan negara tempat belajarnya sehingga dinyatakan sebagai tanah air kedua + menhan yang S2/S3 nya di negara yang sama…

      sementara menhan dan panglima TNI yang sekarang seluruh jenjang pendidikannya di dalam negeri, sehingga sudut pandangnya seharusnya (semoga) berbeda.

      salam…

    •  

      Gak sebegitu juga kayaknya… jadi ingat jenderal jepang saat PD II yg mempertahankan iwojima, sebelumnya sekolah dan jadi primadona di US, jadi panglima jepang paling disegani karena memberikan korban paling besar bagi pihak us dengan memanfaatkan ilmu curiaannya dan dengan segala keterbatasannya… Semoga sudah siap yang kayak gitu mengingat pendidikan militer RI banyak mengadopsi cara jepang

      •  

        Demikian juga jenderal ahmad yani yg cinta mati dengan american style… pas perang prri/permesta mampu menghalau armada ke 7 jauh jauh hari sebelum pesannya nyampe…

  34.  

    Kalau membandingkan kesejajaran kasus sengketa argentina kontra inggris lalu china nimbrung memberi sokongan pada argentina, justru inggris tidak memberikan bantuan pada negara ayam sayur.
    Cukup tersirat bahwa inggris kemungkinan akan memberikan “bantuan” dalam pengadaan alutsista Indonesia (imho). ingat sudah sampai 3 kali (cmiiw) inggris menyatakan sukses menjual 2 skuadron typhoon tranche 1 mereka eks RAF. terdapat juga slentingan adanya penawaran hms ark royal yang telah decommisioning 2010, serta penawaran radar, helikopter lynx (yang bahkan pangeran edward sendiri yang datang menyampaikan). sisanya adalah sekelumit isu, undangan presiden ke inggris, penerimaan gelar ksatria yang obama tidak mendapatkannya, suksesnya program cvn hms queen elizabeth dan setuju inggris untuk melibatkan mesin typhoon untuk diberikan pada pesawat gen 5 – turki yang rasa dan filosofinya sama dengan ifx.
    pada beberapa tahun yang lalu pun armada RAF sendiri juga menderita perampingan, beberapa helikopter merlin yang dipensiunkan juga membayangi armada panavia tornado dan harriernya. kalau ditarik lebih jauh lagi parlemen begitu ketat menggunakan gunting anggarannya sehingga ketika pelaksanaan operasi telit 2003 lalu pasukan inggris tidak terpenuhi kebutuh amunisi, logistik dan kecukupan penyertaan infanterinya termasuk di dalamnya pembatalan pengiriman tank chalenger ke medan operasi irak.
    Jadi jangan dibayangkan anggaran pertahanan inggris begitu superior dalam operasi lintas wilayah semacam ini. bahkan pengadaan pespur typhoon tranche 3 atau paling mutakhir sendiri nyaris batal begitu juga pendanaan hms queen elizabeth juga mengalami pemotongan sehingga carrier ini nyaris bernasib sebagai kelas LHD saja.
    imho…salam tabik…rekan-rekan..

  35.  

    Langkah yg tepat, mirip kelakuan Indonesia dulu, merajuk sama barat, beli senjatanya ke Soviet, argentina merajuk sama inggris, beli senjatanya ya ke cina, bisa dapat harga grosir tuh, sekalian uji senjata gratis jelas china sangat bersemangat menjualnya

  36.  

    HIDUUUP SU35…, ANTI EMBARGO BARAT/FPDA

    GOODBYE GRIPEN /TIPUN

    MEMANG JEBAKAN BETMEN BARAT ADALAH EMBARGO :mrgreen:

  37.  

    Dlm judul artikelnya sj Inggris kelihatan garang. Tp dlm isinya dia kelihatan skl sdg gundah gulana.
    Dia gusar, jgn2 nantinya kapal itu bukan hanya namanya sj yg Malvinas, tp pangkalannya pun jg berada disana.
    Ditambah lg dia merasa khawatir/takut dgn makin kuatnya militer RI, shgg dia coba menggertak dgn FPDAnya, tp dgn suara lirih, krn dia msh ingat dulu sj diawal kemerdekaan RI dia & sekutunya pernah mengeroyaknya, tp bukannya menang, malah jenderalnya tewas. Hehehe!
    Kuatlah Indonesiaku!

  38.  

    INI LAH HASIL ANAK BANGSA YANG TERLALU LAMA DI JAJAH BELANDA HINGGA TIDAK TAHU APA YANG BERLAKU SELAIN DI DESA NYA SENDIRI.KESIAN INDON SEPERTI INI.TIDAK HAIRAN BERJUTA INDON BERKERJA SEBAGAI BURUH MURAHAN DI NEGERI ORANG LAIN

  39.  

    Nambah lagi pelancong yang datang ke lcs.
    met pagi dulur semuanyee..

  40.  

    Tenang saja Inggris kan negara penjajah, tapi Inggris pernah keok di Indonesia meskipun menurunkan Legiun Gurkha nya

 Leave a Reply