Militer Iran Berencana Akusisi 800 Unit Tank Karrar

4
6
Tank tempur utama (MBT) Karrar buatan Iran © Tasnim News Agency

JakartaGreater.com – Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) telah mengumumkan rencana untuk mengakuisi sebanyak 800 unit tank tempur modern, Karrar, menurut artikel yang diterbitkan oleh Kantor Berita Tasnim pada tanggal 18 Juli.

IRGC telah mengumumkan bahwa pihaknya bermaksud untuk melangkah maju dengan pengadaan 800 tank tempur modern Karrar sebagai bagian dari rencana modernisasi Angkatan Bersenjata Iran.

Tank tempur utama buatan Iran memiliki sistem kendali tembak elektro-optik modern, pengintai laser, komputer balistik dan bisa menembak pada sasaran dalam kondisi yang stabil dan juga bergerak, baik di siang atau malam hari.

Karrar dilengkapi dengan turret las baru yang dipersenjatai dengan senapan smoothbore 125 mm. Karrar dapat menembakkan rudal yang dipandu laser, kemungkinan dari laras senapan utama dan memiliki senapan mesin 12,7 mm yang dioperasikan dari jarak jauh.

Adapun perlindungan baju zirah dari tank baru tersebut adalah blok armor reaktif untuk melindungi terhadap amunisi anti-tank, roket dan rudal. Tank Karrar dilengkapi dengan perisai generasi terbaru, dan ERA (Explosive Reactive Armor) di bagian depan lambung dan turret.

Pada bulan Februari, Panglima Angkatan Darat Iran Brigadir Jenderal Kioomars Heidari mengatakan bahwa kontrak untuk menggunakan tank militer buatan Iran, Karrar, siap untuk dikirimkan ke Angkatan Bersenjata Iran.

Dia juga mencatat bahwa tank Karrar adalah salah satu produk unik yang telah dikontrak oleh Angkatan Darat untuk dikirim ke pabrik-pabrik untuk produksi massal. Meskipun ada kemiripan visual dengan tank tempur utama T-90MS Rusia, tank tempur modern Karrar buatan Iran adalah pengembangan baru secara lokal.

4 KOMENTAR

    • aku juga bingung, …kenapa TNI, dan PT pindad nggak dari dulu, mengembangkan ATGM. banyak negara2 did dunia sudah berhasil membuat secara massal ATGM produksi sendiri. rusia, perancis, jerman, USA, cina, belarusia, ukraina, serbia, italia, Iran, israel, british, brazil, dll.
      dikita …masih leha2 beli, beli….