Nov 232018
 

Kendaraan taktis (rantis) pengangkut personel (APC) lapis baja anti ranjau dan anti sergapan (MRAP) Toofan 4×4 buatan Iran © Tehran Times

JakartaGreater.com – Pada hari Selasa, 20 November 2018, dalam sebuah upacara resmi, Iran telah meluncurkan kendaraan angkut personel (APC) lapis baja anti-ranjau dan anti-penyergapan (MRAP) baru yang dijuluki “Toofan” alias “Topan” hasil produksi Industri Pertahanan Iran, seperti dilansir dari laman Tasnim News Agency (TNA).

Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Amir Hatami telah memaparkan tentang fitur kendaraan MRAP yang baru.

“Toofan adalah kendaraan taktis 4×4 yang kebal terhadap ledakan yang di hasilkan oleh beberapa kilogram TNT dan lapisan perlindungan terhadap peluru anti material, ledakan ranjau, bom bunuh diri dan IED”, katanya

Dia pun menambahkan bahwa kendaraan dapat bergerak melalui saluran air sedalam 1,5 meter beserta hambatan vertikal, dapat membawa 10 personil dan juga dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan 50 km dengan ban datar (flat tires).

Jenderal Hatami mengatakan bahwa senapan mesin atau peluncur rudal dapat dipasang di kendaran pengangkut personel itu, menambahkan bahwa itu juga dilengkapi dengan perlindungan balistik dan ventilasi untuk menembak dari dalam kendaraan.

APC Toofan dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan maksimum 100 km/jam.

Menurut Jenderal Hatami, bahwa kendaraan seperti itu menelan biaya sekitar $ 500.000 di pasar internasional, namun para ahli Iran mampu memproduksi Toofan dengan harga yang jauh lebih rendah.

Para ahli dan teknisi militer Iran dalam beberapa tahun terakhir telah mampu membuat kemajuan besar dalam pembuatan berbagai peralatan pribumi, dan membuat angkatan bersenjata mereka mandiri dalam memenuhi kebutuhan senjata.

Bagikan:

  2 Responses to “Militer Iran Luncurkan Rantis Baru, Toofan 4×4”

  1.  

    Mantap jg!

  2.  

    DESAIN NYA TINGGI HULL DEPAN NAMPAK TERLIHAT LEBIH GAGAH….. BUKAN MAIN KEREN.

 Leave a Reply