Mar 092018
 

Kendaran tempur infanteri lapis baja “Barys” buatan Kazakhstan. © Azeri Defence

JakartaGreater.com – Uji demonstrasi kendaraan pengangkut personel lapis baja (APV) Barys 8×8 (Snow Leopard) dengan pengaturan dari perusahaan lokal yakni Kazakhstan Paramount Engineering (KPE) LLP telah dimulai di Kazakhstan seperti dilansir dari laman Azeri Defence.

Saat ini para ahli dari Kementerian Pertahanan Republik Kazakhstan melakukan uji coba APC Barys dalam kondisi iklim musim dingin yang ekstrem. Program pengujian meliputi uji tembak dari persenjataan standar baik pada siang dan malam hari.

Menara tanpa awak yang stabil dilengkapi dengan senapan otomatis Shipunov 2A42 30 mm dan senapan mesin koaksial PKT 7,62 mm, yang diproduksi oleh pabrik “KAE” Kazakhstan, termasuk memproduksi peralatan elektro-optik itu bersama dengan perusahaan pertahanan Turki, “Aselsan”, dipasangkan pada kendaraan personil lapis baja tersebut.

Kendaraan personel lapis baja baru trsebut mencakup proses canggih, merupakan hasil pelaksanaan pengembangan dan rekayasa oleh “Kazakhstan Paramount Engineering” LLP bersama dengan perusahaan “Paramount Group” yang berbasis di Afrika Selatan.

Barys (Snow Leopard dalam bahasa Kazakh) berbasis pada desain kendaran infanteri Mbombe 8 rancangan Paramount Group, merupakan puncak teknologi sistem darat dan dikembangkan untuk memenuhi meningkatnya permintaan akan platform multi-peran, mobilitas tinggi dan platform anti ranjau.

Desain kendaraan ini memungkinkan untuk menyesuaikan susunan sistem senjata yang sangat besar. Hal ini memungkinkan kendaraan disesuaikan untuk angkatan bersenjata di seluruh dunia.

Sistem persenjataan telah dievaluasi selama sesi penembakan siang dan malam, statis dan juga penembakan saat menggunakan mode stabilisasi. Kanon otomatis 2A42 30 mm yang memiliki jangkauan efektif 2.000 m dan maksimum 4.000 m telah terbukti dan berhasil di bawah kondisi lingkungan yang parah.

Kendaraan tempur 8×8 dan kendaraan lapis baja Paramount lainnya akan diproduksi di pabrik kendaraan lapis baja KPE seluas 15.000 m per segi di Astana yang merupakan pabrik kendaraan lapis baja terbesar di Asia Tengah dan pabrik manufaktur pertahanan yang pertama dengan skala kemampuan ini di Kazakhstan.

Pabrik KPE ini memiliki kapasitas lebih dari 200 kendaraan per tahun untuk produksi kendaraan lapis baja Paramount dengan modifikasi yang dipesan lebih dahulu untuk kondisi lokal.

“Barys” 8×8 ditampilkan untuk pertama kalinya dalam pameran internasional tentang persenjataan dan peralatan militer “KADEX”, yang berlangsung di Astana pada bulan Juni 2016 silam.

 

Bagikan :

  19 Responses to “Militer Kazakhstan Uji Kemampuan APC Barys 8×8”

  1.  

    Darurat komentator..

  2.  

    Bung Agato kemana ya.? kok gak ada komen.?
    Mungkin dia lelah…..habis melayani pertanyaan seluruh warjag kemaren….xicixicixi

  3.  

    APCnya ada bau2 RUsia,Turkey dan Aprika.

  4.  

    Itu senjatanya dibutuhkan bisa bergerak 360°

    Hahhaahaaaa

    •  

      Elevasi min/plus-nya berapa bro ??…… kalo minimalis banget mah mending taruh di datsun-nya ISIS saja….. 😆

      Btw kantor berita TASS melaporkan Kazakhstan berencana meng-akuisisi SU30SM, entah berapa biji……… admin kayaknya lebih tau deh….

  5.  

    Pabriknya bisa membuat 200 kendaraan pertahun. Kalau dibandingkan dengan Pindad, Pindad bisa memproduksi sekitar 200 kendaraan pertahun juga. Kendaraan yg diproduksi sudah bermacam2 tipe, baik Anoa atau Komodo. Sejak tahun 2010 sampai 2017 Anoa sudah diproduksi 350-an unit, berarti kemampuan produksi Anoa pertahun adalah 50 unit. Sudah saatnya ada peningkatan dlm fasilitas produksi, dengan pembangunan pabrik baru di Lampung saya harap kemampuan produksi kendaraan Pindad bisa mencapai 500 unit dari berbagai jenis pertahun.

 Leave a Reply