JakartaGreater.com - Forum Militer
Feb 092016
 

South Korea's naval ships hold a firing exercise in the Yellow Sea, off the South Korean west coast, on 30 December 2013. Reports state that in late November, China declared an air defence identification zone (ADIZ) over the East China Sea, including the Senkakus. The zone has been criticized by Japan, South Korea and the United States. (EPA/STRINGER SOUTH KOREA OUT)

South Korea’s naval ships hold a firing exercise in the Yellow Sea, off the South Korean west coast, on 30 December 2013. Reports state that in late November, China declared an air defence identification zone (ADIZ) over the East China Sea, including the Senkakus. The zone has been criticized by Japan, South Korea and the United States. (EPA/STRINGER SOUTH KOREA OUT)


Angkatan Laut Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan pada kapal patroli Korea Utara karena menerobos perbatasan maritim yang disengketakan, hari Senin kemarin (8 Februari). Ketegangan ini terjadi sehari setelah peluncuran roket jarak jauh Korea Utara.

Kementerian Pertahanan di Seoul mengatakan bahwa kapal Korea Utara melintasi perbatasan Laut Kuning sebelum pukul 07:00 pagi (2300 GMT Minggu).

Seorang pejabat Kementerian Korea Selatan mengatakan, “dengan cepat kapal mereka mundur setelah angkatan laut Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan.”

Batas maritim de-facto antara kedua Korea – Garis Batas Utara – tidak diakui oleh Pyongyang, yang berpendapat itu secara sepihak ditarik oleh pasukan PBB yang dipimpin Amerika Serikat setelah Perang Korea 1950-1953.

Insiden seperti yang terjadi hari Senin kemarin menjadi intrusi yang cukup umum dan jarang meningkat menjadi sesuatu yang lebih serius.

Namun, Korea Selatan tetap berada pada kondisi siaga tinggi setelah peluncuran roket Korea Utara hari Minggu lalu (7 Februari). Seoul bersikeras bahwa peluncuran tersebut adalah uji coba rudal balistik yang disamarkan.

Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye telah menyerukan kewaspadaan tinggi terhadap setiap provokasi lebih lanjut setelah peluncuran dan uji coba nuklir keempat Korea Utara pada bulan lalu.

AGENCE FRANCE-PRESSE

Bagikan:

  15 Responses to “Militer Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan Bagi Kapal Patroli Korut”

  1.  

    PENGUMUMAN Barang siapa meladeni orang yang ngaku DARI Malaysia yg STRES yg ngerusak Forum diskusi ini akan di Cap STRES juga.

    •  

      D saat kita d hina klo kalian diemin aja y trmasuk salah…ya jwab dgn bijak…kita dan temen2 lain tdk stres kok mlah sadar 100% bkn waktux kita d hina truss…inilah perubahan bung kita hrus bs mnerima prubahan itu sndiri…saya dan temen2 yg laen tdk mmaksa anda hadir dsini…ini forum bebas yg mau nyari pngetahuan silahkan yg mrasa d hina blas mnghina silahkan….salam damai…

      •  

        Sama sj kamu ini bikin rusak JKGR dgn komen caci maki ke org yg mengaku ngaku dari Malaysia.

        •  

          salam damai bung…filterx hrusx dri admin…gue dsini awalx nyari ilmu n pncerahan tp dptx gini ya mau apa?klo mau sesuai dgn apa yg inginkan bkin blog sndiri aja jdi commentx bung bs ngatur yg blh dan g bleh….adminx aja biarin kok bung yg sowet sih eh sewot hahaha

    •  

      Hihihi…sabar2

  2.  

    Korut makin maju.. semoga bangsamu makin sejahtera korut..

    ( lucu jadi sok alim dan arif, sekolah jg tawuran paling, tadinya ngebuly berubah jadi pahlawan kesiangan ).

  3.  

    Kedua pihak sama-sama takut dari dulu hanya berani saling ancam saja.

  4.  

    sehat kah malon? Salam serumpun lon=ruk. Kah kah kah

  5.  

    Siaga satu….battle station moga damai hidup ini indah klo gak ada perang….

  6.  

    untung bgt malaysia tetangganya indonesia yg slalu sabar dan ramah… coba klo tetangga korea… nangis gulung deh malaysia… salam kenal Bung.

  7.  

    Amerika lagi ikut2an, pake menentukan perbatasan secara sepihak…

    Inget usaha kita rebut sipadan dan ligitan dari malon…tapi di bela’in sel induknya. Jelas menang telak.

  8.  

    Trima kasih…atas pncerahanx bangga jdi indonesia…

  9.  

    dan mengapa saat ini tiada orang malaysia yang tergugah untuk benar2 lepas dari kendali inggris?
    mungkin kerana orang malaysia tidak percayadiri untuk menjadi negara yang sepenuhnya merdeka.

 Leave a Reply