Jul 262017
 

Jet tempur multiperan MiG-35 Angkatan Udara Mesir. © Dmitri Terekhov

Kairo – Personel Angkatan Bersenjata Mesir, Selasa 25 Juli 2017 menyatakan 40 orang gerilyawan tewas dalam serangan Militer terhadap tempat persembunyian mereka di Provinsi Sinai Utara.

“Pasukan keamanan Mesir menewaskan 40 orang gerilyawan yang sangat berbahaya dalam serangan Udara dan Darat di Kota Arish, Rafah serta Sheikh Zuweid di Sinai Utara,” ucap Juru Bicara Angkatan Bersenjata Tamer Er-Refai di dalam satu pernyataan.

“5 orang tersangka gerilyawan ditangkap dalam serangan tersebut,” ujarJuru Bicara Angkatan Bersenjata Tamer Er-Refai menambahkan, sebagaimana dikutip Xinhua, yang dipantau Antara pada Selasa 25 Juli 2017 di Jakarta.

Mesir sudah menyerang gelombang aksi anti-keamanan, yang kebanyakan berpusat di Semenanjung Sinai, sejak penggulingan presiden Mohamed Moursi dalam aksi pimpinan Militer pada tahun 2013, yang menewaskan ratusan Polisi dan personel Militer.

Bom Mobil Tewaskan 7 orang Wrga Sipil di Sinai

7 orang warga sipil, termasuk di antaranya 2 orang anak, tewas akibat bom mobil yang meledak pada Senin 25 Juli 2017  di sebuah Pos Pengamanan di kawasan Semenanjung Sinai, ujar  juru bicara Militer Mesir.

Pihak militer mengatakan mereka menghentikan kendaraan tersebut di sebuah Pos Penjagaan dekat kota Arish, yang merupakan Ibu Kota Provinsi Sinai Utara. Mereka sempat berusaha mengendalikan area ledakan dengan menabrak mobil pembawa bom menggunakan Tank.

Meski demikian, Bom itu meledak sesudah Tank menjauh dan sejumlah warga sipil yang berada di dekatnya menjadi korban, ujar Militer Mesir yang juga melengkapi keterangan mereka dengan sejumlah gambar.

Sampai sekarang ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Tetapi Militer mengaku berhasil menangkap 4 orang pria bersenjata yang mengendarai mobil itu.

Perlawanan gerilyawan di wilayah Sinai, Mesir, terus memperkuat sesudah pihak Militer menggulingkan mantan Presiden Mohamed Mursi dari jabatannya pada pertengahan tahun 2013 lalu. Mursi adalah seorang tokoh organisasi Islam tertua di negara tersebut, Ikhwanul Muslimin, dilansir Antara/Xinhua-OANA, 25-7-2017.

Bagikan:

  One Response to “Militer Mesir Tewaskan 40 Gerilyawan di Sinai”

  1.  

    Merembet k Mesir…

 Leave a Reply