Militer Pakistan Pesan Kapal OPV Damen Belanda

OFFSHORE PATROL VESSEL 1800 SEA AXE, DAMEN(Products.damen.com)

Angkatan Laut Pakistan telah memesan “kapal patroli lepas pantai multiguna” (OPV) dari galangan kapal Damen Belanda pada hari Senin, 12 Juni 2017.

Kontrak tersebut ditandatangani oleh Managing Director Karachi Shipyards & Engineering Works (KSEW) Laksamana Muda Hasan Nasir, seorang pejabat dari Galangan Kapal Damen dan Direktur Pengadaan Militer (Angkatan Laut Pakistan) Komodor Shafqat Azad.

Duta Besar Belanda untuk Pakistan Jeannette Seppen dan Sekretaris Produksi Pertahanan Pakistan, Letjen (R) Syed Muhammad Owais juga hadir dalam acara penandatanganan tersebut.

Dalam siaran pers resminya, Kementerian Produksi Pertahanan Pakistan (MoDP) menyatakan bahwa OPV baru akan memiliki panjang 90 meter, kecepatan tertinggi 22 knot dan perpindahan beban penuh 1.900 ton.

OFFSHORE PATROL VESSEL 1800 SEA AXE, DAMEN (Products.damen.com)

OPV multi misi ini dinilai “sangat cocok untuk anti permukaan [dan] operasi anti udara, operasi keamanan maritim, operasi helikopter siang & malam, operasi pencarian dan penyelamatan, dan pengawasan dan operasi pengumpulan intelijen.”

OPV akan dibangun di KSEW.

Catatan & Komentar:

Meskipun tidak secepat atau sama kuatnya dengan korvet dan frigat, OPV dioptimalkan untuk operasi jangka panjang dan tahan lama, seperti memetakan zona ekonomi eksklusif negara tersebut dari aktivitas kriminal maritim, seperti perdagangan dan pembajakan.

Pernyataan pers Kementerian Pertahanan Pakistan tidak menyebutkan secara spesifik kapal Damen yang dibeli Angkatan Laut Pakistan, namun spesifikasinya (90 m dan 1.900 ton) menunjukkan bahwa hal itu bisa jadi jenis kapal Damen OPV 1800.

Damen OPV 1800 sedikit lebih pendek yakni 83 meter, namun memiliki kecepatan tertinggi 22 knot dan perpindahan 1.800 ton. Kapal ini memiliki kisaran daya jelajah 5.000 nm dan daya tahan 30 hari. Kapal dilengkapi dek penerbangan dan hanggar cukup besar untuk sebuah helikopter berukuran Sea King.

Diresmikan pada tahun 2015, OPV 1800 adalah salah satu rangkaian ‘generasi kedua’ OPV Damen yang dipasarkan bersamaan dengan konsep modul Multi-Mission Bay (MM Bay).

Modul MM Bay memungkinkan pengguna akhir untuk mengkonfigurasi OPV untuk berbagai peran tanpa memodifikasi desain inti. Modul MM Bay bisa untuk untuk pencarian-dan-penyelamatan, penanggulangan ranjau laut, operasi kontra-pembajakan dan kontra-narkotika. OPV 1800 dapat membawa hingga tiga modul MM Bay.

Dalam hal persenjataan, OPV 1800 dapat dikonfigurasi dengan senjata utama 76 mm dan dua senjata 20 mm. Suite sensornya bisa mencakup radar pengawasan jarak menengah dan sistem kontrol penembakan elektro-optik.

OFFSHORE PATROL VESSEL 1800 SEA AXE,
DAMEN (Products.damen.com)

Pada bulan Maret 2017, Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA) meluncurkan rancangan OPV berdasarkan Damen OPV 1800. Menurut IHS Jane’s, MMEA Malaysia memperoleh tiga dari OPV ini seharga $ 167 juta AS.

Akuisisi Pakistan menunjukkan bahwa mereka sedang mengejar kapal berukuran korvet untuk memperkuat armada permukaannya. Biaya merupakan faktor utama di balik keputusan ini, korvet lebih murah untuk dibeli dan beroperasi daripada kapal fregat.

Pada bulan Mei, Karachi Shipyards & Engineering Works (KSEW) menandatangani letter of the intent dengan kontraktor pertahanan Turki, Savunma Teknolojileri Mühendislik ve Ticaret (STM) untuk membangun empat korvet MILGEM 2.300 ton untuk Angkatan Laut Pakistan. Kesepakatan ini akan diitandatangani pada akhir Juni. Badan Keamanan Maritim Pakistan (PMSA) juga menerima dua kapal patroli maritim Cina seberat 1.500 ton (MPV).

Quwa.org

Tinggalkan komentar