Mar 102018
 

Fregat F-22P kelas Zulfiquar, Angkatan Laut Pakistan. © Mak Hon Keong Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Dalam demonstrasi kekuatan tembak dan kesiapan tempur yang mengesankan, Angkatan Laut dan Angkatan Udara Pakistan melakukan uji peluncuran rudal jelajah anti kapal jarak jauh, seperti dilansir dari laman Azeri Defence.

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Zafar Mahmood Abbasi bersama dengan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Sohail Aman menyaksikan peluncuran senjata langsung dari PNS Nasr. Peluncuran tersebut dilakukan dari jet tempur JF-17 dan PNS Saif yang merupakan fregat multi-misi F-22P kelas Zulfiquar.

Penembakan bersama oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara Pakistan itu dilakukan pada hari terakhir Latihan RIBAT-18, yang telah difokuskan untuk memvalidasi konsep perang melawan ancaman multi dimensi.

Kanister peluncur C-802

Kanister peluncur C-802 pada fregat PNS Saif, Angkatan Laut Pakistan. © MRhk111 Wikimedia Commons

Ciri khas dari latihan ini berhasil menembakkan rudal anti kapal yang diluncurkan dari pesawat C-802AK (varian ekspor dari C-802A dengan jangkauan maksimum 250 km) melalui pesawat tempur JF-17 Thunder serta rudal anti kapal C-802 yang diluncurkan dari permukaan oleh fregat PNS Saif.

Rudal yang diluncurkan dari kedua platform tersebut berhasil mencapai sasaran yang sebelumnya telah ditentukan, tidak hanya menegaskan kembali keampuhan sistem senjata itu tetapi juga mewujudkan perluasan operasi gabungan Angkatan Laut serta Angkatan Udara Pakistan dan sinergi yang diinginkan antara kedua layanan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Kasal Laksamana Zafar Mahmood Abbasi mengungkapkan kepuasan sepenuhnya pada kesiapan operasional armada Angkatan Laut dan memuji pasukannya atas profesionalisme dan pengabdian mereka dalam tugas.

Kasal juga menambahkan bahwa Angkatan Laut Pakistan berubah menjadi kekuatan yang kuat dan tangguh yang sepenuhnya mampu melindungi dan juga memajukan kepentingan maritim nasional serta mengkolaborasikan tanggung jawab internasional melintasi Samudra Hindia.

Fregat F-22P kelas Zulfiquar (Pedang) adalalah kelas fregat yang saat ini ada di dalam layanan Angkatan Laut Pakistan (PN). Ini merupakan versi modern fregat Tipe 053H3 buatan China. Misi utama fregat ini adalah sebagai pertahanan udara, interdiksi musuh dan melaksanakan patroli di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Bagikan:

  35 Responses to “Militer Pakistan Sukses Uji Coba 2 Varian Rudal C-802”

  1.  

    ngga foto apa lgi video target yg jd sasaran

  2.  

    Kenapa ya setiap uji coba rudal anti kapal kok pake target setatis kenapa bukan target dinamis dgn minimal canon anti rudal dan pesawat didalamnya agar hasil lbh real atau rudalnya tanpa peledak agar lbh aman menyerang kaprang yg aktif!he3.ngawur.com

    •  

      Ya gak ada orang jawaban ente ngawur banget. Mau gak pake hulu ledak sekalipun, energi kinetik rudal yg terbang subsonik itu juga besar. Makanya bakal disayangkan kalo diuji coba pada kapal yg masih bagus/layak pake. Apalagi kalo ada personil di dalam kapal tersebut bisa bahaya kalo ada korban. Makanya uji coba rudal dilakukan pada kapal bekas yg sudah dipensiunkan.

      Makanya ada semboyan di Kopassus:
      Lebih baik mandi air keringat didalam latihan daripada mandi darah di Medan tempur. Makna itu sangat luas dan itu bisa diterjemahkan kalo latihan ya safety pada anggota adalah hal yg utama.

  3.  

    Salah satu rudal tersukses china ,ditembak dari pespur jf 17 biar murah bisa hihihi yg penting rudalnya keren

  4.  

    Kira2 nih rudal bsa delay gk ya??

  5.  

    Test Test Test

  6.  

    Mengenal Rudal C-802 / CSS-N-8 Saccade – Rudal Anti Kapal Permukaan

    https://militerhebatdunia.blogspot.co.id/2016/08/mengenal-rudal-c-802-css-n-8-saccade.html

  7.  

    Seharusnya militer kita modifikasi c 802 daya jangkau,daya ledak,anti jammer ditambah dan jgn diatas kapal saja,diatas truck didarat bisa ditembakan,c802 kayanya disana mulai diganti sama yj 18 yg punya 3 x kecepatan suara

  8.  

    Kw? Mang ada rudal kw jim? Fregat benayoun saudi 5 triliuyun dll kok dilkumpuhkan hebatnya houthi nembak tanpa penuntun hihihi tanya dephan apa hambatannya? ?? Kenapa ke iran,pakistan ada tot nya lancar jgn bilang nipu lho hehe pasti ada hambatannya

  9.  

    Ga maksudnya yg sudah ada seperti c802,705,yakhont dengan sdm sendiri ditambah semuanya baik diatas kapal maupun truk masa iran bisa kita gak? Yg koment pada pintar bisa keles buat lebih jauh daya jangkaunya,radarnya,daya ledaknya dll gto hahahaa khan gampang keles nambahnya

 Leave a Reply