Feb 042019
 

JakartaGreater.com – Florence Parly, Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, menyambut baik pesanan 14 unit wahana pendaratan amfibi, sebagai tautan penting dari kapal induk amfibi. “Modernisasi yang berkontribusi pada kebangkitan pasukan kita, konsisten dengan ambisi undang-undang pemrograman militer tahun 2019-2025”, kata Parly, seperti dilansir dari Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis.

Directorate General of Armament (DGA) di Kementerian Pertahanan telah memberi tahu perusahaan CNIM pada tanggal 16 Januari 2019 lalu mengenai desain dan pembuatan 14 wahana pendaratan amfibi standar baru (EDA-S) yang ditujukan untuk Angkatan Laut Prancis. Secara khusus, mereka akan melengkapi armada kapal induk helikopter amfibi (PHA) dari kelas Mistral.

Kontrak senilai € 65 juta atau sekitar $ 74,5 juta telah menjadi subjek prosedur banding publik Eropa dan termasuk, di samping akuisisi wahana plus dukungan selama lima tahun.

Wahana baru ini akan menggantikan beberapa jenis kapal yang saat ini dalam pelayanan. Delapan unit EDA-S yang diperuntukkan bagi armada amfibi Toulon untuk menggantikan tongkang angkatan laut yang ada.

Landing Craft Assault (LCA) ditempatkan pada geladak LHD atau LPD © CNIM

Mereka akan menjadi kapal di atas kapal PHA, di samping wahana pendarat amfibi cepat (EDA-R) yang sudah beroperasi, enam unit EDA-S lainnya akan dikerahkan ke luar negeri untuk menggantikan berbagai jalur logistik di Djibouti, Mayotte, Kaledonia Baru, Hindia Barat dan Guyana.

Dengan panjang 28 meter, monohull baja dengan empat anggota kru tersebut, memiliki arsitektur tipe “Roll On-Roll Off”: 2 pintu mereka memungkinkan kendaraan untuk dinaiki baik dari depan atau belakang. Dibagian belakang, anjungan yang berfungsi menempati seluruh panjang kapal. Mereka akan dapat membawa sebagian besar kendaraan militer, termasuk yang terberat seperti tank tempur utama Leclerc.

Pengiriman EDA-S akan berlangsung mulai tahun 2020. Produksi akan dilakukan oleh galangan kapal Prancis SOCARENAM, subkontraktor CNIM untuk proyek ini. Pesanan ini akan memperkuat hampir 200 pekerjaan di CNIM, SOCARENAM dan subkontraktor mereka.

  One Response to “Militer Prancis Pesan 14 Unit Landing Craft untuk Mistral”

  1.  

    hehehe … mari kita jiplak abis buat marinir