Mar 202018
 

Kendaraan pendukung tank, BMPT-72 Terminator-2 buatan UVZ, Rusia © Vitaly V. Kuzmin (8/9/2016) via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Militer Rusia berencana segera mengadopsi layanan kendaraan tempur pendukung tank BMPT-72 versi terbaru, yang dikenal sebagai Terminator 2, menurut informasi sumber industri pertahanan Rusia yang dilansir dari laman Sputnik.

“Keputusan angkatan bersenjatax untuk mengadopsi Terminator tersebut telah dibuat. Penandatanganan dokumen yang relevan diharapkan segera”, kata sumber itu.

Kendaraan pendukung tank, BMPT-72 Terminator-2 buatan UVZ, Rusia © UralVagonZapod (UVZ) via Youtube

Kendaraan tempur pendukung tank BMPT-72 Terminator 2 telah dikembangkan oleh UralVagonZavod Corporation (UVZ) Rusia. Kendaraan yang dibangun diatas sasis tank XJtempur T-72 dan dilengkapi dengan sistem rudal (misil), mampu menghancurkan tank, kendaraan tempur infanteri dan kendaraan lapis baja musuh lainnya.

Purwarupa atau prototipe kendaraan tersebut telah dikembangkan sejak tahun 2001 dan bertahun-tahun menunggu keputusan dari Kementerian Pertahanan Rusia untuk menetapkan peran kendaraan lapis baja ini dalam angkatan bersenjata.

Pada tahun lalu, Terminator 2 telah terlihat di pangkalan udara Hmeymim di Suriah, ditampilkan kepada Presiden Suriah Bashar Assad oleh Kepala Staf Angkatan Darat Rusia, Jenderal Valery Gerasimov. Kampanye di Suriah ini diyakini menjadi penyebaran tempur pertama dari kendaraan lapis baja tersebut.

Berbagi

  9 Responses to “Militer Rusia Berencana Adopsi Terminator-2”

  1.  

    kampanye pertama terminator-2 di medan tempur suriah
    berhasil atau masih menunggu evaluasi

  2.  

    kalo ada … sy mau terminator pake platform bmp amphibi, model turret tetap tapi 2 canon diganti 1 unit gatling 6 laras 30mm.

  3.  

    Wajib borong 200 unit, plus TOT

 Leave a Reply