Apr 092017
 

Kapal perusak USS Ross (DDG 71) meluncurkan rudal serang darat Tomahawk. © EPA

MOSKOW – Hanya 23 dari 59 rudal jelajah yang ditembakkan dari kapal perang AS di sebuah pangkalan udara Suriah yang mencapai target, menurut data alat perekam Rusia, seperti dijelaskan oleh juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayjend Igor Konashenkov, seperti dilansir dari TASS Defense pada hari Jumat.

“Efektivitas tempur dari serangan rudal besar-besaran AS pada pangkalan udara Suriah tersebut sangat rendah”, kata juru bicara Kementerian Pertahanan tersebut menekankan.

“Menurut data alat perekam, hanya 23 rudal yang mencapai pangkalan udara Suriah. Tempat di mana rudal lainnya jatuh masih belum diketahui”, kata juru bicara itu.

Data radar Rusia menunjukkan bahwa rudal Tomahawk ditembakkan dari kapal perusak Amerika Serikat yaitu USS Porter dan USSRoss di Laut Mediterania dari pukul 03:42 – 03:56 waktu Moskow, kata jenderal itu.

Sistem pertahanan udara militer Suriah akan diperkuat dalam waktu dekat untuk melindungi fasilitas infrastruktur yang paling penting, Konashenkov memastikan.

Pada tahun 2016, beberapa baterai dari sistem pertahanan udara Rusia S-300 telah dipindahkan ke fasilitas logistik angkatan laut di Tartus untuk memberikan perlindungan bagi pangkalan militer dan kapal Rusia di lepas pantai Suriah.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengatakan bahwa sistem pertahanan multitier telah dipasang sekitar Tartus dan pangkalan udara Hmeymim. Pada akhir November 2016 sistem pertahanan udara terbaru S-400 dikirimkan ke Suriah setelah pesawat tempur F-18 Turki menembak jatuh bomber Sukhoi-24 Rusia.

Sistem Pantsir melindungi fasilitas militer Rusia dari pesawat yang terbang rendah dan rudal. Juga, fasilitas pertahanan Rusia menggabungkan sistem Bastion, yang mampu memukul target di laut dan darat pada jarak 350-450 kilometer. Rusia telah membantu Suriah untuk mengembalikan operasional sistem pertahanan udara S-200-nya yang melindungi pangkalan militer Rusia dari serangan potensial di wilayah timur. Tentara Suriah juga menggunakan sistem pertahanan udara Buk.

Serangan Kimia

Serangan rudal AS di Suriah telah direncanakan terlebih dahulu, sementara insiden penggunaan senjata kimia hanya sebagai dalih, menurut catatan Konashenkov.

“Sudah jelas bahwa serangan rudal jelajah AS terhadap pangkalan udara Suriah telah direncanakan dengan baik terlebih dahulu”, katanya.

“Bagi para spesialis itu jelas bahwa keputusan untuk melakukan serangan rudal di Suriah telah dibuat di Washington jauh sebelum peristiwa di Khan Shaykhun, yang digunakan sebagai dalih yang terlalu mengada-ada. Pamer kekuatan militer yang secara eksklusif berasal dari motif politik internal”, tambah juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia.

Kerjasama Dengan Pentagon Ditangguhkan

Kementerian Pertahanan Rusia telah menghentikan kerjasama dengan Pentagon pada pencegahan insiden penerbangan di atas Suriah.

“Kami menganggap langkah-langkah yang telah diambil oleh Amerika Serikat menjadi pelanggaran yang cukup jelas dari MoU 2015 pada pencegahan insiden militer dan menjamin keamanan selama operasi di wilayah udara Suriah”, kata juru bicara kementerian.

“Kementerian Pertahanan Rusia menangguhkan kerjasama dengan Pentagon yang ditujukan untuk pelaksanaan memorandum tersebut”.

“Untuk melindungi fasilitas yang paling sensitif dari infrastruktur Suriah, sejumlah langkah-langkah strategis akan diambil dalam waktu dekat untuk memperkuat dan meningkatkan efektivitas sistem pertahanan udara angkatan bersenjata Suriah”, tambahnya.

Kerugian Suriah

Serangan rudal AS tersebut menewaskan 4 prajurit militer Suriah, sementara itu beberapa orang lainnya terluka atau hilang.

“Menurut komando pangkalan udara, 2 orang prajurit Suriah hilang, sementara 4 orang tewas dan 6 orang mengalami luka bakar serius saat memadamkan api”, kata Konashenkov.

Menurut Departemen Pertahanan Rusia, 6 unit jet tempur Mikoyan MiG-23, stasiun radar dan peralatan militer lainnya telah hancur.

“Serangan tersebut menghancurkan sebuah gudang logistik, bangunan pelatihan, kantin, enam unit pesawat tempur MiG-23 yang berada di dalam hanggar perbaikan dan juga stasiun radar”.

“Landasan pacu, taxiway dan pesawat tempur Angkatan Udara Suriah yang sedang diparkir tidak mengalami kerusakan”, kata juru bicara itu.

Berbagi

  44 Responses to “Militer Rusia: “Hanya 40% Rudal AS Menghantam Sasaran””

  1.  

    pertamax

  2.  

    Mantap….. Dari 59 tomahawk hanya kurang dari separoh yg tepat sasaran,benar2 battle proven buat menghajar 1 pangkalan saja. (Kalo 10 pangkalan berarti dibutuhkan -+600 rudal X Rpxxxxx/rudal= Rpxxx berapa yah…???)

    •  

      Murah bung, untuk varian Land-attack, hanya sekitar $1 juta, jika meluncurkan 600, maka total biaya hanya $600 juta,bandingkan dgn system S400, seharga $400 juta, dan hanya dilengkapi 12 peluncur, itu artinya Max target yg bisa dicegat hanya 12, lalu harus reload, itu berarti 16 tomahawk seharga $16 juta cukup untuk menghancurkan System S400 yg terdiri dari 3 truk peluncur dan 1 truk radar. Dgn catatan jika akurat, jika tdk, maka dibutuhkan hingga 30-40 tomahawk seharga $30-40 juta, tdk sebanding dgn mahalnya system S400.

      •  

        Namanya pelindung mahal bro..anda menghitung harga rudalnya tommahawk tanpa peluncur dan sistemnya?…dan anda membandingkan harga S400 yg utuh bersama peluncur dan sistemnya…saya hanya mengingatkan lho…

        •  

          Saya hanya menganalisa dampak yg ditimbulkan dari 16 rudal tomahawk, dan ternyata dampak dari 16 rudal seharga $16 juta mampu menghancurkan 1 paket S400 yg seharga $400 juta.

          Dgn catatan, jika rudalnya akurat 🙂

        •  

          Kalau 1 Batalion S-400 pastinya memiliki Pengawalan SAM juga donk seperti BUK, Pantsir untuk Menghalau Misil Jarak mengengah dan Dekat, S-400 hanya untuk menghalau sasaran jarak jauh saja, sedangkan sasaran yang mendekat di halau pakai sistem anti0udara yang lainnya.

  3.  

    wah bung lingkar tiap detik hadir terus .. lg jomblo y.. hehehe

  4.  

    Met malam bung lingkar n bung jfs.
    Selamat melekan dan ngeronda JKGR…

  5.  

    eitsss… yg suka ngejar2 pertamax pake alarm ya.. klo momod sih ga usah x

  6.  

    Kebanjiran artikel nih karena bom kimia, masing2 mengklaim alat tempurnya yg terbaik tapi nyawa orang yg melayang!

    •  

      semua intinya sama bung 😀 jualan, toh sekarang Rusia katanya mau bantu sebar pertahanan udara, yg ujung-ujungnya nnti adalah klo Suriah minat ya tinggal disuruh bayar toh…

  7.  

    https://id.m.wikipedia.org/wiki/BGM-109_Tomahawk

    Varian land-attack jangkauan tembus 2.500km. Tapi kecepatan hanya 880km/jam, harusnya dgn kecepatan segitu (cukup lambat) akurasi Tomahawk harusnya bisa akurat.

    •  

      betul bung @Jef, dan rudal itu sudah terbukti efektif waktu perang Irak kmrn.. tapi mungkinkah ada yg lagi ujicoba jammer baru?

      pertimbangan lain adalah, teknologi trus berkembang, dan banyak negara mulai mengembakkan diri dalam riset dan pengembangan berbagai teknologi di dalam negerinya masing-masing. improvisasi kadang lebih efektif dari persenjataan yang telah ada sebelumnya

  8.  

    dari 59 rudal yg luncurkan hanya 23 yg tepat sasaran.. betul itu kan sisanya yg meleset itu lagi kerokan, ada yg encokan dan ada yg pikun pula..

  9.  

    rudal stok lama kah?
    atau jammer?
    atau memang tak akurat?

  10.  

    Knp rusia ga marah 6 jet tempurnya di hancurkan hingga hanggarnya jg…apa selama rudal hanud rusia di suriah ga berfungsi?..tau ahh lopp xixxix

  11.  

    semua saling mengklaim, ya wajarlah amrik rusia negara industri militer, masak rusia bilang RUDAL AMRIK SUKSES HANCURKAN LANUD SURIAH, bisa2 senjata buatan rusia gak laku,

    •  

      Betul, dua2nya sama2 ngaku yg paling bener, supaya produknya tdk dianggap cacat.

    •  

      Silakan lihat foto/video kondisi lanud Suriah, maka pendapatmu akan lebih objektif.
      INGAT 59 rudal bung, TAPI:
      Kondisi lapangan terbang masih utuh, tidak ada kerusakan pada jalur landasan
      Kerusakan hanya pada bangunan (hanggar, bangunan logistik, stasiun radar, kontrol radio, dll) Dari sini okelah kalau tomahawk diklaim sebagai rudal presisi
      Jika satu tomahawk (diklaim memiliki daya ledak tinggi dan presisi meyakinkan) bisa menghancurkan satu bangunan utuh, apakah dengan 59 rudal berarti ada 59 bangunan di Lanud tersebut? Berdasarkan foto udara hal itu meragukan
      Jika dibutuhkan lebih dari satu tomahawk untuk menghancurkan satu bangunan, berarti perlu dipertanyakan efektifitas daya ledak towahawk
      Mengandalkan rudal lama dengan daya ledak kurang meyakinkan adalah kemungkinan kecil. Amerika tidak akan mau mendapatkan rudal kelas rendah dari produsen tanpa pengujian lebih dulu, juga mengingat bahwa serangan ini adalah serangan perdana dan terbuka terhadap suatu negara yang jelas-jelas didukung negara adidaya lain.
      Jadi jelas hanya sebagian rudal yang mencapai Lanud dan membuat kerusakan signifikan pada bangunan
      Pertanyaan yang tepat adalah dimana sebagian besar rudal yang lain?

  12.  

    Tes

  13.  

    36 rudal lagi ngronda di desa2 dan perbukitan… Sapa tau ada terorisnya hehehs

  14.  

    Suriah hrs segera memperketat pertahanan udaranya, Kata si donald msh akn ada serangan susulan..
    Semoga Rusia lebih pro aktif menangkal US.. Duel senjata yg dinanti akn teruji dlm laga sebnarnya..

  15.  

    Basis militer yang di rudal it pake pertahanan ap aj ya..

  16.  

    Sisanya mungkin jatuh ditangan s 300 dan s 400 …..

  17.  

    serangan rudal US ke suriah menjadi contoh nyata buat indonesia, dimana pangkalan militer kita masih sangat rawan terhadap serangan rudal, klo Tdk segera berbenah diri maka bisa sj kita senasib dgn suriah pangkalan militernya habis dhantam rudal tanpa ada perlawanan

  18.  

    tomahawk vs s400

 Leave a Reply