Militer Rusia Mendapat S-350 Vityaz Tahun 2019

39
Sistem pertahanan udara jarak menengah, S-350E Vityaz buatan Almaz-Antey © Vitaly V. Kuzmin via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Pasukan Aerospace Rusia akan mendapatkan sistem rudal darat-ke-udara S-350 Vityaz tahun depan, kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir dari laman Sputnik pada hari Minggu.

“Pada tahun 2019, Pasukan Aerospace akan menerima sistem rudal baru, S-350 Vityaz, untuk pertama kalinya”, sebut pernyataan itu.

Pasukan itu juga akan dilengkapi dengan sekitar selusin sistem rudal pertahanan udara Pantsir-S dan senjata pertahanan udara jarak jauh S-400 Triumf, kata kementerian itu menambahkan.

Pasukan Rusia yang ditempatkan di wilayah Khabarovsk, Crimea, Kaliningrad, Leningrad, serta di Kutub Utara akan disuplai dengan senjata Pantsir-S dan S-400 awal tahun ini.

Sistem rudal permukaan-ke-udara jarak menengah S-350E Vityaz © Courtesy Wikimedia Commons

S-350 dibangun menggunakan radar AESA canggih terbaru dan kendaraan komando baru. Sebuah baterai S-350 standar akan mencakup kendaraan komando, dua buah radar dan delapan kendaraan peluncur.

S-350 menggunakan pemandu radar aktif, kemampuan pencegat “hit-to-kill” sama seperti sistem pertahanan udara S-400 dan dapat menyerang target pada ketinggian 75 mil (lebih 120 km). Sistem S-350 dapat menyerang 16 target secara bersamaan dengan total 32 rudal pada satu waktu.

10 KOMENTAR