Militer Rusia Pesan Kendaraan Dukungan Tempur Terminator

Kendaraan dukungan tempur BMP-T “Terminator” buatan Rusia. © kbm.ru

Militer Rusia Pesan Kendaraan Dukungan Tempur Terminator 1

Angkatan Bersenjata Rusia telah menandatangani kontrak dengan perusahaan pertahanan UralVagonZavod untuk pembelian sejumlah kendaraan dukungan tempur, namun mengenai jumlah kendaraan BMP-T Terminator yang dibeli masih dirahasiakan, menurut pakar militer Rusia, Alexey Khlopotov.

BMP-T adalah kendaraan tempur lapis baja (AFV) pasca Perang Dingin yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Uralvagonzavod dari Rusia. Kendaraan tempur ini dirancang untuk memberikan dukungan terhadap tank dan AFV lainnya di daerah perkotaan.

BMPT-72 “Terminator 2” buatan UralVagonZapod Rusia yang diperkenalkan dalam ajang KADEX 2014. © Dephan Perancis

Militer Rusia Pesan Kendaraan Dukungan Tempur Terminator 2

Kendaraan tempur lapis baja yang secara resmi disebut “Terminator” tersebut dilengkapi dengan persenjataan berat dan pelindung lapis baja untuk bertahan di pertempuran kota.

BMP-T Terminator ini memiliki sebuah turret dengan persenjataan yang dipasang di luar.

Dilengkapi dengan sepasang meriam 30 mm, 2 buah peluncur granat otomatis AGS-17D atau AGS-30 30 mm yang dikendalikan dari jarak jauh, 4 buah peluncur rudal anti-tank Ataka-T dan sebuah senapan mesin koaksial 7,62 mm.

Meriam 30 mm yang digunakan tersebut memiliki sistem dual-fed dan dapat menembakkan berbagai jenis amunisi, termasuk amunisi HE-T, APDS, HE-FRAG dan AP-T.

BMP-T “Terminator” buatan UralVagonZapod Rusia. © UralVagonZapod

Militer Rusia Pesan Kendaraan Dukungan Tempur Terminator 3

Rudal Ataka-T dapat dipasangi tandem HEAT, HE-FRAG ataupun hulu ledak thermobaric. Ataka-T memiliki jangkauan maksimal 5 km. Kendaraan dapat melibatkan tiga target pada saat bersamaan, karena masing-masing senjata ditujukan secara terpisah.

Hingga akhir tahun 2016 lalu, satu-satunya operator kendaraan dukungan tempur BMP-T Terminator ini adalah Kazakhstan. Kazakhstan telah memesan 10 unit BMP-T Terminator pada tahun 2010 dan dikirim oleh Rusia dari tahun 2011 sampai 2013. Tiga dari kendaraan ini dipamerkan untuk pertama kalinya dalam parade Hari Konstitusi 2011.

Leave a Reply