Jul 092016
 

Singapura adalah negara yang sangat-sangat memperhatikan masalah keamanan negara. Katanlah, jika ada gangguan keamanan di Indonesia, misalnya Jakarta (kasus Bom Sarinah), Indonesia masih memiliki kota : Surabaya, Bandung, Medan, Denpasar, Makassar dan lain-lain, untuk dikunjugi turis atau doing business. Tapi apa yang terjadi jika ada gangguan keamanan di Singapura ?. Turisme dan perdagangan yang menjadi modal utama, akan rontok. Bisnis berantakan dan para investor akan lari. Singapura, paham benar dengan situasi itu, makanya tidak heran, masalah keamanan negara, menjadi nomer satu, untuk menopang berdirinya negara Singapura. Mereka terus memodernisasi militer, termasuk seperti kendaraan tempur baru di bawah ini.

Protected Combat Support Vehicle (PCSV), Singapura

Protected Combat Support Vehicle (PCSV), Singapura

Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) memperkenalkan Protected Combat Support Vehicle (PCSV) baru, untuk pasukan infanteri bermotor. PCSV ini akan ditugaskan pada 2017.

PCSV akan memberikan peningkatan daya tembak, perlindungan dan kesadaran situasional untuk dukungan infanteri tempur bermotor dan pasukan dukungan layanan tempur.

Fitur kunci dari PCSV meliputi:

Peningkatan Payload. kendaraan yang dilindungi dapat membawa muatan hingga 4,000kg. Hal ini memungkinkan PCSV untuk dikonfigurasi membawa beban modular seperti sistem mortar, battalion casualty stations dan perlengkapan tempur untuk dukungan tempur yang berbeda dan fungsi dukungan layanan tempur.

Dengan Firepower yang kuat, kendaraan ini dilindungi dan dilengkapi dengan 7.62mm Remote Machine Gun, yang dioperasikan dari dalam kabin, sehingga melindungi tentara yang beroperasi dari paparan tembakan bermusuhan.

Protected Combat Support Vehicle (PCSV), Singapura

Protected Combat Support Vehicle (PCSV), Singapura

Kendaraan memiliki fitur perlindungan balistik dan ranjau untuk melindungi tentara dan untuk memenuhi kebutuhan operasional.

Kendaraan dengan fitur :Enhanced Situational Awareness and Coordination, meliputi sistem C4 (Komando, Kendali, Komunikasi dan Komputer) onbord yang memungkinkan pertukaran informasi yang cepat dengan semua kekuatan teman, meningkatkan komando dan kontrol dan bertahan hidup di medan perang.

Army Battlefield Internet Singapura memungkinkan menggunakan kendaraan ini yang diintegrasikan dengan Terrex Infantry Carrier Vehicles untuk beroperasi pada jaringan yang sama, yang memungkinkan pasukan infanteri bermotor SAF, bertempur bersama-sama secara terpadu.

Defence-blog.com

Berbagi

  142 Responses to “Militer Singapura Gak Ada Matinya”

  1.  

    one

    •  

      jakartagreater artikelnya bagus2 tp komentatornya nyebelin dan bodo bener. Ini perbandingan SG dan ID yah:
      1. TNI 450K, disana cmn 75K tp plus wamil 1.6 jt. Dilatih terus pegang senjata sampe umur 40.
      2. Anggaran militer SG selama puluhan taon jauh diatas ID, semua jadi alutsista bukan bayar gaji.
      3. Pesawat, Rudal SG jauh lebih banyak, radar lebih lengkap. Ga kayak ID yang masi bs nembak temen sendiri.
      4. SG Sekutu dekat Amrik dan Aussie, berbagi pangkalan militer.
      5. Dekat dengan China karena hubungan darah.
      6. BBM SG sumber transit ASEAN, cadangannya jutaan kiloliter, ID tergtg ekspor SG untuk hidup.
      7. Simpanan devisa luar negeri SG jauh sekali diatas ID, negaranya hancur simpanan piutang masi banyak.

      Kalo lihat diatas, sampe kita perang Jakarta akan rontok dalam hitungan hari sebelum kota lainnya dihantam US. Tolong kalo komen pake otak sedikit dunk, eneg tuh bacanya.

      •  

        Mungkin Hanya Waktu Yang Bisa Menjawabnya…Xi…Xi…Xi…

      •  

        sehebat apapun singaporno takkan menang lawan INDONEASIA.mau ngandalain ASU ma sotrali hhhh…kita rakyat indonesia darah pejuang bung gk gentar menghadapi musuh yg bagaimanapun.cukup dari batam aja prajurit2 NKRI mampu menghapus singaporno dari peta dunia dlm hitungan JAM

        •  

          @slowmen: iya bukan mengurangi semangat darah juang situ tapi emangnya yg darah pejuang situ doank, mereka dilatih lho setiap pria untuk setiap saat siap dipanggil membela negara. Coba berapa banyak komentator sini yang pernah belajar ngisi peluru M16 terus bawa dan loncat turun dr helikopter. Mereka 2 taon loh dilatih di pulau Tekong. Setiap taon dipanggil latihan 2 bulan sampe umur 40.
          Saya bukan mau merendahkan martabat sendiri kok, tp berusaha membuka mata komentator yang suka under estimate negara lain.
          Kita ada kekurangan dan itu harus diakui dan diperbaiki. Bukan koar2 doank menghina2 tetangga sendiri.

          •  

            saya mau nanya balik ke bung cx. apakah arek suroboyo waktu menahan gempuran pasukan sekutu yang notabene pemenang perang dunia ke 2 itu pasukan terlatih? trus apakah pasukan yang menggempur belanda di seluruh tanah air indonesia dan mengusir mereka dari bumi indonesia merupakan barisan tentara yang sudah menguasai senjata??
            semangat juang dan persatuan bangsa indonesia yang membuat mereka takut pada kita. karna cuma disini semua perbedaan dapat disatukan dan dijalankan secara damai.
            kalau cuma untuk membuat seseorang bisa menembak tidak butuh waktu lama kok. kalo ada senjatanya 1 hari juga dah bisa nembak. tul ga???

      •  

        Indonesia kalah kemungkinan kecil sekali karena jumlah angkatan darat SG yg akan menguasai lahan luas Indonesia tidak cukup, tp Indonesia menang jg sangat sukar. Hasilnya sama2 hancur.

        •  

          Point anda adlh
          1. Kwmungkinan Indonesia kalah kecil sekali.
          2.AD singapur tdk akan bisa menguasai lahan Indonesia.
          3.Hasil perang sama sama hancur.

          Dari 3 point tsb Indonesia masih diatas angin krn ada 3 ketidakmampuan singapur dan 1 ketidakmampuan Indonesia yaitu point 3, sama sama hancur. Tapi kehancuran yg tjd saya kira masih parahan singapura.

        •  

          Seharusnya kalau head to head Indonesia dengan Singapura kita hanya boleh hancur tidak lebih dari 1% Singapura hancur 100%. Bandingkan jumlah penduduk dan luasnya antara Indonesia dengan Singapura? Hanya saja skenario diatas terjadi JIKA MILITER SINGAPURA SEPERTI ZIMBABWE

          Sayangnya Singapura ini duidnya kenceng, kecil-kecil NGAPLOKAN. Gak salah dijadiken Israelnya Asia Tenggara…

      •  

        @rudal: yg mikir perang ga perlu BBM, modal urat sama pentungan bambu masi bs menang itu antara debil atau ga pernah sekolah.
        FYI, satu dua kapal induk Amerika dengan 40-80 pesawat sudah bs meratakan Indonesia berulang2 dalam itungan jam. Elo sangka nuklir bs dilawan sama bambu runcing?

        •  

          @cx..
          ente bener kalo amerika mau perang model coc, indonesia rata hanya dgn pesawat..
          tapi indonesia belon dikuasai kalo belon turun dimari, inget vietnam..

        •  

          kalo hanya melawan singapura saya rasa tidak terlalu sulit. tapi kalo dibantu as sama australia baru repot. karna kita harus berperang di 3 front sekaligus. timur, barat dan selatan.

      •  

        ngapain pada ribut soal singapure……ingat…pemimpin senior Singapure ( lee kwan yeuw ) itu aslinya orang semarang lho…..jadi masih saudara sendiri…..jadi sebenarnya singapure adalah bagian dari NKRI

      •  

        Lu kata perang cuma ngandelin itu aja. guobl*k lu.
        Sekarang gue mau tanya. Kalo RI beli 30 rudal Iskander terus di disalvo dari natuna, batam dan sekitarnya. Lu pikir Singapura mau jadi hantu gitu buat hindarinnya. Emangnya RI gak mampu beli 100 rudal Iskander dan Russia gak ngasih gitu. Lu pikir pake otak. Kalo RI tujuannya cuma eliminate Singaporno sih cuma seujung kuku nyet. Cuma memang ekses kedepannya yg harus dipikirkan buat kesejahteraan rakyat. Apakah lebih banyak manfaat atau ruginya jika mengeliminasi negara upil itu.
        oke coy!

      •  

        Gak ada hubungannya sama nasionalisme. SUSAH AMAT MENERIMA KENYATAAN? Diakui saja militer kita menang jumlahnya, tapi modernisasi alutsista nya ketinggalan jauh. Kalau kita bagus ya dibilang bagus, kalau masih ketinggalan ya diakui saja ketinggalan… gitu saja kok repot…

        Lama-lama pride WNI 11-12 sama pinoy…

      •  

        @Cx, sebelum ngatain orang bodo, tolong ngaca dulu, jgn2 anda lbh bodo. Yg pasti menurut saya anda jauh lebih bodo krn anda cuma menggunakan 7 variabel, coba liat variabel yg dipakai global firepower (http://www.globalfirepower.com/countries-listing.asp). Indonesia rank 14 singapore 64. Letaknya yg kecil dan terpusat kehancurannya tdk terelakkan bila benar2 perang dgn RI (1 vs 1). Apabila mef tercapai (10 skadron pswt tempur, 200 kri, 12 kasel, 3 div kormar, 3 div kostrad) dlm hitungan 1 minggu sangat mungkin menguasai sin, tp jangka pjg akan susah krn pasti akan didukung negara2 pakta persemakmuran (uk,oz,mal) plus usa. Salam.

      •  

        @cx..lo yg pake otak…ga bc sejarah y..sp lo..sg itu negara se upil..melek mata ndro.

  2.  

    two

  3.  

    Perasaan satu hr ini thread nya cuman mbagus mbagusin singapura yak….ada apa dengan singa pura

  4.  

    yang do atas lagi belajar ngitung…

    xixixi…

  5.  

    yang di atas lagi belajar ngitung…

    xixixi…

  6.  

    gimana mau mati wong s’pore gak pernah perang. Coba spore suruh perang dulu biar ketahuan klaim Gak ada Matinya itu bener gak?

  7.  

    Bentuk dasarnya Kotak mirip toyota kijang tahun 1982.

  8.  

    Singapore, just a chinese overfoot in south east asia (Bung Karno)

  9.  

    Bensinnya pasti ud kyk minum aer mineral. Klo cuma muter2 singapore mah cukup.

  10.  

    Tax amnesty berjalan baru deh kejang2..

  11.  

    Kah..kah..kah..kau pun hasil selundup juga,jadi nggak ada bedanya dengan senjata selundup…kah..kah..kah…….

  12.  

    Pepatah bilang : Terlihat kuat saat lemah. Terlihat lemah saat kuat. Sekarang singaapur sedang lemah makanya pada pamer!! :v

  13.  

    Negara paranoid.d kasih asap aja kejang2 apalagi..d hujani ribuan roket..juga hilang dari peta….sama macam negara tetangga yg lagi..pusing d hantam texamnesty..

    •  

      “BILA INDONESIA TIDAK MENYERANG SINGAPURE , MAKA SINGAPURE BUKAN ANCAMAN BAGI INDONESIA..”.
      CONTOHNYA…BILA SINGAPURE DI HUJANKAN SERENTAK 10 RB ROKET/ARTELERI DI TAMBAH 200 RUDAL CAMPURAN…DARI BATAM DAN SEKITAR SINGAPURE….APA SINGAPURE BISA BISA MENAHANNYA…DENGAN SENJATA CANGGIH APAPUN…MAU PAKAI IRON DOME KEK, MAU PAKAI LASER KEK…DLL….. PASTI..! MINIMAL 50% SERANGAN ITU LOLOS..
      DAN SINGAPURE RATA DENGAN TANAH…”YG JADI MASALAHNYA” ALUTSISTANYA DI TARUH DI LUAR SINGAPURE…DAN ITU SIAP MENYERANG JKT, SBY,MEDAN,MAKASAR ,DLL
      APA INDONESIA SANGGUP MENAHAN SERANGAN BALASAN SINGAPURE..?
      ha ha ha

      •  

        Indonesia ini…Rin…Indonesia…
        Bukan Timur Tengah…

        Km gak baca sejarah, kayak apa dulu Bandung, Jogja dan Surabaya pas Agresi Militer Belanda???

        Hangus semua Kotanya abis dibom Belanda, trus apa rakyat menyerah??
        Rakyat bersama Tentara malah makin panas habisi Musuh dengan Gerilya.

        Jangan dkira kayak Syria ama Irak, kotanya diserang dan dibom trus rakyatnya kabur ngungsi negara lain. Mana ada ceritanya warga Indonesia ngungsi ke negara lain saat perang, yg ada Bertahan dan Serang Balik.

        Pusat pemerintahan juga gampang dpindah waktu perang, untuk menunjukkan eksistensi pemerintahan.

        Lha Singapura? Dengan tentara yg nyuruh pembantu bawa tas??
        Dijamin sekali diserang habis2an, tentaranya nyerah, warganya kabur balik ke China…

        Tapi kalo mreka minta bantuan Sekutu lain cerita yah…

        •  

          Mereka punya gurkha yg lebih hebat dari TNI.

          •  

            Wkwkwkk.. gurkha aja pd tewas di surabaya..

          •  

            Gurkha pada nangis pengen pulang di perang 10 november.

          •  

            Sembarangan aja ngomong, gurka lebih baik dari TNI,

          •  

            Sekolah sono bocah…

          •  

            gurkha lebih hebat dari TNI? omong kosong…! big bullshit…!

            kalau gurkha lebih hebat pasti british, menang terus dalam lomba tembak antar pasukan elite se asean dan oceania.

            Malah TNI menang terus, menangnya telak…..berapa ratus medali emas tuh di ambil TNI. sedangkan british, aussie, malaysia dan singapore …nol medali emas,

            padahal 4 negara itu gudangnya gurkha….kakakakakakak

      •  

        Kalo perang..
        Singapura pasti akan caplok batam terlebih dulu..
        Batam aKan jd pengkalan terluar militer Singapura utk berdepan Indonesia.
        Sekitar 100km jarak dari singapura akan menjadi kubu terluar Singapura dan sekutunya asu.
        Ini strategi yg ditiru dari Israel.
        Maka dipastikan jet tempur Singapura mampu melumpuhkan semua pengkakan udara Indonesia.
        Kapal angkatan laut Indonesia yg coba berada di lautan akan dibom dan dimusnahkan.
        Indonesia cuman mampu bertahan didaratan dan wilayah sekitar 100km dari Singapura akan menjadi base kpd militer Singapura dan asu.
        Seterusnya warga batam dan Kepulauan yg dicaplok akan memileh menjadi warga Singapura.
        Ini bakal berlaku 2030.
        Wkakakakak

        •  

          @Malon menyamar jadi Agus

          Itu semua bisa terjadi kalau semua Tentara dan Warga Indonesia tertidur, hanya terjadi dalam mimpimu saja.

          •  

            Bukannya selama ini “tidur”?

            Kan kata PEJABAT TERHORMAT lebih baik uangnya dipakai “nidurin”?

            Telat sadar….

        •  

          Pasti skenario terburuk sudah dipikirkan oleh singapura secara rahasia. Kemampuan militer singapura jauh lebih kuat dari TNI. Kalo kita berfikir logis, kita akan sadar ancaman ini. Sebagaimana israel yg bisa mempermalukan semua negara arab.

        •  

          @Agus, Emang gampang ambil alih batam ?? Kita orang Indonesia gus…
          Gak tau deh kl semua rakyat batam mentalnya kayak lu gus…!

        •  

          Bung Agus….
          Singapura gak bakal berani menyerang Batam walaupun punya segambreng alutsista canggih. Disekeliling Batam sudah dijaga oleh pangkalan TNI, apalagi Natuna yang bakal seperti Pearl Habour.

          Di Batam sendiri, ada pasukan bayangan yang akan memukul mundur pasukan singapur yang mencoba menginjak kakinya di Batam.

          Militer Singapur sibuk pergi menyerang Batam, menghancurkan pesawat tempur dan kapal perang Indonesia, satu batalyon tempur kita sudah akan di dalam Singapura mengambil alih tempat-tempat vital negara
          tersebut.

          Belum lagi orang Indonesia di singapura yang jumlahnya ratusan ribu bakal mengacak-acak itu kota kecil.

          Jadi bagaimana bisa Singapur mengalahkan Indonesia, kalau dalam hitungan jam negara itu sudah diduduki kita????

      •  

        bisa dong….diindonesia sendiri kekuatannya juga terbagi Kog..AL ada 3…AU ada 2…AD ada 3…coba aja diteliti lebih dalam lagi…tp ngapain juga etek Singapore…kurang kerjaan…habis disalvo seperti yg diomongin bung cariin…yg bersih2 jangan TNI cukup BRIMOB aja cukup…yg TNI jaga kandang,bukannya Indonesia Sudah seperti itu sistem mekanisnya…tp yah kelasnya bukan terrex cukup anoa..Dan rantisnya cukup komodo/elang….loooh lha VAB 50nya??sarachennya???..jeeppnya yang lama???..sebenarnya Indonesia masih punya banyak yg sekelas tersebut atau atasnya dikit..tp bantuk lama…kalopun bentuk lama tapi fungsinya masih bisa digunakan..ngapain tidak..contoh kecil aja..kalau pas benar2 terjadi WAR..yg baru2 dipakai TNI..yang lama dipakai BRIMOB…lumayankan…

      •  

        Masalahnya sanggupkah singapura meratakan ribuan kota dan kota kecamatan di indonesia. Masalah lagi adakah penduduk singapura yang mau tinggal setelah singapura rata

  14.  

    Yg..penting..hilang dari peta….paling..d ausi d simpen…d ..surabaya bembuktikan..baru satu kota…apalg anyak kota…ga akan berani..

  15.  

    Ngga ada yg sanggup ngadepin RATUSAN JUTA RAKYAT YG MILITAN .!!!! demi negaranya yg siap mati, negara sekuat apapun akan kewalahan dgn serangan mematikan syuhada yg rela mati demi negaranya..akan ada serangan dgn bom yg bisa berpikir,lari,& menghindar dari musuh.untuk menghancurkan sasaran. Itulah para militan yg siap mati untuk negaranya..kecuali si CARIN & ANTEK”NYA..hehehe..

    •  

      ketika di bawah jangan kalap, ketika di atas jangan jumawa.
      itulah dia.

    •  

      Sadarlah bung. Itu ibarat kawanan domba melawan seekor singa atau harimau. Kawanan domba itu malah menjadi santapan singa. Sadarlah bung !!

    •  

      saya org indo yg ngajak komentator disini kl ngoceh nalarnya dipake dikit:
      1. Alutsista SG jauh kemana2
      2. Jumlah org terlatih perang indo dengan sg ga jauh beda. TNI 450k, mereka wamil 1.6jt lelaki. Dan terus dilatih 2 bln setaon sampe umur 40.
      3. SG Sekutu Amrik dan Aussie
      4. SG karena kedekatan darah sekutu dengan China.
      5. BBM SG sumber transit ASEAN dengan cadangan berjuta2 kilo liter diexpor ke indo.
      6. Anggaran militer pertahun 30% lebih tinggi selama puluhan tahun. Semua jadi alutsista bukan bayar gaji.
      Masi mau berbesar hati dan menutup mata yg penting indo lebih hebat karena SG negara kecil? Ngimpi kalian

      •  

        Ah buktinya anggaran militer US jauh banget ama vietnam, peralatan jauh lebih canggih tapi US ga menang, senjata canggih bukan jaminan menang perang bung !

  16.  

    ya iyalah negara kecil gitu pastinya yg diutamakan militernya, kalo militernya gak kuat maka diserbu sekali aja udah hancur, kalo kena tsunami bisa habis singapur

  17.  

    gak ade matinya…??…biarin deh(tidur lagi…)

  18.  

    Singapura mmg hebat perlengkapanx,,,tapi apakah militansix kuat,,,,dah di tes apa blm,,,,,?apakah mental tentarax dah pernah di tes di medan perang,,,?

    •  

      Prestasi penumpasan pembajakan oleh passus singapura berhasil gemilang,.. senyap dan cepat…Bahkan lebih baik dari Kopassus!!.

      •  

        Biarlah kehebatan passus singaporn hny di hati esti…di kami tidak. Apa iya berprestasi tp senyap…lomba tembak, pasukan perdamaian, gak terdengar prestasinya, itu pertama.

        Kedua, mrka trgtung sngt dg keunggulan tekhnologi, bgm jk hal itu ditiadakan, bs jd nightmare bwt mrk.

        Sebenarnya msh banyak ketergantungan singaporn pd negara2 jirannya contoh suplai air bersih dr malon, pasir, gas alam, tki, wisatawan sprti esti dr Indonesia…klo msh mikir hal itu apa msh mau pongah?

        Yg sy khawatir, singa krn trs numpuk senjata jd kalah perang ekonomi ma garuda, yg lbh ke investasi sarana prasarana (pelabuhan/tol laut, bandara, jalan) dibanding alutsista….salam.

  19.  

    Militer singapore cemen keles
    Hadapin singoporno cukup 1batalion marinir yg disiapkan di batam tinggal renang aja infiltrasi sabotase singaporno dulu.beress dijamin kalang kabut haaaahaaha..

  20.  

    halah singapur

    kirim satpol pp dari 3 provinsi juga keok….

    prajuritnya kan dikit amat…

    prcuma nyerang dari udara…. hitungan jam pasukan udah nyampe di singapore…. lansung deh sabotase

  21.  

    susah nya gc ada tempat parkir militer disana so sempit kali,ruang udara aja masih sewa ke indonesia,memalukan militer kuat ruang udara nyewa,nyewa ke kakak malon gih

  22.  

    SAYA MALU SEKALI JIKA INDONESIA DIBANDINGKAN DENGAN SINGAPURA YANG LUASNYA SAJA LEBIH KECIL DARI JAKARTA,

    SAINGAN KITA ADALAH NEGARA NEGARA BESAR

  23.  

    Pengamanan singapura tidak serapuh itu bung!. Apalagi dalam keadaan perang. Anda pasti belum pernah tinggal di singapura…jadi tidak memahami betapa kuatnya militernya ..Dulu aja ketika singapura masih lemah, usman-harun digantung…. Apalagi zaman sekarang..

  24.  

    musuh indonesia adalah sirahel . merekalah yg punya duit singapore.

  25.  

    Hahahaaa.. singapura mau pakai senjata apa sj gk bakalan bisa deh ngalahin Indonesia. Itu klo mrk berani perang dgn Indonesia. Mau mrk ngebom seluruh kota Indonesia gk bakalan ngefek. Lain klo kita ngebom kota mrk, langsung ngefek se ngefek ngefeknya..

    Negara kecil ya tetep keciiiill.. mau ngelawan yg besar gk bakalan bisa deeh..

    Indonesia sdh bersiap dgn perang agresor besar dari barat dan cina.. jd utk negara singapur gk perlu di kalkulasi apapun pasti kelibas Indonesia.

    Yg bilang Indonesia kalah dr singapur klo perang kebanyakn nonton filem barat dan media propajanda barat..

    Umpama singapur di bantu negara laen bukan tdk mungkin Indonesia jg dibantu negara laen. Tapi Indonesia tdk butuh bantuan tsb krn Indonesia bisa dan mampu sekali menghajar negara manapun yg mencoba agresi ke Indonesia..

  26.  

    Pembebasan pesawat SQ 117 oleh Komando Singapura | KASKUS ARCHIVE

  27.  

    MALON FOREVER. BUDAK BRITISH….BIG MOUTH..

  28.  

    Jangan over optimis. Di singapura ada pasukan reguler, wajib militer, ada juga pasukan elit yg dilatih negara2 barat dan israel. Kemampuan pasukan elit singapura bisa dikatakan setara dng Gultor atau Denjaka, atau setidaknya sedikit dibawah pasukan paling elit TNI, tapi dengan perlengkapan standar barat atau israel.

  29.  

    inti dari artikel ini adalah kemampuan dalam negri spore dalam memproduksi kebutuhan alutsitanya sendiri,

    coba baca baik-baik (Kendaraan dengan fitur :Enhanced Situational Awareness and Coordination, meliputi sistem C4 (Komando, Kendali, Komunikasi dan Komputer) onbord yang memungkinkan pertukaran informasi yang cepat dengan semua kekuatan teman, meningkatkan komando dan kontrol dan bertahan hidup di medan perang. army battlefield Internet Singapura memungkinkan menggunakan kendaraan ini yang diintegrasikan dengan Terrex Infantry Carrier Vehicles untuk beroperasi pada jaringan yang sama, yang memungkinkan pasukan infanteri bermotor SAF, bertempur bersama-sama secara terpadu.)

    Kapan kita bisa mengintregasikan alutsita gado-gado timur dan barat dalam satu kesatuan manajemen tempur, t50Ga aja radarnya bodong, tantangan buat LEN, dan yang lainnya.

    fanatisme buta hanya akan membuat kita terlena, tanpa berbuat apapun, ayo bangkit satu langkah kecil demi kejayaan NKRI

  30.  

    [email protected] Jangan ember !!! emang perang cm ngandelin ribuan rudal,.. ibu dr segala perang itu Angkatan Darat, klu belum mampu menguasai pusat pemerintahan perang belum usai. Apa singapore sanggup menurunkan pasukan di tengah tengah PULUHAN JUTA rakyat militan RI. JANGANKAN SINGAPORE.. NATO SAJA MIKIR 1000x

  31.  

    Bisa bung !!! … Israel yang kecil telah berhasil mengalahkan negara2 arab yg jumlahnya jauh lebih banyak dan militansi yg tidak diragukan dalam banyak pertempuran….. ingat… Israel adalah gurunya Singapura..!!!

    •  

      Israel bukan Singaporn dan Singaporn belum se-apa2-nya Israel….

      Indonesia bukanlah Arab dan Arab belum apa2 kalo di banding Indonesia….

      Israel gurunya Singaporn ??…. dua2-nya babunya british kali….. 😀 😀 😀

    •  

      wkwkwkkkk,, Singaporn dibandingin sama isrohell?? wake up bung,, separonya aja ga ada kok ngebandingin sama isrohell.. kebanyakan cari google tp yg dicari situs porno sih,, atw duit elo lo taro disana yak trus mulut lo disumpel duit palsu segepok?? Jangan pernah membandingkan negara besar NKRI dengan siupil,, klo lo yakin siupil lbh kuat dari Indonesia maka ajaklah Indonesia untuk berperang agar kau bisa lihat Singaporn hilang dari peta dunia!! NKRI Seterooong.. Salam Persatuan..

  32.  

    Wah..Koq makin seru nih debatnya?
    Apa yakin saat ini RI siap perang?
    Coba check cadangan logistik (BBM), devisa (dalam rupiah dan emas), apa cukup untuk biayai perang berkelanjutan?
    Belum lagi adanya embargo dari Barat kalo kita perang dengan antek2nya?
    Mau cari dukungan? Sampai saat ini sikap kita masih gak berpihak ke Blok mana. Dengan China malah ada konflik, sedangkan Rusia hanya mau berbisnis dengan kita.
    Belum lagi produksi alutsista kita masih banyak komponen yg harus di impor.
    Jadi untuk bisa maju war, tidak hanya modal semangat dan berani. Kondisi saat ini sudah berbeda dibandingkan dulu.
    Jadi, masih pada yakin kah untuk war?

    •  

      Kondisi waktu Trikora sm skrg lbh miskin mana ya?
      Intinya semua itu ada anggarannya, cmn tinggal dilihat mana yg jd prioritas duluan… klo masa damai ya semua dibangun, militer, ekonomi, pndidikan, infrastructure dll… tp saat perang semua dana ya buat perang ga mikirin yg laen…

  33.  

    esti aka carin aka malasia abal”@biar loe pade angkat angkat singapor setinggi udel.tetep kagak bisa menang.jerman tentara&alutsista kualitas bagus,malah dia yang dicaplok tentara merah.karena SDM SOVIET KAGA ADA HABISNYA.loe bilang usman harun cerita dulu?nah kemarin cuma namanya doang dijadiin nama KRI,itu singapur panas dingin.karena mereka trauma.
    loe bilang israel?..diperang yom kipur israel secara mental kalah telak.secara tehknis keduanye seri.entupun karena sadat pe’ak menghentikan laju logistik dan bantuan bagi divisi ke 6 angkatan darat mesir.coba lw kagak,dia sebrangi sinai dia sikat tel aviv.

  34.  

    70000 pasukan Alexander Agung bisa mengalahkan 1000000 pasukan Darius dari Persia,…60 !!! prajurit pimpinan Khalid bin Walid bisa mengalahkan lebih dari 6000 pasukan Romawi…. Israel yg kecil yg tidak lebih banyak dari penduduk DKI Jakarta mengalahkan koalisi arab pd perang besar 1967 (attrition war), 1973 (Yom Kipur, dibantu nikel grass operation USA), 1982 ,….etc… hanya mundur tahun 2006 saat bertempur dng Hizbullah.

    •  

      Aduh bung esti… jangan seperti anak baru saja ah
      liat itu israel saja kesulitan melawan jumlah pasukan kecil Hamas dan Hizbullah.

      Kalau jumlah pasukan singapur dibilang kecil….kita akan lawan lagi dengan pasukan yang lebih kecil tapi efektif, langsung menyusup ke jantung pertahanannya.

      Jadi coba dilihat berdasarkan porsinya bung esti.

  35.  

    airlanga aka [email protected] jadi teori loe bener cil.tapi apa bener dari 200 jutaan rakyat kita nih pade diem semua lw negara kita pada diserang singapor..emang loe,seberapa tahan sih singapore main bedil ma kita 1 tahun?2 tahun?seberapa luas sih amerika mampu mengebom kita?betulkah semua sekutu akan mendukung mereka?akankah negara negara islam ngebiarin indonesia sendirian..ISIS yang kagak jelas aja banyak angotanya multi bangsa.apalagi indonesia yang rahmatan lil alamin.ngandelin amerika mau loe?amerika yang adidaya aja bisa terusir dari saigon.emang singapura kuat biayai perang amerika saat pengungsian&kepanikan melanda singapur.seaman amannya kampung loe,lw bentrokan ma kampung sebelah pasti lw ikutan was was biarpun loe kagak ikut tawuran

  36.  

    Saya tidak mengangkat singapur atau menyanjung berlebihan. Hanya berusaha menempatkan pada porsinya. Saya sangat mencintai NKRI dan saya pernah mendapatkan pendidikan militer.

  37.  

    industri senjata singapura memang jauh lebih maju…pindad harusnya banyak belajar….singapura riset,design memang terus aktif dan up date terus….beda ama pindad…yg lambat buat up date aneka produk pertahanan….pemerintah singapura mensuport penuh r&d industri pertahanan mereka ,kita malah ogah2an memberikan biaya penelitian

  38.  

    [email protected] masalah mental crit.yang jadi masalah singapore,indonesia mentalnya pejuang dan nekad ditambah jumlah yang banyak.biar wamil militer singapore mau dikeluarin tetap bisa kita jabanin nyuk,iye percaye aje.
    loe sendiri yang bilang israel bisa ngalahin tetanganya yang gede.banyak faktor mengenai kurang siapnya tetanganye ye,dalam yom kipur hampir 400 jet israel modyar disengat payung udara mesir.lw ga ada operasi nickel yang loe bilang.ya koit isroil srok.itu lagi aye heran bisanye israel kalah ma hisbulah yang cuma senjata roket katyusha yang rancangan perang dunia dua ama rpg..sekali lagi mental.biar satu unit marinir batalyon batam berenang senyap ke batam bikin sabotase.apa kagak klenger tuh.sekuat apa sih radar singapur ndeteksi penyusup yang senyap.apa betul semua tak bisa ditembus.istana ratu inggris&gedung putih aja bisa ditembus.jaman soviet aja lapangan merah aja bisa didarati pesawat .lagian lw singapur nih perang ma kita.malaysia pasti ga nyia nyiain kesempatan untuk balas dendam politik.air bersih singapur dari malaysia.

  39.  

    Jika ini murni design para tenaga ahli singapore maka patut diacungi jempol. Singapura sudah berhasil mendesign peralatan senjatanya menjadi lebih baik dan lebih modern.
    Sementara utk Indonesia baru design senjata keluarga SS dan pistol serta kendaraan tempur Komodo yg mampu dirancang dan didesign sangat modern. Utk panser Anoa, masih blom bergeser pada pakem design aslinya. Semoga ada terobosan baru dari design Anoa batch selanjutnya. Apa kabar Gandiwa.?

    •  

      @bang ruskye

      Yang ini juga kulakan dr afsel, namanya : marauder buatan paramount.

      Terrex sebenarnya beli desain dr sebuah perusahaan di Irlandia dan dibangun di singapur…bgt juga ranpur terbaru singapur yang beroda rantai juga beli desain dari ranpur sejenis buatan israel, namanya namer yang telah battle proven.

      Memang harus diakui kemampuan rancang bangun singapur dalam bidang industri pertahanan cukup maju, tapi kita masih mempunyai potensi keunggulan komparatif pd industri dirgantara dan kelautan…disitulah seharusnya fokus kita

  40.  

    Kecil bisa mengalahkan besar memang ada tp cm bbrp persen sj dr ribuan perang yg pernah tjd di dunia ini. Yg lebih banyak persentasenya adlh besar mengalahkan yg kecil. Gitu klo ngomongin porsi..

    Kecil ngalahin besar memang sengaja terus di dongengkan sbg bumbu kehidupan.

    Yang besar sdh ngalamin jd kecil.. bagian bagian kecil tsb menyatu jd besar ibarat bersatu kita teguh..

    Yang kecil? Cm kecil jd gk usah diomongin..

  41.  

    kirim 2 orang usman harun jmn dulu aja kalang kabut aplg klw dikirim usman harus jaman sekarang 😀 o_O

  42.  

    majulah singapura!!
    hiduplah ihdonesia raya… !!
    yang satu maju satunya lgi hidup…

  43.  

    Halah ujung2nya ternyata Barisan Sakit Hati, udah 2 taun Brooo….Move Oooon

    Kalo yg sakit hati cm 10%, masak yg 90% ngalah! Ngimpi!

  44.  

    Itu pasukan muslim mbak tp kl singapore ???
    Wkwkwkwk…

  45.  

    emang dah fakta sih alutsista singapura paling jago sekawasan, tapi liat perang ntu harus keseluruhan..
    kekayaan n alutsista singapura yg ada di luar ntu bukannya tanpa batas, jika negaranya ancur maka tempat mulung duitnya jg ancur..
    kagak sulit buat porak porandain singapura..

    tp jgn anderestimet ma pasukan kecil, pasukan koalisi yg ngancurin irak yg hanya ratusan ribu bisa ngalahin jutaan rakyat irak yg katanya militan..
    masalahnya bukan ntu doang, didalam indonesia sendiri masih ada sel sel kelompok yg pengen misahin diri, enih biasanya pasti bakal jadi duri kalo ri sedang kaco..
    kagak usahlah ngomong kita bakal menang perang ini itu, rakyat ri militan ini itu, tni kuat ini itu..
    indonesia cuman butuh kita siap jika digunain buat bela negara, cukup..
    kalah menang urusan belakangan lah..
    dah, sekarang jihad yg bener dijalan masing2 biar indonesia tambah maju..biar kesampaian punya alutsista yg formiler inginin..

  46.  

    lare [email protected] terharu mah koment loe…jadi pengen nih maen ketempat loe…kire kire…buka kagak nih lw abis magrib…soalnya aye kemarin abis dari surabaya udah pada tutup yang disonoh noh…hehehe…

  47.  

    betul bung, karena gak mungkin singapur menyerang Indonesia dan memperoleh kemenangan.. sama sekali gak mungkin. Makanya mereka memakai cara adu domba.

    Untuk bung esti, coba dipikirkan ini.

    Tapi untuk kemajuan teknologi, kita bisa belajar dari mereka.

  48.  

    @kaji mukidhin loe satpam knp bisa naik haji.

    Loe gak sadarkan kl slm ini kita tlh kalah dan di jajah singapore.

    •  

      Yang kalah dan dijajah sama Singaporn itu cuma ente sendiri bung……. ente memang berpikir tapi pesimis, sedangkan kami selalu berpikir optimis….. Indonesia bersatu tak bisa dikalahkan !!….

      Jangan jual pesimis disini bung, jualan yg lain saja !!… 😀

  49.  

    MILITER SINGAPURA belum bisa apa
    Cukup turunkan 500 pasukan elit penembak jitu rata semua militer singapura

    Sumber Informasi Terpercaya
    Home Nasional Pertahanan
    TNI Pecundangi Amerika Serikat dan Prancis di AASAM 2016
    Sucipto
    Rabu, 18 Mei 2016 – 10:57 WIB
    TNI Pecundangi Amerika Serikat dan Prancis di AASAM 2016
    Tim penembak dari TNI AD (istimewa)

    JAKARTA – Prajurit Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad) TNI kembali menorehkan prestasi gemilang di pentas internasional dalam ajang lomba menembak Australian Army Skill and Arms Meeting (AASAM) 2016 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

    Berdasarkan hasil sementara, Indonesia meraih 18 emas, delapan perak, empat perunggu. Menang telak atas Amerika Serikat, Prancis dan tuan rumah Australia yang hingga kini belum mendapatkan medali.

    Sedangkan, negara tetangga Malaysia hanya memperoleh satu perak dan dua perunggu. “Prajurit dengan senjata harus dibiasakan sehingga bisa menjiwai. Mereka yang berbakat dilatih terus sehingga lebih terasah,” ungkap Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Heru Dwi Wahana, Rabu (18/5/2016).

    Lomba tembak AASAM digelar dari 3 Mei hingga 30 Mei 2016 mendatang di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia.

    TNI AD menurunkan 19 orang penembak dengan Komandan Kontingen Mayor Inf Safrudin yang sehari-hari menjabat Kepala Seksi Operasi Staf Operasi Divisi Infanteri 1 Kostrad.

    Letda Inf Poltak Siahaan, Prajurit Divisi Infanteri 1 Kostrad salah seorang prajurit yang mencatatkan namanya sebagai pemenang lomba tembak perorangan di ajang AASAM 2016.

    Ini merupakan kemenangan berturut-turut sejak 2008. “Saya sangat senang bisa menjuarai kompetisi AASAM tahun 2016 ini,” ujarnya selepas ditandu sebagai salah satu bagian dari tradisi kemenangan di AASAM, Rabu (18/5/2016).

    Tidak hanya membuktikan kehebatan prajurit Indonesia, AASAM juga menjadi pembuktian kualitas senjata buatan Indonesia. Pasalnya, Letda Inf Poltak Siahaan menyabet kemenangan dengan menggunakan senapan SS-2 V2 buatan PT Pindad.

    Seperti diketahui, senapan serbu buatan PT Pindad ini sempat diragukan kualitasnya saat Indonesia menjuarai kompetisi yang sama 2015 lalu. TNI berhasil meraih 30 medali emas,16 perak dan 10 perunggu.

    Tim panitia AASAM meminta agar senjata yang digunakan dibongkar karena diduga tim TNI mengganti jeroan SS-2. Nyatanya tuduhan itu tidak terbukti.

  50.  

    Pasti keroyokan singapura kalau perang dengan kita, tanpa bantuan negara lain kayaknya g mungkin singapura mampu menghancurkan kita, amerika aja yang jauh lebih kuat aja kesulitan di afganistan. Kalau singapura sendiri ga yakin sanggup sampai menduduki jakarta. Kalau negaranya sudah luluh lantah emang bergunanya aset tempurnya yang ditaruh diluar? Kecuali aset militernya emang besar yang diluar. Kalau negaranya sudah luluh lantah terus ekonomi sama industri penopang perangnya bagaimana?

  51.  

    mobil nya kotak begini apa yg keren.. sangar boleh. cmn bukan begini jg keless…

  52.  

    Perang …

    Kalo ane baca sejarah perang dari jaman pedang smp modern … semua kemenangan tdk ditentukan oleh jumlah maupun kualitas senjata dan jumlah pasukan tapi semua kemenangan ditentukan oleh manusia yg mampu menyusul strategi … bukan hanya strategi perang, kumendan jg musti mahir kuasai strategi non militer : intelejen, keahlian sdm, logistik, daya tahan plus semangat semuanya musti berjalan sama kuat nya.

    Perang singkat dibanding perang berkepanjangan akan sulit prediksi siapa pemenang nya, perang singkat ditentukan kualitas dan kuantitas senjata tapi perang yg berlanjut ber tahun² akan memerlukan sumber daya manusia alias prajurit yg besar jumlahnya, ingat semangat bertempur dan daya tahan belum tentu sama tiap manusia.

  53.  

    Singapur itu kuwat bingit, udah jangan di lawan…USA ama inggris aja kalah. Rangking militernya aja di atas USA nomor 0.

  54.  

    Cuma pingin tau saja… sebenarnya apa sih kesalahan atau apapun lah yg dilakukan singapura?? Yang sampai membuat warjager sebagian besar benci dgn singapura?? Lagian nyari musuh yg imbang kelas dong… kaya pertandingan tinju. Masak bangga menang lawan negara sekecil singapura?… ada yg bisa jelasin masalahnya sampai2 warga jkgr mayoritas benci singapura? Mungkin colibri bisa bantu? Atau yg lain?…

  55.  

    Betul, kenapa Indonesia harus perang dgn Singapore, apa dasar nya kita hrs menyerang ? Indonesia bukan negara agresor, yg penting intelijen kita tetap waspada thd negara2 yg bermaksud memecah belah negara ini. Sekarang jaman nya kita perang asimetris dan proxy.

  56.  

    tax amnesty,dibangunya pelabuhan pelabuhan untuk mengambil alih transit barang kesingapore, akan diambil alihnya ruang udara.bla bla bla. Nggak perlu perang

  57.  

    sepertinya artikel ini jd panggungnya cx jg esti y… klw bicara pespur mngkn kt klh sm SG tp pespur bkn segalanya dan benar Indonesia tdk bs dibandingkan dgn SG yg hnya sepetak sawah, klw terjadi konfrontasi dgn SG kita tdk memerlukan pasukan besar, ckp dgn pasukan kecil dgn keahlian khusus menohok langsung k jantung SG melakukan kekacauan dan sabotase mk kt akn memenangkan pertarungan. y..jkrta akn hncur tp kt msh bnyk kota lain, mk SG tnpa bantuan US bkn lah Tandingan Indonesia.

  58.  

    di dallas.sementara diberlakukan zona larangan terbang gara gara eks tentara zeni jaman perang afganistan ngamuk nanam bom dan jadi sniper disalah satu gedung bertingkat disana.4 polisi tewas pemerintah federal gugup,kota dallas kota petro dollarnya amerika lumpuh.bagaimana bila itu terjadi disingaopor?1 regu sniper disebar disingopor apa kagak jadi opor tuh kota?

  59.  

    Gile.. ind kehilangan jati diri sebagai bangsa yang santun ramah tamah, cuma dgn satu forum, isinya org barbar sok nasionalis tapi mempermalukan bangsanya sendiri, mana nih budaya timurnya yg didengung2in dulu… reformasi bablas..

    •  

      hai pe’ak dumang wae alias esti alias agus alias hombreng.yang suka ngangkat negara lain tapi ngejatuhin negara sendiri,boleh aje loe bikin perang mindset kayak model esti diatas,masalahnya kagak semua orang paham.lw yang paham bagus.lw yang ga paham akhirnya pesimis dan kehilangan kepercayaan dirinya sebagai WNIbagaimana?kan kasian.artinya loe cuma bisa ngrusak mentalnya tapi ga bisa memulihkan artinya loe sok pinter artinya loe ngetes kepinteran orang lain.songong.terserah loe bilang barbar yang penting aye kagak ngrusak mental bangsa sendiri macam esti alias agus alias loe.loe bilang gue barbar bodo amat emang gue kagak ada pendidikanya.tapi gue ga rela negeri gue direndahin apalagi direndahin bangsa sendiri yang cuma tes tes emosi orang untuk kepuasan otaknya saja.songong loe…pindah sono loe ke laut.

      •  

        udah ngak usah digubris.semua logika esti diatas kandas dengan peristiwa yang baru terjadi didalas.saya juga baru nonton.dallas texas.milik USA kalangkabut hadapi 1 sniper

    •  

      namamu dumang?kira kira berkepribadian tidak?hayo…..
      sudah terlalu lama kita dinina bobokan julukan:bangsa santun,adat ketimuran,ramah tamah.
      ingat ya mas.karena terlalu menghayati julukan tersebut lho kita kehilangan ;sipadan ligitan(karena nurut wae pengadilan denhag.kitakan bangsa sanyun toh.mengenai cina ga mau nurut soal LCs barangkali karena cian bukan bangsa berbudaya ya,bukan bangsa beradab ya…?masa).coba kalo ambalat dan natuna kemarin dihadapi dengan adat ketimuran,santun,ramah tamah piye yo nasibe ambalat dan natuna…iyo ora mas?

  60.  

    One

  61.  

    Mknya bung RI g bakalan gegabah ajakin declare war ama siapapun. Krn pemerintah dan diplomat RI cerdas siapa yg memulai itu akan siap siap negara agresor tersebut akan hancur. Hancur dalam arti kata luas… termasuk dikucilkan / embargo negara lain. Sy menilai pre emtive strike RI sdh bagus..

    Jadi RI menghindari apa arti declare war duluan ,tapi bila itu ajakana datang….

    Tentu kita akan menyambutnya bila perlu kerusakan di negara penyerang tersebut bersifat massive….

    Ok son , sama sama memahami apa itu arti ngajak perang duluan …. meski militer equipment nya kuat … suatu negara akan mikir bila ngajak perang

  62.  

    Comment:

    singapura gk bakal menyerang dengan tetangga sekitar banyak ruginya. taktik singapura cukup perang ekonomi dengan para tetangga.

  63.  

    kalau kita perang sma SG yg senang malon.bisa2 ikut bantu itu malon

  64.  

    Bandingkan 2 hal ini:
    Singa punya f-15 terbaik semuka bumi, RI ga khawatir tuh. Apa yg jd ancaman, kita trs ribut2 gitu? Tp RI kasih nama kapal Usman Harun sj mrk ributnya. Apa mrka sadar hal ini akan memantik rasa nasionalisme. Artinya jiwa mrk kerdil walapun suka memaksakan kehendak. Bgmn klo mrk tahu alutsista ghoib kita?

    Tenyata negara upil tdk sebesar yg digembar-gembor ma (t) esti (s) cs!

  65.  

    ga imbang bingit singaporn vs indonesia, yg imbang ntu singaporn vs batam. buat ngancurin singapor cukup dngn disalvo 10.000 rhan cukup waktu dua jam singaporn langsung porakporanda, bis ntu kirim denjaka & kopassus buat bersih” wassalam.

  66.  

    pada ribut perang ma upil ga banget… NKRI vs CHINA atau ASU baru makjleb…!!!

  67.  

    Sg indo sg indo sg indo, ini aja kata2 yg paling sering diketik dari atas ampe jauh kebawah ini, ada apa sih, sg tuh singapore?.. indo tuh indonesia??? Emang knp??. Hebatan mana gitu klo perang??? Yg milih indonesia menang angkat tangan!!, trus yg milih sg menang angkat kaki kau dari nkri, sialan lu udah capek2 pejuang2 kita dulu perang lawan londo japan british portugis dll trus skr kau malah remehi negara kau sendiri, jika kau bangga dgn kehebatan sg jgn kau diem dimari, silahka kau tinggal di negeri kecil dan sempit serta sumpek itu, udah diberi anugrah tinggal ditempat yg sda dan sdm nya kaya dan berlimpah, malah neko2 kau, dasar kau pembelot!!,

 Leave a Reply