Feb 282017
 

Dok Perang di Aleppo (REUTERS/George Ourfalian)

Beirut – Tentara Suriah dan sekutunya membuat kemajuan yang pesat pada pertempuran Sabtu dan Minggu dengan bergerak ke daerah dikuasai IS di Suriah barat laut, ujar kelompok pemantau perang. Pernyataan itu disampaikan saat IS mundur setelah kehilangan kota al-Bab.

Kemajuan ke arah timur dari bagian selatan al-Bab memperluas kendali tentara Suriah terhadap 14 desa dan 25 km wilayah dari danau Assad, yang merupakan bentangan Efrat di atas bendungan Tabqa.

Kekuasaan IS di Suriah barat laut berkurang selama beberapa bulan belakangan akibat keberhasilan berturut-turut tiga kelompok berbeda, yaitu pasukan kelompok bersaing: kelompok Kurdi Suriah didukung Amerika Serikat, pemberontak dukungan Turki, dan tentara pemerintah.

Dengan mengambil alih wilayah IS di bagian selatan dari al-Bab, tentara mencegah kemungkinan langkah lanjutan dari Turki dan kelompok pemberontak yang didukung negara itu untuk memperluas wilayah ke arah selatan, dan bergerak lebih dekat untuk mendapatkan kembali kontrol atas pasokan air untuk Aleppo.

Pertempuran di daerah itu terus berlanjut saat tentara dan sekutunya mencatat keberhasilan, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah lembaga pemantar perang yang berbasis di Inggris, pada Minggu.

Kekalahan IS di Kota al-Bab setelah pekan-pekan pertempuran sengit di jalanan menandai kekalahan kelompok itu di Suriah bagian barat laut, bekas salah satu benteng yang paling menakutkan, serta daerah penting kelompok itu karena lokasinya yang berdekatan dengan perbatasan Turki.

Keberhasilan yang stabil dari Pasukan Demokratik Suriah, aliansi kelompok bersenjata pimpinan Kurdi, sejak 2015 telah mendorong kelompok IS dari sejumlah wilayah di dekat perbatasan pada pertengahan tahun lalu dan sejak itu kemudian mengancam kubu kelompok IS di Raqqa.

Keterlibatan Turki ke dalam perang saudara Suriah melalui kampanye Perisai Efrat untuk mendukung kelompok pemberontak yang berperang di bawah bendera Tentara Pembebasan Suriah yang ditujukan baik untuk mendorong kelompok IS dari perbatasan dan menghentikan ekspansi kelompok Kurdi di kawasan itu.

Pada pekan lalu, militer Suriah menyeru rakyat agar pulang ke rumah mereka di berbagai desa dan kota kecil yang direbut dari IS di pinggir timur Aleppo, kata SANA.

Di dalam pernyataannya, komando umum militer Suriah mendesak warga sipil agar pulang ke rumah mereka, dan berjanji akan bekerjasama serta menawarkan semua layanan serta fasilitas yang mungkin buat orang yang pulang ke rumah dan desa mereka.

Militer Suriah sepenuhnya menguasai seluruh Aleppo pada Desember tahun lalu dan siap melancarkan serangan lebih lanjut di pinggiran provinsi penting itu, dengan bantuan angkatan udara Rusia dan petempur darat unsur Syiah Lebanon, Hizbullah, serta kelompok lain Syiah.

Antara/Reuter

Bagikan :

  13 Responses to “Militer Suriah Bergerak Maju, Setelah Pertempuran Aleppo”

  1.  

    Suka tidak suka Presiden Bashar al ashar adalah Presiden yang sah.

    •  

      Betul bung, harusnya bila punya niat baik maka hormati pemerintah yang sah dan dorong penyelesaian konflik suriah dengan jalan politik bukan dengan kirim senjata dan uang. Penegak demokrasi tapi kelakuannya malah destruktif.

    •  

      SAH !!…

      Kalo ga suka silahkeun menggunakan jalur konstitusi yg ada, jangan menggunakan kekerasan ntar rakyat yg jadi susah….. jangan ngawur !!… xixi…

  2.  

    Suriah akan jatuh ketangan gerilyawan pada akhirnya karena mayoritas rakyat adalah sunni diktator tak akan bertahan lama

  3.  

    yang bilang diktator si amer kan……itu dah biasa……!!!! itu lagu lama…..!!!!

  4.  

    Semoga kembali aman dan normal lagi seperti semula….

  5.  

    Hajar terus… amerika akan kirim f35 kesuriah, ada apa ini? Apa f22 masih kurang? Perlukah pesawat termahal didunia diGunakan untuk menghajar militan yang hanya bersenjatakan ak47 dan kendaraan toyota? Kirim pesawat siluman untuk melawan isis apa melindungi isis dari rusia dan suriah? Makin aneh nih perang. Sepertinya dipelihara aja perang disana

  6.  

    Mudah2an perang segera berakhir,yg menderita adalah rakyat,tdk ada yg diuntungkan dalam perang,semuanya buntung….STOP WAR !!!!

 Leave a Reply