Sep 112017
 

Jet tempur Rusia serang posisi ISIS di Deir ez Zor, Suriah ( Muraselon.com)

Damaskus – Militer Suriah merebut dan mengamankan Pangkalan Udara Deir ez-Zour, pada Minggu 10-9-2017 di Suriah Timur, kata satu sumber militer kepada Xinhua.

Direbutnya Gunung Tharda telah mengamankan daerah di sekitar Pangkalan Udara Deir ez-Zour, karena pegunungan itu berfungsi sebagai garis pertahanan pertama pangkalan udara tersebut.

Sehari sebelumnya, militer Suriah dan tentara sekutunya menembus pengepungan ISIS terhadap pangkalan udara itu, satu pekan sesudah pembebasan pengepungan 3 tahun ISIS terhadap Ibu Kota Provinsi itu, Deir ez-Zour.

Gerilyawan ISIS menderita kekalahan besar akibat serangan pasukan Suriah di Pegunungan Tharda, kata sumber itu. Dia menambahkan banyak komandan ISIS yang telah mengundurkan diri dari Kota Bukamal di pinggiran Deir ez-Zour.

Untuk merebut pegunungan itu, pasukan Suriah melakukan serangan dari 2 tempat; 1 dari Bundaran Panorama di pintu masuk selatan Ibu Kota Deir Az-Zour, dan satu lagi dari Ladang Energi Tyem di pinggir selatan Provinsi Deir ez-Zour.

Serangan tersebut berhasil sewaktu militer Suriah pada Minggu 10-9-2017 sepenuhnya menguasai sasaran atas jalan utama dari Ibu Kota Suriah, Damaskus, ke Kota Deir ez-Zour di Suriah Timur, dan membebaskan daerah penting ISIS di sepanjang jalan itu.

Militer Suriah berhasil menembus pengepungan tiga tahun oleh ISIS terhadap Kota Deir ez-Zour, pada 5 September 2017 dari pintu masuk Barat di Pangkalan Brigade 137. Belakangan, militer Suriah terus bergerak maju ke arah kompleks pemakaman dan Bundaran Panorama, sementara pasukan lain bergerak menuju kota itu dari wilayah gurun di sebelah Selatan Deir ez-Zour.

Kelompok pertama tentara mencapai pangkalan udara itu, sedangkan yang kedua merebut Ladang Teym dan merebut Deir Az-Zour, dan merebut seluruh jalan menuju Deir ez-Zour.

Deir ez-Zour adalah pertahanan penting buat ISIS dan ada kepentingan geografis strategis sebab letaknya dekat dengan Irak. Kelompok Dewan Militer Deir ez-Zour, yang disokong AS, telah menyerang ISIS di pinggir utara Deir ez-Zour, dan merebut beberapa kota kecil sejak mereka memulai serangan pada Sabtu 10-9-2017. (Antara/Xinhua-OANA).

,s.

  7 Responses to “Militer Suriah Kuasai Pangkalan Udara Deir ez-Zour”

  1. Melawan gerilyawan ISIS aja berlarut2 dgn cara keroyokan lg!

    • Memangnya musuhnya cuman ISIS??? ada FSA, Jabat Al Nusra dan beberapa milisi lain, belum lagi dirusuhi oleh ulah group Barat yang memberi dukungan kepada pemberontak Suriah dan setengah mati tidak ingin Pemerintah Suriah menang perang… belum lagi ISIS menggunakan perkampungan penduduk untuk basis pertahanan dan menjadikan penduduk sebagai tameng hidup… hanya orang bodoh yang menganggap perang Suriah adalah perang yang sepele…

      • yulihantoro @ sy setujuh atas komen jawaban anda, mungkin bung andre msh abg kali ya.

        • Zain@ biasanya yang komen begini ini penyuka ISIS bung… padahal kalau ngikutin ini ISIS dari tahun 2013 bakalan paham siapa2 yg memerangi dan siapa yang bersinergi dengan ISIS… bahkan Turki saja dulunya memusuhi Rusia…

          • Tdk segampang itu menuduh orang pendukung ISIS, dikira saya gak tau sejarah ISIS jg ttg Milisi2 lainya dsn! Cuma yg saya kritik Gak kelar2 dan kroyokan karena bukan pihak2 yg memberi sokongan Senjata jg logistik yg dihancurkan, karena kita sama2 tau yg bermain jg negara2 pemegang Veto PBB jg antek2nya. Makanya jgn apa2 memandang negatif orang tanpa memahami apa maksud sebenarnya!

    • anggap isis sebagai kelinci dan/atau target drone. semakin lama mereka ada, semakin banyak kesempatan bagi para agresor untuk menguji peralatan tempur terbaru mereka sekaligus promosi sekaligus memberikan cap battle proven. dari sisi kemanusiaan para pengikut isis justru merupakan orang orang yang paling malang, dibentuk untuk dimusnahkan.

  2. Militer suriah kuasai pangkalan udara deir ez zour? Ok lanjuuuut.
    Hahhahaaaaa

 Leave a Reply