JakartaGreater.com - Forum Militer
Jun 162018
 

ilustrasi: VT4 Norinco. (photo: screenshot Janes.com)

Jakartagreater.com – Thailand dan Cina mengembangkan rencana untuk mendirikan fasilitas industri pertahanan bersama di negara Asia Tenggara yang akan difokuskan untuk mendukung sistem Alutsista darat China yang dioperasikan oleh Royal Thai Army (RTA), dirilis Janes.com, 13-6-2018.

Berita yang dikelola negara di Thailand melaporkan fasilitas industri akan dibentuk akhir tahun ini. Proyek ini, dilaporkan, adalah subyek dari diskusi bilateral pada 12 Juni 2018 antara militer China dan Pimpinan Royal Thai Army (RTA) Jenderal Chalermchai Sitthisart, yang melakukan kunjungan resmi ke Beijing.

Berita yang dikelola negara menambahkan bahwa Jenderal Sitthisart juga berdiskusi dengan rekan-rekan Cina tentang kemajuan 2 program pengadaan utama RTA: pesanan tank tempur utama VT4 dan akuisisi terencana terhadap pengangkut personel lapis baja VN-1. Kedua platform diproduksi oleh China North Industries Corporation (NORINCO).

ilustrasi: Amunisi VT4 Norinco. (photo: screenshot Janes.com)

RTA sejauh ini telah memesan 38 VT4 atas 2 pesanan pada tahun 2016 dan 2017, senilai THB7 miliar (USD218 juta). Batch awal 28 VT4 tiba di Thailand pada akhir tahun 2017. Diyakini bahwa pesanan tambahan jenis – versi ekspor MBT-3000 – diharapkan memenuhi persyaratan RTA keseluruhan lebih dari 100 MBT.

Janes.com memahami bahwa pengajuan VN-1 yang diusulkan belum ditetapkan untuk kontrak, meskipun pemerintah Thailand telah mengalokasikan THB2.3 miliar (USD68 juta) untuk pengadaan awal 38 unit.

Bagikan:

  14 Responses to “Militer Thailand dan Cina Bahas Pembangunan Fasilitas Industri Bersama”

  1.  

    pokoke kw

  2.  

    Penghematan devisa Thai pintar

  3.  

    nanti rantainya copot ga?

  4.  

    Sesama anggotda ASEAN aja gak seirama ttg kebijakan2nya dgn China!he3

  5.  

    loe andre sudah mengejek tiongkok, loe nantikan sj penjelasan depazito, tapi depazito lg absen guna mmberikan pertanyaan keaming lee,,mengapa pria trsebut msh dirahasiakan aming lee

    hahhaahaaaa

  6.  

    Nich siam punya hub baek jga dengan kita.salah satu sekutu tiongkok di asteng.memank susah untuk menyatukan cara pandang negara2 asteng tuk seirama.kecuali kita adalah negara maju.bisa jdi semua anggota asean ada dlm pelukan kita.yach…karna itu tdi bargaining ekonomi & industrialisasi militer.power lebih kita yg bisa membentengi mereka dri pengaruh tiongkok.tpi apa mau dikata….kita bukan negara maju,masih tahap negara berkembang(beda tipis dgn negara miskin).ekonomi masih mengap2.kita harus fair lah.mereka jga memikirkan cara agar dapur bisa ngebul.

 Leave a Reply