Jan 302018
 

Jet tempur Su-30SM Rusia (photo : Alex Beltyukov / Russianplanes.net via commons.wikimedia.org)

JakartaGreater.com – Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert berkata dalam sebuah pengarahan tanggal 25 Januari 2018 bahwa Rusia harus menghentikan penjualan 6 (enam) Su-30 ke Myanmar, seperti dilansir dari laman DFNS.net.

“Kami mendesak pemerintah Rusia dan Burma untuk mempertimbangkan kembali penumpukan senjata lebih lanjut dan sepenuhnya berusaha keras untuk menemukan solusi yang damai dan stabil terhadap krisis tersebut”, katanya.

Sementara itu, juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov menolak permintaan dari Departemen Luar Negeri AS tersebut keesokan harinya. Mengatakan kepada wartawan bahwa Rusia telah mengamati semua norma-norma, peraturan maupun prinsip hukum internasional dibidang kerjasama teknik militer dan akan terus berlanjut dimasa depan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rusia akan memasok 6 (enam) jet tempur multiperan Su-30 untuk Angkatan Udara Myanmar, menurut kesepakatan yang telah dicapai saat kunjungan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu ke negeri tersebut.

Pada tanggal 20-22 Januari, Shoigu mengunjungi Myanmar dalam sebuah kunjungan resmi. Sebuah kesepakatan antar pemerintah mengenai entri yang efisien untuk kapal perang Rusia dan Myanmar telah ditandatangani pada saat kunjungan tersebut.

Selain kesepakatan pembelian 6 jet tempur Su-30, pemerintah Myanmar juga tertarik untuk membeli sejumlah alutsista lain untuk kebutuhan Angkatan Laut dan Angkatan Darat Myanmar.

Bagikan Artikel :

  42 Responses to “Rusia Tolak Permintaan AS Untuk Hentikan Jual Su-30 ke Myanmar”

  1.  

    Jangan pernah mau nuruti kemauan ASU,jgn pernah mau di dikte sama ASU.

  2.  

    Waduh, Sebegitu Phobianya kah si asu sm Sukro?? Pantesan raptor ketemu langsung balik badan soalnya asu sukro Phobia xixixi…

  3.  

    Amerika mendingan urusin Jerusalem yang banyak pelanggaran HAM berat di Palestina..

  4.  

    Takut kalah sama Sukhoi 35, kalo sudah kalah bisa jatuh harga diri Amerika/Raptor F-22..

  5.  

    Pantesan tni au mau bli su 35 di iming” i f16 kaleng krupuk… Mskipun qt pnya 16 f16 baru klo d tarungin sma 11 su 35 ttep klah…

  6.  

    Kok marketingnya ASU mulai gatheli ya…? Kalo kalah saingan ya pakek pendekatan yg lebih efektif. Jgn dikit main intimidasi atau sanksi ke negara yg g pro, kaya pak haji muhyiddin sja siriknya ASU

  7.  

    Angkatan udara Indonesia setidaknya telah menerima 3 unit SU35 dalam skema imbal dagang , walau dalam proses berlarut larut ,sehingga menimbulkan kecurigaan beberapa kalangan di Indonesia ikut campurnya AS , AS merasa keberatan Indonesia membeli peralatan canggih dari Rusia..
    demikianlah menurut saya SELAMAT PAGI

  8.  

    Pertahanan negara syarat sebegai negara berdaulat yg dibutuhkan bangsa bangsanya.
    Untuk itu myammar butuh armada pertahanan militer untuk mpertahankan kedaulatan negaranya dr segala ancaman & russia sbgi produsen wajar menolak permintaan konyol amerika itu

    Hahhaahaaaa

  9.  

    Saya juga gak setuju itu

  10.  

    Asu Tidak boleh & harus Hentikan jual persenjataan/pespur/tank/rudal dll ke israhell, ……….. bisa kagak, ……….. ??? Dasar Asu Kampret kutukupret …….. !!!

  11.  

    Su-30SM the Deadly Multirole Jet Fighter

  12.  

    Bravo dah

  13.  

    itulah kelebihan Rusia, Rusia tidak pernah mensyaratkan dalam penjualan alutsistanya …Bisnis is bisnis…..gak kaya ASU…sok polisi dunia, padahal semua dunia tahu siapa biang kerok kekacauan di dunia…..siapa lagi kalau bukan ASU…..

  14.  

    MENUNGGU BERITA TERBARU :

    JUBIR DEPARTEMEN LUAR NEGERI INDONESIA, GANAS NATALEGAWA MENDESAK NEGARA SENGKUNI AMERIKA SERIKAT MEMBATALKAN PENJUALAN 50 PESAWAT F-35 KEPADA NEGARA ZIONIS ISRAEL KARENA MENIMBANG CATATAN ADANYA PELANGGARAN HAMBURGER NEGARA ZIONIS KEPADA PALESTINA.

  15.  

    Persaingan tidak sehat, pantes dmn AS+Wahyudi menguasai ekonomi.

  16.  

    Sekalian aja borong S-400, KS , Destroyer, Su 24….Duite sopooo…..

  17.  

    Satu-satunya cara melawan embargo militer AS adalah ya beli produk2 militer non AS.

  18.  

    USA takut piaraannya jd pada kalah saing di ASEAN …
    bubar dah tu yg namanya SEATO

 Leave a Reply