Apr 132014
 

Sukhoi Wonosari

Saya tertarik dengan pro kontra foto di Lanud Gading, seperti terlampir di atas. Beberapa kali melihat foto ini, sepintas memang tidak mungkin karena kualitasnya gambarnya “cuma” sekelas kamera pocket, dengan shutter lag 1 detik lebih, akan sangat sulit untuk merekam obyek bergerak dengan kecepatan tinggi.

Berhubung di forum ini ada yang menyertakan link file aselinya, sedikit analisis:

Saya sengaja menggunakan progam XnView untuk melihat data Exif nya (gratis, silakan download) agar anda juga dapat melakukannya. Buka link panoramio, lalu klik “view original image” baru kemudian disave (proses saving yang bukan original image tidak akan menyertakan data exif).

Buka file dengan XnView, lalu tekan Alt + enter untuk melihat data Exif.

Data exif merupakan data-data pemotretan termasuk di dalamnya Serial Number kamera yang digunakan, sehingga dapat dinilai apakah sebuah foto digital asli atau bukan.

Cuplikan data exif:
Kamera : kodak easy share c653 (silakan googling spesifikasinya untuk melihat kemampuannya apakah sesuai dengan profil data exif)
ISO : 400
Shutter speed : 1/1250
diafragma : f4.8
Focal Lenght : 6mm
date taken : 2011:03:21 13:56
Flash : Fired
ukuran image :2304 x 1728

Software : Photoshop 7.0

Analisis data exif:
Dengan kecepatan shutter 1/1250 saya rasa wajar (cukup) untuk membekukan jet yang lagi take off tanpa blur (ini yang jadi pertanyaan, cuma dengan kamera pocket fotografer bisa mendapatkan shutter speed mendekati limit kamera).

Rumus untuk “membekukan” benda yang bergerak adalah minimal 2 kali kecepatan benda. Sebagai referensi untuk membekukan burung Colibri yang lagi menghisap bunga Shutter speed sekitar 1/500.

Waktu pemotretan pukul 2 siang matahari terik, dengan ISO 400, shutter speed 1/1250 dan f4.8 hasil eksposur pada foto masih wajar meskipun feeling saya mengatakan dengan eksposure tersebut hasil foto akan under 1/2 stop.

f4.8 akan membuat ruang tajam cuma 1-2 meter, dengan asumsi fokus lensa pada papan nama, maka pesawat akan blur. Pada kenyataannya pesawat terlihat tajam. Hal ini berarti fokus lensa berada pada hiperfocal distance (yang belum tahu silakan googling), sehingga pesawat yang lagi parkir di belakangpun terlihat tajam.

Artinya tidak ada kebetulan di sini, fotografer tahu apa yang dilakukannya walau cuma dengan kamera pocket, dia jelas-jelas menguasai kamera.

Flash fired, ini mejelaskan mengapa papan nama lanud gading terlihat tidak nyambung dengan background. Ingat kasus foto instagram Bu Ani yang dituduh tempelan ?. White Balance lampu Flash berbeda dengan matahari. Hal ini menyebabkan nada warna dari subjek yang terkena cahaya flash berbeda dengan nada warna pencahayaan matahari langsung, sehingga foto seolah-olah tempelan.

Focal Lenght 6mm, hal ini menjelaskan mengapa papan nama telihat melengkung/distorsi. focal leght ini akan setara dengan 36mm pada kamera 35mm, besar kelengkungan (distorsi) juga wajar.

Ukuran image 2304 x 1728 merupakan ukuran bawaan dari kamera (cek lagi spesifikasi kamera), artinya tidak ada proses croping ketika proses editing (jika ada).

Besar file 867KB (dengan ukuran image 2304 x 1728), dari spesifikasi kamera besar file masih normal. (Jika anda menumpuk foto dengan photoshop maka otomatis file akan menjadi besar, semakin banyak foto yang ditumpuk maka akan semakin besar file akhirnya dan semakin njomplang dari spesifikasi kamera).

Foto diambil sekitar pukul 2 siang pada bulan Maret. Landasan pacu bandara membujur kira-kira utara-selatan. Dengan arah terbang ke selatan, bayangan pesawat otomatis akan berada di sebelah timur landasan.

Dari foto bisa kita lihat posisi bayangan pesawat masih wajar. Untuk lebih detail anda bisa gunakan software untuk mengetahui posisi matahari terhadap equator.

Analisis XMP (Extensible Metadata Platform)
Benar foto tersebut diolah menggunakan Photoshop 7.0, untuk itu saya sertakan sedikit analisis xmp. (anda bisa menggunakan adobe bridge untuk melihat data xmp dari foto tersebut).

tampilan ELA

String lengkap xmp:

adobe:docid:photoshop:d32ebe82-ae3b-11e0-8cef-b9a910b789e0
uuid:6f6c85b5-ae45-11e0-8cef-b9a910b789e0

EASTMAN KODAK COMPANY
KODAK EASYSHARE C653 ZOOM DIGITAL CAMERA
1
2304
1728
2
3

8
8
8

480/1
480/1
2

0221
1/1250
10287712/1000000
48/10
4526069/1000000
2

400

400/1
2011-03-21T13:56:00+07:00
2011-03-21T13:56:00+07:00
0/10
29/10
5
0

True
0
1
False
False

60/10
2
3
1
36
0
0
0
0
2
0
0
0
0
0/100
2304
1728
1

2011-07-15T01:24:42+07:00
2011-03-21T13:56:00+07:00
Adobe Photoshop 7.0

True

3 sRGB IEC61966-2.1

Data xmp menunjukkan bahwa foto diambil pada 21 maret 2011 pukul 13:56 GMT+7, dan diutak-atik photoshop pada 15 Juli 2011 pukul 01:24 GMT+7.

Tidak ada history!. Jika sebuah foto ditumpuk dengan foto yang lain maka dalam string xmp akan muncul syntax history).

Contoh syntax history (header) :
Analisis ELA (Error Level Analysis).

Kompresi piksel pada pesawat sukhoi terlihat kontras, namun edge nya jelas. Tidak terlihat manipulasi pada tepian subjek. (jika anda menumpuk foto dengan photoshop, anda perlu memanipulasi pada bagian tepi agar tampak menyatu dengan background. Proses ini meninggalkan jejak kompresi).

Kompresi piksel pada bayangan sukhoi sama dengan keseluruhan background foto, artinya bayangan sukhoi merupakan subjek asli.

Kompresi piksel pada pesawat mirage terlihat sangat kontras, edge masih terlihat (tidak terlihat manipulasi pada tepian subjek). Kompresi piksel pada bayangan mirage terdapat kontras pada tepi dengan gradasi halus, namun bagian tengah, kompresi piksel sama dengan keseluruhan background. Artinya bayangan pada pesawat mirage merupakan subjek asli.

Kompresi piksel pada pesawat yang parkir terlihat sangat kontras, edge masih terlihat (tidak terlihat manipulasi pada tepian subjek)

kompresi piksel pada papan nama lanud pada sekeliling papan dan bagian setengah atas kedua tiang terdapat jejak kompresi mirip purple fringing. Konon ini merupakan jejak khas kompresi photoshop.

Pada setengah tiang kebawah kompresi piksel sama dengan keseluruhan foto, artinya setengah tiang ke bawah merupakan subjek asli.

Bendera:
Dengan perbesaran 400%, pada sukhoi selain di bawah kockpit di bagian ekor juga ada bendera merah putih, pada mirage bendera merah putih terlihat di bagian ekor.

Kesimpulan:

Analisis xmp tidak menunjukkan ada jejak penambahan subjek foto. Analisis ELA menunjukkan cetakan tanggal merupakan penambahan subjek.

Jejak kompresi mirip purple fringing pada bagian atas papan nama lanud menjadi petunjuk bahwa kemungkinan terbesar photoshop digunakan untuk mengkompres file agar ukuran akhir file lebih kecil.

Catatan:
Ini hanya sebuah analisis dari data yang ada, dengan metode analisis lain mungkin didapatkan hasil yang berbeda.

“orang berpendidikan boleh salah, tapi tidak boleh berbohong”.
(by Toekang foto, tinggal di Jogja)

  172 Responses to “Mirage Lanud Gading Lewat Data Kamera”

  1. pertamax boss :pertamax

    • Photo ini sy kira hoax terlihat sekali sdah melalui editing…lihat saja bagaimana gambar seperti kubah masjid di tiang tulisan plangnya antara kiri dan kanan tidak sama padahal pencahayaan dari matahari. Detail /noise gambar dari pesawat lebih tajam dari pada gambar papan nama. Lihat saja ada garis putih dari tiang papan nama itu bekas gambar awan yg velm diedit / diganti. Bayangan pesawat seharusnya ada dibelakang karena pencahayaan dari depan tidak dari atas persis coba diperhatikan pesawat yg belakang dan bentuk bayangannya terlalu jelas. Soal info di x view nggak buat jaminan dan tetep bsa keluar asal yg diedit adalah photo asli sehingga info dari file aslinya akan tetap terlihat. Aduh ini yang edit masih amatir sekali.

      • kesimpulan: bung waromby harusnya bantu edit secara profesional, biar makin sulit dan hoaxnya makin berkualitas πŸ™‚

        • Kalau photo hasil edit trus diulas seolah olah untuk sebuah pembenaran ngapain juga..itu namanya pembohongan publik…ngapain juga diposting..mending yang pasti pasti aja…biar nggak menyesatkan, punyailah sifat yang jujur agar bangsa ini lebih baik

    • Jelas Hoax, ngak usah lihat fotonya.
      Cukup liat aturan take-off……………..yang jelas dilanggar di foto itu
      Apalagi hanya sekedar latihan……..Sangat FATAL
      Perkiraan saya jaraknya tidak sampai 100 meter
      Bisa dibayangkan kalau yang didepan OVERSHOOT seperti kejadian HAWK-209
      akan terjadi tabrakan KARAMBOL yang sangat mengerikan…BOOOM
      Lebih baik bahas yang lain………..daripada citra web ini jadi seperti TOPIX
      saya lari dulu ah………

      • idem om :cool

      • Maaf, kalo scr jarak..saya kurang setuju dgn bung@melektech. Jarak seperti itu memungkinkan dan masuk masuk akal utk dilakukan..bahkan sdh sangat sering TNI-AU melakukan yg disebut “Formation Take-off”.

        Namun kalo analida dari sudut metafile picture-nya, ya silahkan yg ahlinya :))

        • Kalau mobil ya, anda betul

          Aturan Take off jarak dekat, itu dilakukan apabila dalam keadaan Scramble atau sangat mendesak tempur-sergap.

          seperti kata saya di atas, kalau hanya latihan itu ngawur sekali.

          tidak ada yang melarang, bahkan 20 meter pun OK, resiko tanggung sendiri.

          Sama dengan mengemudikan mobil, ada tulisan JAGA JARAK ANDA !!!
          Berapa jarak aman anda ? dihitung berdasar kecepatan dan respon-time anda.

          Di jalan tol dengan kecepatan 100km/jam rata rata jarak aman adalah >50 meter
          Kalau Pesawat Take-Off dengan kecepatan 200km/jam dengan rem yang hanya segitu saja berapa jarak amannya ?

          Sekali lagi ngak ada yang melarang, NAMUN TNI-AU saya yakin akan TAAT ATURAN, sayang apabila Su-27/30 atau bahkan Su-35 dibuat Ugal-Ugalan yang KONYOL

          Seperti Kasus Hawk TNI-AU, untung saja Hawk ke Dua berhasil ngerem karena masih dalam jarak aman, kalau Ndak………BOOOM, USD$100 juta melayang + Pilotnya yang super mahal

      • @ Melektech, situ belum tau apa bhw citra JKGR memang sudah sejelek Topix. Nggak ada penggemar militer sejati yang menganggap serius lagi kok krn dianggap gudangnya hoax dan penuh artikel aneh-aneh. Fansnya juga senang mimpi basah dan teori konstipasi, kalau ada yang berusaha mengingatkan agar tetap obyektif dan realistis malah marah-marah, hahaha.

        • bung PM,

          sebaiknya anda tahan dulu keinginan untuk menilai segala sesuatu, dan cek ulang arti kata konstipasi/constipation dan konspirasi, artinya berbeda jauh / tidak ada hubungan, bukan seperti apel dan jeruk, tapi seperti apel dan granat !

          menggebyah uyah juga bukan hal yang bagus jika ingin menilai sesuatu, pendapat bung Melektech adalagh pendapat pribadi, tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk menilai forum.

          contoh sederhana sekali (saya kuatir tak dipahami jika memberi contoh lebih rumit sedikit); seorang penghuni asrama mahasiswa berkapasitas 100 orang mengkonsumsi narkoba, apakah yang 99 lainnya lalu perlu dicurigai pemakai juga?

          • @bung danu

            Mungkin bung PM menuntut kesempurnaan dimana untuk standar ekspor dari 100 kontainer berisi 1000 piece di buka satu kontainer sbg sampling.kalau satu piece saja terdapat cacat maka 100 kontainer itu di retur semua…

          • itu cuma warga kampung sebelah yang ngetrol
            mau mempertajam rivalitas dan sok jaguh antar formil..
            mental holigan πŸ˜€ jadi gak usah ditanggapi serius,

          • kesempurnaan berarti 100% bebas cacat, ck ck ck galak amat yak, sepertinya itu diskusi para genius selevel einstein πŸ™

            proses six sigma aja hanya mampu menjamin 99.99966% !

            A six sigma process is one in which 99.99966% of the products manufactured are statistically expected to be free of defects.

            and sorry to say, level akurasi bung PM sendiri masih di level ‘konstipasi’…

        • Jujur saja saya lebih suka JKGR daripada Kxxkxs, saya lebih suka membaca analisis antara hoax dan bukan hoax. Kalau mencari berita atau pernyataan resmi semua juga bisa googling.

          Tapi yang pasti kontributor dan narasumber yang capable serta gaya bahasa yang adem yang membuat saya betah jadi SR disini.

          Hoax or not, kembalikan para reader yang menilai. Nanti juga akan terbukti apakah JKGR akan ditinggal readernya atau justeru makin rame..

          Maaf saya harus membandingkan formil, karena di kxxkxs JKGR benar2 di diskreditkan, bahkan pakai kata – kata yang kurang pantas, meski ada juga sebagian anggotanya yang aktif disini bisa berforum dengan etika yang baik.

          • Sabaar bung, saya juga beberapa hari kemarin jadi SR disana. Mengamati aja, tapi saya lihat gak semua ghitu kok. Ada juga yg bagus2, saya lihat ada beberapa member yg sering membantu mereka menafsirkan sesuatu cuman masalahnya yah ghitu, mungkin karena senioritas jadi susah juga sih. Dan ditambah disana itu yg dipentingin ikut “meramaikan” atau heboh dibanding menggunakan logika, pengalaman dan pengetahuan. Tapi saya tetap salut untuk beberapa member disana.

        • Kalau saya lihat sepertinya bukan disitu masalahnya, lebih perlu dilihat bahwa gaya bahasa di forum JKGR berbeda dengan forum lain semisal K*sK*s, gaya bahasa yang berbeda ini sering menimbulkan resistensi karena pernyataan seseorang yang blak-blakan, cenderung menunjuk di komunitas yang lebih “kalem” bisa menimbulkan beda persepsi.

          Apapun itu, saya rasa baik di forum ini, maupun formil yang lain memiliki tujuan yang sama, memupuk kecintaan terhadap Negara Indonesia dari sisi militer. Itu yang perlu dipupuk dan diingat bukan sekedar ego siapa yang paling benar.

          Dalam berargumentasi ada titik dimana ketidaksepahaman dapat terjadi dan tidak ada titik temu, kalau terjadi seperti itu ya biarkanlah itu sebagai bagian dari demokrasi, seperti ada istilah; “we agree to disagree” tidak perlu setuju dengan pendapatnya tapi tidak perlu sampai memusuhi pribadinya.

      • Saya cenderung setuju dengan Bung Melektech, kalau pesawat beriringan terbang seperti ini kelihatannya sangat jarang dilakukan dalam latihan, apalagi antara 2 pesawat berlainan.

    • Saya lebih asik bahas :
      “Tank Siluman Polandia Terbaru PL-01 yang berat Maksimum hanya 35 Ton”

    • “Tidak ada history!. Jika sebuah foto ditumpuk dengan foto yang lain maka dalam string xmp akan muncul syntax history)”

      Sekedar masukan untuk @Toekang foto :

      Susunan format BMP/PCX/JPG/GIF dll umumnya adalah sebagai berikut :

      HEADER |||||||||||| DATA ||||||||||||||||||||| END

      HEADER berisi segala informasi berbasis text (tag, History, data lenght, dst……)
      DATA berisi data pixel yang akan ditampilkan, tergantung jenis metoda file
      END berisi data penutup, bisa juga ditambah tag sedikit (text)

      Untuk memanipulasi data Header “SUPER MUDAH”, software sekarang sudah sangat banyak

      Contoh : “Exif Jpeg header manipulation tool”

      Dulu di SMP (Th. 1995) saya sudah membuat Program MANIPULASI FOTO dan EFEK for DOS.
      Program ini mirip PHOTOSHOP berformat File PCX/GIF/BMP dengan bahasa pemrograman PASCAL for DOS. kemudian di publikasikan oleh salah satu penerbit buku terkenal.

      Jadi untuk mengutak atik Header sangat mudah, apalagi sekarang banyak Software Manipulasi gambar dengan motoda Vektor yang super halus, + CD Belajar Mandiri + CD BAJAKAN….he…..he…he

      Jadi untuk melihat foto itu asli atau bukan bukan dibaca HEADERNYA atau hanya dengan PHOTOSHOP, tapi butuh Software Khusus dan mungkin hanya para Programmer yang tahu

      Namun bisa juga berdasar analisa penuh, sama kejadiannya seperti kasus “Pendaratan Astronot AS di bulan di tahun 1969”, yang di anggap PALSU dengan suatu analisa Penuh.

    • lagian ngapain ngeributin itu fhoto.. kan gak ada yg di rugikan juga. cuma sekedar seni photoshop biar terlihat seru.. gitu aja kok repot ya

  2. hyo yang mau komen

  3. Lama mantengin dimari.. bisa bedaain mana yg hoex mana bukan.. saat ini qt, proyeksi kita cuma penambahan 1 skadron.. pilihanya Su-35 Superior atau pespur lain dengan tot..

  4. foto ini asli πŸ™‚

  5. second

  6. 3 besar :2thumbup

  7. Artikel menarik
    I ). ( I
    / I I. \
    /__’,_ ,’___\
    /( __ _)\.. /(_ __ )\
    I ( __ _ )). ((__ __ )I
    I ( __ _) ). ( (_ __ _)I
    \(___ _)/, \(___ _)/

  8. Eh …10

  9. Waduh …klo awam pasti keder…..

  10. Analisa yang bagus
    Tinggal menunggu bantahan dari kaum hoaxer agar bisa seimbang info yang didapatkan disini
    Kita tunggu sanggahan dari bung bravo yang mengatakan foto itu hoax hanya sostoshop dan pesawat flanker itu milik venezuela ..mungkin bisa mencerdaskan kita
    http://jakartagreater.com/a1-list/

    Saya yang pertama posting foto itu disini saya sih gak ahli menilai foto ,,menganalisa hanya berdasarkan feling tua saja
    sekedar refresh clue saat itu
    Satrio says:
    March 28, 2014 at 8:18 pm (Edit)

    Kan sudah saya bilang bung Now ..itu foto kecolongan hehehe
    Karena sudah saya telusuri si Roy itu dan dia adalah fotografer yang jauh dari dunia militer,, yang kebetulan lewat gading Wonosari
    Dan hoaxnya bung bravo terpatahkan ..jadi siapa yang hoax
    Flanker yang dipublish memang two tone dan Grey Nose dan ada nomernya

    Jadi sekarang kita mikirnya malah berkembang berapa flanker yang tidak dipublish ? πŸ˜€ dan berapa sisayap delta tidak dipublish πŸ˜€
    Dan sejak kapan lanud gading wonosari bisa didarati flanker ?
    Thn 2009 aja masih jadi markas helikopter dan pesawat kecil.

    Tambahn clue bung Now ..Flanker white nose juga dipakai oleh AU Rusia,bahkan SU 35 pun ada yg white nose ,sedangka sukhoi yang melayang diatas adalah SU 30 MK2

    Tetapi yang merekatkan bahwa foto diatas adalah milik Indonesia walaupun beda camo dan warna hidungnya yaitu
    Semua Velk roda flanker kita warnanya HIJAU sedangkan milik Malaysia MKM “Silver “,,
    Gak tau milik Venezuela warnanya apa biar dipaparin oleh bung bravo πŸ˜€

    Jayalah TNI

    • Test masukin gambar

      Sukhoi Indonesia Roda Hijau Moncong Abu abu

      Sukhoi Malay Roda Putih

      Sukhoi Veneuzuela Roda Hijau Moncong Putih

      Sukhoinya moncong sm rodanya persis punya veneuzuela.

      Kesimpulannya bukan sotoshop.

      Hore kita punya mirage

    • @Bung Satrio, setahu saya velk roda flanker Venezuela, Indonesia, India dan Rusia sendiri berwarna hijau, *koreksi saya jika ada salah*, dan milik Malaysia memang berwarna silver/putih.. hasil dari googling hehehe
      saya pribadi sih hanya tahu flanker family milik kita berjumlah 16, klopun diluar sana ada lebih dari 16 dan dirahasiakan, sebagai warga NKRI saya merasa senang..
      namun ada sedikit pertanyaan yg mengganjal bung, jika dilihat dari samping warna/motif/camo sukhoi diatas sangat mirip sekali dengan milik Venezuela, dan anggap saja camonya sama *karena kita tidak bisa melihat detailnya*, apakah diperbolehkan 2 negara memiliki camo yang sama untuk jenis pesawat dg tipe yg sama?
      dan jika pada dasarnya kita mencoba merahasiakan jumlah sukhoi kita *menurut foto diatas*, kenapa malah diberi warna camo yg berbeda? bukankah akan lebih baik jika diberi camo yg sama seperti sukhoi Indonesia yg sudah ada…
      sedikit logika dari warga awam.. πŸ˜€

    • Setuju dengan bung Satrio..saya menunggu sanggahan n argumen dari bung2 yang lain,tidak hanya bung Bravo saja…supaya seimbang dan tidak asal hoex2 saja..saya sebenarnya berpikir foto ini klau dilihat sekilas hampir tidak asli/editan…makanya ulasan dari bung Toekang Foto ini sangat mencerahkan…salam πŸ™‚

    • Bung Satrio…….

      Kalo aku sih coba perhatikan dengan bener bener…… ini lebih mirip sama Shukoi SU 35s….. bukan SU 30 bung. Maaf… mata gak terlalu tajam bener nih….. tp lebih ke SU 35s daripada ke SU 30 nurut saya Bung Satrio… πŸ™‚ :sup:

    • Wuih, semangat sekali Bung @ Satrio pgn membuktikan bahwa sayalah yang hoax:

      “Dan hoaxnya bung bravo terpatahkan ..jadi siapa yang hoax”

      Nanti pasti terbukti kok siapa yang hoax πŸ˜‰

      • epic fail of whose hoaxs who?

        • Kalau di sini bisa ngirim cendol, tak cendole sampeyan Bang Ed. Tp jujur aja secara umum Warjag cukup menghibur kok, informasinya lumayan variatif, diskusinya enak, tapi memang para fanboy-nya agak terlalu fanatik, kurang obyektif, dan gampang percayaan tanpa mau meng-crosscheck informasi yang dibaca di sini. Padahal sifat skeptis dan mau menggunakan logika itu penting lho dalam berformil.

          Intinya, I enjoy it here but I take any information in this forum with a grain of salt. See you at Kaskus, hehe..

        • mau ngomporin yaaa πŸ˜€

        • wah Bang Ed mengoplos dua kalimat jadi satu:

          1/ epic failure of a hoax

          2/ who’s hoaxing who? atau who hoaxes who?

      • @Bung Bravo hehehe
        kata kata ini ya
        Tinggal menunggu bantahan dari kaum hoaxer agar bisa seimbang info yang didapatkan disini
        Kita tunggu sanggahan dari bung bravo yang mengatakan foto itu hoax hanya sostoshop dan pesawat flanker itu milik venezuela ..mungkin bisa mencerdaskan kita
        ——————————————————————————————————————————–

        Bung Bravo Anda yang pertama disini yang membuktikan bahwa itu camo sukhoi venezuela..
        Saya hanya mengejar anda untuk terus membantah jawaban saya,, di thread sebelumnya tetapi anda malah loyo tidak membalas lagi bantahan saya ,,sayang,

        Nah mumpung ini dibuat thread baru saya ulang postingan saya menguber pendapat anda yang sudah mendekati benar.,,tetapi saat itu anda kurang menyertakan foto sukhoi venezuela dengan sudut (angel) yang sama,, sayang sekali padahal saat itu case hampir closed dan saya mau kasih analisa penutup.

        Terimakasih tetap memberikan warna dan bantahan dengan cerdas diwarjag ini sehingga menjadi pelajaran dalam mengunyah isi berita yang selalu disampaikan disini,
        case sudah closed dan saya tunggu diskusi anda selanjutnya bung bravo,
        jangan kapok yaa πŸ˜€ πŸ˜€
        salam.

        • Sebenarnya di thread sebelum ini pun saya mau menyertakan foto pembanding, tapi honestly sy belum tau cara upload foto di Warjag. Mungkin saya harus coba utak-atik lagi spy ke depannya bs masang foto di sini.

          Terima kasih bung Satrio, saya tetap salut kepada anda karena kontribusi anda yang sangat besar di Warjag, dan sekarang saya juga tau bahwa anda adalah orang yang berjiwa besar. Salam hangat.

    • bung Satrio, numpang eksis πŸ™‚

      dan saya (mungkin) yang pertama menggunakan kata ‘soto’ terkait foto tsb di sini:

      danu says:
      February 11, 2014 at 10:42 am
      hmm…ini bukan jepretan tukang soto yang mangkal di luar lanud?

      peace bro…

  11. ke 10

    gunung kidul eui………………

    menyimak………… :rate

  12. Haduh, Kesimpulannya No sotoshop ini. Hidup indonesia!!!

  13. weeww…. misteri apa lagi ini..?? semkin hari RI semakin susah ditebak… Jayalah Indonesiaku….

  14. Mantap analisisx,…..

  15. Sekedar tambahan untuk bahan diskusi :
    1. EXIF, IPTC dan XMP Metadata bisa dirubah.
    2. Untuk hasil editing yang detail, biasanya menggunakan software untuk pembuatan animasi. Karena harga software yang lumayan mahal biasanya yang punya adalah rumah produksi (PH) atau lembaga pendidikan.
    3. Terlepas dari alasan gambar tersebut muncul, apakah asli atau tidak, jika itu adalah hasil editing, yang mengedit saya acungi jempol, sangat detail.
    4. Kedepan, editing video akan jauh lebih mudah dan murah.

    Terimakasih

  16. Bung tukang foto, ada yang saya tanyakan:
    Data exif dan xmp bisa diubah. Bagaimana penjelasannya sehingga bisa disimpulkan itu foto asli, terutama history pada XMP karena exif dan xmp bisa diubah?
    Mengubah data juga bisa di lower level language, melalui edit data decimal, Hex nya. Setinggi apa level editor agar bisa mengubahnya tanpa menimbulkan kerusakan foto?
    Sama dengan Bung @didoth, kalau memang hasil editan berat, editornya memang sangat hebat.

  17. wah, seminggu ini pesawat dengan sayap delta sudah lalu lalang di langit medan…

    • @bung desperado…

      Segede apa bung?tu22 jg sayap delta…

      • Ups salahhh…tu22 mah sayap sayung ya he he he :bata

      • sekitar bulan januari,ada pesawat warna hitan legam bermesin 4 mirip pesawat penumpang tapi lebih kurus terbang di dampingi 2 pesawat tempur juga warna hitam(mungkin SKY HAWK) dari belakang kiri kanan.pesawat bermesin 4 ini mengeluarkan jejak asap warna hitam tapi tidak pekat arahnya menuju polonia.
        tak lama setelah itu lewat 4 pesawat tempur juga berwarna hitam sejajar tapi posisi miring(sama,mungkin SKY HAWK) arah jalurnya sama dengan pesawat bermesi 4 itu.

        pertanyaan:apakah pesawat bermesin 4 itu adalah pesawat pembom?

        nb,saya lihat sedang berkendaraan motor(orang medan bilang KERETA) sekitar jalan perintis kemerdekaan MEDAN pada siang hari.

        • weits……non registered aircraft escorting by hawk?…..hayo ngarang cerita hoax yuk……colek bung satrio…….he,he,he

        • Black jack ya bung?
          Pernah baca di warung sebelah klo kita mau kedatangan itu pesawat
          Syukur deh klo bener hehe

        • Jl Perintis Kemerdekaan ke Polonia??? emang jalur mendarat pesawat di Polonia lewat perintis kemerdekaan? dari Simpang kampus aja udah ga bakal keliatan pesawat yg mau mendarat di Polonia… apalagi dari Perintis kemerdekaan.. jangan mabuk lah

          rumah saya yg persis di depan landasan seberang sungai babura aja saya ga pernah liat

          • tepatnya posisi aku di jalan serdang dekat simpang 3 yang ada mesjid yang depannya ada SPBU,pesawatnya melintasi jalan serdang.
            jika aku menghadap arah tembung,maka pesawatnya melintas arah kanan.

          • asik kumpulan anak medan..pakabr lae2 semua..he2

        • ikut penasaran…
          tapi serius nih..bener ada kejadiannya..??

        • Yg bnr Bung.?? Jgn asal komeng aj..tu jln perintis kemerdekaan kejepit gedung2 tinggi..sisi kanan kirinya bnyk pohon bsr mahoni..ente liat nya dr mana.??

          Info sj..sya tiggl di Medan & lingkup krja sya diseputaran jln Perintis Kemerdekaan..& sya tdk prnh lihat type pswt spt yg ente sebutkan diatas medio januari smpe hri ini.

        • Kan saya kmrn jgudh bilang di medan udh saya lihat pswt tmpur yg blm prnah saya lihat & saya ketahui milik tni au, pswt brsayap panjang 2 enjin mirip tu 160 atau tu 22 m, dikawal hawk pekanbaru, & skrng ini sdh 1 bulan f16 di lanud medan setiap hari ada jdwal latihan trbang di kota medan, kmrn saya lihat pswt tempur besar trbang tinggi dgn kecepatan tinggi yg mengeluatkan asap hitam jejak pekat dgn suara memekakkan telinga, tp jet tempur itu tetbang tunggal & tinggi sehingga saya tdk tau persis iti jet tempur jenis apa.BIni agak berbeda krn biasanya tni au klo latihan tempur biasa terbang agak rendah & minimal 1 flight berpasangan 2 s.d 4 pesawat jd mudah dikenali.

        • nah bung2 semua siapin kamera masing2, kalau sewaktu waktu ada penampakan yang ‘ngga biasa’ di seluruh NKRI, bisa dijepret & dipajang disini…ntar biar dibahas bareng2 tuh penampakan. Kalau biasanya bahas berita hoax no pic, sekarang bahas pic2 hoax yg gak ada beritanya..:D

        • bung blaa sangat beruntung karena telah menyaksikan versi dirgantara dari legenda maritim yang masyhur, the flying dutchman, ghost ship yang dikutuk sehingga akan melayari samudera selamanya…

          legenda ghost planes versi dunia dirgantara ini dikenal sebagai the flying skyhawks…

    • bung @Desperado,boleh diidentifikasi dan dishare disini dr jenis apa pesawat delta itu?

      • waduh kelamaan balesnya.. sory om werchmarcth, om fly freak…..
        Rumah saya kebetulan daerah pinggiran, antara polonia dan kualanamu.
        Pas siang itu saya dengar suara pespur meraung2 di langit sedang terbang rendah.. seketika saya langsung dongakkan kepala ke atas, saya lihat pespur dengan 2 sayap delta. Mksdnya sayap tengah berbentuk delta dan sayap belakangnya berbentuk delta juga tetapi dalam ukuran yang lebih kecil.
        pesawatnya agak langsing tapi panjang, dalam rombongan itu terlihat 3 pesawat beriringan.
        cuman itu saja yang saya lihat… mohon dimaafkan om om…
        ntar saya poto deh pespurnya kalo lewat hanggarnya di polonia…..
        (tapi enggak janji ya om om sekalian.. hehehehee….) πŸ™‚

  18. Mirage atau typhoon ya…bentuknya hampir sama kalo dari kejauhan

    • bung @onyet baong ….tapi yang jelas dari foto tersaji tampak tdk ada canard dan bentuk air inlet condong ke mirage2000…, jadi kalau foto diatas dikaitkan dengan rafale….agak jauh ya…..kalau mirage2000 bagian dari paket dagangan rafale ya …..waaaaooowww….(IMHO)

  19. ikut nyimak :hn :hn :hn

  20. Terkait tulisan bung@tukang foto…..menarik tambah wawasan…..sayangnya sy termasuk awam teknik / ilmu fotografi ya taunya pakai aja termasuk kamera pun pakainya mode otomatis…..
    siiip lah, cuma mau tambahkan kalaupun ada yang komentar itu su30mkv ….yang jelas di amerika latin yang punya inventory mirage2000 kalau ndak salah ekuador sedangkan venezuela hesek…..

  21. Mungkin ada kaitannya dengan link inihttp://defense-studies.blogspot.com/2009/06/indonesia-tolak-hibah-pesawat-mirage.html?m=1

  22. Butuh kejelian untuk menanggapi suatu foto.
    yg mengganjal dlm fikiran ane sbg orang awam:

    -kalau di perhatikan,posisi pespur +/-30 derajat menghadap jalan raya.
    Apakah runway gading menghadap jalan raya?

    -perhatikan baik2 papan tanda.di situ ane lihat dg zoom 200%,
    selain warna yg blur,postur tiangnya kok tidak lurus,bahkan besar kecil.
    & di perhatikan juga pagar kawat ber duri.di situ ane perhatikan itu kawat duri kok sepertinya masuk dlm tiang.tapi kok kelihatan ya? hemmmmm

    -di background ane lihat di antara rerimbunan pepohonan,seperti ada bagian atas suatu bangunan dg bentuk kerucut2 gitu ya?
    :nerd :nerd
    SALAM NKRI!

  23. 1. Pesawat belakang bawa amunisi. Depan kosong.

    2. Pesawat terbang ga pakai landasan pacu apa?

    3. Jenis ruputnya ga ada diindonesia. (Analisa pak tani.. :D)

    hOAX

    • gwa nih petani.
      kalo musim kemaro ubanan tuh rumput kelles.
      pirang kayak londo.
      itu pesawat udah take off cuy,landasan ga mesti keliatan aspalnya. .
      gwa salut si mirage bawa pensil keliatannya dari apaan??

  24. Tambahan… Radio di NKRI blum bisa 2 arah. Ga mungkin komando 2 pespur takeoff sekaligus…

  25. Sekilas mengenai Roy Koekerits fotografer dari foto ini, beliau adalah orang yang mempunyai hobby traveling, fotografi dan…. foto editing. Masih dari sumber yg sama (panoramio) di sana kita bisa melihat putrinya atau anak yg sering muncul dalam foto-fotonya :
    http://static.panoramio.com/photos/original/56024492.jpg
    Dan ini adalah foto anak yg sama yg ada di billboard di kiri jalan :
    http://static.panoramio.com/photos/original/62737565.jpg

    • lanud yg ada di foto tersebut adalah lapangan terbang Playen yg masuk ke Kabupaten Gunung Kidul, diantara Kec Patuk dan Kec Wonosari, dari arah Jogja sebelah kiri jalan atau utara jalan. lanud ini sering digunakan sebagai aeromodelling. papan nama yg asli letaknya bukan di pinggir jalan di akhir run-way tapi di pintu masuk kompleks http://tni-au.mil.id/kotama/prospek-dan-sinergi-kedepan-halaman-2

      • @Bung Erick
        Lanud Gading wonosari sudah direnovasi dan ada penambahan panjang landasan pacunya dan Jarang diberitakan, apa fungsi lanud ini juga sering disamarkan
        Hanggar dan bangunan makonya juga terlihat habis direnovasi

        • Bung Satrio, ijin menambahkan sedikit informasi sebagai acuan berapa panjang landasan Lanud Gading Wonosari.. saya ambil dari web pemerintah kabupaten Gunung Kidul.. berita ditulis pada th 2009.

          sumber: http://www.gunungkidulkab.go.id/home.php?mode=content&submode=detail&id=374

          Harapan Komisi V DPR RI, LANUD GADING JADI BANDARA VVIP

          Landasan udara Gading Kecamatan Playen yang terus dibangun, bukan hanya mengatasi kepadatan penerbangan pada Lanud Adisutjipto, terutama penerbangan militer, tetapi diharapkan dikembangkan menjadi bandara VVIP untuk tamu istimewa.
          “Sayang sekali kalau hanya untuk mengatasi kepadatan bandara Adisucipto. Sebab dengan panjang landasan 1.400 meter dan lebar 45 meter, layak dijadikan bandara VVIP. Kalau di Jakarta selama ini ada di Halim Perdanakusuma, kalau di Jogja ya di Lanud Gading ini,” kata pimpinan rombongan Komisi V DPR RI Hadi Soesilo dalam kunjungannya di Lanud Gading,Jumat(26/10).
          Lima anggota Komisi V DPR RI yang berkunjung ke Gunungkidul meliputi Djoko Suwindi, Ismail Muzaki, Mirwan Hamid, Suharsoyo, Darul Siska dan Hadi Soesilo. Tamu diterima Kepala Operasional Lanud Adisutjipto Kolonel Sudadi, Bupati Gunungkidul Suharto SH, Ketua DPRD Gunungkidul Slamet S.Pd, muspida dan para pejabat pemkab Gunungkidul maupun Provinsi DIY. Dalam kesempatan ini dikunjungi juga lokasi proyek pembangunan calon terminal tipe A di Wonosari.
          Sebelumnya Kolonel Sudadi melaporkan bahwa keberadaan Lanud Gading untuk mengatasi kepadatan penerbangan pada bandara Adisutjipto terutama pesawat latih milik TNI AU.
          “Sehingga tidak benar jika keberadaan Lanud Gading in i untuk menggantikan bandara Adisutjipto Jogja,” katanya. Meskipun hanya dijadikan lanud alternatif, tetapi proses pembangunannya terus berlanjut.
          Jika sebelumnya panjang landasan hanya 800 meter, dikembangkan 1.400 meter dengan lebar 45 meter. Selain itu berbagai sarana dan prasarana penerbangan juga dibangun diantaranya meara, hanggar, gedung perkantoran dan tahun 2007 hingga berlanjut tahun 2008 mendatang pembangunannya terus dilanjutkan pada drainase dan sarana serta prasarana yang lain.
          “Termasuk listrik dikawasan lanud Gading ini belum ada. Rencanya akan segera dilengkapi,” tambahnya.
          Dengan melihat keberadaan lanud Gading termasuk sarana dan prasarana yang telah selesai dibangun, maka Komisi V DPR RI minta agar proses pembangunannya dilanjutkan guna memenuhi kebutuhan diantaranya menjadikan bandara VVIP.

          :sup2:

  26. Apakah tdk mungkin ini foto salah satu sukhoi dr 16 yg sdh kita miliki? Dr td analisanya lbh banyak ttg spekulasi sukhoi baru yg dirahasiakan. Sy lbh tertarik pd pswt deltanya. Mungkinkah ini utk latihan pilot2 kita dlm rangka beli rafale? Salam

  27. gue mesti bilang apa ya…
    satu2nya ” INI ADALAH ANALISA ADVANCE…!!”
    two thumb up.
    respect buat toekang photo.

    JKGR memiliki kontributor jempolan.

  28. nambah ilmu tentang fotografi, ini yang saya suka dari jkgr
    ma kasih bung tukang foto, ikut seminar juga bayar, inikan gratis

  29. Wah bingung saya mau komen apa? Gak ngerti tentang analisa foto, tapi saya sangat salute dengan analisanya toekang photo. Kereen banget :2thumbup

    Thanks ya sudah sharing bung…

    • oot,

      Bung JALO gak ke Malaysia? untuk ikuti pameran alutsista,kabarnya Indonesia kirim wakil 15 industri militer.
      kalau iya,bisa di bagi2 info/foto apa saja alat2 militer yang dipamerkan dari Indonesia.
      kalau tidak kesana, mungkin Bung Yayan bisa.

  30. HOAX

    Foto ini memang keren sekali, bayangkan semua unsur bisa terkumpul dalam sebuah bingkai foto: 2 pesawat tempur take off lengkap dengan bayangannya, plang nama lanud, landasan, apron, juga ada pesawat Hercules sdg parkir. Sayangnya tidak make sense:

    1. Landasan udara Gading arahnya melintang timur-barat. Arah take off kedua pesawat ke barat, sekitar arah jarum pendek jam 9 lewat 20 menit. Posisi bayangan kedua pespurmengindikasikan kejadiannya pada jam 10-11.
    2. Landasan belum “habis”, kedua pespur sudah cukup tinggi. Artinya itu landasan pasti sangat panjang. Saat Su-27/30 take off di landasan udara Makassar, larinya jauh sekali, padahal itu landasan di Makassar sangat panjang, 2,500 m lebih. Sudah itu Sukhoi kedua mulai berlari setelah yg pertama lepas dari landasan. Sementara panjang landasan Gamping hanya sekitar 1,500 m. Ini berarti agar take offf seperti foto di atas, sukhoi dan mirage cuman berlari sejauh 700 meteran, bersamaan pula di landasan yg sempit. Miragenya bawa 3 tangki external segala, berat.
    Pesawat tempur jet memiliki airfoil sayap yg tipis shg perlu speed tinggi utk bisa take off. Utk mencapai speed tinggi landasannya perlu cukup panjang dan power plant yang kuat.

  31. Iya mirip bung,apa itu mungkin mirage 2000 hibah dr AU qatar ya?!mungkin sesepuh warjag ada yg bs beri Pencerahan

  32. menurut pandangan awan ane mungkin kesalahannya memperbesar ukuran foto aslinya jd terlihat cenderung cekung,sorotan yg kelihatan di tiangnya..maaf ah ane sok tau.. :Peace:

    ini foto sdh lama muncul diwarung sebelah sk######….

  33. hoaxnya ada di pesawat…background cm tempelan pake imho

  34. Membaca artikelnya detil banget, ngebaca koment para penyanggahnya juga salut, rupanya di JKGR banyak di tongkrongi cerdaser-cerdaser.. lumayan untuk menambah wawasan.

  35. Emang ada yang pernah ke bandara gading? ? :nerd

    • arahnya yg kemana ya bung ww?…yg arah piyungan naik trs, lewat hargodumilah,trs lewat radio pathuk…trs lurussssssssss sampai lewat hutan…trs ketemu perempatan kl ke kanan gading bukan?..itu daerah wonosari atau bukan ya?… :ngacir2

  36. Editan contrastnya kuat sekali..

    Proporsi antara pagar jeruji dengan lapangan rumputnya sedikit distorsi..

    Backgroundnya (jeruji, pohon, papan nama, dll) lebih blur daripada pesawatnya sendiri..

    Sisanya hanya Allah dan tukang foto yang tahu..

  37. ga paham soal photo ya nyimak ajahhhh. salute buat penghuni warjag beranekaragam profesi n keahliannya. :toast

  38. assalamualaikum!
    sebelumnya terima kasih buat bung tukang photo dan juga bung admin yang mau mengangkat tema ttng foto ini.kalo saya sebagai orang awam cuman bisa bilang foto ini 100 % palsu.logikanya coba dilihat bayangan yang ada di badan pesawat kalau ditarik garis lurus seharusnya jatuhnya bayangan pesawat ditanah posisinya agak kebelakang

  39. InsyaAllah bener editan bukan mengada2 dan membuat2
    mungkin bisa d cermati d gambar yg paling mencolok adalah pada papan nama pangkalan au gading
    Sekali Lagi insyaAllah
    Maaf kalo salah

  40. kok ts nya ilang?banyak yang butuh penjelasan nih bung tukang foto :kts:

  41. maaf kalau boleh ikut menanggapi, itu kalau menurut saya yg di edit bukan background atau pesawatnya, tapi papan namanya, menurut saya pesawat itu sebagai pengalihan saja, makanya gambar pesawat lebih jelas.

  42. Tes:d

  43. test… :bingung:

    saya kurang ngerti masalah foto, tapi kalau saya perhatiin ada yang kurang singkron antara foto bagian atas sama bagian bawah….

    :bingung:

  44. hore senior lama warjag muncul, bung WH sama bung melektech.
    Klo komen sy, sy yakin klo skuadron sukoi kita cuma 1skuadron berisi 16biji sukoi su-27/30.
    Kita tdk punya mirage, barang segede gini sulit nyembunyiin apalagi di jawa.
    Rudal sukoi dtg aja, blm publish resmi tni au atau kemenhan, sudah ada photo selfi.sy punya rumah dekat lanud iwj, jd sering juga ngobrol sm tni au lanud iwj atau lihat oesawat terbang.
    Klo ada pembelian pesawat mirage, sulit ditutupi, terus tdk keuntungannya buat kita. Nggaj ada yg dibanggain.
    Klo pun memang ada tes flight mirage di indonesia mbok nggak usah di wonosari, bisa di IWJ klo di jawa, krn lanud iwj fasilitas lengkap.

  45. Hmmmmm…… :afro:

  46. maaf ane yg oot ikut mantengin ni gambar…
    1. jarak sukhoi dngn pengambil gmbr sangat dekat dilihat dari jarak byang sukhoi dengan pagar dan dari ketinggian sukhoi,,,apakah tidak terlalu kecil skala gambar sukhoi dengan yg aslinya
    2. sudut bayang sayap pada badan sukhoi jika ditarik ke bumi maka akan didapat letak bayang pada gambar tidak matching…jika ditarik garis bayang sesuai sudut bayang sayap pada badan sukhoi ke bumi akan di dapat bayang yg lebih besar,,,( sesuai hukum alam jika objek mendekati sumber cahaya maka bayang akan semakin membias(membesar) tetapi dalam gambar bayang malah lebih kecil dari aslinya
    3. jika diperhatikan sesuai sudut sumber pencahayaan arah matahari letak bayang sayap sukhoi terbalik antara kiri dan kanan
    4. sudut take off sukhoi dengan mirage berbeda 50 derajat, yg berarti ada kemungkinan,,landasan 2 jalur atau lebar landasan sekitar 100 meter atau sukhoi takeoff dengan cara berpusing/belok

    maaf jika salah…pantengan orang yg lagi ngantuk

  47. ikut nyimak

  48. :sup2:

  49. Salam kenal buat bung Gatotkoco
    satu rumah…

  50. sudah saya analisa dengan sebaik baiknya, bahwa foto diatas ASLI

  51. hehehe bung sarkem ente dari dulu ane tugasin melihat dari dekat lanud gading wonosari kagak dilaksanakan,,
    biarin para Warjager belajar “mengunyah”
    Sayang nya TS nya tidak muncul untuk memberikan asumsinya,,dengan masukan warjager yang cerdas dalam menganalisa ..saya salut untuk yang bilang hoax mau meberikan ulasannya yang mencerdaskan,,saya juga ikutan belajar disini,
    TS tukang foto berdomisili diyogya,,,sedangkan yang membuat foto ini si Roy yang tinggal di yogya..apa orang yang sama ya ?…

    TETAPI,,warjager pada lupa menganalisa “Maksut Berita”..apa yang ingin DISAMPAIKAN dengan munculnya foto pesawat ini,sejak 2011

    Nanti saya berikan analisa penutup yang membuat kasus ini ditutup ..dengan suatu kesimpulan

  52. sekedar berkomentar: saya yakin bahwa foto itu rekayasa karena
    1. depan papan nama lanud gading (berjarak mungkin tidak sampai 5 meter) adalah jalan raya propinsi (jogja-wonosari), dan diseberang jalan tersebut adalah rumah penduduk, sehingga tidak mungkin pesawat berani terbang serendah itu;
    2. kota wonosari adalah kota kecil, artinya apabila ada pesawat sampai berani terbang rendah pasti beritanya sudah tersebar (sampai saat ini saya belum pernah mendengar);
    3. untuk mendukung argumen diatas….saya orang wonosari dan tinggal di wonosari, setahu saya paling yang pernah mendarat di lanud gading adalah pesawat latih (saya juga pernah masuk di dalam lanud karena lanud tersebut adalah lanud kecil yang orang bebas keluar masuk karena tidak ada penjagaan yang ketat) ).

    salam

  53. @sarkem
    kalo hasil menganal lisa ane, ntu inpormasi disertai pengaburan..barang ada potonya palsu ato sebaliknya, tapi kalo barangnya kagak ada napa susah2 bikin sotosop..apa cuman buat bahan candaan doang..nah tanda tanya?

    saya setuju dengan anda bung

    • soal poto, ane liat pake mata sakti ane n bisa langsung jawab bang..herkulesnya tempelan, sukoinya tempelan, deltanya tempelan, plang judul lanud tempelan, pager kawat ma rumput rambatnya tempelan..yg asli cuman lanudnya doang, ntu poto diambil dolo sebelon diaspal..lapangannya buat ngetrek belon rata, masih bergelombang, sukoi kagak brani lewat, herkules masih bisa ndarat mungkin..imho..

      tapi ane liatnya bukan potonya, nunggu bang satrio aja yuk..

  54. Case closed…hoax

  55. https://m.facebook.com/photo.php?fbid=766663706685246&id=325228574162097&set=a.478425132175773.112951.325228574162097&source=46&refid=17

    Gudang Pantun’s photo.
    5 minutes ago Β·
    Bila kita tak mampu memberi, setidaknya sesekali belilah dagangan dari mereka.

    Tapi kebanyakan lebih suka belanja di Supermarket atau di Mall.

    Berbagilah meski sedikit, mungkin buat kita kurang tapi untuk mereka itu lebih dari cukup.

    Ya Allah…
    Berilah rezeki-Mu yang Melimpah lagi Berkah untuk beliau dan untuk semua saudara/saudari Muslim di seluruh penjuru Dunia.

    Aamiin ya Robbal’alaamiin..

    • Bagi kita Rp.10.000 kecil tak berarti tp bagi mereka bisa untuk membeli jamu encok yang diderita puluhan tahun.

      Bagi kita Rp. 100.000 untuk sekali makan siang di mall tp bagi mereka bisa untuk menyambung hidup makan kenyang 1 minggu bersama anak dan cucu.

      Copas

    • Assalamualaikum wr. wb.
      πŸ™‚

  56. Rencana masa depan………???

    Menunggu sang idola bung@Satrio utk menganal Lisa

  57. :selamat

  58. Tes:D

  59. Tes ke 2 [:D]

  60. Analisa penutup
    Dari hasil diskusi disini akhirnya kita bisa menganalisa dengan Cerdas apakah foto itu asli dan ataupun hoax.
    Dan hasilnya ..Betul foto itu HOAX hanya hasil editan dari si Roy Koekerits seorang praktisi dunia fotografer berasal dari Yogya..Foto itu muncul dan ada di dalam blog bersanding dengan foto hasil editan lainnya,,
    Foto sukhoi dilanud gading wonosari hanya satu satunya hasil editan dari si Roy mengenai alutsista dan kemiliteran,,,saya curiga TS nya itu juga si Roy yang memberikan bantahan dengan memberikan alasan teknis potografi untuk menguatkan Foto itu adalah asli,,,padahal adalah Hoax.
    Berarti si Roy sekarang ini sering juga mantengin Forum Militer..
    Pertanyaannya kenapa Roy membuat Foto itu ??apakah Roy memang warga Formil ? tapi kok hasil karyanya hanya Foto lanud itu saja ?kok tidak membuat editan foto lainnya ?

    Yang perlu dicermati Foto pada thn 2011 dibuat setelah Lanud gading Wonosari selesai direnovasi dan ada penambahan panjang landasan pacu yang menurut berita diatas ..sehingga panjangnya 1500 meter ,tetapi dari data yang saya peroleh Lanud Gading wonosari malah mempunyai Landasan pacu 1800 meter,,,artinya Lanud gading wonosari bisa didarati oleh pesawat hercules dan pesawat tempur,
    Lanud gading Wonosari bisa menjadi Pangkalan aju dan Home base pespur untuk menghadapi ancaman dari selatan
    Jadi berita background yang mau disampaikan dengan beredarnya foto tersebut bahwa Lanud Gading wonosari siap dijadikan pangkalan pespur untuk mengantisipasi ancaman dari selatan dan bisa diisi dengan pepsur jenis Sukhoi family,,pespur bersayap delta (calon pengganti F-5) dan bisa mendukung peran logistick dengan mengoperasinalkan herkyu bar dari sana.
    Lanud lain yang ada diselatan pulau Jawa yang sama telah direnovasi dengan penambahan serupa dengan Lanud gading wonosari adalah Lanud Rumpin Bogor..

    Analisa lainnya Kalau si Roy ingin membuat Hoax sekalian kenapa tidak dengan cerdas memakai pespur sukhoi milik kita yang camonya sudah banyak dikenal oleh warga formil ,,dicomot dan ditempel di foto tersebut,,,Kenapa juga ada pesawat delta yang merujuknya ke Mirage ?
    Kalau analisa gampangnya kita bisa menyimpulkan bahwa si roy mungkin jago dalam hal pengeditan foto tetapi awam dalam hal militer sehingga ceroboh dengan salah pemilihan pesawat sukhoi
    Sehingga camo dan white nose nya sukhoi itu menjadi hal paling disorot hoaxnya,,sehingga gampang dipatahkan,,
    Lain cerita bila yang dipakai foto sukhoi kita , maka formil akan meyakini bahwa sukhoi kita lagi take of dan latihan bersama dengan mirage .. maka perhatian formil akan menanyakan apakah kita mempunyai mirage, ?dan debatabelnya beralih ke mirage ,,

    Tetapi saya tidak segampang itu dalam menganalisa maksut background sesungguhnya
    Saya curiga si roy malah mendapatkan order untuk membuat foto hoax dengan maksut memberikan pesan bahwa kita mempunyai sukhoi family yang lain ,pesawat delta ,,dan Hercules pendatang baru,

    Kalau pesannya hanya mau mengatakan bahwa kita punya mainan baru pesawat delta maka cukup roy memakai foto sukhoi kita dengan camo biasanya,,sehingga yang diperdebatkan diforum forum militer adalah si delta,,dan bila pemberi order memang ingin memberikan gambaran komplit bahwa kita punya sukhoi lain,pesawat delta dan hercules baru,dan mudah dibantah dengan hoax maka foto dari si roy sudah tepat pemilihan pespur pespur nya .dan itu adalah langkah cerdas
    Dengan mematahkan camo sukhoi maka pesawat delta dan hercules baru otomatis ikut terpatahkan ..

    Misi pemberi pesan (berita background) adalah mau mengabarkan kita akan/telah mempunyai pesawat sukhoi SU 30 lainnya,Pesawat bersayap delta dan hercules baru dan Telah selesainya renovasi Lanud gading wonosari yang siap mendukung operasi pertahanan udara nasional mengantisipasi ancaman dari Selatan,
    dan juga gampang dipatahkan dengan Hoax,,,misi tersampaikan ada yang percaya dan ada yang tidak percaya dan semua INFO SESUNGGUHNYA tetap terjaga dalam bingkai Abu abu .
    dan kebetulan si roy rumahnya dekat daerah yogya dekat dengan lanud tersebut dan dekat dengan pemberi pesan πŸ˜€ (maaf analisa ngawur saja)
    case closed,
    IMHO

    • Lhooo, katanya pengen membuktikan bahwa saya lah yang ngehoax:

      “Dan hoaxnya bung bravo terpatahkan ..jadi siapa yang hoax”

      Ironis sekali kalau ternyata saya belum sempat menyampaikan argumen sanggahan, bung Satrio malah mengakui duluan bahwa memang foto itu hoax.

      Pesan moralnya, mari kita belajar utk saling menghargai pendapat pihak lain, karena apa yang kita yakini benar ternyata belum tentu benar. Contohnya dalam kasus ini, siapa sangka apa yang disampaikan oleh anak kemaren sore seperti saya terbukti sesuai dgn kenyataan, sedangkan yang disampaikan oleh orang yang kaya pengalaman, pengetahuan, dan dekat dengan para praktisi seperti bung Satrio ternyata bisa juga kurang tepat.

      • Sudah saya jawab diatas bung bravo
        saya tidak pernah merendahkan anda bung bravo,,saya kira saya tidak pernah merendahkan suatu nick disini,
        saat itu kan anda yang baru muncul kan hoax hoex saja ,,makanya saya pancing terus supaya memberikan sanggahan dengan foto dan argumen .
        coba telisik di thread list A1 gimana alur saya memancing anda terus mulai dari tanya camo venezuela itu yg bagaimana? (mosok saya gak bisa gogling)

        Tetapi kalau anda merasa saya merendahkan anda dan kata kata saya kurang sopan kepada anda ,,maka ijinkan saya meminta maaf kepada anda,’
        Toh disini saya tidak mencari musuh ,,tetapi mencari persaudaraan dan belajar bersama dengan cerdas,

        • Setuju bung, sy jg sudah bertekad utk tidak asal menuduh hoax saja tanpa argumen yang jelas ke depannya. Sy tidak merasa direndahkan oleh bung Satrio, karena memang dalam dialektika berformil pasti akan ketemu sm yg namanya perbedaan pendapat. Sy juga minta maaf kalau ada kata-kata saya sebelum ini yang kurang enak didengar, mgkn efek dari terlalu ceplas-ceplos. Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih bijak. Anyway, teruskan kontribusinya di Warjag Bung Satrio, looking forward to our next arguments.

          • Yup anda dan bung Ed adalah salah satu nick penyeimbang disini
            memberikan bantahan dengan argumen yang cerdas,,,selain bung melecteck yang jarang nongol..
            coba baca thread dulu bagaimana bung meleckteck menyanggah kilo.dan amblesiah leopard mungkin ada yang tidak suka(sebel) ..tapi bung meleckteck sudah diakui sesepuh disini dan dibutuhkan karena sanggahannya yang cerdas.

            Kalau gaya saya memancing diskusi itu memang begitu bung ..mungkin karena latar belakang saya yang pendidik,,sering memberikan umpan balik agar disundul,,atau dimawasigeri πŸ˜€
            dan saya yang paling anti dengan perpecahan,dan menyerang person.,

            jadi sekali lagi mohon maaf bila ada warjager lainnya yang tersinggung dengan kata kata saya

        • Wah kok Happy ending gini sich. Nggak asyik ah, hohohoho…
          di no 1 sy dah koment case closed.
          Foto di atas hoax adalah satu hal tapi apakah berarti meruntuhkan seluruh argumentasi β€œanti hoaxer”? Wah, anda terlalu cepat mengklaim kemenangan Bung Bravo, hehehehe..
          Paling menarik justru @Bung Erich, koment anda pendek tapi meninggalkan jejak yg besar.
          Baik, paling tidak ada 2 school of knowledge.
          Pertama model Bang Ed dkk, kalo tdk ada fakta berarti tidak ada. Argumentasi ini akan menang di pengadilan.
          Kedua model Bung Satrio dkk, berprinsip The absence of evidence is not the evidence of absence.
          Kedua mindset itu sulit bertemu, tp dengan kapasitas beliau2 sebenarnya msh ada peluang mutual understanding atau agree in disagree. Imho.

          • Kalau lama lama debat bisa jadi mutual assured destruction – MAD bung he he he…

            Kabuuuurrr…

          • @bung open mind
            Kalau foto nya kan sudah disimpulkan bahwa itu foto hoax hasil editan
            kalau pesan yang disampaikan dengan beredarnya foto tersebut masih diperdebatkan ,,apa bener jumlah sukhoi kita cuma 16 biji,,apa bener kita punya pesawat delta (menolak hibah),,dan apa bener kita punya hercules baru ?
            Yang terjawab adalah kita memang punya hercules baru hasil hibah dan beli bekas milik australia,,,sedangkan foto itu diangkat thn 2011 yang berita hercules malah belum ada.

            yang saya uber diskusi disini dengan menampilkan foto tersebut yaa pesan pembuat foto tersebut,, juga saya pernah menampilkan foto soto lekiu class
            kalau fotonya memang dibuat begitu biar gampang dipatahkan dengan hoax,seperti uraian saya diatas) agar tetep abu abu infonya,

            Jadi ingat foto kalender Kilo dan Lekiu class yang diberi nomer lambung KRI,,
            Itu hoax kurang bagaimana,,yang menerbitkan malah dispenal (pihak TNI) nyomot foto dan ditempelin nomerlambung KRI .
            fotonya jelas hoax..pesannya masih diperdebatkan
            hehehehe

  61. wah.. ketinggalan jauh.
    artikel yang sangat menarik, komentar yang masuk juga menarik untuk disimak

  62. Kesimpulan analisis Bung Satrio: realitasnya tetap abu-abu alias mencerdaskan .. πŸ™‚

  63. @all Warjagers
    Inilah menariknya diskusi di warjag…punya argumen, saling mencerahkan, dewasa, dan sportif…, krn sy rasa sportifitas sdh semakin langka…
    Semoga seperti inilah yg terjadi di tingkat pengambil keputusan…Aamiin

  64. Bagaimana jika kesimpulannya begini: Sepertinya dari analisa Bung Satrio sangat detail bgt, sehingga saya justru curiga jika Bung Satrio dan Si Tukang Foto saling kenal….atau bisa jadi B Satrio adalah org yang “memesan” edit foto ini. Bahkan bisa juga B Satrio = STF?

    Maaf Bung Satrio…hanya mencoba berimajinasi sendiri.

    • Bukan bung
      Saya termasuk orang yang suka menganalisa penerbitan foto yang aneh dan unilk berkaitan dengan militer,,apa maksut sesunggugnya,,
      foto lanud ini sdh lama beredar (dua tahun yg lalau) dan didiskusikan diwarung sebelah dan hasilnya sama sih foto nya hoax,,pespurnya masih di perdebatkan

      • Baiklah kalau begitu. Teruslah mengamati, dan mohon ijin untuk terus berimajinasi. Trimakasih juga, jika kesimpulan yg sederhana ini sudah mau dikonfirm. Salam hangat Bung Satrio.

  65. Mengutip kata SBY saya rasa itu sudah cukup
    Kita tidak ingin perang. Namun, jika harus bertempur dan mempertahankan kedaulatan, kita sudah siap
    Dermaga Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (12/3/2014
    Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono

  66. Surat dari Toekang Foto:

    Kalau lihat foto sukhoinya sepertinya saya memang salah analisis…

    Dari pertama lihat foto lanud itu sebenarnya memang saya ragu itu foto aseli…
    cuma kamera pocket dg shutter lag (waktu dari mencet tombol smp kamera jepret) lebih dari 1 detik
    akan sangat sulit untuk motret benda berkecepatan tinggi. trus dari eksposure (iso 400, f4.8 shutter speed 1/1250 detik). Feeling saya foto bakalan under minimal setengah stop (foto yg dihasilkan tidak akan seterang itu).

    Tapi bagi kami yg bergelut dibidang fotografi tidak bisa serta merta menuduh seorang fotografer telah memanipulasi foto. karena itu merupakan tuduhan yang sangat serius menyangkut nama baik fotografer.
    sementara bukti-bukti yg disampaikan kawan-kawan warjager sebelumnya sangat tidak cukup.
    (jadi inget foto2 yg diposting bung satrio ttg KS panjang pendek, jika anda mau menyanggah seharusnya anda ngecek FL dan kamera yg digunakan untuk masing2 foto. fotone dari antara jadi cukup kredibel).

    Tapi apabila suatu saat terbukti fotografer memanipulasi foto riwayatnya sebagai fotografer selesai.
    apalagi jika yang bersangkutan bekerja sebagai wartawan sudah pasti dipecat dan tidak akan pernah ada media manapun yg mau menerima.

    Itu orang memang sepertinya niat banget manipulasi. mengubah data exif, menghapus string xmp
    sampai yg paling sulit memperhitungkan kompresi piksel untuk mengelabuhi ELA.

    kemaren saya masih berbaik sangka karena jika dia seorang Digital Imaging ngapain repot-repot merubah data exif dll. untuk sekedar disebut fotografer, mendingan jadi seorang Digital Imaging.
    secara penghasilan seorang Digital Imaging jauh lebih besar dari pada seorang fotografer. Kasarannya seorang Digital Imaging bisa seenaknya minta sama fotografer “tolong fotoin itu, minta berapa?”

    Maaf telah salah analisis.

    • untuk @tukang photo, tidak perlu minta maaf πŸ™‚ namanya saja analisa tentu bisa meleset, analisa dari seorang dengan pengetahuan mengenai digital imaging bisa jadi penambah wawasan bagi kami2 yang hanya menilai gambar akhir yang terlihat

  67. kayaknya ngga mungkin. saya sering jogging di landasan pacu lanud gading, ini buktinya:

    http://jarwadi.me/2014/10/11/lapangan-udara-tni-au-gading-tempat-keren-untuk-lari-jogging/

    hehe

  68. Menarik sekali membaca semua komentar yang diberikan tentang foto editan kakak saya, Roy Koekerits. Saya bisa memberi informasi, kalau kakak saya itu bukan seorang fotografer, tidak pernah berkerja sebagai fotografer. Tetapi dia punya interest di bidang pesawat (mimpi di masa kecil, pengen jadi pilot). Dan hoby nya sekarang adalah mengedit foto pakai photoshop (belajar sendiri) cuma sekedar hobby, untuk sekedar fun…tidak ada unsur lain.

 Leave a Reply