Misi Kepolisian Udara NATO Cegat Lima Pesawat Rusia

Kementerian pertahanan Lithuania melaporkan bahwa jet tempur NATO yang ditempatkan di negara-negara Baltik sebagai bagian dari misi kepolisian udara NATO diacak empat kali pada pekan lalu untuk mengidentifikasi dan mengawal pesawat militer Rusia di wilayah udara internasional di atas Laut Baltik.

Pada 13 Februari, sebuah jet tempur Sukhoi Su-27 dicegat terbang dari daratan Rusia ke wilayah Rusia Kaliningrad. Pesawat terbang dengan transponder onboard off, tidak memelihara komunikasi radio dengan pusat kontrol lalu lintas udara regional dan tidak memiliki rencana penerbangan yang diajukan sebelumnya.

Pada tanggal 15 Februari, jet NATO bergegas untuk mencegat Antonov An-72 yang terbang dari Kaliningrad ke daratan Rusia dengan transpondernya dimatikan. Namun, hal itu memelihara komunikasi radio dengan pusat kendali lalu lintas udara regional dan juga memiliki rencana penerbangan yang telah diajukan sebelumnya. Jet NATO membatalkan misi begitu kru pesawat menghidupkan transponder pesawat mereka.

Juga pada 15 Februari, pengangkut lain, Antonov An-26 kali ini, dicegat. Pesawat itu terbang dari daratan Rusia ke Kaliningrad dengan transponder onboardnya dimatikan. Pesawat itu mempertahankan komunikasi radio dengan pusat kontrol lalu lintas udara regional, tetapi tidak memiliki rencana penerbangan pra-diajukan.

Pada 16 Februari, Antonov An-26 yang lain dicegat terbang dari Kaliningrad dengan transponder onboard menyala. Mereka memelihara komunikasi radio dengan pusat kendali lalu lintas udara regional dan memiliki rencana penerbangan yang telah diajukan sebelumnya, tetapi berbalik dan kembali ke Kaliningrad.

Kemudian pada misi yang sama, jet NATO juga mencegat jet tempur Sukhoi Su-27 yang terbang ke Kaliningrad. Transponder onboard-nya tidak aktif, tidak memelihara komunikasi radio dan tidak memiliki rencana penerbangan yang diajukan sebelumnya, tulis kementerian pertahanan Lithuania dalam pembaruan beritanya.

Sumber: https://news.err.ee/912015/nato-air-policing-mission-intercepts-five-russian-planes

Leave a Reply