Sep 102014
 
Kapal selam Scorpene

Kapal selam Scorpene

Kinabalu – Dua kapal selam Scorpene Malaysia sedang digunakan untuk empat operasi khusus yang dikirim dari Sabah, ujar Kepala Angkatan Laut Malaysia Laksamana Tan Sri Abdul Aziz Jaafar. Kapal selam KD Tunku Abdul Rahman dan KD Tun Abdul Razak, kini tidak lagi beroperasi di bawah Komando Keamanan Sabah Timur.

“Kapal selam memiliki peran tersendiri. Saya tidak bisa mengatakan apa operasi mereka. Angkatan laut adalah kekuatan diam dan itulah sebabnya orang tidak melihat apa yang kita lakukan tapi kami bekerja sepanjang waktu.

“Anda harus percaya saya sebagai Kepala Angkatan Laut, Angkatan Laut beroperasi untuk memastikan perairan Malaysia dilindungi,” katanya setelah membuka Asia Pacific Conference Submarine ke 14 di kota Kinibalu, kemarin.

Laksamana Aziz mengatakan dua kapal selam Malaysia tidak cocok digunakan untuk operasi keamanan di pantai timur Sabah, karena faktor kedalaman laut. Namun, angkatan laut Malaysia telah meningkatkan kehadiran aset lainnya untuk pengawasan wilayah udara dan laut Zona keselamatan Sabah Timur (Esszone).

“Kami telah menempatkan kapal-kapal yang sangat handal serta kapal pencegat. Kami juga menggelar helikopter super Lynx dan Fennec untuk fokus pada operasi pengawasan karena pandangan helikopter lebih luas dibandingkan dengan kapal laut.

“Helikopter ini mampu melakukan pengawasan wide-area dan memiliki pandangan yang lebih baik untuk kapal yang perlu dicegat,” kata Aziz.

“Kami telah meminta pasukan keamanan untuk menembak kapal yang mencurigakan yang mencoba memasuki perairan Sabah, namun di saat yang sama kami memiliki prosedur standar operasi yang harus diikuti.

“Jam malam telah membuat pekerjaan kami lebih mudah karena kita sekarang bisa fokus. Jika tidak, kapal asing dapat dengan mudah menyelinap masuk dan bersembunyi.”

Jam malam diberlakukan sejak 19 Juli setelah terjadinya pembunuhan personil angkatan laut dan juga terjadinya penculikan yang lainnya di Mabul Island.

Jam malam melibatkan daerah perairan Sandakan, Kinabatangan, Kunak, Lahad Datu, Semporna, dan Tawau. Sejak insiden Mabul, ada dua upaya penyusupan di perairan Sabah melalui Semporna dan Sandakan di mana terjadi penembakan.

Pada tahun ini, tercatat di Sabah terjadi empat kasus penculikan yang melibatkan turis, pengusaha dan seorang polisi. Korban dibawa pergi dari Lahad Datu, Kunak dan resor pantai Semporna.

Polisi juga telah mengidentifikasi dua tersangka yang dikenal sebagai Muktadil bersaudara yang bertanggung jawab atas beberapa kasus penculikan dan pembunuhan polisi.

Laksamana Aziz menekankan angkatan laut Malaysia tetap profesional dalam menjalankan perannya sebagai pengawas lapisan pertama di perairan Malaysia.

Penjelasan itu dia sampaikan di sela sela konferensi Submarine Escape and Rescue yang diikuti 60 personel angkatan laut dari 19 negara. Di antaranya dari negara: Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Prancis, Australia, Peru, Chili, Pakistan, Vietnam, Singapura, Ekuador, Indonesia, Korea Selatan, Filipina, dan Brunei.(nst.com.my).

  110 Responses to “Misi Rahasia Kapal Selam Malaysia”

  1. Pertamax kah

  2. Mantapp colek sespuh bwt jbranya

    • @semar….malon dah berapa lama mengoperasikan ks..!!????…berarti klo dia lewat natuna tembak dong sama memedi ks al yg semedi di natuna….nyalinya besar di darat apa di laut ya tdmnya..mengingat pengalaman mereka di lock..ks type u tempo tahun….lebih lengkapnya senior nr yg berbagi hoax…mangga atuh

  3. bung mirza pertamakah?

  4. Absen dulu….!!!

  5. Akhir ya bisa number one juga

  6. Hmm….

  7. ane tgu bung ps ahhh….

  8. pada mau patroli ke mana itu kapal selam Malaysia

  9. Hayo…. Jangan2 lontongnya gak bisa nyelem, terus ditembak pake torpedo biar bisa nyelem
    jadi kagak bisa muncul lagi ke permukaan, terus bilangnya lagi operasi

  10. ayoo bakar dupo..bung ps ben ndang metu..

  11. Profesional apanya? Beraninya cuma sama nelayan ..

  12. kapal selam francis memiliki reputasi buruk bung.. hnya 3 ngara saja yg pake ..

  13. kita sambut bung ps tuk penjelasannya.
    knp skrang tuh ks mlon gx mau k sabah timur ea dgn alasan tdk cocok tuk ks mereka ap krn?…………….

    • Konon kabarnya TLDM juga sudah punya tambahan KS baru lagi bung, walo berita ini di keep

      • iya para sesepuh?mohon pencerahan nya..
        apakah dengan maksud menggeser lontong kupat mereka dari home base sabah..
        brarti tldm sudah hadir unit baru?
        ataukah ada lontong pinjaman atau semisal lontong se permakmuran yang membantu di sabah nya?atau bantuan sekutunya?
        memang NKRI dikepung dari atas bawah samping kiri dn kanan ya bila memang begitu…
        nuhun

      • @ bung IB, rencana mereka utk menambah lontong memang ada ( setau ane memang baru sebatas wacana ), entah terbentur masalah dana & sdm nyang ampe sekarang blum terlihat realisasinya. fyi, saat pelatihan awak scorpene di BREST aja mereka kaga pinter2…..colek kang PS ah…. :mrgreen: he,he,he

        • @Pak Erich : beda nutrisi Pak,makanya ga pinter pinter heheh kalo kita? beda cara ngedidik beda hasilnya Pak heheh πŸ˜€ :mregreen: (edisi sotoy)

        • Hehehe…

        • hehehehehhe… :mrgreen: jangankan belajar KS wong menembakkan meriam kecil aja masih banyak meleset nya πŸ˜€ imho

        • hahaha…. mereka itu pesan scorpene nya sampai lima bijih eh unit lho Bung, memang ada yang baru datang KS mereka, kita tahun ini juga ndak mau kalah kok hahaha… KS mereka itu ada misi latihan, sama kayak TUDM dan TDM yang juga sedang giat-giatnya latihan hehehe… By The Way, itu Kang EH diatas udah nyeplos lagi, kok bisa tau segala hal yang berbau-bau prancis? berarti Kang EH…. hahaha… sayang saya ndak punya fotonya Kang EH lagi elus-elus Rafa :mrgreen:

          • mrk sok ikutn qt,, maen rhsia2n ndan…biar trdgr msterius gt…
            ngambil ny 5…tp ngaku cm 2…

            lho..kq jd kyk beli pisg gorng???…mkn 5,,tp bilg cm 2 :mrgreen:

          • Kayaknya nih denger2 ks upin ipin digeser dr sabah buat kasi jln ks mereka yg baru datang.. Critanya nih (lagaknya) buat ngadepin ks polosan kita ato ks yg lagi nongkrong di Brunei.
            Hehe…

          • ndan pocong, bagaimana usaha kapal selam ketika dalam pelayarannya terjadi badai hebat, barusan liat vidio kapal yang menghadapi badai . wuih sere…..m.

  14. Ayoo malon.. Tambah terus scorpennya Biar ada sparingpartner kilo kami..xi..xi..xi..

  15. Scorpene boleh nembak kalau dapat ijin Bung PR..ato bung PS… :mrgreen:

  16. Tahu kalau Indonesia banyak punya alutsista Ghoib (bisa memang karena dirahasiakan, bisa karena hanya dongengan, bisa juga nyata dan muncul sewaktu2, bisa juga tidak akan pernah muncul krn memang tidak ada) maka Malingsial mulai berani ulah lagi.

  17. Monggo ndan PS,PR,NR,PW mkan malam rumponnya telah tersaji,tinggal di lahap saja πŸ˜€

  18. Wah ndan ps sik singitan d dalam kuburan ya..menyan2

  19. andai saja kita punya ks dengan club s integrated missile system, bisa gemeter itu malaysia,

    andai saja kita punya satelit peluncur icbm dengan hulu ledak nuklir, bisa sempoyongan ga bisa tidur itu para tukang usil,

    Merdeka!

  20. suatu saat kita coba adu nyali dgn changbogo kita

  21. Indonesia seharusnya mengakuisis Kilo kalo gitu, sekalian yang menggotong rudal klub s, buat menjaga perairan Pulau Kalimantan dan sekitarnya. Selain itu, untuk menjaga wilayah daratannya, perlu juga untuk membeli lebih banyak lagi peluncur roket multilaras RM 70 Grad yang ditempatkan di wilayah kalimantan utara di bawah komando Angkatan Darat karena selama ini RM 70 Grad hanya dimiliki Marinir. Oleh karena itu, perlu juga AD untuk memilikinya sebagai tandingan Astros Malaysia.
    Kemudian, untuk jaga-jaga jika terjadi pertempuran sesungguhnya yang lebih dahsyat lagi, maka AD perlu untuk menempatkan P-800 Oniks (Yakhont) versi mobile di Kepulauan Natuna. Wilayah Natuna sangatlah strategis karena bisa menjangkau Malaysia (Kuala Lumpur) dan Singapura.

  22. Bagi saya mahh alutsista kalo belum mampu gak apa2,,,yg penting profesionalisme dan kualitas prajurit2 TNI kita tetap harus selalu ditingkatkan,,,terutama pada satuan2 elit kita,,,mungkin agak oot tapi segahar apapun alutsista para tetangga saya tetap percaya pada TNI,,!!

  23. ks malingsia skrg tinggl brpa yaa

  24. Sebenarnya pernyataan panglima Malaysia itu dtujukan kpd siapa?
    Indonesia? Nggak ngaruuuh..!!
    Cm pny bbrp biji kpl slm aja dah nggertak sana-sini..
    Ngomong2 delegasi dr Indonesia diwakili siapa? Bung PS kah??

  25. Ngeronda boleh pak cik asal jangan masuk halaman tetangga ngintip cewek lagi mandi ya ndan sarkem,ndan@ps.nanti digebukin warga sekampung!.

  26. Kasal malaysia sendiri mengatakan kapal selam mereka saat ini bukan untuk tujuan menjaga wilayah teritori kedaulan malaysia namun mempunyai tujuan lain yg tidak diketahui?….
    Nah looooh!…….Kapal selam malaysia bertujuan untuk mengintip pulau-pulau RI yg tidak dijaga sm TNI kemungkinan akan digerogiti untuk distukan menjadi wilayah mereka, lengah sedikit pulau hilang, sebenarnya malaysia yg cerdik atau pemerintah kita yg sngaja pembiaran itu terjadi πŸ˜€

    Allohualam barang curian biasanya ga awet dan ga berkah

  27. wajar saja kalo ndak tahu misi tentara mereka sendiri..yang jelas2 kliatan MH17 saja bisa hilang tanpa jejak,,,..itulah kehebatan Malon..hehe

  28. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

  29. Yang mau perang itu juga siapa, mbah? Kita sebagai orang tua di sini mau ngebangun supaya Indonesia menjadi lebih kuat.

    Si vis bellum para pacem (Meaning that if you are planning a war, you should put other nations off guard by cultivating peace.)

    Kita sudah tidak mau dininabobokkan lagi, kita mau ngebangun kapal induk terbesar bertenaga nuklir mbah, buat menciptakan perdamaian dunia, Alm. Ir. Soekarno akan bangga terhadap anak cucunya. Kita akan namai kapal tsb. KRI Soekarno, yang bisa menampung puluhan jet, jet bomber, helikopter, kapal dan kapal selam sebagai agen perdamaian dunia.

    Merdeka!

  30. ngapain di tempatin di timur sabah. bukannya di barat kan lumayan kalo ada joechink nyamperin langsung tembak. otaknya admiral melon emang top dah onengnya

  31. Mbah udah tua, jangan takut mbah…

  32. tidak cocok beroprasi di perairan timur sabah? Salah beli lagi pakcik?

  33. Mohon maaf itu yang terjadi penembakan di mabul island wilayah malaysia ya bang ?

  34. mbah bowo bnyk”cari amal yg baik krn udah tua..urusan perang biar kami aj yg maju

  35. mbah bowo kala mbah uangnya banyak tetapi penjagaan rumahnya rapuh habis juga dicuri orang…..kasihan kerja rodi lagi….Mbah

    MERDEKA.!!!!

  36. Hoi pak cik, Awas kalau ks malon nyelonong ke perairan NKRI, sengaja maupun tidak, TNI telah siap menyulap kapal selam scorpen menjadi ” rumpon scorpen ” !!!

  37. ,dah tau kalau gak cocok untuk laut dangkal, kok masih dioperasikan di laut sabah………profesionalny dimana………..`

  38. Indonesia mantab…… ga usah pusing berantem sm malaysia… bntar lg jg referendum

  39. halahh, joe prettt….

  40. halahh, joe prettt….

  41. nih ada malon nyasar kesini!
    awas ada yang cuman bisa gonggong doang….

  42. Yaa si Embah ma duduk manis aja di rumah ngopi2 pagi, biar yg muda2 perang, nanti kalo si Mbah ikut tanbah repot dah belum perang dah kena encok, ha4

  43. bahasanya tak beradab…he7x…

  44. halaah..ngoceh bau aje lo berok malon!!

  45. Mbah mah pinter bikin kontranya.
    Membolak balikkan pikiran orang.

    Ada yg mau perang di bilngin jgn perang.
    ada yg gag mau perang e… disuruh perang.

  46. ada mbah bowo….takuuut…..

  47. Indosial udah kepanasan,Yang di beli cuma second mau perang,perang ama gam Dan di Papua engak pernah beres

  48. Joy kupreeet..negara loe banci berlindung di ketiak fpda

  49. Tambah mantap….salut buat Pak Cik….Scorpene is the best !!!

  50. si malon ngomongnya bahasa binatang

  51. eh bukannya dulu nenek bilang ‘joe menggonggong jkgr berlalu’ ?

  52. Kita memang masih lemah dipeperangan bawah laut terutama yg melibatkan kapal selam, maka dari itu TNI perlu memesan dari PT. PAL ataupun negara2 sahabat dalam membangun lebih banyak Anti-Submarine Warfare Carrier dan Helikopter Carrier!

    Sebuah kapal induk anti-kapal selam (ASW carrier) adalah kapal induk kecil yang memiliki peran utama untuk memburu dan menghancurkan kapal selam. Kapal induk jenis ini mulai muncul pada pasa perang dingin sebagai pengembangan dari kapal induk escort yang pernah berperan sebagai ASW selama PD II. Contoh kapal induk ASW adalah ARA Independencia, NAel Minas Gerias, Arromanches, Giuseppe Garibaldi, Hyuga,Prncipe de Asturias, HMS Bulwark, HMS Hermes, Invincible, HMAS Melbourne, HMCS Bonaventure, HNLMS Karel Doorman, Moskva, Kiev, Essex, dan Wasp.

    Kapal induk helikopter adalah kapal induk yang utamanya berperan untuk mengoperasikan helikopter tempur maupun anti kapal selam. Kapal induk helikopter digunakan sebagai kapal induk ASW dan amphibious assault ship.

    Kapal induk helikopter dapat memiliki sebuah full-length aircraft deck seperti HMS Ocean, atau dek helikopter besar, biasanya di bagian belakang kapal seperti pada kapal induk kelas Moskva atau RFA Argus.

  53. Ah…paling Malay mencoba ksnya mau tenggelam atau tidak???

 Leave a Reply