Misil Sukhoi TNI AU

80
145
Misl Sukhoi TNI AU (ANTARA/Joko Sulistyo)
Misl Sukhoi TNI AU (ANTARA/Joko Sulistyo)

Batam – Prajurit TNI Angkatan Udara sedang mengoperasikan forklift untuk mengangkat kotak berisi misil R-73 di Bandara Internasional Hang Nadim,Β  Jumat (31/10).

Misl Sukhoi TNI AU (ANTARA/Joko Sulistyo)
Misl Sukhoi TNI AU (ANTARA/Joko Sulistyo)

Misil buatan Vympel NPO/Tsibilisi Aircraft Manufacturing, Rusia yang memiliki bobot 105 kilogram dan berhulu ledak 7,4 kilogram itu memiliki daya jelajah 40 kilometer dengan kecepatan 2,5 mach dan merupakan senjata udara ke udara jarak pendek yang melengkapi pesawat Sukhoi jenis SU27 maupun SU30 TNI AU. (ANTARA).

80 KOMENTAR

  1. Ada apakah gerangan ? Akankah ini merupakan salah satu tindakan nyata dari indonesia jika ada ancaman dari luar khusunya dari wilayah utara ? Hal ini juga berkaitan dgn memanasnya LCS dan pengambilan kembali FIR Natuna dan sekitarnya dari malay dan sin. CMIIW…. πŸ˜†

    • @bung brici..
      yg latihan maren kalo ga salah 02-04..
      kalo ga salah liat poto poto nya..
      ato..emang ada penempatan sukhoi di batam dengan dalih “latihan”..
      seperti dalih latihan sukhoi ma t50 di papua..akhirnya sukro family ada yg ditinggal di papua?
      buat ane..masih menunggu poto punggung api ato ga p8 deh si dewa laut yg ada roundel nya..hehehe :mrgreen:
      imho
      nuhun

      • Bung Arummanis, bung bilang ‘akhirnya ada sukro fam ditinggal di Papua’ buat saya teringat saat deru Sukhoi membelah langit Timika di siang hari menjelang pukul 13.00 wit. Yah…kayanya putar2 sampai 3 kali dengan menembakan roket latihan Seruuuuu…. Sayang tidak bisa foto saat itu karena hp saya lobet.

  2. Sudah 2 kali si upil mencoba menyusup pertahanan AURI lewat pesawat jadi*an entah dari jasa pilot yg selalu nyasar….AURI sudah ada mainan sukhoi yg di Batam selebihnya tempatkan di sekitar kepulauan RIAU bukan hanya dibatamnya saja…untuk mengembalikan KFIR yg sudah habis masa kontraknya…alangkah baiknya kepulauan riau dikelilingi rudal * sam dan sejenisnya agar suatu kelak bila si upil sudah kehabisan pasient(negeri jasa) di negrinya tidak bisa mencaplok daerah* disekeliling kepulauan riau…

  3. aku rasa itu bukan cm menyangkut fir sj tapi menyangkut penegakan kedaulatan negara dn poros maritim dunia..

    senin besok bu mentri susi akan memanggil/kordinasi ama dubes negara tetangga
    daerah rawan =
    1 natuna 2. perairan kepri/batam 3.kupang 4.yg dekat papua lp namanya..klu gak salah masalah pelanggaran batas dn pencurian ikan disono paling byk , tp tmr emg paling parah , dn klu sukhoi digeser ke batam artinya bu susi,menko,menhan sdh memesan kapal dn pespur di atas su 30 , mungkin dr tmr su 35 dn kilo karna yg di hadapi asu ,aus,nu yg mke prodek beret..

    klu benar , amien aje ye

  4. pegeseran kekuatan tni seperti pespur , kaprang ,helicak ditambah pembentukan pangkalan dn pos baru yg bergeser ke barat utara dn utara pertanda =
    1 . menko,menhan,panglima ,kasad,kasau,kasal uda memetahkan kebijakan dn menghitung kekuatan dn potensi ancaman.
    2 . dgn berlama2nya laksamana dimuseum sambil memandang ks dn kri irian jaya menandakan nanggala akan dimuseumkan diganti kilo class,borey atw astuti dn peganti kri irian akan segera dtg ,bukan destro tp adik kapal mami .. sipenjelah kirov ama hulubalangnya dn ini ditempatkan ditimur karna disitu potensi ancaman musuh yg kuat.

    3. bisa jg menandakan mulai runtuhnya wibawa asu ama nkri , kebijakan yg berubah mena

  5. Analisis kita Sukhoi ditempatkan di Hang Nadim adalah :
    1. Sebagai garda terdepan dalam menindak Black Flight diwilayah udara bagian barat indonesia ..
    2. Sebagai Sign kepada pihak Singapura atau negara manapun agar jangan main main dengan wilayah udara NKRI karena kedaulatan adalah segala galanya harga diri dan martabat bangsa Indonesia ..
    3. Gelar tempur dengan Pespur Su 27/30 bahwa TNI siap perang kapanpun menyangkut pelanggaran kedaulatan, dan Sukhoi akan rutin berpatroli dan melakukan manuver perang di atas mta1 dan 2.
    4. melaksanakan operasi pengambil alihan wilayah fir sebagai bemtuk penegasan preventif yg dapat mengarah ke destruktif apabila singapura macam macam sama negara kita ..
    5. Menjamming atau melakukan perang elektronik dengan Radar Singapura ..

  6. Setelah pemilu aman, pelantikan presiden aman, bisa2 informasi mulai tertutup lagi, indikasinya bisa dilihat dari para sesepuh yang mulai jarang nongol, rembesan2 hoax makin sedikit, dll. Siap2 saja hanya bisa mendapat relise resminya saja. Semoga saja salah.

  7. babaran Bung Misile kaya babaran Bung Nara….smga aja bung kita sbgai rakyat hanya berharap indonesia kuat…kita ga usah ribut sebagai rakyat dan ga usah gontok-gontokan karena Pemilu…buat apa kita ribut karena kita sudah terwakili..oleh mereka – mereka anggota dewan terhormat untuk ribut ….

  8. Kalau aku percaya 100%,sama yg di listnya bung nara dan bung m reallease, makanya belakang hari ini, banyak pesawat pesawat asing yg sengaja dan coba coba nerobos wilayah udara kita,ada test test yg terselubung yg mereka buat sambil mempelajari kukuatan radar udara kita,pertama tama mereka coba dulu dengan pesawat pesawat kecil,lalu di coba nanti pakai drone mereka ketangkap enggak sama radar kita,mereka akan coba masuk wilayah udara kita melalui utara,selatan,timur dan barat,sebab kalau dari bawah lautkan sudah beberapa kali tertangkap sama sonar sonar ks kita,nah kalau drone nya mereka ketangkap juga,baru lah mereka coba dgn f35 nya aus yg katanya siluman itu loh,karena saya yakin porosnya asu ingin mengetahui seberapa kuat sebenarnya radar kita dapat meng intersep pesawat pesawat mereka,drone drone canggih yg mereka miliki, dan itu semua sudah ada dalam rencana jangka panjangnya asu and the gang,maksud akhirnya adalah jgn sampai macan asia ini bangkit kembali dari tidur panjangnya,sampai sampai uncle asu,maksa maksa kita untuk ambil f16 yg sudah usang,supaya kekuatan udara kita tetap di bawah jgn sampai lebih hebat dari gang asu di kawasan ini,gitu loh.

    Assalamualaikum.

    NKRI harga mati, dan harus tetap ada sampai akhir zaman,merah putih harus tetap berkibar di setiap jengkal tanah,udara dan setiap inci lautan ibu pertiwi.
    Semoga,harapan abak bangsa yg sangat mencintai ibu pertiwi tercinta.

    • salam bung @indra, menurut saya para musang ga hanya testing dengan pesawat sipil tapi juga dengan pespur, uav, kapal permukaan, dan kasel.

      kalau pespur & alutsista tempur lainnya langsung dikasih pecel buk minah apa es teh kawanatus atau di-shoot down dengan alutsista ghoib lainnya dan itu ga mungkin di release berita resmi.

      nah karena kalau pespur, uav, kapal & kasel pasti kagak pulang mereka testing dengan pesawat sipil, kalau sampai di shoot down itu bisa jadi alasan mereka buat agresi militer ke negara kita.

      IMHO

  9. sampai saat ini formasi penomoran kembar sukhoi masih misterius maksud dan tujuan nya.
    hasil penelitian menunjukan angka kembar TS 01-01, 02-02, 03-03, 04-04,dan 05-05
    semua nya berpasang pasangan misal 01 single seat dan 01 dobel seat. ( dobel seat di kenal dengan SU-30MK2 sedangkan 01 single seat sebut saja SU27KI. begitu juga dengan TS 02-02, terdiri dari 02 single seat dan 02 dobel seat, 03 single seat dan 03 dobel seat.hal ini berlanjut sampai ts 05 singledan 05 dobel seat. sedang kan sisanya varian TS 06,07,08, dan ts 011 dobel seat jadi dari dobel penomoran saja kita sudah punya 10 unit sukhoy.sisa nya tebak sendiri ya

    sambil dudukdi pojokan nungu di suruh ngepel

  10. Jam 00’35..kmp.sinabung rute belawan – sekupang batam – priok jkt…laut tenang bulan mati kecepatan 15 – 20 knot jumlah penumpang 300 – 400 orang..5 jam pelayaran dr sekupang to priok…bersender di dek menatap laut yg luas..inget titanic…tiba2 kerlap – kerlip lampu kapal di kejauhan..disambut lenguhan klakson kpl sinabung..kira2 15 menit kemudian ternyata kpl diseberang sudah terlihat ..oh ternyata sebuah kapal perang tni….ditatap oleh mata penumpang 40 orang..gagah..ganas garang tongkrongannya…kode kapal 3..van speik class bukan…sigma bukan ..besarnya hampir sebesar kmp sinabung….hanya tampak di samping kapal 4 buah tabung ukuran kurang lebih 15m….selamat bertugas para penjaga laut ibu pertiwi…ngimpi kah…heee

  11. Bukankah TS-3011 wajar…..
    Batch I :
    2 SU-27SK dan 2 unit SU-30MK dengan tail number TS-2701, TS-2702, TS-3001, TS-3002.
    Batch II :
    3 SU-27SKM dan 3 SU-30MK2 dengan tail number TS-2703, TS-2704, TS-2705, TS-3003, TS-3004, TS-3005.
    Batch III :
    6 SU-30MK2 dengan tail number TS-3006, TS-3007, TS-3008, TS-3009, TS-3010, TS-3011.
    Jadi tidak ada yang salah dengan TS-3011

  12. Yupp betul sekali bung Reaper Hunter !! kedatangan pesawat di Batch I, Batch II, dan Bactch III jelas diliput oleh semua media surat kabar, televisi dan radio. Sangat jelas sekali !!!
    Lha utk pengiriman di Batch yg TIDAK diliput oleh media surat kabar, televisi dan radio……….tail numbernya brp aja ya? Wah suatu misteri………………………………..
    Tapi tidak usah diperdebatkan soal itu , buang energi aja.

  13. bibir pantai dermaga nun jauh southeast asia…sore menjelang malam sepay sepoy angin menerpa wajah ini masih segar udara laut disini….ada yg familiar ternyata disini…logat..wajah dan bahasa…terimah kasih padamu tni nama passusmu harum disini…ada beberapa yg lg embarkasi ” ghoib” mu tidak jauh dr kaki ini berdiri…sang merah putih hadir disini…upz ngimpi