Aug 182014
 
TNI Upacara HUT RI ke 69 di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo: Pikiran Rakyat)

TNI Upacara HUT RI ke 69 di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo: Pikiran Rakyat)

Cianjur – Untuk pertama kalinya upacara hari kemerdekaan Indonesia dilakukan para peneliti situs Megalitikum Gunung Padang bersama TNI dan warga sekitar, di Puncak Gunung Padang atau teras lima Gunung Padang, Cianjur, Minggu (17/8/2014).

“Pengibaran bendera Merah Putih yang pertama kali di Situs Gunung Padang diharapkan menjadi awal berkibarnya kejayaan Merah Putih, tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia,” ucap Ketua Tim Arkeolog Penelitian Gunung Padang, Ali Akbar.

Upacara HUT Kemerdeaan bertepatan waktunya dengan dimulai kembali penelitian yang sempat terhenti. Selain itu, tujuan pelaksaan pengibaran Merah Putih di puncak situs adalah untuk memberi motivasi dan semangat terkait proses penelitian lanjutan yang terus dilakukan.

Konstruksi Arsitektur  Situs Megalitik Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo:http://nrmnews.com)

Konstruksi Arsitektur Situs Megalitik Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo:http://nrmnews.com)

Selain para peneliti, sejumlah anggota TNI dari Kodim 0608 Cianjur melakukan bakti sosial di Kampung Gunung Padang dan membentu pembersihan semak di Gunung Padang, dalam rangka lanjutan penelitian.

“ini adalah salah satu bentuk rasa cinta kami terhadap bangsa dan negara dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI ke-69. Biasanya kami melaksanakan upacara di markas. Namun, karena bersamaan dengan acara bakti sosial selama dua minggu di Kampung Gunung Padang, tidak ada salahnya kami memperingati dengan para peneliti yang kebetulan juga sedang meneliti dan warga sekitar,” tutur Letkol Andi.

“Harapan kami khususnya TNI bisa lebih jaya dan situs yang merupakan warisan leluhur ini tetap lestari. Mudah-mudahan situs dengan luas 29 hektare bisa lebih menyejahterakan masyarakat sekitar dan menjadi ikon bangsa Indonesia,” ujarnya.

Konstruksi Tersembunyi Situs Gunung Padang

Konstruksi Tersembunyi Situs Gunung Padang

Penemuan Baru
Situs Gunung Padang merupakan kado spesial bagi HUT RI ke 69, karena bukti-bukti yang menguatkan kesimpulan di awal penelitian Tim Katastrofi Purba dan Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM), bahwa situs megalitikum Gunung Padang merupakan monumen leluhur kita yang usianya lebih tua dari situs Machu Picu di Peru.

“Siapa yang pernah menyangka 16 Agustus 2014, enam tahun setelah gambar imaginer di bawah Machu Pichu raksasa yang dipublikasikan oleh Pon S. Purajatnika dari Tim Arsitekur TTRM, kini menjadi fakta yang meyakinkan,” kata insiator TTRM, Andi Arief (Minggu, 17/8)

Para peneliti dan ilmuwan berbagai ilmu yang telah melakukan riset bertahun-tahun di Situs Gunung Padang. Arkeolog Universitas Indonesia (UI) Ali Akbar mengatakan Situs Gunung Padang merupakan salah satu bangunan purbakala terbesar di dunia. Semoga hasil riset ini dapat menambah kepercayaan diri dan motivasi dalam mengisi kemerdekaan,” tulis Ali dalam rilis-nya Minggu (17/8/2014).

Ali mengatakan situs Gunung Padang memiliki luas 29 hektar dengan tinggi 220 meter. Sebagai perbandingan, tinggi piramida di Mesir sekitar 150 meter. Situs Gunung Padang dibangun atau dihuni selama beberapa periode. “Salah satu periode penghunian yang terungkap di Gunung Padang adalah dari tahun 5200 Sebelum Masehi. Sebagai perbandingan, usia piramida di Mesir sekitar 2500 sebelum Masehi,” lanjutnya.

“Para peneliti yang seluruhnya berasal dari Indonesia memproklamirkan situs Gunung Padang sebagai monumen peradaban terbesar di dunia,” imbuh Ali. Ali mengatakan situs Gunung Padang akan menjadi situs yang luar biasa. Bahkan melampaui situs Candi Borobudur. Hal itu senada dengan apa yang diucapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh.

Indonesia Pernah Besar
Bangsa ini pernah menjadi bangsa dengan peradaban besar di masa lalu. Dengan momentum Hari Kemerdekaan dan penemuan situs ini, kita raih kembali kegemilangan seperti yang pernah dicapai para leluhur bangsa. “Kini saatnya anak bangsa yang berperan”, ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh.

Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur - Jawa Barat

Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur – Jawa Barat

M Nuh mengklaim situs Gunung Padang nantinya akan menjadi obyek wisata yang lebih hebat. Situs Gunung Padang dinilainya sebagai temuan yang sangat mengagumkan. Situs Gunung Padang sudah ditemukan sejak 2.500 tahun sebelum Masehi. Pada saat itu sudah ada tanda-tanda sebuah peradaban manusia di Gunung Padang. Padahal, saat itu masih jauh sebelum peradaban manusia setelah Masehi muncul.

Tim nasional untuk mengelola Gunung Padang ini sudah dibentuk. Tim tersebut terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian ESDM, Gubernur Jawa Barat, Bupati Cianjur, dan TNI Angkatan Darat.

Nantinya, situs Gunung Padang akan dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi dan juga obyek wisata. Targetnya, penyelesaian tahap kedua riset situs Gunung Padang akan selesai tahun ini. Sedangkan secara keseluruhan ditargetkan selesai 4 hingga 5 tahun ke depan.

“Semoga ini jadi temuan yang sangat mengagumkan,” harapnya.

Situs Gunung Padang merupakan salah satu program yang menggunakan dana abadi dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Pengerjaannya sudah melewati tahap riset dan pembersihan kawasan. Saat ini, riset Gunung Padang sudah masuk pada tahapan ekskavasi, yaitu pembuangan lapisan-lapisan tanah. Targetnya, tahap kedua tersebut akan selesai tahun ini. Anggaran yang akan digunakan hingga penyelesaian tahap kedua sebesar Rp 3 miliar.

Dana itu untuk ekskavasi Situs Megalitikum Gunung Padang. “Untuk membuka lapisan pembersihan,” ujarnya.

Sejak 2012, Gunung Padang telah menjadi lahan riset penelitian sejumlah tim peneliti yang terdiri atas ahli geologi dan arkeologi. Saat ini, menurut Nuh, tahap pertama riset sudah selesai, dan akan mulai memasuki tahap kedua, yaitu pembersihan situs. Kemendikbud akan bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat untuk tahap pembersihan.

Ia berharap tahap ini dapat selesai Oktober mendatang, saat presiden akan mengunjungi Gunung Padang. Seusai pembersihan, situs megalitikum yang terletak di Cianjur ini akan dikembangkan sebagai kawasan wisata. Proses ini diperkirakan akan selesai sekitar empat atau lima tahun ke depan.

*dari berbagai sumber

  69 Responses to “Asa di Situs Gunung Padang”

  1. Selamat malam…!!!

  2. kahiji lagi

    • Wah, kayaknya serius banget situs ini ya? Luar biasa..! Sampe US sendiri gak bisa melacak dalamannya. Padahal bunker di Iran dan China aja bisa mereka intip dengan satelitnya..!

      • Wow, berarti ada sesuatu di gunung padang yg ngejamming satelitnya US

      • Met malam bung yayan,ada apa to dengan situs gn padang…???

        • Bung, yang lebih ingin saya ketahui bukanlah tentang apa yang terkandung di dalam situs itu. Tapi saya lebih penasaran, kenapa dan untuk apa situs gunung padang itu dibangun oleh masyarakat kita di zamannya? Apakah sebagai simbol ritual keagamaan, atau, mungkin kuburan massal? Hehehe..! Ampun, gelap bung..! Soalnya waktu dulu aja, gak ada satu pun buku dan guru saya yang membahas tentang situs tersebut. Saya cuma tahu tentang Borobudur aja bung..!

          • Kamuflasenya sebagai tempat ibadah pemuja pencipta matahari. Kronologisnya bersama gunung2 di sekelilingnya adalah pecahan dari gunung yang sangat besar. Yang sekarang bandung itu adalah kawahnya gunung yang sangat besar itu. Wallohu A’lam.

          • ada teknologi mengenai kejayaan Nusantara di masa lampau bung..ketika TNI dan Dephan sampai turun tangan berarti memang ada sesuatu yang luar biasa yang akan menguak mengenai siapa sebenarnya leluhur bangsa di Nusantara ini… 🙂 kembali ke Sundaland??

      • masa bung, sampe satelit tidak bisa menembus? apakah tidak berlebihan?
        sebenarnya saya tertarik dengan situs ini sejak kemenham disebut mengikuti perkembangan dari situs ini, secara kasat masa situs ini hanya ada batu-batuan dan semen perekat yang selalu disebut di media-media. lalu teknologi apa yang memungkin kan sampai kemenham turun tangan.

        selama ini berita yang ada di internet tentang situs gunung padang hanya itu-itu saja. dari tahun kemarin saya lihat belum ada release news yang baru tentang situs ini, dan bukan yang bermaksud untuk negatif takudnya yang ada situs ini hanya bentuk blow up dari sekelompok orang saja untuk mengalihkan sesuatu, seperti dulu blue energi yang pernah santer terdengar, menurut saya berita seperti ini keluar karena negara kita mengadakan hajatan besar lima tahunan. imho.

      • Ya iyalah bung yayan, orang ada yg nutupin tuh gunung padang..bangsa jin kali bung yayan..!!! He.he.he..!!

        • Hahaha..! Bisa aja..! Jadi ingat cerita dari sebuah blog di Malaysia. Konon nabi Sulaiman AS menyimpan harta kekayaannya di sebuah negeri Nusantara. Apa disini ya?

          • Bisa jadi bung yayan,klo Allah berkehendak ga ada yg ga mungkin didunia ini..buktinye sekarang manusia bisa terbang,ga usah pake belajar + puasa lagi biar bisa terbang, malah asal punya duit buat beli tiket bisa terbang naik burung besi mabur..he..he..he..!!

          • ini situsnya aliens vs predators

          • Bung Yayan@ n All,Mungkin ada benernya Bung,lihat aja gunung2 emas yg ada d Indonesia,sayangnya menurut saya smua d sumbangkan scr sukarela lewat Freeport n Newmoth,gmn enggak?Indonesia cuma d kasih recehan uang jajan yg gak sberapa besarnya d bandingkan total penghasilan mereka.batu bara,minyak bumi dll SDA lainnya blum kehitung juga tuh.oalah mirisnya nasib Negeri kita :'(

          • @bung mp90
            pertanyaannya ada gk prusahaan lokal yg mau ngebor tuh minyak?
            wong 1x bor aja min 500M dngan probability 30%
            mending ngeruk batubara yg relatif murah
            hehe

            kalo ane bilang yg salah bukan pemimpin kita tp masyarakat kita yg bisa di bilang cari aman
            maav bukannya menghina atau rasis
            contoh simpel di tempat ane tinggal itu orang aslinya punya tanah banyak dan gk kerja, mreka jual tanah dpt duit, rumah gede tetep gk kerja or invest
            beda sama orang jawa yg punya sawah 1 petak gk bakal dijual
            sambil nunggu sawahnya siap panen si petani nyambi jd tukang bangunan

            mungkin pola pikir masyarakat kita yg memang blm berani investasi bahkan menabung di bank or lain2

      • salam kenal bung yayan q new bi

  3. ketiga… tumben…. misteri semoga terkuak ….

  4. Ke Tilu,SR maning

  5. Salam kenal buat sesepuh dan warga warjag ijinkan kami menjadi warga baru (aria damar jati)

  6. He…brusan nyampek rumah bung gorbacep,pas ada posting jkgr bung…gimana bung gorbacep,sehat…??

  7. Satu lagi warisan yang diberikan tuhan untuk memberitau masyarakat indonesia bahwa sejak dulu kita adalah bangsa yang dianugerahi kebesaran..mari kita bangkit tingkatkan semangat supaya tuhan menganugerahkan indonesia menjadi negara yang besar dan menaungi kebahagiaan bagi seluruh masyarakatnya dan juga kedamaian bagi seluruh umat didunia

  8. sapa tau ada yg lempar hoex..biar mimpi indah.

  9. situs ini akan menjadi mercusuar purbakala dunia

  10. Dulu prnah tersiar kabar di situs tsb trdapat teknologi dahsyuat dan mnjdi wewenang kemenhan..
    Bsa dibabar mungkin @ diego dan sesepuh

  11. Ane mo tanya nih bung diego, knp ga dibahas ye masalah teras 3 & 4 yg katanya ada teknologi canggih yg tersimpan diteras tsb..?? Bukanye tuh teras masuk kedalam penelitian oleh polri atawa tni dlm hal ini karena masuk wilayah keilmuan terkait adanye teknologi canggih yg sangat dahsyat dalam teras tsb..??
    Trim’s pencerahannye..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  12. apa yaa yg trkandul ddlm perut gunung pada,sehingga tim dr tni ikut meneliti situs gunung padang.

  13. Affirmative 😈

  14. yang model begini, ada baiknya dicermati. Bisa jadi sarana menarik anggaran 🙂

  15. Bila benar dan terbukti serta diakui.. penemuan historis ini akan merubah sejarah dunia, bahkan sangat merubah…

  16. Dua puluh empat syarat menjadi Atlantis, mungkinkah Indonesia?

    Di bawah ini kutipan 24 syarat Atlantis (di mana saja di seluruh dunia) hasil kesepakatan parapeneliti Atlantis dari 15 negara yang berkumpul di Pulau Milos, Yunani, dari 11 hingga 13 Juli 2005.
    Mereka bertukar pikiran mengenai keberadaan Benua Atlantis.Selama konferensi dengan judul “Hipotesis Atlantis – Mencari Benua yang Hilang”, para spesialis dalam bidang arkeologi, geologi, volkanologi dan ilmu-ilmu lain memperesentasikan pandangannya tentang keberadaan Atlantis, waktu menghilangnya,penyebabnya, dan kebudayaannya.Para ilmuwan menduga bahwa bencana yang dimaksud adalah Tsunami dan gempa bumi akibat meletus’nya gunung berapi.
    Seorang Brasil ProfesorArysio Nunes dos Santos dalam bukunya berjudul “Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitive Localization of Plato’s Lost Civilization” yang menyatakan bahwa Atlantis adalah Indonesia.apakah dengan pendapat dari proffesor brasil itu Keberadaan Atlantis Terkuak di Indonesia ????

    Ada 24 syarat Atlantis (di mana saja di seluruh dunia) hasil kesepakatan para peneliti Atlantis dari 15 negara yang berkumpul di Pulau Milos, Yunani, dari 11 hingga 13 Juli 2005. Mereka bertukar pikiran mengenai keberadaan Benua Atlantis, peserta konferensi akhirnya setuju pada 24 kriteria yang secara geografis harus memenuhi persyaratan keberadaan lokasi Atlantis,

    yaitu:1. Metropolis Atlantis harus terletak di suatu tempatyang tanahnya pernah ada atau sebagian masih ada.

    2. Metropolis Atlantis harus mempunyai morfologi yang jelas berupa selang-seling daratan dan perairan yang berbentuk cincin memusat.

    3. Atlantis harus berada di luar Pilar-pilar Hercules.

    4. Metropolis Atlantis lebih besar dari Libya dan Anatolia, dan Timur Tengah dan Sinai (gabungan).

    5. Atlantis harus pernah dihuni oleh masyarakat maju/beradab/cerdas (literate population) dengan ketrampilan dalam bidang metalurgi dan navigasi.

    6. Metropolis Atlantis harus secara rutin dapat dicapai melalui laut dari Athena.

    7. Pada waktu itu, Atlantis harus berada dalam situasi perang dengan Athena.

    8. Metropolis Atlantis harus mengalami penderitaandan kehancuran fisik parah yang tidak terperikan (unprecedented proportions).

    9. Metropolis Atlantis harus tenggelam seluruhnya atau sebagian di bawah air.

    10. Waktu kehancuran Metropolis Atlantis adalah 9000 tahun Mesir, sebelum abad ke-6 SM.

    11. Bagian dari Atlantis berada sejauh 50 stadia (7,5 km) dari kota.

    12. Atlantis padat penduduk yang cukup untuk mendukung suatu pasukan besar (10.000 kereta perang, 1.200 kapal, 1.200.000 pasukan)

    13. Ciri agama penduduk Atlantis adalah mengurbankan banteng-banteng.

    14. Kehancuran Atlantis dibarengi oleh adanya gempa bumi.

    15. Setelah kehancuran Atlantis, jalur pelayaran tertutup.

    16. Gajah-gajah hidup di Atlantis.

    17. Tidak mungkin terjadi proses-proses selain proses-proses fisik atau geologis yang menyebabkan kehancuran Atlantis.

    18. Banyak mata air panas dan dingin, dengan kandungan endapan mineral, terdapat di Atlantis.

    19. Atlantis terletak di dataran pantai berukuran 2000 X 3000 stadia, dikelilingi oleh pegunungan yang langsung berbatasan dengan laut.

    20. Atlantis menguasai negara-negara lain pada zamannya.

    21. Angin di Atlantis berhembus dari arah utara (hanya terjadi di belahan bumi utara)

    22. Batuan Atlantis terdiri dari bermacam warna: hitam, putih, dan merah.

    23. Banyak saluran-saluran irigasi dibuat di Atlantis.

    24. Setiap 5 dan 6 tahun sekali, penduduk Atlantis berkurban banteng.

  17. Mantabz,lanjutkan…

  18. DULU Pak Karno berpidato dengan bangganya kepada pihak asing tentang kekayaan Minyak kita dan asing akhirnya mereka menyedot kekayaan alam kita Pidato pak Karno pada peresmian pembelian kapal tanker oleh Ibnu Sutowo sekitar tahun 1960 berbunyi begini,,,

    “Dunia akan bertekuk lutut kepada siapa yang punya minyak, heee….joullie (kalian =bahasa belanda) tau siapa yang punya minyak paling banyak, siapa yang punya penduduk paling banyak…inilah bangsa Indonesia, Indonesia punya minyak, punya pasar. Jadi minyak itu dikuasai penuh oleh orang Indonesia untuk orang Indonesia, lalu dari minyak kita ciptaken pasar-pasar dimana orang Indonesia menciptaken kemakmurannya sendiri”.

    Kalau gunung padang suatu saat menjadi sumber energi terbaru harapannya ada seorang Satrio sebagai pemimpin Indonesia berpidato:
    “Dunia akan bertekuk lutut kepada siapa yang punya Gunung Padang , heee….Asing kalian tau siapa yang punya Gunung padang ?? Siapa yang mempunyai wall of papua??, ,dan siapa yang punya penduduk paling banyak…
    INILAH kami bangsa Indonesia, Indonesia punya Gunung padang , punya pasar.
    Jadi Gunung padang itu dikuasai penuh oleh orang Indonesia untuk orang Indonesia,
    lalu dari Gunung padang kita ciptaken pasar-pasar dimana orang Indonesia menciptaken kemakmurannya sendiri”.

    hehehehehehe

    • hehehe…aamiin..bung satrio ..tp ojo satrio ss soale wes ketuweken

    • Sumber energi ? Apakah di gunung padang ditemukan semacam mesin yg menggunakan energi tertentu ?

    • Masalah teknologi gimana bung satrio..?? Ada perkembangankah.?? Yg ane baca ada teknologi dahsyat di teras 3 & 4, yg katanya ada instalasi pembangkit listrik yg namanya ” HYDROTANA ” en juga ditemukanye MANUSKRIP tentang pembuatan kapal UFO yaitu alat anti gravitasi,juga cara membuat obat untuk orang yg kecanduan narkoba bisa sembuh dlm 3 hari..apa bener bung satrio..?? Mohon pencerahanye

    • @Bung DD
      kalau saya memang ketuaan :D,, kalau bung SS yaa 60an lah sekarang umurnya sepantaran ama pak PS

      @bung Data dan bung Ismed
      namanya saja rahasia,, biarkan menjadi rahasia,, semoga hasil dari gunung padang untuk kemakmuran rakyat Indonesia
      Jangan seperti freeport yang pada thn 1969 saja sudah dijual hasilnya kepada Jepang ..padahal menurut informasi resmi baru ditambang tahun 1975

    • apakah satrio yg dmksud bung KARNO adl om Satrio???? jangan2…. :mrgreen:

    • @satrio…1,5 th yg lalu sy ke tkp…cek orang di ditu ari malam sok aya nu rada beda di g.padang…sok aya kagiatan seperti hirup gunungna (sunda)…suka ad yg aneh klo malam…kaya ada medan auro lain…mungkin kah…saking banyaknya emas hitam atau uranium menjadikan gunung padang seperti hidup…orang awam…

  19. Wisata baru,hore..kawasan favorit saya..peninggalan purbakala

    • seperti nya memang begitu bung DD, rasa bersyukur saya dilahirkan di indonesia ternyata negeriku ini merupakan benua atlantis yang hilang dulu nya,,,

  20. semoga nusantara cepat jaya lagi

  21. Semoga fakta ini bisa membuktikan bahwa budaya sunda itu besar. Kami tak sudi dimarginalkan terus menerus tak tercatat di buku sejarah RI.

  22. biarlah rahasia menjadi rahasia

  23. Ass warjager, semoga gunung padang bisa terkuak misteri nya, karena pesisir selatan jawa itu banyak mengandung misteri, seperti nama pelabuhan ratu, dimana di dunia hanya ada satu pelabuhan yg bernama ratu dan ada nya di indonesia tercinta ini, jaya indonesia!

  24. …Situs Gunung Padang merupakan kado spesial bagi HUT RI ke 69, karena bukti-bukti yang menguatkan kesimpulan di awal penelitian Tim Katastrofi Purba dan Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM), bahwa situs megalitikum Gunung Padang merupakan monumen leluhur kita yang usianya lebih tua dari situs Machu Picu di Peru…

    Kalau itu situs purba semua orang tahu boss (Machu Picchu or Machu Pikchu is a 15th-century Inca site), tapi mana teknologi dahsyatnya?

    “Kita akan meminta arahan Presiden, ke instansi manakah “teknologi dahsyat” dan “bermanfaat buat rakyat” ini diserahkan. Apakah kepada Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, TNI-POLRI, semuanya sesuai arahan Bapak Presiden”, tambah Andi.

    http://jakartagreater.com/teknologi-istimewa-situs-gunung-padang/

  25. Gunung Padang patut diduga merupakan reaktor nuklir dan pangkalan militer terbesar dan tercanggih yang ada puluhan ribu tahun lalu yang memiliki teknologi yang melebihi saat ini, oleh sebab itu TNI dan Kemenhan wajib melindungi aset bangsa ini. Dikala kita pada saatnya nanti diembargo militer dan diperangi bangsa lain, maka saat ini masih ada waktu mempelajarinya sehingga kita mampu mempertahankan dan bahkan memenangkan pertempuran itu. Kita mungkin bagian dari awal mula peradaban dan kita pula bagian dari akhir peradaban. Semoga kejayaan itu membuka mata kita, salam NKRI.

  26. bagus ulasanya @silentreader911

  27. yang paling dahsyat letusan gunung toba sekitar 74000 tahun yg lalu, gunung krakatau cuma sepersekiannya,

    • salah yg terbesar adalah gunung bandung..

      cb lihat kota bandung dari ketinggian…
      kawah khan?
      gunung adalah ibarat katup bin valve yg melepas tekanan dari perut bumi…
      katup terbesar di nusantara adalah gunung bandung…
      kalau gunung ini meleduk nusantara tenggelam…

      • wah bung bonex kalau itu saya ga tau, saya pernah baca dikompas dan beberapa sumber lainnya letusan gunung toba adalah letusan yg terdahsyat kalau yg dibandung ga disebut bahkan dlm 10 besar letusan terdahsyat yg di bandung ga masuk, krakatau kalah ga salah menempati posisi 4 tapi perbandingan material yg dimuntahkan antara gunung toba dan krakatau jauh sekali. bung bonex kalau ada linknya saya minta lumayan buat nambah ilmu

  28. kl dalam alquran kayaknya ada alien dan di film amerika biasanya menggambarkan itu. semoga aja itu teknologi alien yang ditinggalkan. perlu dilacak radioaktifnya….

  29. “kemudian letusan yang paling dahsyat adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda”

    Ini jelas sangat2 ngawor..selat sunda itu sudah ada sebelum gunung krakatau meletus. Lagian letusan gunung terbesar yg pernah tercatat dalam sejarah manusia adalah letusan gunung tambora bukan krakatau

    • Ada suara guntur yang menggelegar berasal dari Gunung Batuwara. Ada pula goncangan bumi yang menakutkan, kegelapan total, petir dan kilat. Kemudian datanglah badai angin dan hujan yang mengerikan dan seluruh badai menggelapkan seluruh dunia. Sebuah banjir besar datang dari Gunung Batuwara dan mengalir ke timur menuju Gunung Kamula…. Ketika air menenggelamkannya, pulau Jawa terpisah menjadi dua, menciptakan pulau Sumatera.

      Meletusnya Gunung Batuwara (Krakatau Purba) terjadi sekitar tahun 400 s/d 500M. Kejadian tersebut diceritakan dalam sastra Jawa Kuno berjudul Pusaka Raja Purwa. Letusan Gunung Batuwara kemudian menyisakan Gunung Krakatau (Gunung Rakata) yang kemudian meletus kembali pada tahun 1883.

  30. Atasqu ini ngomong apa..ngapain nyampk alien ma film sgl.! Yang pasti gunung padang jati diri NKRI. Bangga lahir,besar dan menjadi org indonesia.

  31. Pada saat mereka ke MAll, saya bawa anak2 Situs Gn Padang Ciajur. wisata pendidikan

  32. ini situsnya keren juga, itu batunya sama seperti batu biasa atau berbeda sih, mungkin ada yang bisa menjelaskan tolong..?

 Leave a Reply