Agu 222014
 
RSAF, Singapura meningkatkan jumlah armada jet tempur F-15SG (sumber; US Air Force)

RSAF, Singapura meningkatkan jumlah armada jet tempur F-15SG (sumber; US Air Force)

Singapura tampaknya diam-diam meningkatkan jumlah armada jet tempur F-15SG nya, dari 24 pesawat menjadi 40 unit, merujuk pada laporan keuangan Boeing, pengajuan pendaftaran pesawat udara, dan laporan kongres AS.

Singapura awalnya membeli 12 jet tempur F-15SGs – dengan opsi untuk delapan lainnya – di bawah kontrak ditandatangani pada bulan Desember 2005. Pada bulan Oktober 2007 Singapura mengubah opsi ini dengan membeli tambahan 12 lainnya untuk pembelian total 24 unit.

Pesawat ini semuanya telah terkonfirmasi dan telah disampaikan untuk nomor seri 05-0001 sampai 05-0024. Beberapa pesawat tetap berada di Amerika Serikat, bergabung dalam skadron 428 Fighter, Republik Singapura Air Force (RSAF) di Mountain Home Air Force Base (AFB) di barat daya Idaho, sementara sisanya aktif di Singapura tergabung dengan Skadron 149.

Pesawat yang beroperasi di Singapura menggunakan nomor seri empat digit diurutan 83xx, mulai dari 8301, meski tidak berurutan.

Pada bulan Januari 2014, beberapa pesawat dengan nomor seri baru -05-0025, 05-0028, 05-0030, 05-0031, dan 05-0032- terlihat di Mountain Home AFB. Keberadaanya ini belum dilaporkan dan menunjukkan bahwa Singapura telah memperoleh batch lain dari delapan pesawat.

Sementara itu, tanggal 26 November 2012, surat dari Departemen Luar Negeri AS untuk Juru Bicara DPR John Boehner yang membawahi Undang-Undang Pengendalian Ekspor Senjat, menunjukkan adanya penjualan, modifikasi, dan tindak dukungan terhadap delapan pesawat F-15SG kepada Pemerintah Singapura.

Angka yang dikeluarkan oleh Boeing menunjukkan bahwa delapan F-15s dikirim ke pelanggan yang tidak disebutkan identitasnya, pada tahun 2012.

F-15SG Strike Eagle RSAF

F-15SG Strike Eagle RSAF

Data keuangan Boeing juga menunjukkan bahwa total ada 93 jet tempur F-15 dikirim dari tahun 2005 sampai 2012. Korea Selatan telah mengkonfirmasi bahwa mereka menerima 61 unit dan Singapura menerima 24 unit dengan total 85. Jumlahnya meninggalkan 8 unit yang belum diungkap ke publik.

Akhirnya, pada tanggal 5-6 Agustus 2014, Boeing mengeluarkan pendaftaran pesawat udara sipil, yang dijelaskan sebagai pesawat F-15SG : N361SG, N363SG, N366SG, N368SG, N373SG, N376SG, N378SG dan N837SG.

Boeing maupun Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF) belum angkat bicara atau mengkonfirmasi, apakah negara kota telah mengakuisisi 16 lainnya jet tempur F-15s dari pembelian sebelumnya. Boeing dan Singapura juga tidak menyangkal hal itu.

Seorang juru bicara Boeing mengatakan kepada IHS Jane bahwa perusahaan itu “tidak dapat membahas” jumlah F-15s yang telah diserahkan ke Singapura, sementara juru bicara MINDEF mengatakan: “Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) mendatangkan alutsista untuk kebutuhan jangka panjang dan RSAF telah membeli F-15SGs dengan jumlah yang cukup, untuk memenuhi kebutuhan pertahanan Singapura”.

Keengganan Singapura untuk mengungkap pembelian F-15 tambahan. tidak mengejutkan: Singapura tidak ingin menguraikan tingkat pengadaan pertahanan dan kemampuan mereka dan memilih untuk secara diam-diam membangun apa yang secara luas dilihat sebagai militer yang dilengkapi alat terbaik di Asia Tenggara.

Salah satu petugas pensiunan angkatan bersenjata mengatakan IHS Jane bahwa sikap tersebut adalah keputusan strategis untuk menjaga tetangga Singapura menebak jumlah alutsista mereka dan juga karena para pemimpin Singapura tidak perlu menggunakan pengadaan militer sebagai penopang popularitas.

Penolakan untuk mengkonfirmasi akusisi alutsista terkadang terlihat aneh dan bertolak belakang dengan perkembangan industri Militer dan Pertahanan, seperti pada Singapore Airshow 2012, ketika itu para pejabat Israel tidak mau mengkonfirmasi penjualan UAV Heron ke Singapura, meskipun salah satunya ditampilan Singapura dalam “static display”, dari berbagai alutsista mereka. (janes.com 22/08/2014).

Bagikan:

  166 Responses to “Misteri Jet Tempur F-15SG Singapura”

  1.  

    Affirmative 😈

    •  

      kalo dipikir singapura ini mirip binatang landak:
      1. Singapura negeri mungil, si landak bodi sebenarnya juga mungil;
      2. Singapura menimbun alutsista mematikan, tubuh si landak diselimuti duri-duri tajam;
      3. Singapura import pasir, si landak suka makan semut
      ……….. apa lagi ya,gan?

    •  

      http://youtu.be/6BegutQ9oXA

      Indonesia adalah negara kepulauan, yang terdiri lebih dari 17.000 pulau , terbentang sepanjang garis katulistiwa ( tropis ), menyimpan Sumber Daya Alam ( SDA ), dan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang sangat besar…

      Dengan kondisi Sumber Daya Alam yang melimpah ini, sering kali terjadi tindak pencurian, dll oleh pihak pihak Asing.

      Untuk hal ini, setidaknya harus segera dilakukan peningkatan pengamanan TNI, di 3 matra ( Darat, Laut, dan Udara ) ……..

      Semoga sebelum tahun 2029, TNI AU sudah mempunyai minimal pengamanan udara ( skwadron sergap/tempur ) sbb :

      1. Skuadron Halim Perdana Kusuma
      – 1 skuadron IFX
      – 1 skuadron TYPHOON
      * suppord bandara pangandaran ( 4 pesawat IFX )….1.A

      2. Skuadron Gunung Kidul ( JOGYA )
      – 1 skuadron Sukhoi – 35 BM

      3. Skuadron Madiun ( JATIM )
      – 1 skuadron T.50i Golden Eagle
      – 1 skuadron F-16 Block 32 ++
      * suppord bandara Sumbawa NTB ( 4 pesawat F-16 )….3.A

      4. Skuadron Makasar ( SUL SEL )
      – 1 skuadron Sukhoi 27/30
      * suppord bandara Kupang NTT ( 4 Sukhoi-30 )….4.A

      5. Skwadron Palu ( SUL TENG )
      – 1 skuadron IFX
      * suppord bandara Monado ( 4 pesawat IFX )….5.A

      6. Skwadron Ambon ( MALUKU )
      – 1 skuadron F-16 Block 32 ++
      * suppord bandara P. Tanibar / kep Aru ( 4 pesawat F-16 )….6.A

      7. Skuadron Manokwari ( PAPUA )
      – 1 skuadon TYPHOON
      – 1 skuadron S. Tucano
      * suppord bandara Jaya Wijaya ( 4 pesawat Typhon )….7.A
      * suppord bandara Merauke ( 4 pesawat Typhoon )….7.B
      * suppord bandara Timika ( 4 pesawat S- Tucano )….7.C

      8. Skuadron Bulungan ( KALIMANTAN UTARA )
      – 1 skuadron I.FX

      9. Skuadron Pontianak ( KAL BAR )
      – 1 skuadon Sukhoi-35 BM
      * suppord bandara P. Natuna ( 4 pesawat Sukhoi-35 )….9.A

      10. Skwadron RIAU
      – 1 skuadron Typhoon
      * suppord bandara P. Bintan ( 4 pesawat Typhoon )…..10.A
      * suppord bandara Bengkulu ( 4 pesawat Typhoon )….10.B

      11. Skuadron Medan ( SUMUT )
      – 1 skuadron SUKHOI 35 BM
      * suppord bandara Aceh ( 4 pesawat Sukhoi 35BM )….11.A

      ==========================================================
      Selain Skwadron sergap/Tempur, TNI AU minimal sudah menyebar radar radar yang menjangkau seluruh wilayah NKRI, termasuk Zona Economy Exclusive NKRI …. + Rudal rudal kombinasi jarak pendek dan jarak menengah sebagai payung pertahanan NKRI
      ==========================================================
      Indonesia adalah negara yang cinta damai, pemutakhiran persenjataan hanya dimaksudkan untuk menjaga kedaulatan NKRI,

      rekap :
      2 skuadron F-16 block 32 ++ ( setara block 52 ) ….( 34 pesawat tempur )
      1 skuadron Super Tucano ( 16 pesawat tempur )
      1 skuadron T-50 i golden eagle ( 16 pesawat tempur )
      3 skuadron IFX = ( 48 pesawat tempur ) , …..
      3 skuadron TYPHOON ( 48 pesawat tempur ),…..
      1 skuadron SUKHOI 27/30 ( 16 pesawat tempur ),…..
      3 skuadron SUKHOI 35 BM ( 48 pesawat tempur ),…….

      nb : untuk pesawat hawk 100/200,…F-5 Eagle .. ( hanya sebagai back up saja )

      JAYALAH TNI, JAYALAH NKRI

      SALAM PERSATUAN DAN KESATUAN, SALAM NUSANTARA AGUNG

      Assalamu’alaikum … Rahayu….

  2.  

    Absen

    •  

      F15SG , Aster 30 gila amat pertahanan udara singapura ini , belom lagi senjata-senjata pertahanan udara yang lain , saya yakin singapura ini bisa dimasukkan menjadi salah satu negara dengan wilayah udara terapat untuk ditembus serangan udara ( kec. ICBM dan sejenisnya ) , bukan hal mudah bagi Indonesia menyerang singapura melalui udara jika terjadi perang nanti , apalagi MLRS Astros 2 yang dipake , gak bakal deh bisa nembus , btw .. bandara pespur singapur itu di paya lebar itu ya ? Tertutup banget soalnya tuh bandara gan , dan bagaimana perkembangan bandara yang ada di medan yang diambil alih oleh tni au itu ? Katanya masuk sana pake acces ya ? Jangan-jangan…. atau mungkin ada persembunyian lain untuk pespur rahasia kita ? Jika anda tahu mohon dibagi pengetahuannya …. ,,, Maaf jika ada salah tulis , saya masih belajar bung , Thanks …

      •  

        gampang bang..taro banyak2 howitzer 155mm ame grad di pulau sebelahnye..tau kan..tinggal tarik disalvo ratusan peluru ame roket buta..dijamin dah kembang apinye meriah renyah :mrgreen:

        •  

          ga semudah itu bung,, singapura juga punya SAM,aster 30, dan banyak lagi senjata lain nya,,
          selain itu banyak pula senjatanya yang di titipkan ke negara lain, salah satu contoh, kemaren alutsistanya yang dititipkan di taiwan muncul di media,

          memang bisa kita mengalahkan nya, tp tidak semudah yang dibanyangkan,, karena bantuan FPDA juga harus di perhitungkan… salah2 nanti jadi boomerang buat kita,,

          •  

            maap bang andri..aster emang bisa intercept peluru meriam ama roket yg disalvo ya..
            maksud ane klo tuh spore nyerang duluan pan..tuh salvo buat decoy aja..test the water..sejauh mane tanggepannye..
            tapi klo fpda ane kaga yakin dah..

          •  

            jangkauan meriam 155mm paling jauh berapa km mas?
            sebelum itu meriam datang sudah terdeteksi dulu ma radar yang lain,, radar nya kan bukan 1 doank, di kapal perang ada, di KS ada,, klo kota di gempur, otomatis dari laut nya juga ngbalas, posisi peluncuran meriam,,
            dan lagi bisa nya klo perang itu ada fase nya, serta pengumuman perang oleh presiden,, otomatis mereka udah mempersiapkan segala sesuatu nya,, dari darat,laut, dan udara,

          •  

            Doktin militernya dan pertahanannya mirip Israel,,,,banyak tentara israel hidup jadi warga sipil di negara lain,,,singapura menitipkan alutsista d luarnegeri,,,susah mengalahkan mereka,,kecuali serangan darat yang masif,,,dengan infiltrasi objek vital,,,

          •  

            dengan banyak nya arsenal militer yang dititipkan di negara lain (sekutu as dll) maka pasti ada konsekuensi politiknya

          •  

            kan howitzernya ditaro sebelum perang terjadi bung andri
            toh dari batam jaraknya cuma 20km an
            ditambah serangan infiltrasi paska via dasar laut ditambah doktrin tempur kita yg lebih tinggi dari singapur

            perlu di ketahui aja tentara singapur kalo di bentak dan di tabokin ama atasan, mereka bakal keluar dari militer
            soalnya disana negara yg butuhin tentara
            kalo di INA rakyat yg jadi TNI karna buuh kerjaan dll
            hehe

        •  

          Plus jangan lupa Caesarnya di naikin hover 100 biji kanan kiri. Wasalam dah
          Pada lari ke johor deh kayaknya

        •  

          kirim asap,,,asap,,,,hehe,,gitu koq repot

          •  

            nah,, ini salah satu nya,, kirim asap,,
            cuma kasian juga org2 kita di riau, pekanbaru kena dampak nya juga,,, apa di evakuasi dulu sebelum ngirim asap???? bila perlu asap rasta dari aceh,, biar pada mabok dlu, hehehehe…just kidding

        •  

          Pakai meriam Howizer 155, sperti melihat film perang antara kapal perang alien vs kapal perang USS arm di film batelship.. Salvo meriamnya kerennn….:D.

        •  

          Klw saya pikir tidak ada masalah dengan singapura, krna negara ini klw pun kondisi perang hanya jadi home base kekuatan dibelakangnya. Mereka membeli alusista banyak tapi bukan buat mereka sendiri pemakainya. Karena mereka juga harus membayar jatah preman untuk keamanannya(seperti anak SD yg dipalak anak SMA.hehe).

        •  

          Trick mengatasi Singapura , Negara kecil dengan pertahanan udara kelas eropa :

          – Alutsista TNI wajib mencapai MEF yang sudah di rencanakan
          – Mental Militer Indonesia ( Tak di ragukan lagi )
          – Semangat dan kemampuan tempur militer Indonesia ( Pasti oke )
          – Dan yang terpenting Rasa Nasionalis kita2 semua sebagai warga negara , ayo kita dkung apapun program pemeintah / TNI yang bertujuan membawa perubahan sistem pertahanan ke arah yang lebih baik . Tidak sekali-kali meragukan apalagi mengecilkan kemampuan dan semangat juang Militer Indonesia , baik di Forum2 militer ataupun media sosial lain’a . Indonesia adalah negara yang memperjuangkan kemerdekaan”a melalui perjuangan ( peperangan dan diplomasi ) yang artinya Indonesia sangat berpengalaman dari segi pertempuran dan perundingan , Para Pemimpin Indonesia sudah sangat mengerti dengan apapun resiko yg akan di hadapi negeri ini. Sementara Singapura adalah negeri yatim piatu , negara penerima hibah / zakat kemerdekaan dari Inggeris raya sebagai induk semang’a . Mereka tidak memiliki apapun sebagai landasar kemerdekaan’a ( Pahlawan dan semangat juang ) Plus memiliki militer dari banyak etnis negara emigran ( China & India ) yg di ragukan jiwa patriotik kenegaraan’a.
          – dan yg terakhir Ridho Allah atas negeri ini , sehingga Allah menjadikan Indonesia Sebagai negara yang Baldatun Thayibatun wa rabbun Ghafur . Dimana pemimpin’a mencintai rakyat’a dan rakyat’a mencintai pemimpin’a . Hukum berjalan dengan semesti’a , tidak tumpul sebelah . Perbedaan agama tidak menjadi perdebatan dan alasan untuk saling menjatuhkan dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

      •  

        Sembawang salah satunya selain di paya lebar & changi :mrgreen: he,he,he

        •  

          Oopsie….tebulak…..xixixi

        •  

          kang nurut rumus ente dulu.. ane pernah nulis

          Satrio says:
          February 16, 2014 at 2:53 pm (Edit)
          RENSTRA II PENGUATAN TNI AU akan di tambah Jumalah skuadron udara untuk apa aja jenis pesawatnya kita bisa analisa dari berita berita yang sudah tersirat.

          Dalam waktu dekat sudah dijelaskan butuh skadud baru dipapua,,berapa banyak skadudnya dan ditaruh dimana,,dan apa jenis pespurnya ?
          Seperti analisa saya sebelumnya skadud baru akan ditaruh di BIAK dengan 2 ska yang embrionya akan dibentuk dengan pengadaan 2 jenis pepsur yang diisi oleh 8 Su34 dan 10 SU35
          bila melihat dari List belanja 8 SU 34 adalah pepsur hibah dan 10 SU 35 baru jatah milik AU Rusia.sedangkan pembuatan skadud di lanud lainnya bisa bertahap dgn datangnya alutsista yg dipesan dari shoping list,

          Alasan Pembelian Gripen dan Typhon untuk Penguatan (penambahan) Skadud di Sumatera dan kalimantan sedangkan program KFX/IFX kalau sukses nantinya, untuk mengganti F16 OCU dan Hawk
          Di Kalimantan kekutan Kogabwilhan Tengah bisa nanti ditambahi 1 ska Gripen 1 ska Typhon,dan 1 ska sukhoi,melengkapi 1 ska Hawk109/209 dan 1 ska UAV .Penempatan skuadron baru bisa ditempatkan di natuna untuk menghadapi potensi konflik LCS dan untuk memotong jalur distribusi dari semenanjung ke serawak dan sabah

          Sedangkan di Sumatera kogabwilhan barat potensi ancaman dari dua negara,,satu negara malah airpowernya begitu besar maka paling tidak akan ada 5 jenis pespur yang memperkuat sumatera yaitu Hawk,F 16,Gripen,Typhon dan Sukhoi (kebanyakan yaa?)
          Tetapi memanng dilihat dari potensi ancamannya yaitu dari Tengah airbase upil ada F16c dan F16 blok 52 kita akan hadapi dengan F16 blok 32++ dan Gripen NG
          Di changi air base ada F 15 SG dan kita bisa hadapi dengan Typhon dan SU 35.tetapi mereka masih mempunyai Paya lebar dan Sembawang airbase
          Kekuatan UPIL
          Changi Air Base (East)
          145 Sqn 20 F-16D Blk 52+ (Strike)
          Paya Lebar Air Base
          144 Sqn 15 F-5S (Interceptor), 7 F-5T (Training/Interceptor)
          149 Sqn 15 F-5S (Interceptor), 1 F-5T (Training/Interceptor); bertahap diganti F-15SG (Strike)
          Tengah Air Base
          o 140 Sqn 9 F-16C (Interceptor), 6 F-16D Blk 52 (Strike)
          o 143 Sqn 5 F-16C (Interceptor), 8 F-16D Blk 52 (Strike)

          Ancaman dari negara sonora lainnya dari
          Butterworth airbase di penang
          o Skuadron 12, satuan pesawat tempur buru sergap, menggunakan pesawat Northrop F-5E, F-5F, RF-5E
          o Skuadron 15, satuan pesawat tempur buru sergap, menggunakan pesawat BAE Hawk 108/Hawk 208 dan Aermacchi MB-339A
          o Skuadron 18, satuan pesawat tempur multifungsi, menggunakan pesawat Boeing F/A-18D Hornet
          Kuantan airbase di pahang
          o Skuadron 6, satuan pesawat tempur buru sergap, menggunakan pesawat BAE Hawk 108/Hawk 208
          o Skuadron 17, satuan pesawat tempur taktis, menggunakan pesawat MiG-29N/UB.
          o Skuadron 19, satuan pesawat tempur taktis, menggunakan pesawat MiG-29N/UB.

          Gong Kedak airbase di Kelantan
          o Skuadron 11, satuan pesawat tempur taktis, menggunakan pesawat Su-30 MKM

          Dengan pergelaran ancaman diatas maka sumatera dilingkup Kogabwilhan Barat maka diperlukan paling tidak pembentukan skadud untuk menghadapi ancaman bisa dibuatkan di Aceh.Medan.Palembang dan Pekanbaru..
          Embrio pembentukan skadud di Lanud suwondo sudah dibuat tinggal pembuatan di palembang dan di aceh
          Warjager bisa membayangkan berapa pespur dari negara sonora saja yang harus dihadapi Indonesia bila perang dgn FPDApecah,, mereka akan menghantam dulu kekuatan klita di Sumater,dan Kalimantan barat sebelum menyerang JAWA..belum lagi serangan dari negara sonotan di timur dan selatan jawa.
          Maka Shoping list yang pernah beredar dimari spertinya sangat realistis bila melihat potensi ancaman diatas,

          IMHO

          catatan : Gripen diganti Rafaele.. karena saat menulis itu kabar rafaele belum fix ya
          hehehehe

          •  

            @bung erick
            rumus yang baru bijimane kang
            hehehehehe

          •  

            walah..butuhnya banyak amat ndan sat..shopping liat kemaren malah kurang kayanya..btw kamuflase typhoon yg kemaren ndan sat tampilin koq kurang sexy ya..soale biasa liat yg polos kaya punya luftwaffe

          •  

            @bung satrio, rumusan baru? Sptnya tetep pake nyang udh ane babarin dulu ( squadron komposit ), nyang berubah cuman sukro mutant antisipasi/antidot terhadap nyang bakal dateng ( f-35 ). Utk su-34 & 35 biarlah tetep spt kentut ( gak keliatan tapi baunya berasa, nyang udh siap2 tutup hidung si sonotan ) berarti ayamku? :mrgreen: …..he,he,he

          •  

            Bung Satrio sya jdi tringat sjarah Dwikora (Mlysy,Sngporn,Inglis,Slnd baru,Astral=200 tewas vs Indonesia=2000 tewas ) ,andai nih bung,bukannya sya ngarep nih,,andai negri ini menghadapi konflik smpe trjadi perang dgn salah 1 negara yg dulu pernah mnjadi lawan oprasi dwikora,apa negara2 persemakmuran yg lain main keroyokan lagi sprti kjadidn dwikora Bung ?

          •  

            Bung erick
            Ok thanks.
            Skuadron komposit ne yg jarang bisa dicerna warjager hehehe
            Mikirnya ska slalu satu jenis alutsista.

            Ayamku afirmative.

            Ohya ntu apache buat parade harusnya 4 ,kok diralat cuman 2 ?
            Prasaan 2 kondean dan 2 polos longbow nyang datang,,guardian and naval strike thn dpan tibanya

          •  

            Bung ms
            Ngelawan giant ya harus dikeroyok.
            Apalagi mental anak mami

            Tidak smua persemakmuran,, yg ada malah persemakmuran + gerombolan siberat yg ngeroyok

          •  

            ayamku bung @erich….hehehe

          •  

            Duh ngeri bung klw yg punya bndera belang2 ikut nimbrung,,

          •  

            Bung Satrio, utk membuka stok SU34 dan SU35 apa harus nunggu F16 32ID terkirim semuanya dulu? biar tidak menyinggung ASU. mohon pencerahannya.

          •  

            yang menariknya, suplai di natuna untuk memutuskan logistik ke serawak dan sabah… jadi deh aneksasinya

          •  

            maaf bung MS yang 200 itu hanya SAS aja, kalau tentara malaysia gak ikut perang mereka bersembunyi di goa-goa πŸ˜€

      •  

        Emang yg mao nyerang singapur sapa juga boss..

        •  

          kemane aje om,
          kita kan udah pake doktrin pre-emptive strike..
          jadi harus punya strategi menyerang negara2 lain disekitar jika negara tsb bla bla bla bla bla bla……
          isi aja sendiri πŸ™‚

        •  

          Bener nih bung sembakung….emangnya siapa yang mau perang ama singapura? Klo menurut saya doktin TNI sekarang udah sip deh…siap perang mutlak tapi klo mau perang nanti dulu…

          •  

            Emang saya ada bilang mau perang ? “JIKA TERJADI PERANG NANTI ” Bisa dilihat saya menulus kata itu bung , kita antisipasi saja sebelum terjadi , apa salahnya saya bertanya ? Berarti forum ini tidak membolehkan orang bertanya ? Saya rasa tidak deh , saya dri dulu SR memahami dan mencerna percakapan diantara warjager , saya lihat disini banyak menebar Hoax , teman saya juga bilang begitu , maka dari itu saya bertanya sebenarnya bung , bukannya saya tidak percaya dgn list a1 yang dibabar diwarung ini , saya hanya ingin memastikannya , walaupun hal itu sangat tidak mungkin dilakukan mengingat tingkat kerahasiaannnya sangat tinggi , jadi saya mohon maaf jika saya salah pada warjager yang lain , Thanks…

          •  

            iya Bung…kayaknya g perang.capresnya aja sukaevent-event yang besar trus yang mendunia kan sayang fasilitas/infrastruktur dah baik dirusak-rusak.paling dinego…
            Peace..
            Salam damai

          •  

            @bung imperfection: Biasa aja bung nulisnya…saya yakin semua bisa baca…lha sebelum “jika terjadi perang nanti” adalah tidak mudah bagi indonesia untuk menyerang..bla..bla…apakah klo kita menyerang itu tidak berarti perang? Klo pun berandai2 mbok ya jangan menyerang negara lain. Sangat menyakitkan bung…apakah anda pernah merasakan teman sejawat sebelah bed tidur anda meninggal karena tertembus peluru? Atau pernahkah anda menyaksikan anak dan istri meratapi kepergian ayah dan suami mereka karena “andai-andai” anda itu.. sakit bung!!

      •  

        Ga perlu segitu terperanjatnya sama alutsista canggih dan ga perlu takut sama senjata bung perfection. Kalau anda semua di forum militer ini yg di sebut military fans boy punya jiwa pengecut mending pindah aja ke forum popok bayi. Ngapain juga takut sama Singecat, FPDA dan gerombolan si berat. Kalau kalian di forum ini punya jiwa cemen kaya prajuritnya si Upil , di luar sana di NKRI ini bejibun yang punya mental MILITAN sampai pada cari mati di afganistan dan suriah karena ga tertampung adrenalinnya bagi yg ga sabar. Senjata canggih bukan berarti pasti menang perang, buktinya ASU ga menag di Vietnam, Soviet ga menag di afganistan termasuk NATO sampai sekarang. Mongol yang BENGIS dan Digjaya hancur lebur di Jawa. Setiap penyakit ada obatnya, setiap racun ada penawarnya. Setiap senjata yang masuk ke indonesia ini ada ilmu kebalnya termasuk DEBUS. Meski kita di keroyok oleh Upil, FPDA, ASU dan gerombolan si berat di TNI dan rakyat sudah ada Antidotnya. Ente yang cemen mentalnya cukup masuk bunker aja kalau perang, biar TNI dan rakyat yang SUPERMilitan yang hadepin entu Perusuh yang mau acak2 negara Kite. Pada dasarnya semua yg terkuat pasti ada masanya runtuh, tidak ada suatu bangsa yang kuat perang berlama-lama dan tidak ada invasi yang bisa abadi, kita sebagai negara yang di invasi oleh gerombolan si berat ga bakalan kalah karena jiwa2 yang di luar forum ini lebih militan daripada mental pasukan Gurkha sekalipun. Intinya di forum militer ini utk lebih berguna sebagai wadah peningkatan cinta tanah air, kemampuan berpikir strategis dan peningkatan jiwa patriotisme dan militansi. Kalau ente bung perfection dan sejenisnya yang sudah lama di formil masih takut senjata dan takut mati, mending ente2 pindah ke forum POPOK BAYI aja ya….., karena cuma malu-maluin warung kopi ini aja. Wassalam.

        •  

          tak ada mental tempe disini.percayalah bangsa ini punya nyali tinggi,
          tawuran sesama bangsa aja sangat sengit, bayangin jika musuhnya bangsa lain,tentu hingga mati matian ,

          saya hanya kuatir jika rasa nasionalisme kita bisa luntur oleh antek asing yang menjamur di setiap tempat .

          hanya kiasan bahwa kita pejuang sejati dan turun temurun dari moyang kita terdahulu,, dan akan terus begitu,

        •  

          Bener bgt bung hehe

        •  

          Adakah saya takut bung Gunung Jati ? Ada saya bilang kalau saya takut ? Mohon perkataan anda dibuktikan kalau anda menganggap saya takut jika akan terjadi perang nanti , saya kan bilang pertahanan udara Singapura patut dibilang yang terapat di kawasan , dan cukup dipertimbangkan , saya ingin bertanya , apakah ada alutsista rahasia selain yang dipublish ke media ? Jika ada kira-kira tipe apa sajakah alutsista itu ? Kalau bisa yang realistis yapp …

          •  

            senjata rahasia….coba inggat waktu asap kebakaran dikirim ke siangapur itu betapa kalang kabutnya….jadi nggak perlu banyak biyaya…efektif lagi..tinggal kirim banyak hasan-harun ke singapur….canggih kan….hahaha….

            analisa orang dalam.

          •  

            dek jaman bung karno aja yang notben rakyatnya masih makan aking aja sanggup beli alutsista seabreg, apalagi sekarang, belum lagi sumbangan ini itu dari rakyat, singaporn mah bukan lawan heeeee…..cukup 100rb/orang x 253jt penduduk indonesia berapa tuh heee

        •  

          SELAIN INDONESIA MEMILIKI RAKYAT YANG MILITAN….JANGAN LUPAKAN JUGA, PARA NEGARA SAHABAT YANG SIAP MEMBANTU NKRI MEMASOK ALUSTISTA YANG TAK KALAH CANGGIH DARI MILIK SIBERAT DAN CS
          HAL ITU SUDAH TERBUKTI SAAT TRIKORA

        •  

          mantap bung gunung jati…lanjut kan.

      •  

        @imfer….pespur tni yg diawaki elang muda bisa tuh nembus pertahanan upil….ane denger di warkop aja…lebih detil kebenaraannya senior warjag info..

      •  

        ndak bisa dari udara…ya…serang dari dalam tanah tho….
        belajar dari pejuang palestina…..
        tp kudu nyilem dulu buat sampai ke negara si upil…..
        hehehehehehe….

      •  

        Halah…ga peduli sberapa canggih alat perang si upil, kalo perang beneran…potong dan hancurkan jalur utam suplai logistiknya dulu, terutama jalur pipa air bersih dan jalur pipa gas, pasti mati pelan2…

      •  

        paling ampuh pakai serangan asap bung :mrgreen:

      •  

        Si Vis Pacem Para Bellum πŸ™‚

  3.  

    Efek flanker fams di NKRI….

  4.  

    waw

  5.  

    Hmmmm….. ngikutin cara cara kita dah πŸ™‚
    diam diam makan didalam

  6.  

    Flanker jadi dibeli ga nih? Nanggung. Dibuka saja. En toch sudah ramai. Gimana ndan Nara?

  7.  

    alarm merah….
    Siaga 1

  8.  

    5 ahh

  9.  

    40 f15 akan bisa dijinakkan dengan 40 flanker,ayo pak jokowi,jangan sampe kecolongan,drone boleh 3 skuadron, tapi flanker musti 5 skuadron

    •  

      Beli Pertahanan udara spt s-300/s-400 trus dikombinasikan dengan s-1 Pantsir/Buk m2e dan ditambah Starstreak dan Mistral , mantap tuh gan…

      •  

        Idih cakep banget bung imperfections, aye akur sama ente. S 300 PMU1 bekas Rusia+ S 300 PMU2 (S 400) utk penempatan di Pekanbaru dan Eltari Kupang. Trus masalah Rafale itu benar ya? Sesepuh mohon bantu berikan clue apakah benar kita jadi ambil itu Rafale?

        •  

          sesepuh mana dulu neh, kalo bung nara bilang sibadai dah lagi disiapin dipabrik plus teote menggiurkan, bung satrio bilang: rahasia takut ketahuan ular2; nah kalo bung danu, baru sampe “cuma baru kepengen punya”, bung melektech: nggak masuk akal, mikiiir..! ; bung jalo: wah,didaftar pecel lele saya,adanya typhon, mbah bowo: awas musuh dari utara! (yah yg terakhir emang kadang gak nyambung..) πŸ˜€

  10.  

    ada 40 biji… wajar untuk mengimbangi skadron typhoon, skadron rafale, 2 skadron F16

  11.  

    payung n rudal siap menyambut di batam…:D

  12.  

    Su 35 lawan yg pantas

  13.  

    Kok strike eagle. Bukannya gambar di atas silent eagle

  14.  

    Hmmm.. mungkin TNI udh nyiapin antidotnya… entah SAM jenis apa yang d biak itu.. yang jelas ane teringat clue salah satu sesepuh tentang “meteor” jatuhnya hehehe :mrgreen:

  15.  

    wajib kita beli anti dot nya?…saya tetap suka su 35..dan jgn lupa s 300/s 400..

  16.  

    hmmm semoga su35 segera tiba,..

  17.  

    imperfections@ Jangan lupa MIM 23B-I Hawk nya bung, semenjak bandar Udara Paya Lebar Ditutup tahun
    1981, dan dijadikan tempat Militer. Blum bnyak informasi detail mengenai aktivitas bandara ini,kecuali pernah disinggahi pilot AURI saat operasi alpha pada tahun 1979 ,CMIIW

  18.  

    hal yang harus dilakukan sebenarnya bukan dgn senjata berat lagi di lawan nya,,,

    klo org kebal peluru, apa harus terus ditembak?? kan harus nya di ambil zimat anti peluru nya,, baru di tembak..
    begitu juga singapura,,
    sebelum melakukan serangan besar, harusnya disusupi dulu pasukan khusus sesenyap mungkin ,utk melumpuhkan barisan pertahanan musuh, dari mulai SAM./ RADAR,/ kapal perang nya, dll, buat kekacauan didalam negerinya,, baru diserang habis habisan, klo dah kalang kabut di dalam negerinya kan gampang nyerang nya juga…

    hehehe, jadi ngawur,, , maklum pemikiran tukang maen game stronghold 3 ,,

    •  

      Gimana mau ngambil jimatnya. Lha wong kena bacok duluan πŸ˜€

      •  

        nyusup.. diplomasi dulu,, ajak jajan dulu,, beli vodca biar mabok, baru ambil jimatnya,,,

        gitu juga singapura,, masukin dulu denjaka / Kopasus yang menyamar jadi TKI, perbanyak pengaruh disana, cari lokasi pertahanan nya, lumpuhkan satu persatu, komandannya,,

        klo ga masuk lewat laut, berenang / menyelam beberapa KM, usahakan datang kedarat pas jam 3-4 pagi,, pas ngantuk2 nya ronda malam,,, buat sabotase, tempelin bom di tiap kapal dan pespur,, serta radar nya,,

        pas subuh baru nyerang bareng2,, siang jam 12 langsung genjatan senjata, sebelum FPDA pada datang ngbantu,, hehehehe kabur,,ah…

        •  

          Kelamaan bung andri. Cukup power plantnya terutama instalasi militernya di ledakin. Sistem pertahanannya pasti mati. Mulai iron dome (arhanud) sampe radar mati semua. Tinggal yang mobile.

          •  

            nah, itu bagus juga bung freaxout,, jd klo bs dgn halus dlu, jgn langsung kasar,,
            klo langsung kasar, ntar FPDA nya langsung ngbela jadi tameng, klo dah gitu susah ngancurin si upil.

          •  

            @bungfreaxout….
            Plus disemburin pensil pensil canggih dr kaprang gaban untk melumpuhkan kekuatan navy nya y…hehehe
            Plus drone lah..biar ke pelem drone nya..hehehe
            Nuhun

    •  

      USMAN HARUN JILID II HEHEHEHEHEHEHE….TKI LAKUKAN SABOTASE DARI DALAM…HEHEHEHEHE

  19.  

    Kalo si upil aja bisa ngumpetin pesawat…
    Pasti kita juga sangat bisa…

  20.  

    kirim asap dah cukup kok…..he…he…

  21.  

    Sangat mudah menyerang singa, negara segede upil begitu sangat rentan diserang pihak luar, walaupun alutsistanye gahar” semua..upil ga bakal bisa bertahan lama oleh serangan apelagi sama indonesia jiah ga ade ape”nye…nyerang si upil sama az kaya perang kota, contoh : 1.saat kebakaran hutan di mari si upil dah kelabakan sampe” penerbangan domestik banyak yg dibatalin, gimane mo nyerang klo pilotnye buta ketutupan asep, 2.ruang gerak tentara si upil terbatas muter disitu- situ az maju kena mundur kena,dikarenakan luas wilayah, sama jakarta az masih kalah luas. 3. Bikin operasi senyap ga usah diserang pake roket, kirim kopassus buat ngacak” tuh negara dari dalam kaya usman harun, blm para TKI yg ada disono, bisa jadi martir ke dalam negara si upil..andelannye si upil bukan di alutsistanye tapi bekingan di belakangnye, yg jelas tuh upil dah mulai kebakaran jenggot liat dimari dah mulai gede ototnye, sekali libas bisa abis tuh negara..!!

    …NKRI HARGA MATI…

    •  

      gw setuju…teknik perang melawan musuh yg lengkap senjatanya yah nekad aja…tuh ISIS bisa mukul mundur pasukan Irak yg senjatanya lebih keren krn nekadnya luar biasa…yg penting supremasi udara..g kepegang Singapur…combat face to face…bolehlah…ha7x…

      •  

        he.he.he…yah namanye juga perang tong, semua taktik bisa dipake, sampe nyang ente bilang ga mungkin jadi mungkin….ente mo coba ..?? tar ya nunggu perang dulu tar ane kasih tau caranye..he.he.he…!!!

    •  

      strategi gk harus keren dan berharga mahal, masuk akal dan logika sebelum operasi infiltrasi kirim asap dulu, terus bombardir pake rhan yang murah meriah yang gk sebanding harganya sama sam / aa gun nya mereka

  22.  

    tetap kgak menang ma kita..

  23.  

    Iya nih kok bung naranya ngilang

  24.  

    Sebelumnya bentuk milisi kaum melayu yg tertindas bikin huru hara dari dalam.disitu bisa disusupkan melayu malaysia krn malaysia jg ada dendam lama dgn singapura.kopassus dan denjaka bisa menyusup sama2 melayu malaysia.milisi ledakkan pipa air dari johor beserta jembatannya skl.sedang penduduknya dilanda kepanikan luar biasa kopassus dn denjaka beraksi meledakkan alat2 vital dan instalasi militer.Tatkala serangan gangguan dari Pangkalan bellawan , tanjung pinang serta jambi Datang dan pergi di meja rundingan pula opisisi melayu hrs di plot ingin mengganti pemerintah dgn 80% kaum melayu.maaf anak SD lg nglindur/gagal faham hehehe.

  25.  

    howitzer dari kroya dipasang disekitar upil dipadukan dengan atros…air dome upil bs ngatasi? yakhont ntar nyusul. belanjanya si upil menunjukan ketakutannya pada NKRI, upil berusaha ditakuti dengan py alusista canggih. Parahnya warga indonesia pemuja alusista canggih pada takut. PERCAYALAH TNI punya strategi yang jitu. Sudah dipetakan kekuatan lawan.
    PRESIDEN SBY aja sudah bilang kl perang indonesia siap[pasti py senjata maha dasyat]Β·
    semoga pembangkit nuklir bisa dibuat dan indonesia bs buat mainan mini berasa pedas.

    •  

      Kalau astros sm howitzernya dibungkam sama air strike pespur-pespur Singapur gimana bung? Apakah kita punya SAM dan/atau pespur dlm kualitas dan kuantitas yang mumpuni buat menghalau pespur mereka yang jumlahnya lumayan banyak (yang secara kuantitas maupun kualitas masih relatif di atas kita) bung?

      Biasakan berpikir ala main catur, jangan hanya fokus pada strategi menyerang, tapi juga harus bisa mengantisipasi serangan balik dari lawan.

      •  

        klo menyerang balik, langsung ajak genjatan senjata aja,,, dari pada mati konyol.. hehehhehe..
        bayangin aja,
        ma USA aja kita blm tentu mampu melawan nya, ditambah inggris, australia, slandia baru, & malon

    •  

      MENHAN RI AJA SAMPAI BILANG….TINGGAL KENCINGIN AJA, NTAR JUGA TENGGELAM TUH NEGARA SEUPIL….HEHEHEHE

  26.  

    Peace….
    Mau damai kudu siap perang….ini baru yg layangan blom yg tukang silem….
    Grand strategynya Singa punya daya gebuk yg signifikan ditarget jauh…untuk membuat lawan kehilangan aset BESAR; itulah sebabnya singa tempatkan aset militernya “terseba-tersembunyi” jauh diluar homeland-nya dan memungkinkan utk menghantan potensial adversaries…..meski stratsgy ini hanya dirancang utk perang jangka pendek…..
    bgm Indonesia?…. menurut ANALISIS SAYA….kita jg on going ke arah itu…..
    dan ini bukan strategy baru…..krn para adikuasa menerapkannya USA da soviet dulu…tapi dg skala ekspansif….
    Mbalik lagi mau damai……kudu siap perang; ngasah kuku ; taring; mata; telinga terlebih insting ktk damai…..karena DAMAI ITU INDAH….

  27.  

    gak ngaruh sama RI..
    mo jungkir balik gimanapun negra tetangga RI tetap pada pijakan kemandirian..
    silahkan GR dan salah tingkah melihat kemajuan TNI dan ekonomi RI..
    RI tetap tegak berjalan…amien..

  28.  

    Sudah di kasih alert/warning sama paman bear jika singapore macam* si paman akan turun gunung..
    walaupun FPDA mengeroyok,alangkah baiknya sedia payung dulu sebelum hujan…nah payungnya ini apa saja sebelum terlambat…?

    •  

      Gosip ini sudah dibantah secara resmi oleh Dubes Rusia lho. Dia menegaskan tidak pernah ngomong gitu dan tidak pernah ada wawancara dgn TVRI dimana dia bilang bahwa Rusia akan mem-backup Indonesia jika terjadi perang dgn Singapur.

  29.  

    Urusan goib kayanya bnyk belajar dari saudara tuanya..:)

  30.  

    Jadi inget sama pak sby,”kalo kita mau damai,maka kita harus siap perang”….

  31.  

    Jangan lupa di sekitar perairan singapura ada cctv bawah laut buat detect ks kita … Siap kan strategi jitu …

  32.  

    sebelum operasi umum disingapura maka akan diturunkan sekitar 10 tim kopasus/denjaka untuk melakukan sabotase aset2 vital, operasi ini kemungkinan model one way tiket, operasi ini diharapkan dapat menghhancrkan objek vital, dan secara bertahap tim tersebut akan diperbanyak masuk ke singapura, dan diharapkan dapat dimasukkan sekitar 1 batalion kopassus kedalam jantung singapura. kemudian marinir mulai masuk ketika senjata2 pertahanan pantai sudah disabotase.

  33.  

    Ambil dulu KFIRnya dari si upil..sebelum F16 hibah dan yg TNIAU punya di integrasikan dengan system radar si paman sam…hal ini akan mudah dibaca sama si upil bila si F16 keluyuran kemana-mana…

  34.  

    siupil akan menyerang dg pespur dan rudal dari kasel dan kapal perangnya duluan,yg paling masif pasti mengandalkan pespur

  35.  

    Menurut saya, tidak ada gunanya menyerang singapur yang miskin sumberdaya alam. Selain itu tidak ada “pride”nya karena singapur hanya negara kota yg kecil. Bangun saja pusat2 ekonomi (pelabuhan, pusat bisnis dll) di batam dan natuna, maka singapur (dan malaysia) akan kolaps atau setidaknya perekonomian mereka akan surut.

    •  

      setuju bung.. seharusnya BATAM dapat mencopy paste apa yang dimiliki singapura disegala aspek sehingga paling tidak dapat mengalihkan apa yang selama ini melalui singapura..ditambah peningkatan pelabuhan dan bandara udara diseluruh kota – kota besar di indonesia sehingga bisa mengurangi kemampuan singapura dalam perekonomian

    •  

      Nah ini yang saya setuju….kuasai jalur udara dan laut dengan pembangunan infra structur yang modern dan memadai… karena di situlah tulang punggung perekonomian singapura.. jika kita sdh kuasai minimal mengimbangi saya yakin perekonomian singapure akan kolaps

  36.  

    Jadi inget sama Usman & Harun..dimana kt mensabotase dulu dari dalam..setelah konsentrasi terbelah baru serangan besar2an masuk..ga menutup kemungkinan strategi yg sama jg bisa digunakan..secara kan bnyk TKI & Pelajar kita disana..atau malah pasus kita yg menyamar jd TKI & Pelajar..itu hanya analisa dari tukang ikan..he3..itu andaikata terjadi perang & berharap sich tidak terjadi..Love NKRI..

  37.  

    siupil meningkatkan militernya hati-hati “israelnya” Asia tenggara bikin ulah dan mau nyerang siapa ?
    negara cuma seupil tapi pesawat tempurnya banyak bageeeeeeet ada apa ?

  38.  

    breaking news / oot

    P-8 Poseidon amrik diintersep pespur china di LCS, memotong tegaklurus jalur P-8 dan memamerkan senjata yang ditenteng, lalu terbang sejajar pada jarak 9m antara wingtip…

  39.  

    salam smua mau gbung wajager mau nanya mungkin g tni kt membeli mig 31 sbagai pemukul taktis untuk tni au kt, dengan kcptan mach 2,8? mhon pencrhanya

  40.  

    Saya percaya dgn tni yg mampu mengalahkan lawan manapun tp kalau kita diserang lawan sudahkah kita siap? Elpiji harganya naik terus Bahkan menghilang. Jika keadaan darurat bisalah pakai kayu bakar tapi negri ini banyak kontrakan rumah ya banyak rumah terbakar….

  41.  

    Ndan ls,klo kemampuan mereka yg selama ini terpantau lewat latihan gabungan dgn mereka gmn gan? 1-5 dpt skor brp ndan? Hehehe πŸ™‚

  42.  

    Jangankan itu dan sarkem. Kan dulu pernah nerbangin layangan dari batam. Gitu aja udah kalang kabut. Mau di pointing rudal ya nangis. Cuman kok analoginya gug gug ya. Hehehe

  43.  

    Ga usah repot atau ga usah pake alusista yg canggih utk ngadepin si upil, kasih asap kebakaran hutan aja dah kacau balau……ekonomi kacau,kesehatan kacau, pesawat ga bisa terbang …analisa orang pedagang somay harap dimaklumi

  44.  

    upil di bahas…perang lg…aduh kayak honda 85 di bandingin ama harle…ga mecing…bhas strategi non perang!

  45.  

    SINGAPURA ?

    Sangat menggiurkan untuk di aneksasi, seperti Russia menganeksasi semenanjung crimea dari ukraina,

    sabar ya, saat LCS meletus dan Singapure memihak RRC, tunggu saat RRC sudah kalah oleh sekutu dan armada gabungan dan kita akan menganeksasi mereka.

    Sangat sangat menggiurkan memiliki singapura,

    •  

      mbah bowo emang tau selera santi,semakin cinta aja ni…he3

      •  

        Mbah ingin perang, ingin bakar bakaran segera. Harus di balas semua penghinaan Singapore selama ini.

      •  

        Perang ya perang, ngak usah bantah mbah.
        mbah sedang bersemangat untuk berperang !!!!

        Musuhnya yang paling dekat adalah Singapore, Musuh yang paling menjengkelkan ya singapore, musuh dalam selimut ya singapore.

        SKENARIONYA :

        Butuh 500 artileri untuk membuat lautan api di singapore city
        Butuh 300.000 infantry untuk membanjiri singapore
        Butuh 10.000 ranjau darat untuk ditanami di sana sebelum tentara balik lagi kembali
        Butuh 500 Tank amphibi untuk pendaratan

        Ingat ya adek adek semua, pertahanan singapore SAM berada di tengah-tengah kota, pesisir mereka diisi fregate VLS yang ganas. Jadi hanya Kapal selam minimal 20 biji yang bisa melakukan serangan dadakan, fregate singapore lumpuh maka tinggal di darati 15 LHD dan LPD LST, untuk angkatan udara mereka tidak akan mungkin mampu memberesi lautan infantry kita yang sudah terlanjur bercampur dan berbaur dengan penduduk mereka.

        pada saatnya nanti
        SERANG
        SERANG
        SERANG……

        mbah mendukung di belakang

        •  

          Woalah mbah.. lha kalau upil aja butuh infantry sebanyak itu terus kalau musuh malon butuh berapa mbah..? lalu kalau mereka berdua ” koalisi ” bisa tekor jumlah TNI kita, lalu yang jaga gardu siapa mbah..?

        •  

          mbah sudah sepuh, asam urat tidak kompromi

          mbah bantu ngasi semangat saja

        •  

          Mbah,kekuatan segitu adalah antidot invansi dari naga utara.untuk upil ga usah buang duit dan tenaga,sambung kembali taktik usman harun jilid 2 dan tebarkan diskriminasi suku melayu dan suku china.Hantar militan semacam Jamaah islamiyah untuk memback up suku melayu.Saya yakin melayu sonora akan membantu saudaranya melayu upil.bikin huru hara dari dalam kalaulah melayu sonora takut membantu pasti Jamaah islamiyah sonora akan turun tangan membentuk paksi OPK, Hal yang paling sangat ditakuti pemerintah upil dan juga sonora adalah pergeseran antar kaum/suku melayu dan suku China bila sampai tahap darurat ekonomi dan aktifitas upil akan runtuh sendiri.Dan diskriminasi kaum melayu upil oleh mayoritas china yang bikin duri dlm daging pemerintah sonora.kita tiru strategi jahat ASU membentuk pemberontak/milisi sayap kiri/organisasi pengacau keamanan seperti yg ASU buat di negara kita sendiri,iraq,mesir,libya,serbia.salam Mbah tolong ditambahi atau di kurangi mbah analisa ngawur dari saya.

        •  

          Sesajennya Naudzubillah……

    •  

      mbah, klo dari sabang kita buat pelabuhan taraf international, dan thailand jadi membuat terusan kra,, singapura sudah tidak berharga lagi kyk nya,,,

    •  

      apanya yg menggiurkan mbah? singapura ga ada SDA yg bisa kita keruk,paling cuma nambah wilayah, tambah berabe dong kita menjaganya, wilayah NKRI yg sekarang aja belum sepenuhnya terjaga

  46.  

    Kalau militernya sih masih gampang ditangkal yg susah itu strategi singapur yg menggunakan uang indonesia yg diparkir disana untuk mengendalikan perekonomian indonesia.

  47.  

    S’pore bukan acaman, dengan spek alutsista tertentu ya optimis bisa, tp temennya itu lo. Bolehlah yg dr selatan dibuat priolitas acaman sbg acuan max penggadaan alutsista………,asumsi kita menyerang eh mengusir mereka. Jarak, luasnya jauh berbeda…, mohon maaf pendapat orang awam. Semoga sehat2 semua. Salam NKRI

  48.  

    Perkembangan yg menarik yg patut kita cermati perubahan strategis singapura ini. Belum lagi menghadapi malaysia dan australia.

    Untuk menghadapi setiap ancaman kedepan perlu strategis jitu. Untuk singapura cukup buat benteng stelsel di setiap penjuru negara ini. Jangan lupa untuk memotong bantuan dari utara, selatan dan barat. Pembangunan pangkalan-pangkalan militer yg tersebar diseluruh pulau di negara kita sgt efektif utk memecah konsentrasi serangan musuh. Makanya saya sgt mendukung sekali kogabwil terlaksana. Musuh pasti akan menyerang jawa dulu, tapi kalau kita juga menyerang negara musuh itu juga dari wilayah lain maka konsentrasi musuh yg tadi attack akan menjadi defend.

    Jangan lupa dengan program 1000 roketnya. Bila ribuan roket kita di deploy tersebar diseluruh pulau kita, musuh akan berpikir seribu kali utk menyerang kita. Satu wilayah kita diserang roket dari segala penjuru pulau-pulau kita yg terpanjang dan tersebar di garis katulistiwa ini akan menyala.

    Selain itu tetap kembangkan alutsista strategis yg mrpkan favorit saya kapal selam. Kapal selam sulit terlacak dibandingkan kapal permukaan. Maka sgt tepat sekali TNI membeli kapal hidrografi utk memetakan wilayah laut kita. Utk memenangkan peperangan kita hrs mengenal medan tempur kita. Siapa tahu kapal selam kita bisa ngumpet disalah satu celah yg hanya kita ketahui utk menghindari radar musuh.

    Dalam perang kita perlu mempertajam mata dan telinga kita. Maka perlu dikembangkan radar, satelit, dan drone siluman juga pesawat AIWCS utk memberi info strategis utk mengembangkan taktik. Tapi menurut saya sgt efektif dibantu juga info dari mata-mata kita dari pasukan strategis kita yg mempunyai kemampuan khusus spt taifib, denjaka, dan kopassus. Maka sebelum perang sebar dulu pasukan ini yg menurut saya sgt efektif utk menerapakan taktif selanjutnya. Pengamanan logistik juga hrs diperhitungkan makanya saya senang sekali mendengar TNI sedang melakukan penelitian biotenol utk alutsistanya. Negara kita yg penduduknya banyak juga hrs terjaga suply pangannya. Ketahanan pangan dan energi di negeri ini sangat mutlak dan strategis

    By the way, saya tidak akan lupa-lupanya mengingatkan agar kita segera mengambil alih FIR krn wilayah udara tsb sgt strategis sekali bagi kita dan bisa memberikan pemasukan bagi kita.

    •  

      Benteng stelsel ini efektif utk mempersempit ruang gerak negara kota kecil ini. Utk menjaga ke-efektifan strategis ini, hrs dicut setiap bantuan dari pihak luar.

      Pasukan khusus ini efektif tdk hanya sbg intai mata-mata tapi juga utk melakukan perusakkan dari dlm. Krn tugasnya yg siap mati maka pasukan khusus ini hrs dibekalin pertahanan diri. Peristiwa usman harun byk memberi perlajaran bagi kita. Pasukan khusus ini mrpkan akses yg sgt berharga makanya perlu backup dari pasukan lainnya ketika mereka sdh melancarkan misinya. Walaupun usman harun berhasil lolos dari daratan negeri ini tapi berhasil ketangkap di wilayah perairan dekat pulau batam. Bila ada akses yg memback up mereka spt kapal, perahu boat cepat, kapal selam atau kendaraan bawah air cepat lainnya nsicaya mereka tdk akan tertangkap.

  49.  

    setubuh ndan sarkem, singapura bakal rugi kalau perang, sebagai negara penjual jasa siapa yg mau pake mereka kalau pecah perang, mereka lebih memilih memerangi kita dgn cara lain tanpa perlu penggunaan senjata

  50.  

    APA NGAK INGIN ANEKSASI SINGAPORE

    Musuhnya yang paling dekat adalah Singapore,
    Musuh yang paling menjengkelkan ya singapore,
    Musuh dalam selimut ya singapore.

    SKENARIONYA :

    Butuh 500 artileri untuk membuat lautan api di singapore city
    Butuh 300.000 infantry untuk membanjiri singapore
    Butuh 10.000 ranjau darat untuk ditanami di sana sebelum tentara balik lagi kembali
    Butuh 500 Tank amphibi untuk pendaratan

    Ingat ya adek adek semua, pertahanan singapore SAM berada di tengah-tengah kota, pesisir mereka diisi fregate VLS yang ganas. Jadi hanya Kapal selam minimal 20 biji yang bisa melakukan serangan dadakan, fregate singapore lumpuh maka tinggal di darati 15 LHD dan LPD LST, untuk angkatan udara mereka tidak akan mungkin mampu memberesi lautan infantry kita yang sudah terlanjur bercampur dan berbaur dengan penduduk mereka.

    Yang penting netralizier dulu fregate mereka, kalau SAM mereka berada di tengah tengah kota, sejenis patriot ada juga yang mobile, tapi pasti dengan mudah bisa diberesi oleh infantry kita

    pada saatnya nanti
    SERANG
    SERANG
    SERANG……

    mbah mendukung di belakang
    mbah akan mendukung dengan doa
    yang muda harus membaktikan diri demi ibu pertiwi
    bila negara membutuhkan maka serahkan nyawa, jangan pikirkan keluarga.

    INGAT YA DEK, perang itu indah bila dilihat di film DVD, tapi ngeri saat sudah ada di kapal sekoci pendarat ampibi.

  51.  

    singapura kita skat aja laut ma udara ya bikin rakyat gk makan kabur smua tuh orang singgapur

  52.  

    Ealah mbah bowo..
    ORASINYA menggetarkan..
    tak kiro siap didepan…ternyata siap MENDUKUNG DENGAN DOA DI BELAKANG to..

  53.  

    mbah bowo kasih dotkrin singapore saja biar enggak ngoceh tentang china…xi..xi..

  54.  

    Perang terbuka dgn upil gak bakal terjadi…ASU tentu akan menekan upil karena jika kita berkonflik dgn upil maka yg kena getahnya tentu ASU karena sdh rahasia umum ASU ada di balik “ngotaknya” upil…kebijakan ekonomi kita akan mempersulit ASU…gertakan minerba sj sdh buat ASU kelimpungan dan terbukti isapan jempol mereka bs menyetir kita tdk mempan…apalagi kalau kita ribut dgn upil atau sonotan mereka akan lebih merasakan sentimen negatifnya…

    Upil harus di provokasi untuk memulai duluan sehingga kita dpt meraih dua kemenangan sekaligus yaitu perang dan diplomatik… kalau itu terjadi sy yakin FPDA akan diam saja…ASU akan berupaya jd penengah karena kepentingannya dgn indonesia lebih besar dari upil…tanpa netralitas indonesia ancaman ke sekutu besarnya sonotan akan terbuka lebar Karena mereka tahu,secara psikologis rakyat indonesia lebih dekat ke cina dan rusia ketimbang barat…terlalu banyak torehan yg diukir pisau barat di hati bangsa indonesia…

    Cara terbaik menundukkan upil adl.dgn mencekiknya secara perlahan dgn membuat tiruan semua usaha sumber keuangannya…memodernisasi batam menjadi hub ekonomi baru asteng adl.salah satunya…kemudian dukung pembangunan terusan kra…dijamin kalang kabut pelabuhan upil…lalu rebut supremasi penerbangan komersial dgn mengambil alih FIR dr mereka…

    Janganlah rasis dgn mengatakan upil berulah begitu karena etnis tertentu yg mendominasi pemerintahan…mereka begitu karena kita yg memberi mereka kesempatan…tegaslah maka kita tdk akan diinjak…kalau perlu berilah contoh semacam terapi psikologis…kamp konsentrasi misalnya :mrgreen:

  55.  

    Sehebat apapun alutsista singaporn kalo tidak dibekingi asu jangankan dibom dikencingi orang sesumatra aja sudah tenggelam singaporn apalagi habis minum tuak medan weleh weleh….

  56.  

    cuma inget aja dlu ada yg komen, sekarang jaman terbuka, ga mungkin masukin/beli alutsista diam-diam…
    masih ngga percaya? jangankan negara yg berdaulat, yg separatis aja bisa masukin senjata diam-diam πŸ˜€

    senggol yg ngga percaya kalo Indonesia punya alutsista yg tidak dipublish (walau saya juga ngga tau alutsista apa), dan bukan Indonesia saja, saya yakin negara lain pun sama, tinggal bagamana intel masing-masing bekerja.

    saya mah percaya ma TNI untuk keamanan negara, dan bila membutuhkan bantuan rakyat, saya siap membantu.
    org jaman dlu dianjurkan bisa memanah, kalo skrg mungkin panah diganti senjata api kali ya.. hihii

  57.  

    Perkuat wilayah Riau dan kepulauan, perlengkapi dgn rudal anti pesawat buatan rusia, SA 300 or 400, selain itu pertahanan laut juga di tingkatkan guna menyerbu singapura dengan cepat apabila negara dlm bahaya. Pesawat tempur sukhoi perlu di perbanyak di basis Riau kepulauan.

 Leave a Reply