Sep 202012
 

KRI Cakra 401

Kalau dipikir-pikir, ada yang ganjil dengan armada bawah laut Indonesia. Saat ini TNI AL hanya memiliki dua kapal selam gaek namun harus menjaga wilayah laut Indonesia yang demikian luas. Bayangkan saja, 2/3 dari wilayah Indonesia adalah lautan.

Hal itu kontras dengan pengadaan alutsista untuk matra darat, udara maupun permukaan laut. Lihat saja, alutsista untuk matra permukaan laut  terus ditambah dengan: 4 Korvet Sigma, 3 Nakhoda Ragam Class, 1 PKR Sigma 10514, PKR Trimaran KRI Klewang, 4 Heavy Landing Platform Dock KRI Makassar Class, KCR-40 dan kapal-kapal patroli lainnya, BMP-3, Ruda C-705 dan lain-lain.

Matra udara ada penambahan: 6 Sukhoi SU30MK2, 16 Super Tucano, 34 pesawat F-16 Block 32++, 9 C-295, 4 Hecules, Bell 412, CN 235, Rudal anti udara dan lain-lain.

Sementara untuk matra darat ada penambahan: 100 MBT Leopard Revo, 50 IFV Marder, MLRS Astros II, ATGM, Meriam Caessar 155mm, Rantis Sherpa, Panser Anoa, Rudal anti udara Startreak dan lain sebagainya.

Pengembangan kekuatan bawah laut yang terkesan ketinggalan, terseok-seok, hanya dijaga dua kapal selam tua. Apakah keputusan itu masuk akal  ?.

Kapal Selam Changbogo

Memang ada rencana pembuatan 3 kapal selam Changbogo dari Korea Selatan. Namun pengadaan kapal selam ini masih menuai kendala, terkait transfer of technology. Korea Selatan meminta dana yang cukup besar untuk ToT. Bukan itu saja, Korea Selatan pun, mengaku tidak mungkin memenuhi syarat yang diajukan Indonesia untuk pengadaan 3 kapal selam Changbogo.  Artinya proyek kapal selam Changbogo ini belum jelas.

Kapal Selam Changbogo Korea Selatan

Dengan demikian, banyak lubang besar di bawah laut Indonesia yang menjadi titik lemah negeri ini, sekaligus memberikan jalan masuk bagi kapal selam asing. Kondisi ini menempatkan kapal-kapal permukaan TNI AL dalam posisi berbahaya dan menjadi sasaran empuk. Padahal kita tahu, kapal selam adalah salah satu deteren dalam alutsista militer, karena keberadaannya susah dilacak.

Bahkan negara-negara besar seperti AS, Rusia, Inggris, Perancis dan China terus memodernisasi armada kapal selam mereka.

Dengan kondisi di atas, apakah tidak aneh Indonesia hanya memiliki 2 kapal selam tua, sebagai pertahanan bawah laut ?. Tentu Aneh.

Kapal Selam Tetangga

Sekarang mari kita bandingkan dengan kapal selam negara tetangga, agar kalkulasi yang kita dapatkan lebih cermat.

Negara mini seperti Singapura, memiliki 6 kapal selam modern. Namun mereka terus memperkuat armada bawah laut  dengan memesan 4 kapal selam Scorpene class SSKs dari DCNS Perancis. Sebentar lagi Singapura akan memiliki 10 kapal selam yang siap tempur dan menggentarkan.

Bahkan Vietnam yang ekonominya masih di bawah Indonesia sedang mendatangkan 6 kapal selam  Improved Kilo (Kilo-636 KMV). Kontrak pembelian kapal selam itu dilakukan Vietnam ke Rusia pada tahun 2010, dan akan datang satu kapal selam, setiap tahunnya.

Kapal Selam Scorpene

Adapun Malaysia memiliki dua kapal selam modern Scorpene yang dikerjakan  Galangan Kapal Perancis DCNS bersama rekannya Navantia Spanyol. Sebelum menerima kapal selam itu, 150 prajurit Angkatan Laut Malaysia dilatih mengenal dan mengoperasikan kapal selam Agosta Class, yang telah dipensiunkan dari Angkatan Laut Perancis.  Malaysia sedang mempertimbangkan penambahan jumlah kapal selam, setelah Angkatan laut mereka terbiasa dengan 2 kapal selam Scorpene yang dibeli dari Perancis.

Malaysia memang baru memiliki 2 kapal selam, namun jangan salah kapal selam mereka sudah modern. Selain itu luas laut yang harus dijaga kapal selam Malaysia, jauh lebih kecil dibandingkan Indonesia.

Negara tetangga di Selatan, Australia memiliki 6 kapal selam Collin Class yang dibangun bertahap sejak tahun 1996. Kapal selam ini dibuat oleh Australian Submarine Corporation bekerjasama dengan Galangan kapal Kockums, Swedia- Jerman.

Australia sendiri telah mencanangkan penggantian 6 kapal selam mereka sejak tahun 2007, dengan nama Project SEA 100. Kapal selam Collins akan digantikan oleh 12 kapal selam yang lebih modern.

Kapal Selam Collin Class AustraliaDengan konstelasi seperti itu, armada kapal selam Indonesia paling kecil secara kualitas-kuantitas dibandingkan negara-negara di sekitarnya.

Jumlah kapal selam Indonesia yang hanya dua unit, cukup diragukan oleh berbagai pengamat militer internasional. Alasannya, secara hitung-hitungan militer, jumlah itu sangat minim. Keraguan lain disebabkan hingga saat ini Indonesia maupun Rusia belum pernah terdengar membatalkan pembelian 2 kapal selam Kilo Class. Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin sudah menyetujui kredit ekspor untuk pengadaan kapal selam itu sebesar 700 juta USD.

Presiden SBY melihat model Kilo Class

Bahkan sebagian pengamat militer negara asing mempercayai Indonesia memiliki 4 hingga 6 kapal selam Kilo Class. Kalaulah dugaan itu betul adanya, beruntunglah Indonesia. Namun jika dugaan itu tidak benar dan Indonesia hanya memiliki 2 kapal selam tua, tentu kebijakan itu terasa aneh. Yang membuat penasaran adalah, mengapa TNI AL tampak tenang-tenang saja, walau hanya memiliki dua kapal selam gaek, sementara armada permukaan laut terus digenjot jumlah dan kualitasnya (JKGR).

  170 Responses to “Misteri Kapal Selam Indonesia”

  1.  

    Palsu tapi Asli.. nah..Loe…

  2.  

    Kira-kira apa alasan pak pur dikasih sama dubes rusia tanda jasa telah memperkuat kerjasama pertahanan antar kedua negara, apa gara-gara beli 6 sukhoi baru?
    setelah itu tanda jasa yang sama diberikan ke KASAL untuk jasa yang sama, apa karena udah milih produk rusia 37 buah BMP-3F? hehe..
    atau masih mau nawarin produk laen? masa mau nawarin ngasi tanda jasa sih.. jadi intinya mungkin yang udah ada dateng 2 tapi yang laen dalam perjalanan hayo…hahaha

    •  

      harusnya kalo emang SU-30 memang kontrak jual beli senjata yang sangat mahal antara kedua negara, yang dapet bintang tanda jasa karena telah memperkuat pertahanan kedua negara ya pak KASAU dunk.. gimana2x? 😉

  3.  

    Gak perlu ragu indo punya ks > dari 2, buat apa bangun pangkalan ks di palu ,klu cmn dua buat aja halte ks gak usah terminal he..he…kya angkot aje

    •  

      pangkalan ks di palu untuk persiapan 3 ks dari korea dan untuk “halte” bagi 2 ks cakra dan nenggala apabila mau “melancong”, dan pangkalanya kecil aja (karena baru bangun).

  4.  

    bicara tentang misteri kapal selam tni al, masih ada misteri lain dari tni al, mungkin ada
    temans yang pernah membaca atau mendengar rumors ttg MILGEM class corvette utk tni al?
    ini yang caya baca pada malaysiadefence.blogspot (defensi malaysia)….
    “on the 6th of april 2011, indonesia and turkey signed cooperation agreement on defence
    industry including the construction of 2 MILGEM class corvettes to the indonesian navy…”
    (bentuk corvette milgem mirip dgn sigma 10514), corvette MILGEM n SIGMA merupakan
    gabungan yang awesome….. ada yang tau???

  5.  

    “Additional countries that have recently purchased Project 636 Kilo-class submarines include Indonesia, who ordered two in 2007 at a cost of $200 million each”

    ORDER not BUY or CONTRACT.
    Indonesia emang pernah berkeinginan membeli KILO-CLASS, karena dalam kausul kredit dari Rusia dicantumkan wajib beli KILO, namun Indonesia membatalkan karena tidak ada ToT, dan akhirnya sisa kredit “diusahakan/dialihkan” untuk membeli lainnya.

    Dalam membaca berita, lebih baik membaca berita-berita dari sumber lainnya, sehingga kita dapat menimbang benar/tidaknya berita tersebut.

    •  

      Purchase = BUY ?.

      Rujukan terbaru artikel itu: RIA Novosti, http://www.rian.ru, 24th June 2009.
      Berarti artikel ditulis setidaknya setelah Juni 2009. Kalau artikel menyebut pemesanan tahun 2007, telah cukup banyak waktu (2 tahun) untuk mengkonfirmasi
      info tersebut via berbagai jalur / sumber berbeda

    •  

      Pada 31 Juli 2009, Jane juga merilis berita, bahwa tender ditunda sampai 2 tahun setidaknya sampai 2011. dari berita tersebut maka klop bahwa Indonesia hanya memesan 3 kapal dari Korea (pemenang tender), sedangkan sisa kredit masih tersisa sekitar USD$700 juta.

      Kalau misalnya Indonesia jadi beli kilo tahun 2007, pakai uang apa ? sama sekali tidak mungkin memakai uang sendiri atau kontan. karena sudah habis buat lain-lain. dan kalau pakai kredit dari lembaga lain, pasti ada laporannya untuk disampaikan ke publik.

  6.  

    Mr melektek; apa komentar anda dengan penampakan KS kilo class 412
    Di kalender meja yangg diterbitkan dispenal TNI AL
    Apakah dispenal berkhayal atau mimpi gak kesampaian?

    Kalau dibuat rahasia amerika da pasti tahu dengann spynya..dirahasiakan tuk siapa?

    Kennedy:A nation that is afraid to let its people judge the truth and falsehood in an open market is a nation that is afraid of its people.”

    •  

      Gampang saja, selama saya tidak melihat sendiri maka saya tidak 100% percaya, bahkan 90% pun tidak, atau mungkin 50% pun tidak.

      kecuali publik(masyarakat banyak) sudah mengetahuinya/melihatnya baru saya percaya.

      bandingkan dengan berita lain, bukti lain, filter, kalkulasi, dsb, baru kita yakin, hal itu benar ???

      •  

        HANYA MASYARAKAT BODOH YG OTOT2AN NGREMBUK ALUTSISTA MILITERNYA SENDIRI, SILAHKAN BERANALISA YG SESUAI DG PENGETAHUAN NYA, JADI NDAK PERLU OTOT2AN, SANTAI SAJA BROO…….

  7.  

    Sebelum ada penampakan dikalender itu saya hanya 50 persen percaya kitaa punya kilo..
    Karena dubes rusia sempat keceplosan berstatetmen
    Kalender itu yangg merubah banyakk pandangan masyarakat
    Apaa iyaa dispenal berkayal? Semogaa tidakk
    Karena di release hutang luar negri kitapun tak tampak pembelian KS itu
    Tak tahu bilaa memakai biaya taktis ataupun ontop tuk pembiayaannya..

    Sebagai rakyat biasa kitaa gakk kepingin membongkar rahasia militer kita
    Hanya sangat bangga sekali bila memang kitaa mempinyai KS kilo..

    Tuk mr melektek thanks tuk semuaa ulasannya..
    Tuk mr dexter Dann mr danu ditunggu pencerahannya lagi biar saya saya rakyat biasa inii bertambah jiwa patriotnya

  8.  

    yg saya bikin heran,
    1. kenapa jepang mengeluarkan statement ” kenapa indonesia sampai mempunyai 6 KS kilo padahal tidak sedang perang?” (sumbernya lupa)…
    2. soal media luar negeri, kenpa mereka sampai tahu dan bisa mengeluarkan statementnya soal pembelian dan pengiriman kapal selam dari rusia ke indonesia? g mungkin lah media luar negeri bisa memberikan pernyataan tanpa disertai bukti/sumber yg kuat?
    3. yg paling aneh lagi, kenapa indonesia hanya mengoperasikan 1 KS (1 KS sedang retrofit di korsel) untuk menjaga kepulauan seluas indonesia?
    4. yg baru2 ini, TNI AL akan melakukan uji coba rudal Yakhont yg lebih panjang dari KRI nangala 401/402?

    •  

      1. Jepang mengeluarkan statemen itu, karena indonesia berencana “AKAN” membeli setidaknya 12 kapal selam, padahal bukan dalam keadaan perang, saya masih ingat artikel itu.
      2.media mana ? kalau media terkemuka memuat berita itu, biasanya media lokal akan meresponnya, dan akan ramai, dan akan ada statemen langsung dari TNI-AL.
      3.karena emang mampunya segitu, mau apa lagi ???
      4.kemungkinan salah ketik, coba anda hitung ketinggian rudal Yakhont dan ketinggian U-209 dan KILO, lha wong Fregat Van Speij aja kewalahan membawanya, dengan mengorbankan Hangar Heli.

      •  

        1. ohhh… masih berencana “AKAN” membeli? dikirain udh bersiap membeli…
        2. contohya (maaf kalo salah dan maaf kalo itu bukan media): VOA (voice of america) seperti yg di post oleh dexter dan WH…
        3. bener juga ya…
        4. kalo salah ngetik seperti g mungkin, ini saya ambil dari sumber http://www.tnial.mil.id/News/Seremonial/tabid/79/articleType/ArticleView/articleId/9679/TNI-AL-LAKSANAKAN-UJI-COBA-RUDAL-DAN-TORPEDO.aspx

        – rudal yakhont;
        panjang : 8,9 m

        – U-209
        59.5 × 6.2 × 5.5?m

        – kilo
        Ada beberapa varian kelas Kilo sehingga spesifikasi berikut mungkin tidak cocok untuk semua varian. Berikut adalah spesifikasi secara kasar.

        Dimensi :
        Panjang : 70-74 meter.
        Beam: 9.9 meter.
        Draft: 6.2-6.5 meter.

      •  

        tuh kan anda sudah analisa sendiri :
        Panjang Rudal Yakhont = 8,9 meter, itu belum ditambah pod untuk menaikkan rudal ke permukaan, total perkiraan = 10 meter.

        U209 :
        Beam(dasar – menara) = 5.5 meter, jadi tinggi badanya perkiaraan < 5 meter
        Kesimpulan = berita ngawur / Imposible

        KILO :
        Beam(dasar – menara) = 9.9 meter, jadi tinggi badanya perkiaraan < 9 meter.
        Kesimpulan = Imposible

        dan kalau di luncurkan secara horizontal hanya tersedia tabung 533mm, hanya rudal yang berukuran lebih kecil dari torpedo saja yang bisa diluncurkan.

        mungkin hanya kapal selam kelas Typhoon saja yang bisa menggotong Yakhont

  9.  

    sudahlah
    jangan kita ngomongin rahasia negara
    lagipula siapa yang kagak bingung kenapa TNI AL adem ayem menjaga jutaan km2 luas lautan Indonesia hanya dengan 2 lontong…
    Amur dan Project 636 biarlah menjadi misteri dibalik semboyan “tabah sampai akhir”
    upppsss..

  10.  

    sorry kalau OOT,,,
    saya cuma mau tanya, katanya PT DI sedang mengerjakan 11 helicopter ASW berjenis Superpuma pesanan TNI AL, tapi kenapa disisi lain TNI AL juga tengah membeli 11 Heli ASW Super Seasprite?
    yang mana kah yang sebenarnya telah dibeli TNI AL?

    Apakah kita memang membeli 11 Superpuma ASW dan 11 Super Seasprite sekaligus?

  11.  

    Mr melektech_ apaa komentar anda dengan data ygg disampailan mr nisus dan mr tpx
    Mohon pencerahannya

    •  

      List itu adalah “RENCANA” yang setiap saat bisa berubah, belum ada kontrak, kalau kontrak pasti udah di “SIARKAN” oleh media lokal, apalagi uang se “GEDE” itu pasti..ti…ti.
      apalagi para pejabat kita di TNI atau DPR sekarang suka “PAMER” mulut, macam si TB.

      yang di maksud “RAHASIA” sekarang ini adalah SPEC nya bukan BENDA-NYA, seperti China, negara itu tidak bisa menyembunyikan benda-bendanya macam kapal selam, pesawat dsb, tapi Spec dari benda benda itulah yang bikin penasaran para analis……….

      tapi saya juga Analis, jadi jangan langsung percaya, salam….

  12.  

    Hallo, kok yakhont nya ternyata masih tetap dari KRI Oswald nih. Berarti gosip di forum ini yang katanya akan ditembakkan dari kapal selam Nanggala keliru dong?

  13.  

    terima saja yg ada. kemungkinan 2015 baru datang 1. salam

  14.  

    kapal selam di gambar ini pinya siapa yah…?

    http://i37.servimg.com/u/f37/15/17/50/11/15hc0u11.jpg

    •  

      Foto yang sangat manarik.

      Kedua foto sepertinya otentik, dalam arti sudut pandang terhadap awak yang berada di atas ‘deck’ dan terhadap awak di atas bridge dari posisi pemotret secara perspektif dan proporsi sudah benar -bukan hasil editing/tempelan.
      Dari segi fisik/perawakan, para crew pada foto kemungkinan besar orang Asia Tenggara / Asia Timur -cocok dengan bendera merah putih.

      Catatan: meng-edit warna bendera relatif lebih mudah (in case KS tsb milik AL Vietnam) 🙂

      •  

        Ngarang aja nih gambar, justru bendera ini sendiri yang membuka tabir bukan KS TNI AL:
        – Warnanya saat berkibar terlalu mencolok dibanding warna lain.
        – Kalau “KS Kilo TNI AL” barang rahasia, saat nyembul ke permukaan nggak perlu munculin bendera identitas negara.
        – Kalau benar mengibarkan bendera merah putih untuk show, kenapa kapalnya malah nggak pakai nomor?

    •  

      Ah…mnrt sumber yg saya baca di forum “sebelah”, foto itu beneran kok, tp bukan KS milik kita. “Katanya” sih punya suatu negara yg punya Shah Rukh “Rahul Khanna” Khan. Bendera merah putih itu juga “katanya” emang naval jack-nya mereka, kok.

  15.  

    menurut saya indonesia memang punya lebih dari 2 KS, buktinya malaysia dan singapura merespon dengan memoderenisasi kapal selamnya masing2..??? potensi konflik malaysia vs indonesia, singapura vs indonesia adalah dilautan, buat apa mereka memoderenisasi KS dengan biaya yang sangat mahal hanya untuk melawan 2 kapal selam butut indonesia. Indonesia adalah kekuatan baru dari utara …

    maaf hanya pendapat orang awam gan dan mudahan bener adanya…..bravo Indonesia Ku

  16.  

    kalau yg dikalender TNI Al yg no 412 asli atw palsu, adayg bisa kasih info?

  17.  

    betul ternyata Indonesia punya lebih dari 2 kapal selam, yang terbaru ditaruh di BALI, Namanya KRI Odyssey..!

  18.  

    tenang tenang saja itu mennjukan indonesia pnya kpl selam kilo

  19.  

    Lihat di link wikipedia kilo class ne http://en.wikipedia.org/wiki/Kilo_class_submarine
    Indonesia adalah salah satu operator(penguna) kilo class, namun jumlahnya memang dirahasiakan..

    Mybe yes, Mybe no.. 😀

  20.  

    kalo mnrt ane mending anggep aja kita udah miliki sub Kilo Class 6biji agar negara para maling sekitar kita tahu. Kan jadi efek detrrent. Trus kalo dah punya mo apa????

  21.  

    pembelian kapal selam dari rusia dan kapal selam dari korea selatan,tidak masalah…Asal jujur (catatannya adalah sifatnya amanah,bprilaku tabliq dan mampu berpandangan yang shidiq).Jaman presiden SOEKARNO mampu memoderenisasikan alutsista TNI.AU,dan TNI.AL,…kami yakin jaman Presiden SBY,sanggup mendatangkan 30% lebih moderen dari jaman SOEKARNO.Aspirasi DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL BANTEN.

  22.  

    oh ya, sudah pernah saya share kalau dubes rusia untuk indonesia pernah mengatakan kalau indonesia sudah punya kapal selam BNV… sekarang saya ketemu singkatan dari BNV tersebut

    “Kelas BNV adalah nama lain dari kelas Kilo 636 singkatan dari B =(B)(bolshaya, large) N = Novorossiysk (nomor B-261) V = Varshavyanka”

    ada lagi info dari twitter

    http://twitter.com/TweetMiliter/status/276509752488517632/photo/1

  23.  

    Iya, Keberadaan KS BNV itu memang benar sudah dibeli TNI AL kita dan telah beroprasi, Cuma hal ini sengaja diragukan biar tidak di umbar ke publik kayak forindo yg suka gombar-gambir ke topix sampe ke blognya Malingkundang segala…

  24.  

    Maaf ane orang awam, kalau memang kilo beneran udah ada, ane hanya bisa bersyukur, berarti para yang terhormat di Komisi I udah pada kompak tutup mulut semua, padahal setahu ane mereka hobi banget bikin kontroversi and beda pendapat dengan anggota lain yg beda partai, termasuk waktu mau beli Leopard. Belum lagi ICW, Fitra, Imparsial yang kemarin ikut2an, berarti mereka semua gak tau atau mungkin malah merestui pemerintah beli senjata hebat.

    semoga kekompakan komisi I and pemerintah ini berlanjut buat nutupin pembelian senjata dahsyat lainnya macam S-300, Sukhoi PakFa.

    Tapi kalo menurut ane sih gak perlu ditutupin, liat aja vietnam bisa beli sampe 6 Kilo, kalau perlu kita jangan cuma beli 2 kilo tapi 2 kuintal sekalian..

  25.  

    Ada sumber yang mennyatakan bahwa sebenarnya Kilo 412 dan Ks 209 dgn no 410 (ada di Youtube di acara Handmade) itu benar adanya dan kelender TNI AL itu gak salah, hanya saja…kedua KS itu adalah KS sewaan dari India….ketika Cakra dan Nenggala akan di Overhaul di Kroya. Yang menjadi pertanyaan sebenarnya adalah….jika ada KRI diberi No 401, 402, 410 dan 412……lalu no 403-409 dan 411 itu KRI Hantu? hiiiiiiiiii….

    •  

      Kapal selam nomor lambung 410 yang nampak di Youtube (acara handmade episode pasukan katak) menurut saya bukan type 209. Itu Kapal selam Whiskey class kita (KARI Pasopati) yang sekarang udah jadi monumen di Surabaya (mungkin rekaman video klip itu mencuplik video KRI Pasopati ketika dulu masih aktif)

    •  

      yang nampak di youtube (acara handmade episode pasukan katak) bernomor 410 itu bukan KS type 209, tetapi adalah KRI Pasopati (whiskey class) nomor lambung 410, yang sekarang udah jadi monumen di Surabaya. Video klip itu mungkin mencuplik rekaman ketika KRI Pasopati masih aktif berdinas dulu.

    •  

      yang ane bingung, kenapa sekarang acara handmade itu udah gak siaran lagi ya ? menyangkut penyiaran rahasia negara kah ?

  26.  

    Kgak ada berita baru ya? 😀

  27.  

    kok saya merasa aneh ya…
    begini, indonesia sudah mendapatkan kredit dari rusia $1 M, dan sisa kemungkinan sekitar $500 – $700 juta lagi… tapi indonesia kredit lagi ke rusia sebesar $ 400 juta… apakah $500 – $700 juta sudah habis atau blm? kalau belum kenapa harus kredit lagi ke rusia…. khan bisa pakai sisa kredit $1M….

  28.  

    beli barang yah menurut kebutuhan n spesifikasinya, masa beli tiger di pake buat jamping yah hancur sobrekernya,masa beli beli porche mau di kebut di jalan keriting mubazir namanya tuh.masa beli kapal selam spek laut dangkal buat laut dalam (mungkin bisa) tapi klo buat di adu sama herder tetangga di laut dalam mungkin kalah spek.kalau beli kapal selam laut dalam pastinya kandangnya di perairan laut dalam dan jalan2nya pasti di daerah laut dalam dan laut dalam hanya ada di sekitar daerahnya “bli kecak” ke arah timur dan sekitar daerahnya daeng ama mange.kira2 kandangnya kilo bsa dibuat n ada di daerah itu.kalau di forumnya umum jangan terlalu di open infonya,bsa jadi intipannya tetangga wkwkkwkwkwk.pendapat cah awam….Aitarak Rasta

  29.  

    Sebenar adalah, ya Indonesia telah memiliki paling banyak 6 kilo class submarine, terakhir kedatangan pada tanggal 26 September 2010.

    Pada saat penghantaran pertama , semua negara di region asia Pasifik telah resmi mengeluarkan pernyataan dan pertanyaan tertulis , tercatat Australia dan Jepang menerima keberadaan Indonesian Kilo class dengan catatan pertanyaan:
    Mengapa ,Indonesia yang sedang tidak dalam keadaan berperang mengakuisisi 4 unit dari 12 Kilo dan Lada class subs (waktu itu) senjata lethal bawah air.
    (11 September 2007-Voice of America)
    Telah dijawab tertulis dan lisan melalui perwakilan di UN dan masing-masing Pemerintahan secara incognito

    Begitu kerepotan militer indonesia pada saat ada beberapa leak oleh forum sipil dan pengamat ,iliter independen yang terlalu bersemangat , tentang terlihatnya barge dan kapal tug penarik subs dengan spesifikasi Kilo class,Leaks dari kointraktor tentang pembangunan dan letak pangkalan dan lainnya

    Keyakinan akan kepemilikan senjatta ini oleh sipil dapat mebuat arms race di region meningkat ke level melampaui yang tidak perlu dengan mulai di amatinya beberapa pangkalan kapal selam Indonesia di daerah Timur dan Java bagian tengah

    Penyelidikan , untuk masa sekarang tidak akan dilakukan militer Indonesia, mereka yang terlibat dalam pembelian ini, meyakinkan beberapa perwira muda dengan posisi strategis mereka bahwa Subs ini adalah senjata rahasia ,
    pihak Sipil juga mencoba membuat beberapa disinformasi , semua semata hanyalah untuk menutup betapa besar nilai project yang terjadi dan kebocoran yang terjadi sangat luar biasa,

    Tidak ada kerahasiaan , yang ada adlah kepentingan agar biaya pengadaan ini tetap menjadi biaya pengadaan “rahasia demi kepentingan negara.”

    Kita akan tunggu sampai perwira2 muda yang idealis itu mempunyai jabatan tertinggi di militer dan sipil
    Lebih dan kurang , YA, Indonesia mempunyai Subs dalam jumlah diatas ideal , cukup untuk berperang.

    •  

      Saya pernah bertanya pada (X) walopun sesama anggota XXX AX ga akan ada yang tahu jumlahnya dan untuk urusan kapal selam itu Alutsista sangat sangat RAHASIA. (X) cuma ngasih tau jumlahnya ada diantara 2 – 8, kalo untuk berperang didalam negri kita bakalan kalah sama negara2 AXXXX udah aaaaah kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuurr….. hahahaha….

  30.  

    kapal selam adalah unit khusus sngt rahasia…so tidak ad unit lain dlam tnda kutip demi kpentingan keamanan negara mngetahui untk mnghadapi situasi yg nb=mnjelang akan di hadapi…
    yg pasti unit ini siap dan slalu siap mnghadapi kmungkinann besar gelar perang bawah laut yg tntu jg akan jd sngat 2 rahasia….oprasi opini hnya kpntingn untuk yg lain2.

  31.  

    dlm memodernisasi alusista tuk smtra bolehlah kt tengok sana-sini, tuk kdepanya kta bangun indstri pertahanan sendiri, sy yakin ko orang kt pintar2 buktinya banyak posisi2 strategis dinegara maju banyak dari orang2 kt, klau cuma sekelas scorpene seperti yg dimiliki tetangga kita, gampang …nanti kita bikin yg lebih dari itu yg paling sip made in sendiri canggih lagi, didukung yg bw super berani,klu cuma altnya yg canggih tapi yg bw banci up sorry… apalagi suka nyuri2, dijamin teu barokah.

  32.  

    Salah Pakde, yang betul tuh :
    – 2 KS – U209
    – 5 KS Kilo BNV
    akan datang
    – 3 KS Astute – BAE English
    – 2 KS Scorpen
    – 2 KS Amur
    – 3 KS Kilo
    – 3 KS u209/1300
    akan produksi setelah 2020
    – 2 KS u209/1300

  33.  

    IndONEsia memang mempunyai dua kapal selam tp bukan dua unit melainkan dua puluh unit.dgn perincian sebagai berikut 401 “Cakra” (7 unit),,402 “Nanggala” (7 unit) selebihnya polos tanpa nomor lambung (6 unit)…

    Kapal selam indONEsia memang sudah tua tapi karena taktik nomor lambung kembar membuat kapal selam indONEsia bermode siluman..

    “Jales Veva Jaya Mahe”

    -NKRI HARGA MATI-

  34.  

    Berita yang bermanfaat IZIN SHARE..?

  35.  

    Bukan merendahkan negri ini selama kita menjadi pengonsumsi alutsista kita ini bukan apa
    Apalagi amunisi yg blum bisa biat sndri sy pernah dgr di forum2 yg mengatkan kalaulah kita berperang kita hanya bertahan 3 hari masuk akal sih sebab amunisis kita terbatas

 Leave a Reply