Aug 162015
 
Kapal selam KRI Nanggala saat tiba di dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabaya, kemarin (6/2).F-FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Kapal selam KRI Nanggala saat tiba di dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabaya, kemarin (6/2).F-FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Ada berita menarik seputar CARAT 2015 yang diadakan antara TNI AL dengan Korps Marinir dan US Marinir, di mana ada satu latihan “penginderaan dan perburuan” objek bawah laut terutama Kapal Selam.

Dalam latihan ini TNI AL mengunakan KS Nanggala 402 buatan Jerman yang dibuat tahun 1980 dengan posisi menyelam di kedalaman 100 Meter.

Sementara pihak AL Marinir USA mengunakan pesawat maritime patrol tipe P-3C Orion, jenis pesawat pengintai dan pemburu kapal selam yang menjadi andalan USA Marine.

Latihan dengan tema (seacrh and rescue) dimana dilakukan simulasi SAR terhadap peristiwa kecelakaan laut. P-3C Orion dilengakapi GPS dengan bantuan satelit, yang kemampuannya dapat menangkap “objek” di laut dan di dalam laut. Hal ini diungkapkan oleh kru pesawat P-3C Orion Larry Ray Collins, yang merupakan kru US Navi AW02.

KRI Nanggala

KRI Nanggala

Pesawat P-03C berusaha melakukan pencarian objek bawah laut di mana targetnya adalah menemukan KS Nanggala 402 TNI AL. Singkat cerita P-3C Orion tidak dapat menemukan KS Nanggala 402 TNI AL, walaupun telah dibantu sensor canggih dari pesawat P-3C. Orion. Sekian.

Telik Sandi

  141 Responses to “Misteri Kapal Selam KRI Nanggala”

  1. radarnya dijamming ma nanggala upgradean 🙂

  2. hebat

    • Teringat ketika latihan bersama malaysia beberapa dekade yg lalu…
      Kapal selam tni dikira pulang ke markas karena kapal perang tentara malaysia tidak bisa menemukan,padahal kapal selam tni ada dibawah kapal jiran itu,para awak ks pun tertawa gembira,..
      Singkatnya ketika kapal perang malaysia ngambek pulang (mengira ks tni ngumpet d pangkalan) dan menyudahi latihan ,dengan mengejutkan ks tni muncul ke permukaan…. ciluuuuuk baaaa

      Jalasveva jayamahe

  3. Pemburu pertamax..eehh salah
    Pemburu nanggala

  4. ewaooooo…

    amazing…..

  5. lhoh,,,,singkat bgt ceritanya, 🙂

  6. Besi tua tapi handal
    ibarat motor shogun 110cc di oprex jd 150cc

  7. Tanpa meragukan kemampuan ks kita,tpi sumber berita tidak falid dan seakan mengada ada, ,lebih mengejar kualitas judul dari padi isi artikel, ,

  8. ceritanya kurang panjang nih :p lebih pendek daripada cerpen

  9. jahaha.. dan saya nguyu

  10. cerita ko sepotong doang…ga seru

  11. ki modele ganti meneh to kang admin?

  12. Pindah server lg ni.smoga lbh baik dari kemaren.

  13. Mantab

  14. maaf bung Diego … ane lebih faham ma tampilan jadul neh

  15. Whahaha

  16. kru nanggala dibantu dedemit laut jd mau nrawang gk bisa😁😁😁😁😁😁😁�

  17. kemampuan pesawat aks memang masih diragukan sampai sekarang…. apalagi model MAD (magnetic anomaly detector)…. masih terjamin dipping sonar yang dicemplungin ke laut lewat pesawat aks

  18. sedangkan klau penghuni bawah laut jiran kalau mau nylonong ketauan trus soalnya kru nanggala dibekali paso benggala sama mak lampir muhehehe

  19. Tumbuhan yg Menempel ke KS ber Fungsi juga ya,,,,
    Hanya 2 , Bertugas Puluhan Tahun,, jadi banyak Rumput/Lumut yg nempel ke KS
    senjata alami ………… weh weh weh weh

  20. CuuCookkkk…

  21. tes
    netesss
    ces
    ces.,

  22. Nanggala sllu strong dbwah laut. Ketdkmanpuan idung pc3 orion mngndus si lontong bs jd kmmpuan nanggala tlh diapgred dg tknologi stealth.

  23. boleh tau ini berita dari mana? media, user atau sekedar asumsi .

  24. mungkin radar P-3 orion gak bisa menebus selubung ratu pantai selatan yg ditebar sehingga KRI nanggala seolah hilang dilautan selatan jawa

  25. nanggung amirr,bkin pnasaran aje

  26. Ijin nyimak en ikut nimbrung ya bung admin en rekan warjag,
    Salamsuper selalu …

  27. Yang diendus bukan 402, tapi yang laen…… saudaranya…..

  28. Tes

  29. Orionnya merendah kali…

  30. kok seperti cerpen dongeng dari timur tengah…

  31. P3c orion kebingungan arena bunyi “ping” lebih dari 2 ?

  32. MERDEKA INDONESIA

  33. test.
    kri nanggala sepertinya punya rumah di dalam laut..
    jadi begitu menyelam sebenarnya pulang ketempatnya, jadi seperti hilang…

  34. Sebetulnya KRI 401 @ 402 mudah terdeteksi. Masih ingat artikel mercusuar Tanjung Datuk yang katanya KRI udah terdeteksi ama kapal tua TLDM.
    Atau artikel lama itu hanya mengada-ada ajah?

  35. p3orion ya bingung kok yg di cari satu tpi yg mucul di layar 6 owokwkow kaboorrrrrrrr

  36. Nanggala susah ditemuin.. Lha wong nyelem.. Lah klo scorpene malon yg di kasih nama” yuyu kangkang” gampang di detect maklum sdh diupgrade tldm jd perahu layar buat cari ikan ya LON….wkwkkwkwkwkwk…

  37. Piye tho..@PA justru malon yg sdh disekat pake herder bawah laut.. Dari lokasi sampe kandang scorpenenya …Makanya gada kelanjutannya lg malon berani senggol KRI… Hhihihiihihihihi… Air beriak tanda tak dalam.. Malon tak beteriak krn malu yuyu kangkangnya dah jd rumpon… Wakakakkakakkakakak… Malon lg kampanye bikin terumbu karang pake kapal selem…dan kita membantu merumponkannya…LON..LON..kah..kah..kah..

  38. KS Nanggala Tua2 keladi nich,makin tua makin ghoib he..he..,mdh2an ceritax benar.
    Jales veva jaya mahe

  39. bung TS mngkin gak ntu tentara asu pura2 bilang klo gak ngedeteks KS kita, kcuali ada orang kita jg yg tau n mantengin radar/sensornya P-3C orion,

    • @asbun

      Saya baca dikompas kalo ada perwira tni-al dan perwakilan wartawan yang ikut terbang ddlm pesawat tsb. Tapi episode latihan sar, mendeteksi korban kecelakaan dilaut&mendrop perahu karet&emergency kit dari pesawat.

      Mungkin krn cn-235 mpa kita belum punya sonobuoy jd wkt latihan tsb ROE-nya tanpa mendrop sonobuoy

  40. Indonesia merdeka
    Bangga punya cakra Nenggala tapi tidak sombong
    Padahal kasel jadul kemampuannya tidak bohong
    Wira ananta rudiro

  41. bru nanggala ja ga ketemu apa lagi yg gaibnya indonesia penuh misteri

  42. Mbah nenggalala ama mbah cakra…kalau tdk punya kelebihan pasti udah dipensiunkan…

  43. ini adiknya MR Nora ya????

  44. Pertanyaannya kenapa kok mau alutsista yg katanya ‘rahasia’ malah dipake sebagai kelinci percobaan orion…gak ush dijawablah nanti malah muncul anti ghoib clan

  45. semoga beritanya bener… bukan sekedar rekayasa USA yang kayaknya cuma “kedok” buat cari bukti kapal2 selam KRI yang laen…

    SALAM LONTONG SELAM…

  46. tampilan baru lebih fresh’n nyata gambarnya, salut bung admin markotop bung diego

  47. Nanggala nya soalnya bnyk kembaranya bung heehee

  48. Sore warjager, jangan besar kepala dulu bung…meski latihan bersama tidak ada salahnya waspada, saat didalam laut kita tdk tau mreka ngapain…tdk mungkin alat canggih tdk bisa mendeteksi nanggala, bisa saja mreka bilang tdk mendeteksi..padahal yg ada di radar mreka tidak hnya nanggala, jgn besar kepala didepan..menyesal dibelakang, salam damai (-”-)y

  49. Maaf bung@TS,

    Dari berita dikompas(±12 agustus), dalam latihan carat 2015 tidak ada episode latihan anti kapal selam, yang ada adl ks 402 dilibatkan sbg unsur pengintai yang mengawali pendaratan pasukan marinir. Sedangkan pelibatan pesawat p-3c adalah dalam latihan sar yang merupakan bagian dari pelaksanaan carat 2015, jadi dr artikel tsb digambarkan bhw kedua alutsista tsb(KS 402&p-3c) memang terlibat dlm latihan carat 2015 tapi dalam episode yang berbeda.

    Mungkin bung@TS punya gambaran yang lebih detil…

    • bung @gelatik memang dalam latihan tidak ada skenario mencari kapal selam..karena skenario nya adalah (seacrh and rescue) di umpakan terjadi kecelakaan di laut ,baik di dalam laut atau permukaan, skenario pertama adalah “search” pencarian.. di umpakan ada kecelakaan di laut dan objek nya tenggelam., maka tugas p-30c orion mencari objek tersebut. sedangkan SOP nya adalah menemukan objek di air. karena p-30c orion tidak dapat menemukan benda di dalam laut /air maka skenario di batalkan lalu di ganti “rescue” . secara umum memang info saya peroleh tidak disebutkan mencari KS nanggala.

      salam bung@gelatik

      • “Pesawat P-03C berusaha melakukan pencarian objek bawah laut di mana targetnya adalah menemukan KS Nanggala 402 TNI AL. Singkat cerita P-3C Orion tidak dapat menemukan KS Nanggala 402 TNI AL”

    • @jawir

      Sensor2 dipesawat orionnya as di-upgrade terus bung…platformnya aja yang sudah jadul, tapi masih terawat kok.

  50. Mamarika memang tidak bisa menditeksi Nanggala apa pura2 tidak bisa menditeksi, coba ada roenya pasti menarik

  51. Info Menyesatkan. ..Biar TNI kelihatan ok..begitu THE REAL WAR…baru deh ribut situ sih cuma rencana doank…planing doank…ga da realisasi…alutsista ghoib doank…ga nyata…ga bisa war…

  52. kurang seru….

  53. Selamat Malam Bung Telik Sandi,
    artikel yang menarik
    Namun saya agak sangsi jika peralatan canggih amerika tak dapat mendeteksi U-209 keluaran 80-an. Apa ini hanya strategi amerika agar membuat TNI berbangga hati? mungkin saja amerika dapat mendeteksinya namun datanya disembunyikan.

  54. ajib bener nhe info….

  55. Selamat utk Jkgr atas tampilannya yg makin keren. Dua jempol utkmu, Jkgr! Hehehe!
    TNI mmg hebat. Si ASU pasti mikir gmn bisa kasel kita g bisa terdetek oleh pesawat aks-nya. Pdhl dia sdg promosi pswt tsb.
    Spaneng, spaneng lu, ASU! Anak laut dilawan. Wekekekek!

  56. Pesawat mata As menemukan kok kpl selam kit. Tapi Us tak mau mengatakan. maksudnya agar Tni terpaku pd tehnologi yg sudh ada pd kpl selam kita. itu politik akal akalan Us. banyak menyanjung agar lupa diri.

  57. cintabelanegara.blogspot.com/2015/08/komparasi-dan-persaingan-pesawat-tempur.html?m=1

  58. ada berapa kemungkinan:
    1. diketahui tapi dibilang tidak diketahui biar tetap begitu.
    2. tidak diketahui dibilang lain supaya ganti baju stealthnya sehingga mudah diketahui.
    3. sumbernya harus ikut pesawat P3orion biar tahu sejelasnya atau sudah teruji di korsel

  59. Tampilan aneh.. jd pangling.. btw bosen sm cerita KS.. 401 402 mulu

  60. walah Bung,kritis sah2 az… tp mbok y yang obyektif…. tak ada salahnya memang,tp apa iya ga ada lagi hal baik yang bisa di perjuangkan dari negara ini?!
    setiap ada berita yang membuat mayoritas masyarakat bangga tak sedikit komentar yang meruntuhkan nilai kabar gembira tersebut…
    salam persatuan….

  61. Syukurlah tdk terdeteksi..dah kuberi jampi ghoib, tapinya nanti takut ngk bisa ngapung lagi..

  62. Radarnya udah ane jamming

  63. Dirgahayu negaraku tercinta..

  64. DIRGAHAYU NKRI 70 TAHUN ……. 17 08 45 ( 17 + 08 + 45 = 70 ))))

  65. orion bkn gk nemuin 402..kan yg di cari orion bkn kpl selem kite tp ikan giant travelin nah mreka lupa gk bwa pncing jd gk nmu ikan, justru carat ni kan as dn indo berskutu jd 402 dan orion terintegrasi bersama2 mnyerang pantai banongan yg dikuasai musuh critanya sprtix bgitu

  66. memang nggak mudah menemukan obyek bawah laut, lihat saja pencarian pesawat jatuh di laut, semua teknologi di kerahkan tapi hasilnya nihil kalo nggak ada puing yang mengambang mungkin gak bisa di temukan, apalagi kasel yg dapat bergerak kemana mana

  67. Bung ts ks nanggala bisa deteksi pesawat nya gak???? Apa sama2 gak bisa deteksi???

  68. tampilannya makin kurang enak di lihat.

  69. Wah….
    Tampilan baru nih… 🙂

    Selamat merayakan hari kemerdekaan RI yang ke 70 buat kita sekalian….!!!
    Ayo Kerja…!!!
    Ayo Kerja…!!!
    Ayo Kerja…!!!
    Merdeka…!!!

  70. atu lagi artikel “peliniran” yang betul-betul menipu an meendahkan akal sehat para pembacanya ….

    Dan sialnya … makin banyak aja artikel-artikel “pelitiran” sampah begiti di forum ini …. Hahahaha

    • @Mbah,

      Saya dahulu sering juga menulis artikel-artikel pelintiran kayak gini yang bikin kesan bahwa TNI kita “Strong” se-trong-strong-nya dengan berbagai alutsista “GOIB” yang membikin kagum para reader di sini …

      Tetapi lama-kelamaan, saya sadar bahwa saya telah menipu banyak orang yang lucunya sangat fanatik dan percaya dengan berita Hoax yang saya tulis itu … dan ….. saya sangat sesalkan itu hingga kini …

      Bagi sekaranf sekarang … lebih baik tulis artikel apa adanya jauh lebih baik bagi publik daripada membuat berita pelintiran dan hoax yang Mbah maksud itu …

      Salam Merdeka

      • Ya kalo emang nggak suka ya jgn dibaca.. gitu aja repot, yg penting gunakan akal sehat dan bisa mencerna, saya yakin reader jkgr cerdas kok untuk bisa menggunakan akal sehat dan nalarnya, jadi nggak usah paling tahu, paling pinter dan paling tahu… jd jgn memaksakan kehendak juga jgn bawa kebiasaan dan doktrin warung sebelah yg cuma pakai kacamata kuda untuk melihat sekeliling kita.

        • @pelawak super,
          Dulu sering ya buat artikel hoax disini?
          Di ungkap dong, dulu ente pake nick apa,
          Jadi kami2 yg menurut ente percaya dengan hoax bisa sadar.
          Ayoo silahkan diungkap nick ente waktu buat artikel hoax dulu, kan biar kami sadar

      • @pelawak super

        Salam puser….

    • @mbah petir

      Istilahnya itu lho yang ngilu…heeee

  71. Bisa si di detec pakai kapal Fregate nya USA,tapi kalo si nenggala udah nembakin torpedonya… “Incoming..!!!”Piip..piiip…piip…!!! Blaaar….!!!”

  72. Perancis membahas kemungkinan Indonesia untuk mendapatkan kapal selam berteknologi yang sangat canggih Andrasta..?
    http://4.bp.blogspot.com/-O4__knlfSqM/U4K9pQBFWLI/AAAAAAAAWtQ/1Geiu9PJGFY/s1600/ssk-andrasta-perancis.jpg

  73. Tentara amerika juga manusia biasa….nggak superior selalu….terkadang teknologi terkini justru tak mampu membaca teknologi yg sedikit usang….jadi janganlah meremehkan kemampuan prajurit kita…..apalagi kita ini terkenal menjadi bangsa yang senang ngoprek peralatan jenis apa saja…..saya percaya TNI AL dlm hal ini memang mampu mempecundangi us navy saat latihan kemarin….

  74. ternyata indon hebat
    wowwww?????

  75. Mungkin dia sudah lelah

  76. Test

 Leave a Reply