Jun 042014
 
Penembakan MLRS atros 2 menggunakan Amunisi AV  SS 80

Penembakan MLRS atros 2 menggunakan Amunisi AV SS 80

TsAMTO. 2/6/2014. Indonesia akan menerima kiriman pertama 13 launcher MLRS Astros 2 MK.6 pada bulan Agustus 2014. Dengan jadwal pengiriman ini, MLRS Astros 2, memungkinkan ditampilkan pada HUT TNI 2014, yang jatuh tanggal 5 Oktober nanti. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Pertahanan Indonesia Sjafrie Sjamsoeddin yang datang ke Brazil 27 Mei 2014, untuk melihat ujicoba penembakan, seperti yang dinyatakan Metro TV.

Pengadaan MLRS Astros 2 Indonesia ditandatangani dengan Avibras Industria Aeroespacial Brazil, pada 30 September 2013 lalu. Kontrak meliputi pembelian 36 launcher dengan chasis roda (termasuk dua training machines ), transport- charging machines, fire control vehicles, mobile repair shops, mobile weather stations, machinery control battery commander.

Harga kontrak ini senilai 402 juta dolar AS, termasuk pelatihan dan suku cadang.

MLRS Astros 2

MLRS Astros 2

Pengiriman 36 MLRS Astros 2 akan tuntas di tahun 2016, untuk mengisi dua batalion MLRS, di Jawa Barat dan Jawa Timur, sebagai bagian dari alutsista Kostrad.

Multi Launcher Rocket System MLRS 2, menggunakan amunisi AV family dengan daya tembak 9 hingga 90km, termasuk AV SS 60 kaliber 300mm (60km) dan AV SS 80 kaliber 300mm (90 km). System kontrol yang baru juga akan dimiliki Indonesia, termasuk amunisi roket jenis baru dapat dimiliki Indonesia ke depannya, yang saat ini masih diuji coba oleh Avibras Brazil. (Vpk.name).

  159 Responses to “MLRS Astros 2 Segera Tiba”

  1. numero uno kah..
    sayang barang ini belum bisa ikut latgab 2014..

    • kemungkinkan
      ditampilkan pada HUT TNI 2014,
      yang jatuh tanggal 5 Oktober
      nanti.

    • nebeng ah …..

    • @bang satrio
      @bang ps
      @bang erich
      @bang lare sarkem
      para dosen pade sibuk latgab kali ya
      banyak santri pade ngetroll nih

      • bukan ngetrol BUNG@TOMO,mereka itu lebih hebat&lebih luas pengetahuannya dari pada panglima TNI lho.sampai hapal betul alutsista TNI ke 3 matra,berikut jumlah prajurit pun mereka mengetahui dengan pasti,kan mereka selalu menonjolkan satelit canggih punya ASU,yang bisa melihat sampai yang disembunyikan didalam bungker baja sekalipun.besok saya mau taruh kartu ATM sy didepan kontrakan sy,biar bisa dilihat no kartu atmnya&nama banknya dari satelit diatas sono,kali aja pas mereka cek saldo di rek.sy yang selalu enam digit diawal bulan&menurun drastis hingga lima digit dipertengahan bulan,mereka mau transfer sebagai bentuk rasa kasihan kpd saya yang hanya sebagai buruh pabrik,yang selalu berkutat dengan UMR&tuntutan kesejahteraan.(opini wong ndeso yang lemot pengetahuan militer)

    • Semoga latgab berikutnya bs ikut unjuk gigi ditembak secara salvo seperti yg dilakukan tentara irlandia mirip kembang api tetapi menebar maut bagi musuh.klo bs dites diperbatasan lansung tpi secara salvo biar si malon kaga jantungan.tpi klo cuma ketengan ya g’ ada apa2nya cuma nambah daftar alutsista tpi g’ efek bagi musuh.

  2. First!

  3. Hiji launch

  4. 3rd

  5. 3

  6. Astros yang merah masuk ngga ya

  7. mantabbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb lah

  8. 10 besarkah…??

  9. SR akhirnya bisa buka mulut

  10. 10

  11. permisi,numpang tanya..apa rusia tdk punya yg sejenis MLRS astros?
    Klo ada,koq gak beli sama rusia ya..secara kwalitas pasti rusia lbh baik

  12. colek para sesepuh,
    http://www.janes.com/article/38670/chinese-malaysian-firms-sign-self-propelled-sam-mou/
    apakah tehnologi yang di teote kan ke malay kita juga udah punya?
    terus apakah rudalnya kita udah punya?
    terimakasih… maaf OOT

    • wah jgn sampe ketinggalan sama si malay nih

    • Kalau saya malah lebih senang, Alhamdulillah tetangga bisa dapat ToT dari China.
      Ngapain kita Malaysia punya kita harus punya, kita nya yg harus kreatif dong jangan selalu ikut2an. dari dulu sebenarnya bisa, tapi yah begitulah….

      Rudal belum kita punya, apalagi alatnya. ๐Ÿ˜€

      • bung jalo selain mlrs astros apakah tank msta-s seperti punya rusia artileri berat pemukul jarak jauh tidak diakusisi? mengingat kemampuan tank berat ini ruar biasa, sgt cocok ditempatkan di perbatasan negara tetangga.

  13. Mantab
    Pakai pluru yg 300 km aja install di perbatasan kalimantan,
    Fotoe penembakan astros-2 di latgab 2014 belum ada ya Ndan JKGR
    Salam & trim

  14. mantabss….

  15. 10 besar

  16. Bung @frans saya coba jwb ya!tni minta spesifikasi mlrs yg mempunyai jarak jangkau lebih dari 300 km,sedangkan rusia menawarkan yg dibawah 300 km untuk yg diatas 300 km ,rusia menggunakan rudal iskander dan itu tdk untuk diekspor.lebih mahal,lebih berat tdk dapat diangkut oleh herky dan tdk ada tot nya.mungkin dlm hal ini tni menginginkan mobilitas tinggi agar dapat diangkut dng hercules .mohon maaf kalau ada yg salah.salam hangat bung @frans.

  17. Wahhhโ€ฆ. ini para โ€œpenganut pahamโ€ List A1 pada tiarap semua kayaknyaโ€ฆ.. ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

    (maaf cucu lancang)

  18. Kalah yo ben mas,sing penting aq cinta NKRI…..la nyapo pas neng tj datuk kapal e malasyia kok mlayu,wedi….????njajal ngunu wi jenenge menang po kalah….???

  19. @yonhap….

    Malay akan kena penalti yg besar lohh kalo sampe gak jd ambil tuh SAM…kita lihat nanti malon punya duit apa nggak buat bayarin pesanannya…paling banter utang sama IMF :mrgreen:

    Nah warjag sekalian…mulai kelihatan kan ketoprak humor yg dimainin ASU dan cina? Mulai kelihatan kan kekhawatiran bu connie atas MEF kita yg kurang memperhatikan kondisi kawasan? Kenapa TNI tdk melibatkan Kemenlu,kemdagri dan Kemnkeu dlm pembuatan buku putih pertahanan? Karena takut di jegal dgn analisis futuristik kawasan oleh ketiga kementrian tsb…sy yakin kalo ketiga kementrian tsb di libatkan maka fokus MEF kita adalah Pespur,helikopter berbagai jenis,rudal di semua lini dan jangkauan serta KS…

    • Heheheh….Ambil pelajaran dong dr Malaysia, mereka tu ga suka gembar-gembor kek org kt, gede omong doang, tau2 mereka sudah sign, kita apa? ngomong besar mao beli kapal selam, la KS nya aja blom diliat, eh tau2 ga jadi..heheheh. Dr taun 2007 kt ngomong mao beli HQ-16, tau2 Malaysia yg jd beli, boro2 beli S-300, bs berak2 darah ni Indonesia. Kita beli Poprad, QW de…el..el….Malaysia sudah punya Jernas dan jaringan hanud yg terpadu…..

      • Borong obat wasir dulu deh bung biar gak berak darah ahahahahah

      • bahasa anda ada kek Sama sign,,itu keliatan anda warga sonora.
        bener emang indonesia tertinggal dari malayasia.
        masalah buat loe.
        liat upin ipin ajah pakai senjata traditionL masih jiplak Keris punya budaya indonesia.
        punya slogan negara “HARIMAU”
        daerah mana di malayasia ada harimau pak cik saya mau tanya.
        (jangan jangan anda warga upil)

        • berarti anda juga menyinggung singapura,biasanya didaerah klo maskotnya misalkn binatang cendrawasih binatangnya emang ada klo singapura lambang singa tapi g’ ada singanya.singapura singa pura-pura alias patung singa wk..wkk..wkk…husss…entar ngambek lgi kae kemarin.

      • @Bung Yonhap
        berarti malay kena strateginya Indonesia
        kan uda jadi rahasia dunia, klo malay suka niru Indonesia
        mantan PM malay aja mengakui kok
        jadi kebiasaan ini yang menurutku d manfaatkan sama militer Indonesia
        mau beli ini…ikuuuut, mau beli itu……. ikuuuut
        ternyata OK juga strategi Indonesia….
        salam kenal n salam damai bung

      • kasihan dapat TOT saja sudah bangga..opo sampean nggak lihat daerah yang banyak minyak di odo-odol sam China…dan singaporno…nggak imbang bung…

      • itu strategi bung, baik utk internal (anggaran) maupun external (strategis disinformasi).

      • @Yonhap
        formiler di sana aja malah ngejek kalau itu cuma “songlap”. Malah ada yang berpandangan “apa yang mau di ToT-kan, industri dan teknologi pendukung aja gak punya”.

        Silahkan cek di sini bagi yang tidak percaya : http://www.malaysiandefence.com/?p=4465

    • Kalo saya ngga lihat gitu bung werh. Dari pertama saya komen di sini. Hanya mikirin caranya asu bayar 1 triliun dollar sama cina itu gimana. Terus utang jepang 500 milyar dollar sama cina. Belum uni eropa yang butuh dana segar plus tempat untuk dapet duit banyak.
      Musuh dari musuh kita = teman => mungkin dan bisa di usahakan
      Musuh dari musuh kita yang di kasih perjanjian = teman => ngga mungkin

      • Si sonora dapat TOT mungkin karena diam-diam saja ketika LCS di ambil.
        Harga yg sangat mahal yg di bayar sonora. Lautan LCS yg penuh dengan kekayaan alam di kasih ke China GRATIS !! menyedihkan sekali si maling.

        Seperti jual diri saja si sonora hanya untuk mendapatkan tot nya.

      • ASU bayar ke China dg menggunakan Quantitative Easing atau QE. Apa itu QE. QE adalah salah satu kebijakan moneter yang dilakukan oleh bank sentral suatu negara guna meningkatkan jumlah uang beredar (money supply) di pasar. bank sentral Amerika Serikat (The Fed) juga menjalankan kebijakan ini.

        Pada dasarnya dengan kebijakan QE, bank sentral akan meningkatkan jumlah uang beredar dengan melakukan pembelian berbagai aset investasi termasuk surat-surat berharga dan saham guna membanjiri pasar keuangan dengan uang cash, hingga meningkatkan likuiditas mata uang negara tersebut. Dengan demikian laju inflasi akan meningkat sementara jumlah uang beredar yang meningkat akan makin memperlemah nilai mata uang.

        Tujuan dari QE adalah agar bank sentral sanggup memberikan kredit dan dalam jangka panjang tidak kekurangan.

        Intinya ASU CETAK UANG

        Maaf klau kurang lengkap maklum cuma kasir…….

        • kalau ASU bayar ke cina pakai QE, maka saya pastikan perekonomian ASU masih jeblok.

          QE merupakan kebijakan bank sentral ASU agar perekonomiannya bia terangkat dengan melonggarkan perekonomian dengan cara benar seperti yang ada utarakan dengan pembelian Asset-asset bukan untuk pembayaran utang. Pembelian asset-aset ini ditujukan untuk merangsang perekonomiaannya dalam negeri sehingga akan meningkatkan output dan penyerapan lapangan kerja. Kalau semuanya utk melunasi utang luar negerinya, maka tujuan utk menciptakan output lebih tdk akan tercapai.

  20. Assalamualaikum…!!! Selamat pagi semuanya…!!! NKRI HARGA MATI..!!!

  21. Kadang ingin juga ada barang baru yg dipamerkan……., semoga. Salam NKRI

  22. Kalau malaysia mau beli, slahkan…,lha duit nya sendiri.walaupun malaysia dapat tot ,blm tentu mereka bisa buat.soalnya masalahnya sama dengan kita yaitu korupsi.kalau belikan bisa digelembukan nilai pembeliannya.sdmnyapun blm mampu melakukan itu.so…. Tenang aja bro…..!

    • how many mig’s able to fly today..
      that’s symbol quality of malingsial human intelligent..
      most of them grounded, only 2-3 able to fly..
      just only fly.. not attacking..

      my fellow nation pasti masi ingat apa yg dipaparkan bung yayan, bahwa di malingsial tidak ada yg namanya tinggal kelas…
      ya itu sebabnya.. mereka totally brain dead..
      anak sd kita bisa jadi setara anak collage mereka…
      ha ahha ha ha haaa

  23. saya bingung bung bahasanya…bisa keseleo lidah saya ๐Ÿ™‚ salam

  24. ijin nyimak aja..
    orang biasa..

  25. Astros udah ada yang di Indonesia loh la wong waktu pameran di Monas aja barangnya udah ada yg nongkrong di situ.

  26. Kita beli astor ini dapet ToT gak ya? :mrgreen:

  27. Benul bung diego,kadang kita ingin juga lihat aluttsista baru jgn il3 :itu lagi…itu lagi…itu lagi…!.

  28. baru didatengin TNI Bos malingsendal langsung ngibrit..

    wholesss. aja.

  29. Si angel eyes itu aka neng okelah bung. Itu masih ada orangnya. Dendam banget sama bung Nowyoudont.

  30. hemm….(mbek ngelus dodo)…sabaarrr menunggu penampakan maenan “baru”…

  31. daripada cape mikirin negri orang lain, mendingan kita fokus bangun NKRI lewat thing tank para warjagers di blog ini … salam

  32. tp saya percaya dgn tni sebenarya punya senjata yg gahar yg mungkin msh d rahasiakan,mungkin demi keseimbangan kawasan,buktiya aja malaysia beli dari china krn mereka tau indonesia sdh punya s 300/bu minah kan mereka suka niru tni,maaf pendapat wong deso

  33. Baru saja ada tayangan latihan gabungan, kok ada 5 unit seperti tu-22. Dan background stasiun tv tersebut kok pakai figure Heli Apache ya.

    Trus untuk latihan yang di samudra hindia, kok ada pernyataan bahwa yang menembakkan missile adalah class destroyer.

    Mohon informasi dari para suhu… Tx.

  34. Semoga dengan kedatangan MLRS kelak akan dapat mewujudkan perdamaian, keadilan dan keutuhan ciptaan di Indonesia yang sejati. God with RI.

    • semoga “Avibras Industria Aeroespacial Brazil” dengan mawas diri mau mengucapkan terima kasih kepada R.I ,karena telah DI SELAMATKAN dari KEBANGKRUTAN dengan menyiapkan tumpengan dan nasi kuning untuk sedekahan slametan

      • asik potong tumpeng.. ๐Ÿ˜‰

        • kalau senang sepak bola โ€œAvibras Industria Aeroespacial Brazilโ€
          harus kasih banyak tiket gratis nonton bola piala dunia di brasil nih…
          tetapi harus sepengetahuan kpk …lohh
          xixixi

          • Kalau event tertentu aja sukanya..
            Yah tidak usah kan bonus bukan gratifikasi. Harusnya lapor ‘big boss’ harus cuti soalnya kan ๐Ÿ˜›

      • sebuah peniti pun bila ditangan yang profesional bisa berkekuatan 10juta ton thermo nuklir. Tergantung kekuatan itu untuk apa. Open your eyes, open your mind.

  35. nyebut mas….. nyebut mas
    jumlah kasel kita tetep dua..401 & 402
    kalo yang laen cuma kembaran ama ade berikut ponakan n polosan kagak diitung
    sing penting intel asing puusing ngitungnye
    hehehe….. pisssss ah
    kabuuurrr

  36. Nyimak mode on

  37. Akhirnya slava dateng juga dimari…bung @ ajib di tayangan tv one ada berapa biji tu bang…?

  38. Taroh Batam berapa unit ya??

  39. Oot nih..baru baca berita katanya kcr mo ditambah :
    “Kita sedang mengembangkan pengadaan
    Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 meter sebanyak
    20 unit dan KCR 40 meter juga 20 unit,”
    katanya kepada wartawan di atas geladak KRI
    Makassar yang berlayar di Laut Jawa, Selasa
    (3/6/2014), dalam kaitan Latihan Gabungan
    TNI 2014.
    Ia menjelaskan, KCR 60 meter akan dibuat
    oleh PT PAL Surabaya yang dilengkapi rudal
    dengan daya jelajah sekitar 140 kilometer,
    sementara KCR 40 meter akan dibuat oleh
    galangan di Batam”.
    Wah..gerilya laut make hit n run jadi nih..tinggal kcr trimaran yg lum jelas berapa biji..syukur2 bisa ampe 30 yee..

  40. saya bngung,, org2 penganut faham LIST A1… pda tiarap kemna ya mereka..??
    udah pda genting bgni./..sibuk ngurusin lathan smpe lup sm kawan2 warjag yang haus informsi terbaru..

    haduww..

  41. Aneh katanya TNI AL punya 2 kapal selam,tadi lihat siaran tv one katanya dalam latgab ini TNI AL melibatkan 3 kapal selam.

    • tv one ko’ dipercaya,itu tv sudah bkn milik publik tpi isinya bwt politikus
      gue heran hampir semua tv menjelang pemilu hampir setiap hari yg diberitakan sosok capres melulu uda g’ada hiburan lain yg parahnya satu tv satu sosok capres yg disorot seakan2 kita dipaksa untuk menyimak program busuknya.terpaksa gue pindah chanel luar negri and puter film via DVD.

  42. Tv one ko dipecaya itu tv udah keluar jalur sbg media publik kini menjelma menjadi media politikus dan pemilik saham.sudah berat sebelam dlm memberitakan capres setiap hari yg di sorot capres yg didukung ame tuannya.
    Pokoe ampe munte-munte…

  43. Astros 2 harus ada dan ditambah sa..300 biar mantab, soalnya malaisia juga punya astros 2…JAYA TNI JAYA NKRI

  44. Gak usah munte munte bung tikus berdasi metro tv juga gitu kok. Mending lihat berita di tvri aja.

  45. Pass….mantab….

  46. Kerjasama Bidang Transportasi Udara dan Jet Tempur Dengan Honeywell Aerospace
    http://dmc.kemhan.go.id/images/uploads/916551030614-Wamen-&-CEO-Honeywell-.jpg

    Jakarta (MI) : Indonesia khususnya Kementerian Pertahanan berkeinginan untuk lebih meningkatkan hubungan yang telah terjalin dengan Honeywell Aerospace selama ini dengan lebih mudah dan lebih efesien sehingga diharapkan hubungan kerjasama yang telah berjalan selama ini tidak hanya untuk saat ini saja tetapi juga untuk masa-masa berikutnya.

    Terdapat beberapa kemajuan dari hasil kerjasama ini khususnya di bidang transportasi udara dan jet tempur untuk TNI AU. Kemhan dan TNI AU khususnya, membuka diri bagi Honeywell Aerospace untuk bekerja bersama-sama dalam meningkatkan kemampuan TNI AU, terlebih lagi sejak Honeywell Aerospace memiliki workshop di Indonesia.
    Keinginan tersebut diungkapkan Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin saat menerima kunjungan kehormatan Presiden dan CEO Honeywell Aerospace Mr. Tim Mahoney beserta rombongan di Kemhan Jakarta, Selasa (3/6). Wamenhan sangat berharap dukungan dari Honeywell Aerospace beserta seluruh jajarannya untuk mendukung segala hal terkait dengan pembangunan kemampuan TNI AU.

    Meskipun Honeywell Aerospace telah menjalin kerjasama dengan Indonesia di bidang industri penerbangan selama beberapa tahun terakhir namun kunjungan ke Jakarta ini adalah kunjungan yang pertama bagi Mr. Tim Mahoney.

    Honeywell Aerospace merupakan salah satu perusahaan internasional yang bergerak di bidang diversifikasi teknologi dan manufaktur terdepan melayani pelanggan di seluruh dunia melalui produk dan layanan Air Transport and Regional, Business and General Aviation dan Defense and Space.

    Turut hadir mendampingi Wamenhan, Dirtekindhan Pothan Kemhan Brigjen TNI Zainal Arifin, S.IP dan Kapusada Baranahan Kemhan Marsma TNI Asep Sumaruddin , M.Sc.

    Sumber : DMC Kemhan
    ___________________________________________________________________________________

    ada yang tau ini kerjasama tentang apa, dan apa yang telah dihasilkan dari kerjasama ini..? mohon pencerahannya bagi yang mempunyai informasi…

  47. ini baru mantap..
    positif thinking aja, percaya monggo nek ora yo wes..
    tamu kok bikin ribut = kurang ajar

    salam hangat bung armageddon

  48. ijin nyimak
    salam kenal warjag

  49. http://www.koharmatau.mil.id/index.php?option=com_content&view=article&id=158:uji-coba-penggunaan-roket-launcher-av-lm-707-sf-m9-mk2-menggunakan-roket-ffar275-mk-4-mod-10-dan-prolong-cad-pad-tahun-2014&catid=23:seputar-koharmatau&Itemid=46
    _______________________________________________________________________________________

    ada yang tau itu launchernya buatan siapa..? atau memang buatan anak negri..?

  50. Anggaran Latgab TNI Capai Rp 500 Miliar
    Ternyata, Anggaran Latgab TNI Capai Rp 500 Miliar

    SITUBONDO (MI) : Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menyebut anggaran penyelenggaraan Latgab TNI 2014 mencapai ratusan miliar rupiah. Pernyataan ini berarti meralat pernyataan awal yang disebutkan anggaran Latgab 2014 Rp 40 miliar.

    Disela puncak Latgab TNI di Karang Tekok, Moeldoko yang mendampingi Menhan RI Purnomo Yusgiantoro menyatakan kebutuhan biaya latihan lebih dari Rp 40 miliar.

    “Untuk satu rudal Exocet saja harganya. Rp 44 miliar, ya nanti kami hitung-hitung pastinya, yang pasti ratusan miiliar,” ujarnya, Rabu (4/6/2014).

    Pernyataan ini jelas berbeda dari pernyataan Menhan Purnomo yang menyebut anggaran Latgab 2014.

    Sebesar Rp 40 miliar. Pernyataan itu disampaikan Purnomo dan dibenarkan Moeldoko, Selasa (3/6/2014) di atas KRI Makassar.

    Saat itu Purnomo dan Moeldoko dalam posisi berdampingan memberi keterangan pers.

    Sebagai gambaran, dalam latihaan perang laut Selasa (3/6/2014), dua KRI menembakkan masing-masing satu rudal Exocet MM 40.

    Rudal inilah yang disebuut senilai Rp 0 miliar per bijinya.

    Penembakan rudal itu sendiri digunakan dengan skenario menghancurkan kapal musuh, dalam hal ini digunakan KRI Karang Banteng. K

    RI Karang Banteng yang dihancurkan diperkirakan bernilai lebih dari Rp 100 miliar.

    Diperkirakan anggaran Latgab 2014 mencapai Rp500 miliaran.

    Sumber : TRIBUNNEWS

  51. Ini para sesepuh warjag pd kemana ya kok ga muncul2? Pdhl Latgab udah slesai. Sirine tronton muat Alutsista tank, meriam tiap 15-20 menit meraung lewat di jln depan rumahku. Pertanda pasukan TNI dan Alutsista mulai ke kembali ke markas masing2.
    Tp para sesepuh tak muncul2 juga ya….????

  52. http://video.tvonenews.tv/arsip/view/84314/2014/06/04/latihan_gabungan_tni_2014.tvOne

    kita bahas per frame yach…

    menit 00:21
    LVT – 7, landing vehicle track hibah dari korea selatan

    menit 00:38
    BMP 3F, beli dari rusia

    menti 00:47
    Hercules, beli dari amerika

    menit 01:03
    positif BUKAN mlrs astros 2, melainkan RM 70 Grad

    menit 01:08
    helikopter serbu Mil Mi 35

    menit 01:26
    helikopter angkut Mil Mi 17

    menit 02:11
    BTR 50 marinir
    menit 4:34
    2 pesawat di depan lebih besar dari 2 yang dibelakang, positif 2 sukhoi dan kemungkinan 2 F 16

  53. Wah link nya gak muncul..

  54. biarin dah malaysia mau bli alutsistas made in china,ya kita jgn ikut2an pake produk china..
    “pek,ada ac,tv,mesin cuci china ga?”
    “ada lah,tp wa kasi salan lbh baik nyi beli jepang atau kolea punya lah,kwalitat bagut punya..nyi beli chung kuo punya balang mo pian ye,nyi beli jepang punya..to siaw cien? ngo tiaw tp blh tahan 10thn ,beli chung kuo punya melk harga no tiaw tp setahun/dua th pakai liaw sie..

  55. @bung frans. Yup.. MLRS punya rusia sdkt lbh baik dan lbh canggih dr astros dinilai dari jrk jangkau, presisi, efek daya hancur, ragam tipe amunisinya jg lbh beragam tdk hny mengandalkan dr daya hancur ledakannya sj, tp jg punya pinsil yg bs membuat tentera musuh mati tercekik kehabisan napas. TNI batal mengakuisisi punya rusia dan memilih astros disamping krn masalah harga jg yg lbh penting krn pihak rusia yg diwakili robone yg membuat MlRS tsb tdk mw berbagi TOT dari pembuatan pensil2 tsb. mrk maunya pinsil dan kenderaan ttp dipasok olh mrk. sdg dari brazil yakni astros mw membagi TOT pensil baik yg sdh diproduksi utk ekspor mwpn kelak yg lg dlm tahap pengembangan versi selanjutnya utk dpt diproduksi pindad. dari mamarika jg krg lbh hampir sama kasusnya mrk jg sempat menawarkannya ke RI MLRS buatan mrk. cmiw.

  56. kawan pedro barreta@ternyata rusia pelit bgt ya..klo pswt tempur,kapal selam mereka ga mau kasi tot mah msh bs diterima..lah ini cm MLRS ga mau berbagi teknologi bner2 klewatan.ktnya indonesia sahabat..
    Tp gpp,ga penting2 amat..yg penting ada trus kita tiru dan buat yg lbh canggih..makasih sdh mau berbagi ilmunya,GBU

 Leave a Reply