Apr 152017
 

Bom pintar SPICE buatan Rafael Advanced Defense Systems, Israel

India tidak memiliki MOAB (Mother of All Bombs – Ibu dari Semua Bom) atau FOAB (Father of All Bombs – Ayah dari Semua Bom), tetapi memiliki bom SPICE yang lebih dari cukup untuk menghancurkan perkemahan teroris yang terus berkembang saat ini, seperti dilansir dari India Today.

Massive Ordnance Air Blast atau MOAB adalah bom terberat dan paling mematikan milik Angkatan Darat AS yang dikatakan telah digunakan untuk menyerang perkemahan ISIS di provinsi Nangarhar, Afghanistan.

Bom Massive Ordnance Air Blast (MOAB) buatan AS seberat 10,3 ton

MOAB juga dikenal sebagai Mother of All Bombs yang merupakan bom non-nuklir terberat yang ada di gudang senjata AS. Beratnya lebih dari 10 ton termasuk amunisi seberat 8.500 kg.

Apabila Amerika Serikat memiliki MOAB, maka Rusia juga memiliki bom serupa. Mereka menyebutnya sebagai Aviation Thermobaric Bomb of Increased Power (ATBIP). Bom ini disebut 4 kali lebih kuat daripada MOAB buatan AS. Dan dengan “penuh kasih” mereka menyebutnya sebagai Ayah dari Semua Bom (FOAB – Father of All Bombs).

Aviation Thermobaric Bomb of Increased Power (FOAB) buatan Rusia, memiliki bobot 7,1 ton

Negara India tidak memiliki MOAB ataupun FOAB yang dapat digunakan untuk menghadapi kelompok-kelompok teroris yang menimbulkan ancaman keamanan ke disana. Akan tetapi India memiliki Smart Precise Impact & Cost Effective yang disebut sebagai bom SPICE.

SPICE merupakan bom konvensional terbesar yang dimiliki Angkatan Udara India. SPICE ini diproduksi oleh perusahaan Rafael Advanced Defence Systems Ltd. asal Israel, adalah bom berpemandu presisi yang dapat diangkut oleh pesawat tempur Mirage 2000 milik Angkatan Udara India.

Operasi serangan yang pernah dilakukan India pada bulan September 2016 lalu merupakan indikasi bahwa hal itu juga bisa mengancurkan perkemahan teroris sama seperti yang saat ini dilakukan oleh Amerika Serikat.

Jadi, apabila dan ketika India memutuskan untuk melakukan serangan terhadap kamp-kam teroris, Angkatan Udara India dapat menggunakan bom SPICE. Bom SPICE yang dimiliki India adalah varian dengan berat 1.000 kg atau SPICE-1000.

Selain pesawat tempur Mirage 2000, salah satu varian dari jet tempur Sukhoi-30 MKI juga dapat membawa bom SPICE. Selain SPICE, Angkatan Udara India juga memiliki bom High Speed Low Drag (DSLD) yang dikembangkan oleh DRDO dengan bobot sekitar 500 kg.

Bagikan Artikel:

  25 Responses to “MOAB vs FOAB vs SPICE: “Mana yang bisa digunakan India menghancurkan perkemahan teroris?””

  1. Pilih FOAB aja.

  2. Pilih MBOB kalo ga SPICE GIRL

  3. andai sepresisi spice dan sebesar moab/foab …..yg ketiban modar……di range aman ledakan budheg parah….

  4. gedhe-gedhe “gombong” buat apa, yang penting kecil-kecil “cabe rawit”

  5. Pilih iskander….jonai iskander…pengemais cinto..

  6. Indonesia jg sdh buat yg sejenis Spice bukan dumb bomb lg, kbr burung disebelah.

  7. Apabila India membeli FFAR dan R-Han, maka India akan menjadi bangsa terkuat di muka bumi. Sekian. Terima kasih.

  8. Bagaimana bisa bom FOAB (father of all bombs) memiliki bobot lbh ringan (7,1 ton) namun memiliki daya ledak 4 x lbh kuat daripada MOAB (mother of all bombs) yg berbobot sampai 10 ton?

  9. Yah moab pake mesiu klo foab pake c4 mungkin y,

  10. Masih Bagusan Produk Saya FOAB Radius daya Ledaknya bisa Sampe 300M Sedangkan FOAB cuma 150M…

  11. SPICE buatan Rafael Advanced Defense optik nya buatan sony japang jadi jangan percaya pada isreahell ini gak bisa hidup tampa japang dan amerika beri teknologi padanya

    • Setiap perusahaan pasti punya verdor untuk men-supply bahan material untuk menekan cost produksi, tidak mungkin jika 1 perusahaan membuat semua bahan baku produknya sendiri yang ada harganya berlipat lipat ganda, ambil contoh: airbus A380, PT. DI jadi vendor untuk men-supply bagian sayap airbus A-380

  12. kalo indonesia sudah punya KOAB (KAKEK OF ALL BOMB)..RADIUS EFFECT=1000 M

 Leave a Reply