Oct 312018
 

Mobile Hyperbaric Chamber

Jakarta, Jakartagreater.com – Berbagai upaya dilakukan pihak TNI AL untuk membantu upaya pencarian korban pesawat Lion Air JT-610. Mobile Hyperbaric Chamber yang merupakan alat pendukung oksigen lengkap milik Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) TNI AL,  on board pada Selasa 30-10-2018 di KRI Banda Aceh 593 untuk mendukung dalam proses evakuasi korban.

Mobile Hyperbaric Chamber dimuat dengan menggunakan Landing Craft Utility milik KRI Banda Aceh 593 kemudian masuk ke dalam kapal perang LPD tersebut. Alat ini sedianya adalah alat yang berbentuk tabung besar menyerupai kapal selam ini dan merupakan fasilitas terapi oksigen Hiperbarik (Hyperbaric Chamber), yang biasa digunakan untuk memulihkan penyakit dekompresi akibat menyelam.

Mobile Hyperbaric Chamber

Sedangkan Mobile Hyperbaric Chamber secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari pengguna (Dispotmar TNI AL) yang secara spesifik menginginkan sebuah chamber yang mobile, mandiri, dan dapat bekerja penuh selayaknya fixed chamber, dan bersama dengan mitra TNI AL selaku produsen berhasil mengakomodir kebutuhan tersebut dengan menghadirkan Mobile Hyperbaric Chamber tipe HMS 212.M.

Mobile Hyperbaric Chamber

Selain dilengkapi dengan truk pengangkut, chamber juga tentunya dilengkapi dengan kompresor udara, tabung penyimpan udara, dan tabung oksigen murni yang bertujuan agar pengguna tidak perlu lagi direpotkan dengan kondisi kehabisan udara ataupun oksigen pada saat diperlukan. Dengan spesifikasi tersebut tentu akan sangat mendukung dalam proses evakuasi korban pesawat Lion Air JT-610 ini.

Dalam pengawakannya, personel Dispotmar turut on board didalam truk pengangkut chamber yang telah dimiliki oleh Dispotmar terhitung sejak bulan Juni 2015 tersebut. (Dispen Kolinlamil).

  One Response to “Mobile Hyperbaric Chamber Dukung Penyelam Evakuasi Lion Air JT-610”

  1.  

    Perlu terus diperbaiki management tranportasi di RI agar lbh meminimalisir kecelakaan.

 Leave a Reply