Oct 252014
 
Model KRI Klewang yang baru

Model KRI Klewang yang baru

Biro Jabodetabek – Kehadiran Kapal Perang Trimaran KRI Klewang yang baru sedang dinanti-nantikan publik di dalam negeri. Kalau KRI ini terwujud, akan menjadi salah satu lompatan alutsista khususnya bagi TNI AL, dan bagi pengembangan industri kapal perang di dalam negeri.

KSAL Marsetio telah meninjau the New KRI Klewang baru-baru ini. Dan John Lundin sempat mengakatan kepada JKGR, bahwa KRI ini akan melaut sekitar 12 bulan lagi.

John Lundin (photo: JKGR)

John Lundin (photo: JKGR)

*Kiriman Biro Jabodetabek
Telik Sandi

  83 Responses to “Model KRI Klewang yang Baru”

  1. Pertamax kahhh

  2. Kata bu Conie butuh 700. Buah

  3. Pertamax

  4. bang kutut sanjaya bilang,klewang yang kabakar dulu emang sengaja di bakar.

  5. Semoga lekas terwujud.Amin.

    • Setelah terwujud 4, dan terbukti handal,tinggal memperbanyak utk bakorkamla, setidaknya setiap propinsi yang punya pantai dan kepulauan dikasih 3, sehingga bisa gantian patroli terus dlm waktu 24jam.ngarep.com

  6. Absen…

  7. KRI Klewang bisa di instal rudal apa aja ya..exocet-kah..

  8. mudah2an terwujud sesuaii target

  9. garis besar rancang bangun Klewang II

    1.”Kapal cepat rudal ini akan mengusung siluman atau tidak terdeteksi radar. Desain unik wave piercing yang bisa tetap stabil di tengah kondisi cuaca buruk. Kapal ini juga bisa terhindar dari radar maupun infra merah

    2. Kapal Cepat Rudal (KCR) berlambung tiga (Trimaran) 63 meter ,kapal trimaran terbaru ini lebih canggih dari pendahulunya. Pembangunan kapal ini merupakan pembangunan yang kedua kalinya, yakni sebagai pengganti kapal sebelumnya, KRI Klewang-625 yang terbakar pada September 2012 sebelum diserahkan ke TNI AL.

    3. berdasarkan data yang pernah diliris oleh PT Lundin, KRI Klewang jenis trimaran memiliki bobot 53,1 GT dan panjang 63 meter. Kapal ini ditenagai 4x MAN 1800 marine diesel engine nominal 1.800 PK yang dapat melaju hingga 35 knot.

    • Kalo di instal rudal apa fitur silumannya gak akan hilang..mengingat kapal tidak terlalu besar dan kemungkinan instal rudal di luar bagian luar body kapal..

      • konsep nya Vls mica,mirip yang dipakai usman harun class, kayanya nya bung@imam…
        info nya mau pakai..

        2 x 4 rudal antikapal MBDA Exocet MM40 Block II
        • Rudal antipesawat VLS Mica.
        • 1 x meriam Oto Melara 76 mm gun
        • 2 x meriam MSI Defence DS 30B REMSIG 30mm guns
        • 2 x 3 torpedo 324 mm Sting Ray

        radar nya yang dri swedia atau thaleslagi

        maaf kalo salah nanti nya

        • Kyk nya bukan pake MBDA, tp rudal RBS 15 MK3. Milik nya swedia,
          jangkauan nya lebih jauh dibandingkan MBDA mm40 block III, lebih tepat nya 200km, klo MBDA block 3 hanya 180km,

          Lebih tepat nya liat aja di artikel sebelum nya, ada ko sistem persenjataan nya.

      • Ga mempengaruhi faktor stealth nya ko, soal nya rudal nya sistem weapon in bay, ( didalam wadah tertutup body)
        Meriam nya juga pake punya nya bae system model stealth juga,
        Struktur penempatan radar lebih tinggi di banding yg sebelum nya, sehingga jangkauan nya juga lebih jauh, dan bener2 stealth,
        Klo di luar diberi nama X3K LCS

      • Bung untuk @iman nug
        untuk roketnya di pasang di dalam badan kapal ..coba di perhatikan benar deh di badan kapalnya ada dua lubang peluncur roket…

    • maaf bung telik sandi apa itu foto mr. lundin asli dari warga jkgr ya? Mantab infonya

  10. itu hanya replika nya saja yang di bakar om

  11. luarr biiasa, futuristik bangettt….semoga didalamnya terdapat aplikasi ilmuwan-ilmuwan indonesia…dibuat oleh orang indonesia untuk indonesia …

  12. Maantaab..!!! Maju trs indonesiaku..!!! Kekuranganya dan kelebihanya tetap membuat bangga apelagi ada tangan2 terampil putra-putri bangsa indonesia di trimaran ini..JALESVEVA JAYAMAHE…trims artikelnye buat biro jabodetabek…!!

    …..NKRI HARGA MATI….

  13. Top

  14. kri klewang sendiri dah banyak ilmuwan indonesia yg masuk terutama dari lulusan ITS , sedang john lundin sendiri dah WNI

  15. wes kayanya biro banyuwangi bisa ngasih terus perkembangan info kri klewang meh
    #semogaterkabul

  16. siapakah kutut sanjaya itu??apakah salahsatu sesepuh sini ..entah

  17. dengar2 4 sudah beroperasi di wilayah barat, nah ini 4 sedang dibikin…berarti bakalan ada 8 kapal,lumayan buat patroli dan ngejar maling ikan negara tetangga,.ga bakal bisa lari mereka…udah gt jeroan rudalnya lumayan…cocok kapal ini buat perairan dangkal perbatasan indonesia, sekali tembak rudal langsung kabuurrr…Bangga deh…

    • belum…. bung@refraksionis

      yang ada cuma kapal bakorkamla.kapal patroli pantai..bukan kapal perang…bentuknya mirip klewang..tapi bukan klewang II
      langsung dari sumber nya

  18. lanjutkan

  19. Moga cepat terwujud, musti dijaga kerahasiaanya jangn sampai terulang terbakar lagi. Mungkin bisa dengan memperkuat struktur bahanya.Tpi salut buat karyanya…moga makin banyak Klewang2 yang menjaga perairan Indonesia. NKRI Jaya…

  20. Mantap, Kri klewang ternyata sdh berlayar,
    Kri klewang 2 dengan bahan yang berbeda tahun depan sdh mulai nongol

  21. stralth cupola main gun nya rapih dan menyatu ….lebih keren dpd zumwalt

  22. lebih keren

  23. Modelnya mirip USS Indefenden y,,,?,Commbat ship… sip lah…. maju terus indonesiaku…

  24. Mr. john lundin…. U Rock…..

  25. masalah model gk ada habisnya bung,,,model yg skrg sudah luar biasa,indonesia pertama di asia tenggara loh punya kapal siluman

    yg ini ajh udah bikin geger kawasan

  26. suatu kapal perang lebih di takuti persenjataan nya dari pada model nya ….

    • Eh iya bung, sayang saya ga pake laptop jg ga bs gunakan google translite,
      US navy aja mengakui KRI klewang itu model nya yg futuristic,
      Ini merupakan lompatan teknologi di TNI AL,

  27. nyimak

  28. Dukung 100% karya bumiputera. Absolut NKRI

  29. jhon lundin beneran udah wni ?

  30. Yang disayang kan mungkin dari segi anti kapal selam, blm di pasang, baik sonar atau pun torpedo nya,

    • Yah mungkin biar sama dengan namanya Kapal Cepat Rudal, kalo ditambah kemampuan ASW nanti namanya berubah jadi mini korvet…. Just joking
      mungkin karena tidak adanya ruang untuk penambahan kemampuan ASW, sementara kalau dilakukan penambahan panjang maka harus meredesign kapal.
      Berharap saja klewang NG mempunyai kemampuan ASuW, AAW, ASW, EW

  31. My bad, 8 C-705 diganti 4 RBS-15 MK3
    maklum udah lama bacanya, yah paling ngak perbandingannya sama 2 : 1 :mrgreen:

  32. Menurut saya Kapal Klewang tidak semua sistem persenjataan yang diketahui publik nantikan tidak siluman lagi he he…..seandainya bisa dipasangin s-400 versi marine apa tuh namanya (gak tau) bikin heboh bukan asia lagi yang gemetar…..

  33. Semoga john klewang lundin trimaran jg sering mampir jkgr.
    Siapa tw selama ini beliau sering SR disini

  34. ini klewang next gen ya?
    desainnya berbeda dg yg versi pertama
    http://i.kinja-img.com/gawker-media/image/upload/s–W0-tpdQg–/c_fit,fl_progressive,q_80,w_636/ozb4imcdpoagyjdn9pfn.jpg

    dan versi yg dipamerkan Saab
    http://i.kinja-img.com/gawker-media/image/upload/s–aVuhge-x–/c_fit,fl_progressive,q_80,w_636/jipiilarxw6xi9kxf1qe.jpg

    anjungannya lebih tinggi dan posisi meriam berubah dibagian depan anjungan kapal, dan sistem persenjataan yg juga banyak berubah. mungkin banyak lagi pengembangan yg belum diumumkan / diketahui publik
    Hmm

    jayalah Indonesia

  35. iya bung Diego, desainnya lebih keren
    kalau jadi di instal RBS 15MK3 yg punya jangkauan 200km, artinya membutuhkan radar yg juga mumpuni
    itulah sebabnya design radome / tiang radar juga lebih tinggi
    lalu bagaimana dengan cms-nya? apa dari Saab juga?
    bagaimana kompatibilitas dengan cms kri lain yg mayoritas dari thales?
    maaf banyak tanya hehehe

    salam hangat bung Diego

    • Ya..Radar, utk .air and surface surveillance pake Sea giraffe 3D. Fire control pake CEROS 200 SAAB.

      Belum tahu nih rudal pakai rbs 15 mk3 atau c705

      • Semestinya TNI lebih cenderung RBS 15 karena efek deterrent nya lebih tinggi. Pun mengadopsi RBS 15 menjadikan AL memiliki kemampuan baru, yaitu rudal serang darat. Ini akan memberi dimensi baru pada pergelaran LCS kita. Apalagi jika disertai ToT kontrol rudal tsb.

  36. KCR Trimaran sangat cocok utk misi Buser/burusergap kapal perang musuh krn memiliki banyak kelebihan dibanding kaprang pd umumnya. Mungkin bisa dijuluki si
    ” Frigate pemburu Destroyer “…

  37. Mantab

  38. Tertarik sama rbs 15,jika di adopsi akan menambah koleksi arsenal bagi tni al setelah exocet,yakhont dan c802

  39. Mantap…..
    semoga semakin menambah Deternt effect buat TNI AL….

  40. Masih prototype, masih perlu iji coba yang mendalam dengan kapal ini, kayaknya modelnya bagus tapi keseimbangan kapal perlu diuji coba lagi

  41. Mantafff…lanjutkan!

  42. Slamat pagi warjag semua…
    to admin… izin numpang bergabung di JKGR tercinta utk ikut blajar bersama.

  43. KRI Klewang ini apakah ada yg versi mungil buat fast patrol dan kapal pencegat jika ada pelanggaran di laut Indonesia…

    • Yang saya tau malah mau bikin yang lebih gede lg dr yang ini bung, tp rencana yg gede itu akan di kerjakan jika pesanan ke 4 trimaran ini selesai,

      Klo ga salah di tambah deck utk heli,
      Penambahan sistem senjata ASW dll,

  44. semoga lancar proses persalinan ini klewang.
    biar bisa segera ikut ngeronda di kolam kita
    🙂

  45. keren..dilaut kita jaya.

 Leave a Reply