Modernisasi 104 MBT Leopard 2 Bundeswehr

MBT Leopard 2A7 (kmweg.com)

Perusahaan Jerman Rheinmetall segera memodernisasi sebagian armada tempur tank Leopard di Bundeswehr, dengan menerapkan serangkaian langkah-langkah peningkatan menyeluruh. Sebanyak 104 tank tempur utama Leopard 2 dari tentara Jerman akan ditingkatkan ke standar Leopard 2 A7V, ujar rheinmetall.com, 27/9/2017.

Perusahaan teknologi yang berbasis Düsseldorf akan bertanggung jawab atas bagian-bagian penting dari program peningkatan kinerja tempur yang akan membawa 104 tank Leopard 2 ke status desain mutakhir. Digabungkan dengan layanan tambahan, paket modernisasi ini bernilai total € 118 juta. Tank retrofit Leopard 2 A7V pertama akan diserahkan ke Bundeswehr mulai tahun 2020.

Rheinmetall akan mengubah 68 tank tempur utama Leopard 2A4, 16 Leopard 2A6 dan 20 Leopard 2A7, dengan membuat mereka ke standar A7V. Dalam prosesnya, spesialis Rheinmetall akan menghilangkan fitur usang di komputer kontrol penembakan dan konsol kontrol serta memasang pengintai jarak jauh dan perangkat pencitraan termal.

Selain itu, Rheinmetall akan memasok senjata L55A1 baru untuk 68 unit MBTLeopard 2A4 yang dimodernisasi. Karena itu tank ini dapat menembakkan amunisi armourpiercing generasi terbaru di zona tekanan kuat. Semua 104 tank Leopard 2A7V akan dapat menggunakan amunisi serbaguna Rheinmetall yang baru yakni programmable DM11.

Pesanan tersebut menggarisbawahi peran Rheinmetall yang terdepan dalam desain persenjataan utama tank dan komponen elektronik untuk kendaraan tempur modern.

Leopard 2A7V adalah versi terbaru dari tank tempur utama buatan Jerman (MBT) di keluarga Leopard 2, yang diresmikan pada bulan Juni 2016, di pameran pertahanan internasional yang diadakan di Paris, Prancis.

Leopard 2A7V dilengkapi dengan sistem modular lapis baja baru untuk pelat glasier bagian depan atas tank dan Auxiliary Power Unit (APU) yang lebih kuat dari APU saat ini yang digunakan pada model Leopard 2A7. (rheinmetall.com).

Tinggalkan komentar