JakartaGreater.com - Forum Militer
Mar 012018
 

ilustrasi : Varyag aircraft carrier (photo : US Navy via commons.wikimedia.org)

JakartaGreater.com – China sedang kembangkan teknologi untuk membangun kapal induk bertenaga nuklir, menurut laporan media pemerintah dihari Rabu, 28 Februari, saat Beijing mendorong maju program modernisasi militer yang ambisius, seperti di lansir dari laman Reuters.

Presiden China Xi Jinping berjanji pada bulan Oktober 2017 yang lalu akan mengubah militer China menjadi angkatan bersenjata kelas dunia pada tahun 2050. China telah mengembangkan teknologi baru yang menjadi pondasi kebijakan utama, berinvestasi pada jet tempur siluman, kapal induk dan rudal.

Perusahaan Industri Galangan Perkapalan milik negara (CSIC), produsen kapal perang terbesar dinegara itu, mengungkapkan pada hari Selasa bahwa ambisi tersebut dalam daftar perkembangan teknis yang diharapkan dapat dicapai perusahaan sebagai bagian dari peningkatan persenjataan untuk angkatan laut China pada tahun 2025.

Pengumuman oleh CSIC tersebut tampaknya telah direvisi, situs web perusahaan pun menghapus penyebutan “kapal induk bertenaga nuklir”, namun masih banyak tersedia dan beredar di internet China.

“Kita harus mempercepat terobosan utama seperti terwujudnya kapal induk bertenaga nuklir, kapal selam nuklir jenis baru, kapal selam siluman, sistem intelijen pertahanan bawah laut tanpa awak”, tulis dokumen aslinya.

CSIC membangun kapal induk pertama di China, yang diluncurkan bulan April tahun lalu dan diperkirakan akan memasuki layanan pada tahun 2020, setelah dipasang dan dipersenjatai.

Kapal tersebut dirancang berdasar desain kapal induk pertama Angkatan Laut China, Liaoning, yang dibeli dari Ukraina pada tahun 1998 dan disesuaikan kembali untuk China.

CSIC juga mengatakan bahwa mereka pengerjaan kapal induk ketiga yang dirancang, dibangun dan dilengkapi sepenuhnya dengan menggunakan teknologi perusahaan sendiri.

Sedikit yang diketahui tentang program kapal induk China, yang merupakan rahasia negara tersebut.

Media pemerintah China telah mengutip para ahli yang mengatakan bahwa negara tersebut membutuhkan setidaknya enam kapal induk, sebuah usaha yang diperkirakan akan memakan waktu puluhan tahun. Amerika Serikat telah mengoperasikan 10 dan berencana untuk membangun dua kapal induk lagi.

Angkatan laut China telah mengambil peran yang semakin menonjol selama setahun terakhir, dengan kapal induk pertamanya berlayar mengelilingi Taiwan serta kapal perang China mulai bermunculan di tempat-tempat yang jauh.

Bagikan:

  44 Responses to “Modernisasi, China Akan Bangun Kapal Induk Tenaga Nuklir”

  1.  

    INDONESIA DARURAT KAPAL PERANG TYPE DESTROYER!!

    •  

      Bisa asal kesehatan,pendidikan,infrastruktur dikurangi masalahnya rakyat banyak membutuhkan pendidikan 400 t,kesehatan 100 t,infrastruktur 400 t mau apa yg dikurangi anggarannya ?

      •  

        kwan itu pemikiran buruk…apa tujuan penguatan militer adalah memperkuat pertahanan dan ketahanan bangsa….sejalan dengan program lainya…bagai mana mau kuat kalo rakyat pada sakit dan bagai mana mau membangun bangsa bila rakyatnya pada bodoh semua…makanya amat undang undang mencantumkan hal prioritas dana pendidikan lebih besar…walau konsep dan menejemen pendidikan dirasa masih kurang memuaskan…tapi itu menjadi hal wajib bagi suatu bangsa….sarat fokok menjadi bangsa maju dan sejahtra adalah tingkat pendidikan dan kecerdasan warganya….coba anda liat contoh eropa barat…mereka rata rata miskin sumberdaya alam…tapi kaya sumberdaya manusia…!!!

  2.  

    sekarang cina sama amrik seperti jerman vs ingris pada pd I…….

    ingris dulunya penguasa samudra, tpi skrg amrik yg menguasai samudra.
    jerman dulunya negara yg cepat berkembang, dan penduduknya yg memiliki motivasi tinggi mampu mengembangkan ide2 yg inovatif….
    sekarang cina mirip2 jerman dulu…

    mungkin saja nanti pd3 pecah amrik akan melawan armada cina,,,, walau cina mampu menyeimbangi armada amrik,,,,….tapi 1 kali pertempuran seperti jutland. akan membalikkan keadaan.

    •  

      Jerman sangat Inovatif dan menjadi pioner bagi banyak sekali penemuan penting terutama bagi dunia militer… sedangkan China, China itu peniru nomer wahid… bukan hanya untuk militer saja, industri lain juga menunjukan situasi yang sama… dan lebih parahnya mereka tidak malu meniru secara mentah sebuah produk… Kereta api cepat China, mereka setelah mendapatkan teknologi dari Japan tiba2 melakukan ekspansi untuk mencari pasar di dunia… sesuatu yang sangat menohok Japan…
      Jika terjadi perang, saya yakin pengalaman perang akan membuktikan, terutama membuktikan kalau China tidak memiliki banyak pengalaman dalam perang modern… dan itu akan menjadi boomerang bagi China… hanya saja support yang bisa mereka dapatkan dari Russia akan memberikan efek menakutkan bagi lawan mereka… Russia memiliki pengalaman perang yang tidak main2…

      •  

        Itulah hebatnya Cina, ngapain repot2 membuat sesuatu yang sudah dipelajari dan dikuasai oleh negara lain, tinggal contek lalu tiru dengan sedikit perubahan, tapi kalau mengatakan Cina tidak inovatif itu seperti mengingkari fakta bahwa saat ini Cina ada 3 besar negara dengan dengan pendaftaran paten dan negara kedua dengan anggaran riset terbesar di dunia dibawah Amerika Serikat

      •  

        Perang korea,perang dengan india,unisoviet,vietnam blm masuk perang modern ya?

        •  

          Belum… Lawan India dan Uni Soviet menurut saya itu insiden. Karena kalo perang pelibatan kekuatannya secara total. Minimal 2/3 dari kekuatan utama akan dikerahkan atau disiapkan mendekati area perang.

          •  

            Mang perang korea amrik ga total?

          •  

            Sebutkan dimananya letak gagal totalnya USA dalam perang Korea.

          •  

            Siapa yg bilang gagal total dikorea,perang total kerahkan seluruh persenjataan dan negara sekuytu puluhan negara,iika kala di vietnam jelas

          •  

            Dan lagi yg dikerahkan dalam perang Korea bukanlah 2/3 kekuatan utama USA tapi sebagian kecil kekuatan armada Pasifik USA.
            Dari 12 juta pasukan utama dan cadangan US Armed Force saat setelah PD 2
            https://googleweblight.com/i?u=https://www.nationalww2museum.org/students-teachers/student-resources/research-starters/research-starters-us-military-numbers&hl=id-ID

            Hanya 326 ribu pasukan yg dikerahkan
            https://googleweblight.com/i?u=https://www.nationalww2museum.org/students-teachers/student-resources/research-starters/research-starters-us-military-numbers&hl=id-ID

            Itu artinya hanya 2,725 % dari total pasukan yg dikerahkan. Tak sampai 3% dari seluruh jumlah pasukan.

          •  

            Endral mac artur dipecat euy gara2 perang korea ada apa itu? Di vietnam kalah total usa itu sejarah yg bantu pasukan korut tuch di vietnam,liat coba latihan tentara darat korut jika berani perang darat tentara amrik jago! Paling bombardir jarak jauh beraninya tpi jika diserang korut rusia dan china bakal diam kecuali korut yg mulai serangan dulu china akan diam

          •  

            Ente tau gak alasan Jenderal Mac Arthur dipecat dari jabatan pimpinan tertinggi pasukan PBB dan USA di Korea??? Kalo gak tau ya diem aja.

          •  

            Lucu ya douglas mc arthur pahlawan pd 2 kok dipecat gara2 perang korea ?

          •  

            Iya lucu, Karena Mr. Mac Arthur mau mengebom Beijing pake bom atom makanya daripada tambah ribet diturunkan aja dari jabatan komandan tertinggi. Padahal dialah yg sukses mendaratkan pasukan di Busan dan menekan balik pasukan Korut hingga perbatasan utaranya sebelum dibantu oleh ratusan ribu pasukan China dan alutsista dari USSR. Coba kalo udah disetujui, rata juga itu Beijing Ama tanah dan Chiang Kai Sek bisa kembali lagi memimpin China. Hhhhhhhhhh

          •  

            Mang unisoviet mw diam ??? Dah sama punya bom atom kok

          •  

            @Bung Kwan : maksud bung agato dr posisi petinggi amrik dr pd nambah masalah dan membuat PD 3 ya lbh bgs si Mc. A di copot aja krn dia ngotot mau ngebom peking. Klu peking di bom jelas USSR gak akan tgl diam dan ikut ngebantu. Nah RRT jg gt dgr USA mau ngebom peking jg nahan diri dan menarik pasukan yg di kirim nya hampir 1 jt org dan mnt korut nerima gencatan senjata.

          •  

            Tahun 1950-1955 jumlah bom atom USSR masih dibawah USA dah kekuatan bom atom USA masih lebih kuat, mau perang bom atom sekalipun, USSR yg bakal hancur lebih parah. Tahun segitu Tsar Bomba belum dibuat.

          •  

            Thx Bung Muhammad Kekasihku. Cuman di Sales Komunis China tau gak sejarah

          •  

            Kalau loe bilang dulu? Gak akan ada artinya, karna fakta, amerika sj brharap bantuan russia, klu tidak? Yaaa jd pecundang, pdhl jepang negri kecil dilautam juga belur itu amerika, klu tidak dibantu inggris? Yaa jd pecundang selamanya

            Hahaahaaaa

          •  

            Oh, maksudnya waktu perjanjian Yalta ya.. ah kenyataannya itu gak diperlukan karena saat itu persiapan uji coba bom atom pertama sudah kelar. Tanpa minta bantuan USSR pun sebetulnya USA dah mampu membuat Jepang Bertekuk lutut. Apa yg dilakukan oleh USSR di bulan Agustus 1945 dg menyerbu Manchuria dan Korea hanya sikap oportunistik Stalin terhadap Medan Asia-Pasifik. Tak ada pengaruhnya sama sekali. Hhhhhhhhhh

      •  

        China dan Rusia bisa bekerjasama karena kepentingan yg sama tapi akan sulit bagi mereka untuk menjadi sekutu abadi. Kenapa?? Karena China masih menginginkan sebagian wilayah Manchuria yg sekarang menjadi wilayah Timur Jauh Rusia dengan ibukotanya Vladivostok. Rusia tau hal itu dan tak mau memberikannya sejak masa Tsar Rusia. Bisa saja Jepang dan atau USA mengajak China merebut kembali wilayah China di Far East Rusia sedangkan Jepang menginginkan Kep. Kuril dan Shakalin. Nah sekarang China milih yg mana, kerjasama dgn Rusia tapi kehilangan wilayah Manchuria Utara yg kaya minyak dan gas atau Kerjasama dgn Jepang-USA tapi China harus melupakan ambisi menjadi negara super power dunia. Atau malah kerjasama USA-Jepang-Rusia untuk menghadapi China karena China selain ingin menguasai kembali Manchuria Utara juga ingin menguasai Kep. Senkaku di laut China Timur, Taiwan, dan LCS. Yah, kita lihat permainan catur mana yg akan menang ?? Yah apapun itu USA tetap menari diatas segalanya. Hhhhhhhhhh

  3.  

    Tidak akan sulit, mengingat Cina sudah mampu membuat kapal selam tenaga nuklir

  4.  

    ada duit … ada barang
    ada duit … ada research & development
    ada duit … beli mesin copy, bikin pabrik trus produksi.

    kalo byk duit bisa beli produk jadi, beli tekno, beli mesin, beli material trus bikin sendiri … mau pake cara beli hak cipta resmi, tiru, nyontek, njiplak, nyolong … yg penting bisa bikin sendiri.

  5.  

    Target mereka seperti dicangkan xi jinping th 2035 hrs bisa imbangi amerika,thn 2050 jadi armada kelas dunia ,ga semua china meniru sekrg mereka sdang mengembangkan pesawat hipersonic china-usa 2 jam,laser anti satelit,senjata railgun ,reaktor nuklir kecil dll,kita juga bisa asal ekonominya maju jdi bisa kebiayaan

  6.  

    Masalah terbesar dikita adalah korupsi yg sudah mendarah daging, perlu jg cara China menangani Korupsi ditiru persetan dgn HAM. Klu sudah terbukti dipengadilan yg bersih lgsg hukum mati dan sita harta kekayaannya! Baru RI bs jaya.

  7.  

    Klu RI masih jauh kemampuan R&D untuk alutsista dan teknologi lainnya karena ekonomi yg blm sekuat China. Belum lagi Korupsi yg mendarah daging dan penerapan hukum dan berkadilan yg masih lemah!

    •  

      yang paling utama, rakyatnya sendiri masih banyak yang bodoh tapi merasa pinter, terbukti masih gampang diadu domba. lupa bahwa leluhur kita sendiri jauh lebih cerdas dan mampu melihat jauh kedepan, sehingga negeri ratusan suku bangsa ini bisa menjadi NKRI.

  8.  

    Ga ada gunanya Jerman membangun kekuatan militer secara berlebihan, sumber daya alam Jerman tidak mendukung untuk hal itu, lebih baik alokasikan anggaran ke pengembangan IPTEK untuk memperkuat lagi ekonominya

 Leave a Reply