Feb 132018
 

Jet tempur Sukhoi Su-30SM yang bermarkas di wilayah Rostov. © Dephan Rusia (Mil.ru) via wikimedia.org

JakartaGreater.com – Pengerjaan upgrade pesawat tempur multi peran Su-30SM akan dimulai tahun ini, dan pesawat yang telah diupgrade akan bergabung dengan tentara pada tahun 2019, tutur Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Yury Borisov, seperti dilansir dari laman TASS.

“Kita berencana untuk memulai modernisasi tahun ini, tahap pertama selesai di tahun 2019 dan kemudian mengirimkan pesawat tempur yang telah diupgrade”, kata Borisov saat berkunjung ke Irkutsk Aviation Plant pada hari Kamis.

Ada 100 unit jet tempur Su-30SM dalam layanana angkatan bersenjata Rusia, katanya. “Mereka tampil dengan sangat baik di Suriah serta membuktikan seluruh kemampuan mereka. Pesawat ini harus ditingkatkan dalam hal substitusi impor dan adaptasi senjata udara terbaru”, kata Borisov, mencatat bahwa jet tempur ini akan beroperasi hingga 40 tahun.

Jet tempur super-manuver berkursi ganda Su-30SM ini adalah versi modifikasi terakhir dari versi Su-30 dasar. Su-30SM dikembangkan berdasarkan persyaratan Kementerian Pertahanan Rusia dengan modernisai sistem radar, komunikasi dan IFF, serta peralatan persenjataan ditambah peralatan lainnya.

Kontrak pertama untuk mengantarkan jet tempur Su-30SM ke angkatan bersenjata Rusia ditandatangani pada tahun 2012.

Pesawat tempur multiperan Su-30SM ini dirancang untuk mendapatkan superioritas udara, memblokir lapangan terbang musuh dan menghancurkan target udara, darat dan laut.

  5 Responses to “Modernisasi Jet Tempur Su-30SM Rusia Mulai 2018”

  1.  

    Patut disandingkan dgn SU-35 bila benar2 telah TTD kontrak!

  2.  

    Su-30SM the Deadly Multirole Jet Fighter

    https://www.youtube.com/watch?v=0F70H2q4_G8

  3.  

    Kagak Manjur Nih Barang Knapa ? Tanya Langsung Sama Bung TN

 Leave a Reply