JakartaGreater.com - Forum Militer
Jan 112018
 

Tank Tempur Utama (MBT) Leclerc buatan Prancis. © Nexter Systems

JakartaGreater.com – Menurut pimpinan perusahaan pertahanan Nexter Systems, Stephane Mayer menyebutkan bahwa perusahaan akan bertanggung jawab atas modernisasi 200 unit tank tempur utama (MBT) Leclerc dengan standar terbaru antara 2020-2028, seperti dilansir dari laman La Jaune et La Rouge.

“Tujuannya disini adalah untuk memperbaiki dan memperluas kemampuan operasional tank generasi keempat tercanggih ini dibandingkan dengan pesaingnya”, kata Stephane Mayer.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, Badan Pengadaan Pertahanan Prancis (DGA) memberi tahu Nexter Systems tentang kontrak renovasi tank tempur utama Leclerc. Perintah ini merupakan operasi ketiga yang diluncurkan oleh Kementerian Pertahanan Prancis di bawah program SCORPION yang dimaksudkan untuk memodernisasi pasukan tempur Angkatan Darat Prancis.

Dengan harga sekitar € 330 juta, kontrak tersebut menyediakan pengiriman 200 unit tank tempur utama “Renovated Leclerc” dan 18 unit kendaraan pemulihan “Renovated DCL” dari tahun 2020.

Pekerjaan renovasi yang direncanakan akan memungkinkan Leclerc memanfaatkan sebaik-baiknya daya tembak dan mobilitasnya di dalam grup taktis bersama “GTIA” selanjutnya.

Operasi renovasi yang diluncurkan bertujuan untuk mempertahankan kapasitas ini hingga tahun 2040.

Bagikan:

  53 Responses to “Modernisasi Tank Leclerc Prancis Dimulai Tahun 2020”

  1.  

    Tank punya orang kaya …

  2.  

    Produk2 france terkenal mahal jd ga terlalu laris,,,beda sm produk2 rusia, yg sdh gahar, sangar, canggih, modern, futuristik dan paling penting,…Murah,,,hehe

    •  

      Haha… Tapi indonesia termasuk konsumen setia produk prancis bung liat tuh Amx sm Caesar, tapi sayang yg mahal2 kek rafale ga dibeli xixixi…

    •  

      Karena ngeliat kecanggihan T14 Armata NATOcs berlomba2 jg memperbaharui sistem tempur Tank buatannya!

      •  

        Betul, apalgi armata sdh mulai diproduksi massal thn 2018 ini,, so mbt2 dunia yg msh jaman old, harus segera di modernisasi biar spt mbt jaman now kek armata…

        •  

          Gak ada yg namanya telat. Buktinya udah punya alutsista canggih Nazi aja masih kalah juga tuh. Hhhhhhhhhh

          •  

            Lah Gimana Gk Kalah. Lha Wong Di Gangbang Segitubanyaknya Negara Kok. Toh Lagian Teknologi Nazi Jg Di Colong Ama AS.

          •  

            NAZI kalah justru karena banyak faktor, menunjukkan kalau teknologi paling maju sekalipun bisa kalah oleh yang pas-pasan… cuaca, kondisi alam dan juga faktor lawan menjadikan NAZI kalah, berperang di dua lini berbeda dengan lawan yang sama kuatnya di dua lini itu jelas menjadikan NAZI babak belur… mungkin jika saat itu Hitler lebih fokus menghancurkan Inggris daripada menyerang USSR, kondisinya akan lain…

          •  

            Nah makanya, secanggih2nya Armata, kecanggihannya pasti takkan bertahan lama. Bisa aja tuh tank kalah dg cara yg sederhana seperti yg dilakukan oleh pemberontak ke pangkalan Hyememim

          •  

            Nama nya jg buatan manusia bung, selalu ada aja cara nya utk menaklukkan,..apalagi hanya sebuah tank,,,tp utk saat ini mmg armata paling kuat,,.coba aja bandingkan spek nya,,,

          •  

            Apalagi dibandi gin sm merkava ,,,hahah ngaku nya masuk 10 mbt terkuat didunia,,baru kena hantam rudal hamas aja udha rontok.,.xixi coba armata di tes dl, ente mau pake rudal apa ayooo..silahkan, ga bakal mempan

          •  

            Rudal apa saja boleh kan, kalo gitu pake Trident II D5 ya. Ane yakin pake tuh rudal mau 10 divisi Armata sekalipun bisa langsung musnah. Hhhhhhhhhh.

            Btw, Merkava banyak rontok kan waktu ngadepin Hizbullah, bukan Hamas. Aduh, gimana sih nih anak.
            Hhhhhhhhhh

          •  

            Ane mau blg hizbullah yg keluar hamas,,sorryy deh,,ane bukan anak2…,sembarangan ente klo ngebacot…emang ente punya rudal itu, silahkan aja di coba, juga bkn punya ane gini,,,harusnya ya rudal yg pantas lah,,.itu sie mau nya lu aja pake rudal itu,,,huuu dasar bacot gede lu..,

          •  

            Merkava udah ngerasain Medan yg nyata, pastinya ada perbaikan untuk mengatasinya termasuk Tikpur buat menghadapi perang kota.
            Lah Armata kan belum teruji di Medan nyata. Hanya konsepnya aja yg canggih. Coba kalo Armata dihack atau jaringannya dikasih virus macam StunEx, apa iya Armata masih bisa bertahan???

          •  

            Ya sabar dong,,,kan badu dibikin massal thn ini,.masa udah mau dituruni ke medan perang,,,norak lu,,,lagian ane ga suka perang, klo mau ngetes ya ngetes aja, ga usah nunggu perang dl,,,otak ente suka nya perang tok isinya,,,,pantesan mulut lu bacot nya panas kyk dimedan perang,..

          •  

            Lah perang kan gak ada yg adil, yg ada adalah gimana caranya ngalahin lawan. Ya wajar kan, bisa aja senjata konvensional dihadapi pake senjata nuklir/kimia/biologi. Apalagi Ente bilang segala macam rudal kan?? Gak bilang batasannya jenis ATGM. Hhhhhhhhhh,

            Kalo lawan ini bisa pake IED juga cukup. Hhhhhhhhhh

          •  

            Ya liat batasannya dong utk menghancurkan sebuah tank, yg sewajar nya aja,,.yg ente pake kan rudal lebay,, yg berlebih2an,,,,

          •  

            gp & zeven beda tipis jika brtemu agato, blm lg ketemu ruskye yg didadanya popor panas.

            Tapi begini, tank leclerc dimordernisasi, sementara arab saudi mau mmbeli sistem pertahanan anti tank untuk tank abrams

            Hahhaahaaaa

          •  

            GP Ama seven kan 1 orang, cuma akun klonengannya banyak. Dulu yg GP ngaku muridnya Bung TN, sekarang jadi musuhan. Emang aneh nih anak. Ente masih lumayan, Gonta ganti Nick tapi jiwa masih sama. Sama2 sebagai duta daster Nasional kan. Hhhhhhhhhh

          •  

            Hahahhaaaahahha,,..ane msh bingung bung,,krn ane suka barang2 dr amrim, krn kereen dan model nya bagus,,,seneng liat nya, tp dr hati paling dalam, sy lbh suka liat barang2 rusia, krn bentuk nya sangar, gahar dan canggih….maka dr itu sy msh labil klo komen ttg as dan rusia,,,mau pilih yb mana..,klo ane bukan sales salah satu produk,,,so boleh dong golput,,hehehe..di blgin anape bkn anak2, gw tampol jg lu ,,

          •  

            Oh, maaf. Kalo boleh tau bung Edo aka Bung Seven itu umurnya berapa ya. Sapa tau lebih tua dari saya, jadi saya bisa menyesuaikan diri dg Anda, Bung.

          •  

            Emang nya boleh bicara usia disni…bukti nya bung jimm ngaku nya usia 21 tgn, tp ga ada yg percaya,,malah ada yg blg usia nya diatas 50 thn hahahha…

          •  

            Kalo bingung jongkok aja bung Edo, sambil pegangan pohon. Sapa tau bung WI/Bung Hari mau ngasih pencerahan dari atas pohon. Hhhhhhhhhh.

            Yah, tiap alutsista punya filosofi dan konsep yg beda. Konsep alutsista Barat khususnya USA adalah ketepatan, safety, melingkupi seluruh area dan kondisi serta kemampuan untuk mengatasi berbagai macam ancaman serta efisien.

            Filosofi alutsista Rusia adalah, kuat, tahan banting (bukan tahan lama), dan efektif.

          •  

            Main filosofi apa mau promosi loe agato?

            Tapi yg loe anggap itu filosopi mirip dgn filosopi china yg mau menjual pespur fc31, apakah loe mncontek filosopi chinaa?

            Hahhaahaaaa

          •  

            Kenapa tiba2 membahas Armata??? Russia itu senjatanya tidak ada yang canggih, yang canggih itu ya buatan USA dan sekutunya dari Eropa atau Israel, kalau buatan Russia itu boros, umur pakainya pendek, gampang rusak, masih teknologi kuno dan sebagainya…
            Lagian Armata itu yang revolusioner adalah menempatkan crew di satu hull yang aman, dan dengan cara itu proteksi bisa dimaksimalkan, jelas bukan Tank super duper tidak bisa dikalahkan, tetapi jelas Tank yang jauh lebih aman untuk Crew nya… bahkan Israel sudah memiliki rencana mengaplikasikan sistem serupa, hanya saja untuk USA akan sulit mengaplikasikanya karena Abrams masih menggunakan sistem manual loader, begitupun Leopard… Hanya Tank dengan sistem AutoLoader yang bisa memungkinkan mengaplikasikan sistem ini…
            Satu hal yang bisa dibuktikan oleh Russia, yaitu sistem pelindung aktif pada Tank yang terbukti cukup efektif melindungi Tank Russia yang MBTnya tergolong paling ringan dan dinding yang jelas lebih tipis… USA bahkan mengaplikasikan sistem yang sama yang dibuat oleh Israel untuk Tank terbarunya

          •  

            Yah bung yuli jadi jelek2in barang idola nya nie,,,sdh kena ramuan guna2 dr agato kali ya,,.produk rusia itu gahar, sangar dan kuat,,,terlihat kokoh dan strong, beda dgn produk as yg lbh mengedepankan elegan, good looking dan keren nya,,,klo dipake utk perang ya produk rusia yg paling kuat dan tahan banting, produk as hanya utk gaya2an doang,,,,tp emang keren2 sih, sy suka sm army hummer nya,,walau di cat apapun ttp aja keren bgt,,,,

          •  

            Ah itu kan jebakan bung Seven… kan dia lagi bahas teknologi maju yang masih bisa kalah perang… nah kalau teknologi kuno terus dia bilang apa…

      •  

        Awas bung, Kalau nyebut2 armata biasanya ada kuncennya datang xixixi…

    •  

      Ah, Exocet nyatanya laris juga tuh. TNI AL malah pengguna setia produk Exocet, terus beli Caesar juga tuh.

  3.  

    Sepintas mirip2 Abrams tapi rasa Napoleon…

    •  

      Beda bung… yang mirip2 itu antara Leopard sama Abrams… sama2 menggunakan manual loader, dan crewnya 4 orang, meriam yang digunakan sama sekaligus sepertinya armornya juga mirip2….
      Leclerc sendiri cukup mumpuni meskipun versi eksport nya, karena UAE juga menggunakannya untuk perang Yaman, dikala Abrams rontok di sana, Leclerc membuktikan kalau tangguh dan meskipun masih bisa ditembus ATGM tetapi tidak menghancurkan Tank tersebut secara total…

 Leave a Reply