JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 122014
 
Jenderal Moeldoko

Jenderal Moeldoko

 

JAKARTA – Panglima TNI, Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan, 20 tahun ke depan dunia akan mengalami perubahan. Menurut James Canton, dalam bukunya The Extrem Future karya, ujar Moeldoko, terdapat 10 tren masa depan yang akan berubah dengan ekstrim.

“Sepuluh tren perubahan ekstrim itu yakni sumber energi, inovasi ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, harapan hidup manusia 100 tahun, perubahan iklim, masa depan globalisasi, ancaman keamanan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang aneh-aneh, masa depan individu dan kebangkitan China,” kata Panglima TNI saat memberikan ceramah pembekalan kepada 134 Perwira Siswa (Pasis) Sesko TNI Pendidikan Reguler (Dikreg) XLI Tahun 2014, di Sesko TNI Jl. R.A.A. Martanegara No. 11 Bandung, Selasa (11/11).

Indonesia saat ini, lanjut Moeldoko, mempunyai sumber daya alam yang berlimpah dan pasti akan habis seiring dengan kebutuhan yang meningkat.

Di bidang ekonomi, demokrasi akan mempercepat inovasi sehingga akan terjadi perubahan drastis pada ekonomi dunia.

“Di bidang peningkatan sumber daya manusia perlu adanya perubahan kurikulum pendidikan sehingga menjadi kurikulum yang inovatif serta menyiapkan generasi muda dalam menghadapi masa depan yang ekstrim,” ujar Jenderal Moeldoko.

Terkait dengan harapan hidup manusia yang lebih dari 100 tahun, menurut Moeldoko, ini disebabkan karena terciptanya inovasi pada teknologi kesehatan.

Perubahan iklim akan menjadi ancaman bagi keamanan nasional setiap negara, karena antar-negara akan memperebutkan sumber air bersih atau kegagalan panen secara masal akibat peningkatan suhu bumi pada 100 tahun terakhir ini yang sangat drastis.

Dalam bidang masa depan globalisasi, yaitu tentang kolaborasi antar-negara di bidang perdagangan bebas dan tanggung jawab global pada iklim, energi, ekonomi, teknologi, keamanan dan demokrasi.

Sedangkan sektor ancaman keamanan, Panglima TNI menyebutkan sebagai ancaman asimetrik yang sangat sulit diperkirakan. Di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang aneh, Panglima TNI menyebutkan seperti teknologi nanotech, robot, cloning dan kemajuan teknologi lainnya.

“Dalam masa depan individu negara semakin mudah dalam mengawasi masyarakatnya dengan terobosan teknologi pengawasan digital, dan yang terakhir tentang perubahan serta kebangkitan China.

Terkait dengan hal tersebut di atas, lanjutnya, maka ada lima faktor penentu masa depan yang ekstrem, yaitu kecepatan (speed), kompleksitas (complexity), resiko (risk), perubahan (change) dan kejutan (surprise).

Untuk menghadapi masa depan lanjut Panglima TNI, ada empat faktor kunci menghadapi masa depan, yaitu antisipasi, adaptasi, berkembang dan inovasi. “Dalam konteks ini, saya mengajak para Pasis untuk selalu berpikir yang aneh-aneh dalam arti untuk selalu inovatif dan jangan yang biasa-biasa saja,” harapnya. (www.jpnn.com)

Berbagi
 Posted by on November 12, 2014

  36 Responses to “Moeldoko Ajak Pasis Sesko TNI Berpikir Aneh-aneh”

  1.  

    Nyimak dulu

  2.  

    Assalamualaikum…. Selamat pagi… !!!

  3.  

    Ngisi daftar hadir dulu…

  4.  

    baca dulu !

  5.  

    Oooh Tak pikir Berpikir Aneh2 untuk Kekuasaan , Tapi ternyata Aneh2 SoaL teknoLogi ALutsista , he he he bahasa Penarik nafsu dan mata kayak bahasa MARKETiNG he he 😉 :mrgreen:

  6.  

    Demi jkrta greater….mutah geteh msh sempat membaca

  7.  

    Nyimah dulu lahh.

  8.  

    Keimanan dan ketaqwaan juga akan menemui ujiannya yang paling besar. Khususnya bagi anak anak kita.

  9.  

    ck…ck…admin sampe begadang dan bangun pagi2 untuk nurunin artikel…

  10.  

    harus biasa

  11.  

    Harus siap….

  12.  

    Mnghadapi dunia yad dperlukan kmampuan brfikir yg inovasi jg apalgi isu sda mnjd prtikaian antar negara. Indonesia berada di tengah2 (non blok) hrs lebih bjaksana dlm menyikapi kondisi tsb. Kbangkitan China mrupakan hal yg tdk dpt dipungkiri, oleh krn itu Indonesia hrs mndptkan tempat yg terhormat di dunia global. Aamiin.

  13.  

    Ikut nyimak aja..

  14.  

    Nyimak aja..

  15.  

    yuk sarapan dulu smuanya

  16.  

    selamat pagi kawan2 warjager semua…
    n sebuah pola pikir yg brilian jg memandang jauh kedepan dari Panglima kita… gw yakin NKRI akan makin jaya !

  17.  

    Absen pagi 😀

  18.  

    Absen pagi 😀

    Slamat pagi warjager

  19.  

    Faktor kunci untuk menghadapi masa depan perlu ditambahin….
    tambahin satu “persiapan untuk akhirat “, sayang kalau cuma persiapan didunia aja, nanti di akhirat ga ada persiapan bahaya….

  20.  

    Indonesia harus bisa bermain ‘cantik’ sebelum kemandirian disemua bidang tercapai …
    Kita harus menjadi batu karang yang kokoh agar tidak terombang ambing oleh ‘angin timur’ atau ‘angin barat’ …
    Indonesia … ‘This is ME’
    Met hari Pahlawan …
    Sudahkah diri ini berguna bagi orang lain ?
    Have a nice day …

  21.  

    Pak Moeldoko,terbukti memang seorang Panglima yang berwawasan luas, dan berani melakukan perubahan demi mencapai kemajuan ….., salut

  22.  

    Saat ini saja ekonomi Indonesia masih kritis, dollar semakin lama semakin naik bayangkan saja yang kemarin masih 9ribu sekarang sudah 12ribu, otomatis bahan pokok juga naik, bahan produksi perusahaan juga naik, PHK dimana-mana, sumber daya alamnya memang masih melimpah, seperti ikan, bahan tambang, pertaniannya, tapi lama kelamaan ya habis, ini kan salah satu penyebabnya cukong-cukong korup, lain dari itu ledakan penduduk Indonesia yang gak terkontrol, jujur saja semakin lama pemerintah gak kuat ngurusin rakyat, ya gimana lagi tradisi orang Indonesia hobinya juga suka kawin dan beranak pinak, ini kalau gak ditekan jumlah penduduknya ya tambah susah nanti nasib Indonesia, saya sekedar ngikutin angin saja

  23.  

    robot terbang … ok sdh ada
    robot renang … ok sdh ada
    robot selem ……ok sdh ada
    tinggal robot tempur alias robot prajurit tempur yg ane demen … yo kite buat cepetan neh …
    kalo tekno cloning manusia yg kagak setuju …

  24.  

    Dunia bak angin yang selalu berubah, berkembang menyimpul kapan n dmn saja, dperlukan pola pikir out of the box dan berfantasi..

  25.  

    Bikin pesawat tempur seperti UFO…pasti ga ada yg ngalahin pak moel..kumpulin para ahli, kan teknologi anti gravitasi nye dah ada dimari,trs kasih dana yg banyak buat mewujudkanya. Seperti yg bapak bilang yg aneh2 bkn yg biasa2 aje…klo ga didukung sama pemerintah percuma juga..yg ada para ahlinye kabur semua kenegara laen karena kurang dihargain en diperhatiin hasil karyanye..yg penting pemerintahnye dulu dah, mau ga dukung en ngasih dananye buat ngembangin..

    ….NKRI HARGA MATI….

  26.  

    bapak jenderal Moeldoko saya kira pantas jadi capres berikutnya. beliau pinter menganalisa dan tegas

  27.  

    Berpikirlah yang aneh aneh seperti :
    Explorasi Sumber Daya Alam Indonesia oleh bangsa Indonesia sendiri dan digunakan untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia, TANPA CAMPUR TANGAN ASING !!!

  28.  

    Hakikat ancaman sebenarnya adalah ancaman internal dan ancaman eksternal. Pembangunan Nasional kita harus terus dilanjutkan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yg kuat baik scr jasmani maupun rohani dan berkeadilan sosial sehingga persatuan dan kesatuan terjaga. Dalam asymetric war yg menjadi sasaran adalah seluruh aspek yg ada yakni poleksosbud hankam, disitu ada perang ideologi, perang ekonomi, dsb. Saya kira patutlah kita melindungi generasi muda kita dan anak2 dr bahaya2 yg mengancam jasmani dan rohani mereka, dan memberikan pendidikan yg baik agar nanti kelak menjadi penerus dan pemimpin negara menggantikan kita yg uzur2 ini. Seperti kata pepatah Ing madyo mangun karso, Ing Ngarso sung tulodo, Tut Wuri Handayani, jadi ada warisan budaya dan karakter kuat yg bisa melekat dan ada tongkat estafet kepemimpinan, tdk berhenti begitu saja.

  29.  

    Kalau saya pikir kita paling rentan terkena krisis pangan dan air (sandang dan pangan). Butuh teknologi untuk menghasilkan pangan dalam kuantitas besar dengan sumber daya yang lebih kecil dibanding saat ini serta teknologi konservasi dan pengolahan air. Perang masa depan (yang sudah dimulai dari saat ini) akan memperebutkan tanah (teritori) dan air karena tanah dibutuhkan untuk menanam pangan serta air untuk kelangsungan kehidupan.

    Indonesia termasuk yang memiliki keduanya tersebut. Kondisi tersebut akan menyeret Indonesia memilih salah satu kelompok melawan kelompok lain atau membuat Indonesia melawan semua kelompok.

  30.  

    Masa depan membutuhkan sumber daya alam dan energi yang sangat besar. Negara kita kaya akan sumber daya alam dan sumber energi. Kita harus kuat supaya kita tidak dijajah lagi untuk kedua kalinya di masa depan. Kita memiliki uranium dan “9 gunung emas”. Mari perkuat setiap individu bangsa ini dengan pendidikan dan kesehatan yang baik. Investasi sumber daya manusia adalah investasi jangka panjang yang paling menguntungkan.

  31.  

    Kalo mau berpikir yg aneh” dlm rangka inovasi sih ada ni, bagaimana jika kita buat ks mini/mijet siluman yg nir awak yg bisa ngebor, dibagian depannya kita lengkapi dgn alat bor baja ukuran besar.
    Fungsi ks mini siluman tsb dpt digunakan utk membolongi/mbledosi kapal permukaan di bagian bawahnya, lumayan kan utk ngerjain kapal laut tetangga yg suka melanggar wilayah kita seperti kasus ambalat …
    Mgkn ini bisa menjadi solusi tepat guna utk menangani kasus diatas dgn biaya yg murah meriah tanpa harus mengusir mereka menggunakan kaprang yg berbiaya besar. Hasilnya akan membuat tetangga yg suka usil itu kapok krn setiap kali masuk perairan ambalat kaprang mereka bocor terus dibeberapa bagian bawah kapal mereka sambil teriak bocor … bocor … bocor …

  32.  

    Membolongi = melubangi

  33.  

    usul pak,… 1% dari jumlah kepulauan kita adalah pangkalan… hal ini akan mengerikan.. bayangkan saja pulau kita ada 17000,.. kalau 1% brarti ada 170 pangkalan alias kapal induk yg tak bisa tenggelam..

 Leave a Reply