Sep 122016
 

MOSKOW – Tank T-90 adalah tank tempur generasi ketiga Rusia yang memasuki layanan pada tahun 1993. Tank ini merupakan variasi moderat dari tank T-72B dan menggabungkan banyak fitur yang ditemukan pada tank T-80U.

“Ini adalah program Proryv-3, kita telah membahas masalah ini di forum, tank ini akan menjadi lebih baik daripada T-90 yang ada,” kata Alexander Shevchenko di sela-sela pameran militer Army 2016.

Menurut pejabat itu, tentara Rusia akan menerima lebih dari 300 tank T-72-B3 yang telah di modernisasi. “Kendaraan ini menjanjikan, dan akan terus dikembangkan, Angkatan Bersenjata akan menerima lebih dari 300 tank T-72B3 dalam waktu dekat”, tambahnya.

Asal usul program tank T-90 berawal pada era Soviet yang bertujuan untuk mengembangkan pengganti tunggal untuk tank tempur utama seri T-64, T-72 dan T-80.

Platform T-72 dipilih sebagai dasar bagi tank generasi baru karena efektivitas biaya, kesederhanaan dan kualitas otomotif. Tank tersebut dipilih untuk melindungi pangkalan udara Rusia di Suriah karena merupakan sesuatu yang ideal untuk membela objek stasioner di lingkungan gurun.

Sumber: Sputnik News