Mar 302015
 
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Dalam kunjungan kenegaraan Jokowi ke Tiongkok, kedua negara sepakat untuk mengumumkan pernyataan bersama tentang hubungan strategis dan komprehensif kedua negara ke arah yang saling menguntungkan.

Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyepakati kerja sama pada delapan bidang. Demikian berita yang dikutip di antaranews.com pada hari Kamis, 26 Maret 2015.

Penandatanganan nota kesepahaman bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dilaksanakan di Great Hall of The People oleh para pejabat Indonesia dan Tiongkok dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Xi Jinping.

Delapan (8) MoU yang ditandatangani yakni

  • Nota kesepahaman kerja sama ekonomi antara Kemenko Perekonomian RI dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT,
  • Nota kesepahaman kerja sama Proyek Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT
  • Nota Kesepahaman kerja sama maritim dan SAR antara Basarnas dan Kementerian Transportasi RRT.
  • Protokol Persetujuan antara Pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara,
  • Kerangka Kerja Sama Antariksa 2015-2020 antara Lapan dan Lembaga Antariksa RRT
  • Nota kesepahaman kerja sama saling dukung antara Kementerian BUMN dan Bank Pembangunan China Pembangunan.
  • Nota kesepahaman antara pemerintah RRT dan RI dalam pencegahan pengenaan pajak ganda kedua negara
  • Nota kesepahaman kerja sama bidang industri dan infrastruktur antara Kementerian BUMN dan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional RRT

Untuk point 5 yaitu Kerja Sama Antariksa 2015-2020 antara Lapan dan Lembaga Antariksa RRT, sudah ada tindak lanjut yaitu pada tanggal 27 Maret 2015 (website lapan.go.id) dengan agenda “Menandatangani Garis Besar Kerjasama 2015-2019 Kedirgantaraan (aeronotika dan antariksa) antara LAPAN – CNSA di Beijing, China “.

CNSA satellite imagery to support Indonesia (Source: CNSA)

CNSA satellite imagery to support Indonesia (Source: CNSA)

Sedangkan kerjasama ttg penginderaan jauh juga telah ditandatangi sebelumnya pada tgl 13 October 2014 , seperti yag dikutip di janes.com, China-Indonesia menandatangani MOU penginderaan jarak jauh” .

China National Space Administration (CNSA) dan Badan Koordinasi Keamanan Maritim Indonesia (Bakorkamla) telah menandatangani perjanjian mendukung upaya terakhir untuk meningkatkan keamanan lepas pantai.

The CNSA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 10 Oktober bahwa nota kesepahaman (MoU) – yang ditandatangani pada tanggal 6 Oktober – fitur transmisi CNSA data penginderaan jauh untuk Bakorkamla stasiun bumi yang meliputi kepulauan Indonesia yang luas.

Data ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan Bakorkamla peringatan dini dan mendukung penegakan hukum maritim dan tanggap bencana. MoU mengikuti penandatanganan tahun 2012 dari China-Indonesia Perjanjian kerjasama maritim dan pembentukan komite kerjasama maritim bilateral.

Berita “China-Indonesia menandatangani MOU penginderaan jarak jauh”  juga dimuat di un-spider.org. Yang dipublikasikan oleh un-spider.org pada tahun kemarin  tgl 20/10/2014.

Kerja sama menyangkut penginderaan satelit untuk mengawasi lautan lewat Pernyataan pers Bakorkamla, berita tsb sbb: Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorkamla RI Laksamana Madya (TNI) Laksdya TNI Dr DA Mamahit menandatangani nota kesepahaman perjanjian kerja sama (MoU) dengan China National Space Administration yang diwakili Xie Fang. Kerja sama ini menyangkut penginderaan satelit untuk mengawasi lautan.

Pernyataan pers Bakorkamla, yang diterima Tribunnnews, Rabu (8/10/2014), penandatanganan MoU antara Bakorkamla dengan China National Space Administration dilaksanakan di Gedung Bakorkamla RI Pusat, Jalan Dr Soetomo 11 Jakarta Pusat. Acara ini dihadiri Seslakhar Bakamla pejabat Bakorkamla Dicky R Munaf, serta perwakilan dari China National Space Administration.

Dalam sambutannya, Kalakhar Bakorkamla Mamahit menyampaikan hibah peralatan pengincaraan satelit jarak jauh yang diberikan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok melalui Bakorkamla sejalan dengan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia. Bakorkamla akan menjadikannya untuk meningkatkan kemampuan ground station yang berada di wilayah Bangka Belitung, dan Bitung – Sulawesi Utara.  Demikian berita yang dikutip tribunnews.com pada hari Rabu, tanggal 8 Oktober 2014.

  57 Responses to “MOU Kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Tiongkok”

  1.  

    Ini benci tapi rindu namanya hehe

    •  

      Kemarin di Jepang Jokowi ngomongin Nine Dash Tiongkok, sekarang MOU sama Xi Jinping…

      Ini Jokowi memang hebat apa Xi Jinping yang pura-pura baik ?

      Jangan-jangan Jokowi punya kartu As….

      •  

        kalo soal natuna saya rasa bukan karena gesekan dgn tiongkok … ” konflik ” LCS di natuna itu sandiwara belaka ..agar bisa punya alasan deploy militer di natuna yg salah satu fungsinya “membelah” malon

  2.  

    wow….lanjutkan…salam hangat para sepuh n warjager semua

    •  

      ko ga ada krja sama d bidang prtahanan dan k amanan y?? apa teknologi pmbuatan apa gtu..??

      •  

        eyang sudah tua giginya tinggal 2 ya….
        poin 3 ttg SAR itu mestinya tentang ilegal fishing dan barter sama support bantuan laut aka angkatan laut.

        poin 5 ttg antariksa , bisa aja ttg persiapan roket sipil utk menerbangkan satelit sendiri yg bisa di transform mjd rudal…

        kereta cepat di bandung bisa jadi nebengin jg teknisi utk di optimalkan di
        subang

        hope so…

        mestinya sih BEGITU…

  3.  

    Seplah ditunggu realisasinya untuk yg baru ditandatanganj..

  4.  

    Dekat Petamax

  5.  

    bung MP bisa aja…..salam hangat bung.

  6.  

    Pertamax?

  7.  

    Hadeh cuma Mou doang,udah bejubun Mou ,tapi lanjutannya mana?

  8.  

    lanjutken.. Pak

  9.  

    pemberitaan kemarin menjadi perhatian besar bagi warga warjag, sekarang dibanting dengan pernyataan ini.. dadem kan. ckckckck
    biasa -biasa aja tuh, toh dari beberapa MOU sudah berjalan dari kemarin dan memang sudah ada pemberitaan sebelumnya. bagaimana fakta kerja-sama sebenarnya?
    saya fikir Tiongkok lebih beruntung dari Indonesia.. lalu bagimana bantuan 40..atau pinjaman?! sekali lagi Tiongkok lebih diuntungkan dari berbagai hal kerjasama. pastikan jagan pernah Tiongkok berfikir untuk menganggu kedaulatan Nusantara

  10.  

    BIASA AJA MOU-NYA…

  11.  

    Ah biasa aja… Baru saling memahami… Masih abu2.kirain mo ngomong di sarang naga… ” Ee itu 9 garis putus2 ko hapus cepat. Sebelum saya yg hapus”

  12.  

    kami g butuh informasi macam ini,,,,yg kmi butuhkan adlah proyek join productian C705 ternyata di jalankan secara rahasia,,,,, nah spt ini baru informasi yg waaaaaaawwwww,,,,, tp ini hanya skedar harapan saja,,,,

  13.  

    Semua MoU gak ada berguna klo gak ada manfaatnya bagi rakyat Indonesia
    Rakyat sekarang hanyalah ingin bensin murah, sembako murah, pendidikan murah serta penghasilan naik, jadi MOU yg ditandangani tsb ada kah manfaatnya bagi Rakyat ?

  14.  

    Pak Jok, sudah beli Yoyo dari china belum, ituloh yoyo pesanan mami

  15.  

    cuma buat gaya2’an aja kali si kowi 😀

  16.  

    Yang sudah sudah juga, sampai sekarang kagak jelas kelanjutan nya, mengenai proyek kerjasama produksi Rudal C-705 di Indonesia ……….. !?!?!?

  17.  

    semoga aja sih nggak bung

  18.  

    buktikan, jgn seperti yg sudah” MOU doang ngaa ada nyata dan hasilnya

  19.  

    wach3x..
    ini proyek kdepan HARUS “dipentelengi” (benar2 diawasi), jangan sampai kasus2 smacam bus way terulang pada proyek2 lain yg bekaitan kerjasama dg china..
    jangan sampai terperosok pd lubang yg sama..

  20.  

    sekelas busway aja jokowi kena tipu apalagi politik tingkat tinggi.

  21.  

    Selamat sore pendukung yang gagal mresiden….

  22.  

    Biasanya kalo utk topik seperti ini juru bicara moncong putih si bung danu sdh nongol siap utk mengcounter koment yg negatif. Tapi sepertinya si entong kagak bakalan nongol soalnya sedang istirahat total sehabis kena bully kemaren sampe sehari semalam tdk tidur ngelayanin koment warjag disini…hehehe
    Kita beri kesempatan dulu si entong danu istirahat buat pulihkan tenaga sekalian siapkan jurus ngeles yg baru…..hehehe

  23.  

    Yang penting REALISASI. Jgn cm gembor2 dpn wartawan

  24.  

    Mantaap….Di bungkus kerjasama ekonomi Indonesia – Tiongkok.Indonesia+TNI juga punya kepentingan di pulau sengketa LCS. Cerdasnya Indonesia+TNI membangun Natuna & China membangun Pulau sengketa LCS. Poros Kekuatan menguasai jalur perdagangan maritim

  25.  

    Cerdasnya Diplomasi Indonesia Halus+Senyap+Dingin+memainkan Geopolitk Geostrategi Geoekonomi. Indonesia menggenggam China yg punya kekuatan+modal+duit. Indonesia partner china latihan militer di semua matra, intelijen Dll. Kepentingan Indonesia lebih besar di LCS (pangkalan militer yg sedang di bangun china) belum di samudra hindia+pasifik

  26.  

    ga juga

  27.  

    MOU poin 4,6 dan 7 koq saya pikir agak nggak sreg…

    Protokol-MOU pencegahan pajak berganda? ini buat expor-impor? …kl kita expornya(k cina) surplus tentu menguntungkan….lha kalo expor kita defisit…artinya yg untung cina dong? mulai melek mata dah ketemu produk cina….misal: bangun…liat jam made in cina…sikat jigong made in cina…handuk? nyisir rambut made in cina..sempak cina…kirakira orang cina tau Indonesia gak ya selain bali?

    Kuatirnya kita baru aja tanda tangan MOU NGILANGIN TRADE BARRIER…..alias kebalikan apa yg dijanjikan jokowi untuk memperketat dan memperkuat trade barrier saat debat capres lalu.

    Soal POIN 6 ….”kerja sama saling dukung antara Kementerian BUMN dan Bank Pembangunan China Pembangunan” …ini kudu diperjelas…maksudanya Antar bank BUMN dengan Bank pembangunan cina ATAU BUMN infrastruktur sejenis ADHIKARYA dengan bank cina tsb?….kl bukan antar bank artinya setiap aliran uang masuk-keluar PAKAI jasa bank cina tersebut…alias bank kita dianggurin…alias peluang ga dapet untung dari proyek2 infrastruktur….dan segudang permasalahan lainnya tentunya. Katanya saling menguntungkan??pendapat saya koq malah kita yg rugi. sekian.

    semoga saya salah….maklum abis makan dadar masrum. salam merdeka atoe mati !!!

    •  

      @bung BKNbbk….4 6 7 jempol untuk anda! masih banyak yang belum melihat poin2 diatas dengan seksama. Sekarang coba telusuri ulang poin 1 2 3 5 8 akan terbaca arahnya, untung atau buntung?

      Semoga negara kita bukan hanya menjadi sapi perahan yang dimanfaatkan seluas-luasnya oleh bangsa asing. Salam hangat

    •  

      setau saya produk cina yg banyak beredar ilegal bung… justru ini lebih menguntungkan Indonesia spy mengurangi ilegal smuggling… klo sama cina memang Indonesia udah buka bukaan sejak mou pengindraan …

      •  

        Met mlm bung nusantara.majapahit…adalah benar adanya banyak barang rrc ilegal. Kl pandangan sy…sebagai negara dgn tingkat konsumsi tinggi tentu negeri ini bagai cewe molek bwt RRC…trade barrier ibarat syarat yg hrs dipenuhi siapa saja yg ingin “meminang”…misalnya, syarat tsb berisi “mainan anak2 yg anda(RRC) tawarkan harus bebas bahan berbahaya bagi manusia, harus begini, begitu, dll”….tujuan trade barrier/syarat tsb mmg ingin mengendalikan jumlah barang impor beredar, gunanya adalah : melindungi usaha lokal sejenis, penyerapan tenaga kerja pd pabrik2 lokal, dll.

        Apabila tujuan MOU itu ujung-ujungnya beralasan “mengurangi ilegal smugling” seperti pendapat bung nusantara….lantas artinya apa? dilegalkan dengan men”down grade”trade barrier atau dihilangkan sama sekali? atau 100% menghentikan penyelundupan sekaligus menghentikan peredaran barang RRC?….lantas apa untungnya buat RRC? anda percaya RRC rela buntung? yakin? sejak kapan? mohon pencerahannya.

        Buka-bukaan MOU penginderaan? ….apakah ini semacam pembukuan A dan pembukuan B …dimana saat petugas pajak datang kita sodori pembukuan B yg nilainya tidak sama dgn pembukuan A yg kita umpetin? **sekedar analogi ….sekali lg mohon pencerahannya

  28.  

    Luar biasa Presiden Jokowi
    Setelah mengeluarkan pernyataan lcs di jepang , china pun menyodorkan 8 mou yg setara .. Dan kalau gak salah ada pembicaraan jalur sutra .. Mg terwujud dan paling membanggakan china menawarkan kerja sama antariksa 2015-2020 .. hal yg tidak mustahil 2020 nkri sudah mempunyai pesawat antariksa , rudal antar benua , jelajah , nuklir , pespur dll
    Hampir 5 bulan Presiden Jokowi sudah menancapkan kukunya di dunia dan mengangkat kehormatan bangsa dan negara

    Sekarang kami bangga dan bisa mengangkat kepala .. Mksh mr Presiden

  29.  

    Waduh cm mou z sdh d sanjur pa lh mrt..

  30.  

    ICBM dongfeng sekalian di borong

  31.  

    SBY Mantan presiden Seremonial lalu Seminar ngajak IMPORT yg merugikan NKRI bikin kacau balau. JOKOWI-JK yg benah2 bersih2 kekacauan data & administrasi

  32.  

    ICBM Dongfeng….hahaha

  33.  

    Smoga itu yang terbaik dr yg terbaik… Mungkin saya salah satu bukan pendukung anda.. Tp siapa pun presiden nya akan saya dukung 100% demi indonesiaku tercinta… Asal semua demi kebaikan bangsa dan negara kami akan mendukung mu..
    Saya sangat paham jd presiden bukan mudah.. Apalagi presiden republik indonesia dg 250jt lebih kepala(yg isi otaknya macam2) dg beragam budaya bahasa agama yg cm ada di indonesiaku tercinta.. Belum lagi dg politik berisik (banyak bicara sedikit kerja) … Sangat sulit memang beban yg anda emban siapa pun itu orangnya pasti akan sulit… Saya jg tau yg anda butuhkan hanya kepercayaan dan dukungan 250jt lebih kepala itu untuk sama2 maju dan maju… Jd intinya apa pun keputusan anda pasti itulah yg terbaik.. Dan saya mendukungmu meski saya tak memilihmu.. Dan doa kami semoga tabah kuat dan teruskan perjuangan anda.. Di pundak andalah ku bebankan tanggung jawab negara.. Bila anda ingkar dg tanggung jawab anda yg telah kami amanahkan TUHAN YG AKAN MEMBALASNYA… ingat 250jt lebih nyawa di tangan mu… 250 jt surga menantimu Atau 250jt neraka menunggumu…

  34.  

    jokowi emang yahud

    •  

      setuju bung, baru sekarang ini kita punya presiden yg sangat tegas di segala bidang dan hebat, terimakasih pak semoga rakyat makin hormat dan menghormati, hidup rakyat miskin, hidup wong cilik

  35.  

    hidup wong cilik, merdeka merdeka merdeka!!!