Mar 232017
 

Pesawat tempur Rafale Perancis muncul sebagai kandidat terkuat yang akan dipilih oleh Malaysia untuk menggantikan armada pesawat tempur yang sudah tua, ungkap seorang sumber di Kementerian Pertahanan Malaysia.

Presiden Prancis Francois Hollande diperkirakan akan membuat dorongan kuat untuk terpilihnya Rafale, yang tercermin dari kunjungannya secara langsung menemui pimpinan tertinggi Pemerintahan Malaysia pekan depan.

“Hal ini dilakukan (Francois Hollande) dalam materi promosi di LIMA, dan bahkan pada pertemuan pimpinan tinggi Pemerintah,” kata seorang sumber di gelaran acara Langkawi International Maritime and Exhibition Aerospace (LIMA 2017).

Malaysia saat ini sedang mencari 18 unit pesawat tempur multi-peran (MRCA) dalam kesepakatan yang bernilai lebih dari US$ 2 miliar. Rencana MRCA adalah untuk menggantikan skuadron MiG-29 Angkatan Udara Malaysia yang hampir separuhnya sudah di grounded.

Menteri Pertahanan Hishammuddin Hussein sebelumnya sering menyatakan, bahwa persaingan untuk pembelian jet tempur baru telah dipersempit menjadi hanya dua pilihan, yakni Rafale dan Eurofighter Typhoon.

Diperkirakan kesepakatan pembelian 18 unit pesawat tempur multiperan Malaysia bisa berbarengan dengan kesepakatan pembelian pesawat tempur Su-35 oleh Indonesia.

Author : Muhidin

Bagikan Artikel :

  78 Responses to “Mungkinkah Rafale Kandidat Terkuat Pilihan Malaysia?”

  1. uno

    duwe duwit po ra tuku jin raffale

  2. cie cie….. 18 unit Rafale

  3. jet pejuang jf sulfur cocok utk malay,,,

  4. Rafale malaysia akan ditepuk seperti nyamuk sama Su 35 tni..

  5. Kalau Malaysia borong Rafale..Indonesia borong typhoon selain Su 35 untuk penambahan skuadron baru

  6. Hus hus hussu 35 masih AKAN.. ga ada beda sama si malon.

  7. Pejabat negara mosok turun pangkat, jadi sales pesawat :V

  8. Selain SU 35 …borong juga Rafale dan Gripen, sama bayar skema perdagangan komoditi .

  9. benar… negara kami dalam situasi yang amat sukar kerana berhadapan dengan pelbagai ancaman… dan ancaman paling merbahaya adalah politikus-politikus yang menjadikan wang negara sebagai peti simpanan peribadi… doakan semoga negara kami diperintah oleh politikus-politikus yang jujur…

    • kita saling mendoakan bung Dwasa….. yang jelas kita jangan saling sombong…karena kesombongan adalah pintu kehancuran….

    • yg penting adalah keinginan rakyat malaysia untuk berkata “tidak” kepada para politikus busuk, dan mendukung penuh politikus jujur untuk perubahan yang lebih baik sambil terus mengawal mereka agar tidak rusak ditengah jalan seperti yang lainnya…

      sukses bung

    • Ya mari sama2 kita berdoa, jika berkenan kata2 sy diatas jgn dimasukkan ke hati..ini cuma guyonan disiang hari agar para pembaca dan komenter bs tertawa dan gembira, ga lbh ga kurang…kita bangsa serumpun hrsnya saling menghormati, jgn hujat menghujat…

  10. Mungkin yang dibeli malon versi Darat bung.. jd tidak terbang qiqiqi

  11. Hihihi kalau si jimmy sales Rosoboron pimdah ke malon dan jualan pisang laris gk ya

  12. yg namanya jimmi sulivan bnyak bener.. emang sales terkenal yak? wkwkwk

  13. Kemarin pd acara pembukaan LIMA, MenHan Malaysia mengatakan bahwa mereka adalah pemimpin dirgantara di Asia Tenggara. Mereka telah berhasil mengeksport sayap pesawat dan komponen untuk Air Bus dan Boeing. PT.DI kerjasama dgn Air Bus kok bs kesalip ya?

    • wah… pertanyaan yg rada sensi nih πŸ˜€ biarlah petinggi negara dan petinggi PTDI saja yang menjawabya πŸ˜€ ane kagak ikutan… hehehe

    • Malon baru bisa bikin sayap tapi kita day bisa bikin pesawat … hayo jadi siapa yg kalah

      • waspada bung, intinya bukan yg pertama bikin, tapi siapa yg bikin lebih canggih πŸ˜€ contohnya Pindad, PT PAL, mereka bukanlah perusahaan pembuat pertama, ada banyak perusahaan lain di dunia yg lebih dulu membuat produk seperti buatan Pindad dan PT PAL. Tapi buatan dlm negeri kita bisa menyaingi buatan mereka, bahkan beberapa diantaranya lebih unggul.

  14. Keknya mereka lbh tau brg bagus drpd kita..
    Mereka selalu lbh dulu dlm byk hal.
    Militer mereka bisa memanjakan militeri fansboynya

    Head to head lawan su35 byk hal masih unggul raphahel

    Kl ada yg bilang msh unggul su35 maklumi aja karena gak langganan majalah militer dan ngenetnya di warkop aje

    Ha ha ha

  15. Bisa aja bung, itu 2M kan gak pake mesin, cuma ditarik katrol, bener kata bung Jimmy, mau ditandemkan dengan Scorpungnya πŸ˜† hahaha

  16. Tes

  17. Mudah2an mesin Snecma-nya bisa jadi mesin buat IFX…

    • lemah mesinnya bung,
      mesin utk KF-X/IF-X rencananya = 2 x 90-97 kN
      sementara mesin Rafale cuma = 2 x 75 kN

      bandingkan
      dengan mesin Su-30MK2 = 2 x 123 kN
      dengan mesin EF Typhoon = 2 x 90 kN

      makanya kemarin ada wacana bila IF-X akan menggunakan mesin EJ200 milik EF Typhoon

  18. Waduh! Ngiri ya?

  19. sudah lama IF-X akan menggunakan mesin EJ200 milik EF Typhoon tpi terbentur pendanaan

  20. Malaysia memang toppp…

    Lebih toppp kalo gk usah beliiii…

  21. di pastikan malaysia akan membeli rafale..dalam bentuk brosur

  22. malon oh malon belangsak sok begaya…mkn ja pisang setandan biyar hati riang sambil mimpi basah hbs di gilir sama korut…hihihi

  23. Tahnian Malaysia… ayo beli Rafael… negara Asean harus saling menjaga…

  24. Latihan yang dilakukan diantara TUDM dengan USAF dan RAF telah banyak memberi petunjuk kepada TUDM tentang kelemahan dan kelebihan pesawat-pesawat pejuang yang terlibat. Mungkin dengan alasan tersebut TUDM tidak berniat untuk menambah bilangan SU-30MKM sebaliknya memilih diantara Typhoon dan Rafale walau pun keadaan kewangan negara berada dalam keadaan sulit.

 Leave a Reply