Mar 232017
 

Pesawat tempur Rafale Perancis muncul sebagai kandidat terkuat yang akan dipilih oleh Malaysia untuk menggantikan armada pesawat tempur yang sudah tua, ungkap seorang sumber di Kementerian Pertahanan Malaysia.

Presiden Prancis Francois Hollande diperkirakan akan membuat dorongan kuat untuk terpilihnya Rafale, yang tercermin dari kunjungannya secara langsung menemui pimpinan tertinggi Pemerintahan Malaysia pekan depan.

“Hal ini dilakukan (Francois Hollande) dalam materi promosi di LIMA, dan bahkan pada pertemuan pimpinan tinggi Pemerintah,” kata seorang sumber di gelaran acara Langkawi International Maritime and Exhibition Aerospace (LIMA 2017).

Malaysia saat ini sedang mencari 18 unit pesawat tempur multi-peran (MRCA) dalam kesepakatan yang bernilai lebih dari US$ 2 miliar. Rencana MRCA adalah untuk menggantikan skuadron MiG-29 Angkatan Udara Malaysia yang hampir separuhnya sudah di grounded.

Menteri Pertahanan Hishammuddin Hussein sebelumnya sering menyatakan, bahwa persaingan untuk pembelian jet tempur baru telah dipersempit menjadi hanya dua pilihan, yakni Rafale dan Eurofighter Typhoon.

Diperkirakan kesepakatan pembelian 18 unit pesawat tempur multiperan Malaysia bisa berbarengan dengan kesepakatan pembelian pesawat tempur Su-35 oleh Indonesia.

Author : Muhidin

https://www.facebook.com/muhidin.jepara
https://twitter.com/muhidinjkgr

  86 Responses to “Mungkinkah Rafale Kandidat Terkuat Pilihan Malaysia?”

  1. uno

    duwe duwit po ra tuku jin raffale

    • jika pun jadi beli, mungkin Thypoon lebih berpeluang terpilih karena faktor kemesraan Malaysia dengan Inggeris.

      • Lebih tepatnya hubungan akrab antara juragan dan jongosnya…..

        Berani pilih Rafale, siap2 dipecat jadi beruk !!… 😆

      • Saya prediksi dibeli setelah pemilu 2018, itupun tergantung harga migas dunia naik

    • Hebat benar itu malaysia, presiden perancispun bisa ditipu dgn alasan beli pesawat rafale. Pdhl sebenarnya malaysia tdk ada wang utk beli pesawat tersebut. Jumlahnyapun ditipukannya. Emang 2 milyar dollar dapat wang dari mana???

  2. cie cie….. 18 unit Rafale

  3. Ndak mungkin 18 Unit cuma 2M USD India aja beli 36 Unit habis 5M SUD lebih…

  4. jet pejuang jf sulfur cocok utk malay,,,

  5. Rafale malaysia akan ditepuk seperti nyamuk sama Su 35 tni..

  6. Kalau Malaysia borong Rafale..Indonesia borong typhoon selain Su 35 untuk penambahan skuadron baru

  7. Hus hus hussu 35 masih AKAN.. ga ada beda sama si malon.

  8. Pejabat negara mosok turun pangkat, jadi sales pesawat :V

  9. Selain SU 35 …borong juga Rafale dan Gripen, sama bayar skema perdagangan komoditi .

  10. Monggo aja dibeli lon…kita wong indonesia ga ngiri, krn kita semua tau bahwa pembelian rafale itu mustahil jika si najib msh berkuasa…pst dia tak de wang, krn udah dikorup ama najib semua…xixixi…malon malon, negara budak inggris sok2an mau beli rafale, beli pisang setandan aja msh nyicil…ha ha ha..emang enak!!!

    • benar… negara kami dalam situasi yang amat sukar kerana berhadapan dengan pelbagai ancaman… dan ancaman paling merbahaya adalah politikus-politikus yang menjadikan wang negara sebagai peti simpanan peribadi… doakan semoga negara kami diperintah oleh politikus-politikus yang jujur…

      • kita saling mendoakan bung Dwasa….. yang jelas kita jangan saling sombong…karena kesombongan adalah pintu kehancuran….

      • yg penting adalah keinginan rakyat malaysia untuk berkata “tidak” kepada para politikus busuk, dan mendukung penuh politikus jujur untuk perubahan yang lebih baik sambil terus mengawal mereka agar tidak rusak ditengah jalan seperti yang lainnya…

        sukses bung

      • Ya mari sama2 kita berdoa, jika berkenan kata2 sy diatas jgn dimasukkan ke hati..ini cuma guyonan disiang hari agar para pembaca dan komenter bs tertawa dan gembira, ga lbh ga kurang…kita bangsa serumpun hrsnya saling menghormati, jgn hujat menghujat…

        • damai itu indah ya bung @edodol 😛 hihihihi

          • Iya bung @lingkar, anda benar…damai itu surga…indah rasanya jika kita selalu menghormati sesama manusia…semoga indonesia dan malaysia bs selalu damai dan saling menghormati,,,,

          • iya bung, meski kadang sering kangen dengan semua keusilan dan kejahilan 😆 hihihi

      • Ana tidak yakin ada politikus, pejabat maupun rakyat semenanjung yg jujur………realita semuanya licik, culas dan sombong…..

        Ana tetep sokong Najib cs !!..

    • Hihihi kalau si jimmy sales Rosoboron pimdah ke malon dan jualan pisang laris gk ya

      • gak laris bung, kecuali pisang bersayap delta 😛 hahaha 😆

        • buat efek gentar tetangga cocok itu

          yg dimangsa skrang seliweran dilangit di kecepatan mach-machan

        • Hihihi bukannya Tejas itu cuma pohon pisang di kasih sayap….

          Only kidding loh bung anu… jangan minun baygon…

          • itulah salah satu letak kemampuan siluman Tejas
            bahkan sales produk2 negara yg koar-koar punya pertahanan anti siluman pun tak bisa membedakan antara pohon pisang dan Tejas

            harusnya mereka belajar dan mengejar ketinggalan teknologi multidimensi

            xaxaxa

          • Tumben gk ada kata Metafisik

  11. yg namanya jimmi sulivan bnyak bener.. emang sales terkenal yak? wkwkwk

  12. Kemarin pd acara pembukaan LIMA, MenHan Malaysia mengatakan bahwa mereka adalah pemimpin dirgantara di Asia Tenggara. Mereka telah berhasil mengeksport sayap pesawat dan komponen untuk Air Bus dan Boeing. PT.DI kerjasama dgn Air Bus kok bs kesalip ya?

    • wah… pertanyaan yg rada sensi nih 😀 biarlah petinggi negara dan petinggi PTDI saja yang menjawabya 😀 ane kagak ikutan… hehehe

    • Malon baru bisa bikin sayap tapi kita day bisa bikin pesawat … hayo jadi siapa yg kalah

      • waspada bung, intinya bukan yg pertama bikin, tapi siapa yg bikin lebih canggih 😀 contohnya Pindad, PT PAL, mereka bukanlah perusahaan pembuat pertama, ada banyak perusahaan lain di dunia yg lebih dulu membuat produk seperti buatan Pindad dan PT PAL. Tapi buatan dlm negeri kita bisa menyaingi buatan mereka, bahkan beberapa diantaranya lebih unggul.

      • Indon2 kuat songlap sebab itu gagal siapkan pesawat milik pilipina ix ix ix
        Lihat aje malon pakai rafale itu ix ix ix

        • malon gak usah banyak khayal dah dari 2009 ke 2017 cuma ditawari gak pernah beli ,,saking songlapnya malon anggaran militer tiap tahun kena pangkas

          malon guooblook mau lawan nelayan cina malah beli barang cina ,,pencet remot nyahok lu beruk ah ha ah ha

  13. Keknya mereka lbh tau brg bagus drpd kita..
    Mereka selalu lbh dulu dlm byk hal.
    Militer mereka bisa memanjakan militeri fansboynya

    Head to head lawan su35 byk hal masih unggul raphahel

    Kl ada yg bilang msh unggul su35 maklumi aja karena gak langganan majalah militer dan ngenetnya di warkop aje

    Ha ha ha

  14. Tes

  15. Mudah2an mesin Snecma-nya bisa jadi mesin buat IFX…

    • lemah mesinnya bung,
      mesin utk KF-X/IF-X rencananya = 2 x 90-97 kN
      sementara mesin Rafale cuma = 2 x 75 kN

      bandingkan
      dengan mesin Su-30MK2 = 2 x 123 kN
      dengan mesin EF Typhoon = 2 x 90 kN

      makanya kemarin ada wacana bila IF-X akan menggunakan mesin EJ200 milik EF Typhoon

  16. Waduh! Ngiri ya?

  17. sudah lama IF-X akan menggunakan mesin EJ200 milik EF Typhoon tpi terbentur pendanaan

  18. Malaysia memang toppp…

    Lebih toppp kalo gk usah beliiii…

  19. di pastikan malaysia akan membeli rafale..dalam bentuk brosur

  20. malon oh malon belangsak sok begaya…mkn ja pisang setandan biyar hati riang sambil mimpi basah hbs di gilir sama korut…hihihi

    • kartun jepang buat anak kecil

      xaxaxa
      siapin pertahanan udara dulu ah

      • Tdk juga bung, Contohnya “Attack on Titan”. Tuh kartun gk boleh ditonton oleh anak2,
        Saya sendiri suka banget nonton AOT, padahal umur udah 17, dan masih nunggu Season 2 keluar (april)

        Loh kok…. 😆 😆 😆

  21. Tahnian Malaysia… ayo beli Rafael… negara Asean harus saling menjaga…

  22. Latihan yang dilakukan diantara TUDM dengan USAF dan RAF telah banyak memberi petunjuk kepada TUDM tentang kelemahan dan kelebihan pesawat-pesawat pejuang yang terlibat. Mungkin dengan alasan tersebut TUDM tidak berniat untuk menambah bilangan SU-30MKM sebaliknya memilih diantara Typhoon dan Rafale walau pun keadaan kewangan negara berada dalam keadaan sulit.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)