Mungkinkah Scorpene 1000 Menggeser Improved Kilo ?

PT PAL Indonesia dilaporkan telah membentuk kelompok kerjasama dengan perusahaan pembuat kapal selam DCNS Prancis untuk mengeksplorasi kebutuhan kapal selam Indonesia, rilis IHS Janes pada 25 Maret 2016.

Indonesia yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia dan terdiri dari puluhan ribu pulau sungguh ironis hanya memiliki dua kapal selam tua. Perusahaan DCNS yang memahami masalah itu dikabarkan merayu Indonesia untuk membangun kapal selam type baru, Scorpene 1000.

Pada bulan Oktober 2015, DCNS pada forum “2015 Pacific International Maritime Exhibition” di Sydney menyatakan Indonesia dan Prancis sudah melakukan pembicaraan terkait penawaran kapal selam baru desain Prancis.

Laporan dari kelompok kerja baru menunjukkan Indonesia belum menolak tawaran dari Prancis tersebut. Pihak DCNS beberapakali menyatakan kepada Pemerintah Indonesia bahwa kapal selam Scorpene 1000 sangat sesuai dengan kontur perairan Indonesia yang sebagian besar terdiri dari perairan yang dangkal.

Belum jelas apakah tim kerja ini akan mempengaruhi rencana Pemerintah Indonesia yang sebelumnya menyatakan minatnya pada dua kapal selam Improved Kilo buatan Rusia.

Tinggalkan komentar