Nov 032016
 

15102316313_6607e16c0e_o

Perusahaan North Industries Corporation (NORINCO) China saat ini sedang mendekati Indonesia untuk bisa memasok sistem pertahanan udara jarak menengah SAM (surface-to-air missile) Sky Dragon 50.

Pada perhelatan Indo Defence 2016 di Jakarta tanggal 2 November, NORINCO baru-baru ini mengajukan proposal untuk bisa memasok Sky Dragon 50 untuk Angkatan Udara Indonesia. Menurut pihak NORINCO, Angkatan Udara sudah menyelesaiakan evaluasi sistem Sky Dragon 50. “Kami sekarang menunggu proses penawaran resmi untuk bisa memulai,” kata seorang pejabat NORINCO.

NORINCO masih harus bersaing untuk bisa memasok Sky Dragon dengan sistem pertahanan rudal menengah lain dari perusahaan yang tidak diungkapkan. Namun NORINCO mengklaim sistem Sky Dragon lebih mudah dioperasikan dan tidak membutuhkan pelatihan yang sulit, dilengkapi rudal dengan sistem penjejak radar aktif yang ditingkatkan dan 40% lebih murah daripada sistem pertahanan udara medium pesaingnya.

maxresdefault-copy

Baterai pertahanan udara Sky Dragon terdiri dari tiga sampai enam kendaraan peluncur dengan masing-masing menggotong empat rudal siap tembak dalam tabung kontainer, satu kendaraan pembawa radar-3D IBIS150, dan satu kendaraan kontrol penembakan.

Dalam konfigurasi satu baterai, Sky Dragon 50 mampu melacak dan mengunci 12 target sekaligus dan menembakkan 12 rudal dalam hitungan detik. Rudal-rudal yang ditembakkan Sky Dragon mampu merontokkan target udara pada jarak 3-50 km pada ketinggian 3 m – 19.800 m.

Bagikan:

  115 Responses to “Mungkinkah Sky Dragon 50 Dipilih Indonesia?”

  1.  

    madein cina

  2.  

    gk cocok buat iklim di indonesia, nanti pas dicoba delay lg. cari yg pasti2 aje.

  3.  

    Hmmm

  4.  

    Msh mau ploduk china? Jika telat meluncur, jgn nyesel, pemerintah kita udah tau ploduk china rongsok semua, msh aja trima tawarannya…knp ga ada niat beli rudal hanud from russia ya… aneh bgt nie pemerintah kita skr, apa ga bs bedain mana alutsista sangar, gahar dan berefek gentar dgn alutsista kw 5, rongsokan, telat meluncur dan murah meriah dan kualitas murahan jg macem sky dragon 50 ini…pemerintah yg aneh…

  5.  

    Klo bisa buat ngerontokin f16, f18 ama f22 dan f35 perlu di beli. Tp klo gk bisa artinya teknologinya bakal percuma, mosok mau bwt nembak drone aja..

  6.  

    Rusia Berharap Segera Ada Kesepakatan dengan RI Soal Pembelian Su-35

    JAKARTA – Hingga kini, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhael Y Galuzin masih enggan berbicara banyak mengenai recana pembelian jet tempur Su-35 oleh Indonesia. Sebelumnya beredar kabar, militer Indonesia berencana membeli 10 unit Su-35.

    “Kami berharap dalam waktu dekat akan ada kesepakatan (mengenai pembelian Su-35). Dan, jika kesepakatan itu sudah ada, kami pasti akan memberitahukan kepada media,” kata Galuzin pada Rabu (2/11).

    Setali tiga uang dengan Rusia, pihak militer Indonesia juga menolak membocorkan apakah Indonesia dan Rusia sudah resmi mencapai kesepakatan soal pembelian sembilan atau sepuluh pesawat jet tempur Su-35 Rusia.

    ”Kami masih melakukan negosiasi,” kata Leonardi, kepala fasilitas pertahanan di Kementerian Pertahanan Indonesia, seperti dikutip Reuters, kemarin. ”Kami masih tawar-menawar, berapa banyak yang mereka ingin jual?” kata pejabat yang hanya bersedia diidentifikasi dengan nama singkat itu.

    Indonesia sendiri sejatinya sudah memiliki sekitar 24 unit jet tempur buatan Negeri Beruang Merah tersebut. Indonesia memiliki dua jenis Sukhoi, yakni Su-27 dan juga Su-30.
    (esn)

  7.  

    Kualitas?? Mungkin saat ini sangat d ragukan, dengan begitu banyak kelebihannya kalo berumur pendek gmn??

    •  

      Ya Beli Lagi lah… ngapain pake umur panjang, tehnologi kan cepet updatenya

      •  

        @PAK RADEN : Maaf Pak…
        Kita semuanya disini bicara mengenai teknologi Rudal, bukan teknilogi ponsel yang setiap tahun ada teknologi terbaru.
        Memangnya meriset rudal seperti buat oncom?
        Daei zaman Indonesia merdeka hingga sekarang, Indonesia masih jalan di tempat mengenai rydal dengan pemandu.

        Teknologi rudal pemandu bukan seperti meriset ponsel bro…

  8.  

    Beli 2 batrai saja utk minta ote ote. Siapa tau dikasih, trs dikembangin sendiri terutama perangkat lunak integrasinya.

  9.  

    tesj

  10.  

    pembelian senjata dari cina hrs di kaji ulang, jngn sampai beli kucing dlm karung

  11.  

    Saya menjawab MUNGKIN

  12.  

    Saya mohon dengan sangat jang produk china lagi kapok lihat rudal china delai.

  13.  

    GA BOROOOOONNNGGGG!!!???

  14.  

    Hati hati …
    Nanti rusak Dan macet lagi …
    Harus yakin Sebelum Beli …
    Murah itu bukan jaminan ini barang yang bagus Dan standard …
    Mendingan beli trio SAM BUK Pantsyir& S300/400 …
    Tinggal anggaran nya …
    Ada (Tapi kurang) atau Tidak Ada anggaran sama sekali ….(Minta sama Bapenas) …

  15.  

    untuk anti serangan udara jarak menengah ini masuk ke ranah/domain siapa ya?AD atau AU?
    atau bila obvit nya AU maka AU yang akan gelar air defence nya atau AD yang akan ghelar air defence nya?

  16.  

    Halaahhh… nanti delay 5 menit lagi. ngapain sihh beli rongsokan

  17.  

    Sudah..sudah… sudah pengalaman c705.., di depan musuhnya cina ko beli rudal cina buat rontokin J-20 cina .. ya sm saja boong?

  18.  

    kalau pun enggak delay , kalau beli beginian mah di china gampang kalau mau rebut natuna

  19.  

    gak ada salahnya kita beli skyddragon50..buat pengalaman saja..kan biasa pake Vshorad..ibarat hp,,biar gak di bilang “masa gitu”

  20.  

    Katakan tidak pada sky dragon.
    Cukup S300 dan buk pantsir.buat keamanan negara kok coba coba..berbahaya.

  21.  

    Jangan..nggak usah..cari yg lain dulu..itu negeri sombong sekali..mbahnya songong bahkan semua kawasan asia milik moyangnya dia..

  22.  

    Jangan beli

  23.  

    Ditesnya pakai target pesawat apa ya ?

    Gimana kalau ditest pakai target A400 punya sebelah yang lagi terbang dari satu tempat ke lain tempat yang dipotong wilayah kita ?

  24.  

    Klo ini barang diborong hanya krn faktor murah, gaswat banget dah..
    hajaaaabb

  25.  

    Jika berbicara manfaatnya sudah pasti ada dan jika bertanya kualitasnya sudah pasti MERAGUKAN…

    Entahlah…

    Seakan-akan seoerti tidak ada produk lain yang lebih baik kualitasnya dengan teknologi yang lebih terbaik serta botol pulpen…

    Alutista terbaik adalah alutista yang kualitas memiliki teknologi yang terbaik yang di dukung uji kemampuan yang berlisensi botol pulpen…

  26.  

    Kalo begitu pada pengen bettle propen yaa…woke….dicobain langsung dengan F5 kita dan hawk kita(kan mau diganti,mau dijual opo Yo payu?? pesawat tua)…lantas siapa yg mau jadi pilotnya???….hahhaha…tapi memang benar anda2 sekalian beli yang pasti jangan sampai ketipu…(edisi sersan biar rileks)…Monggo yg mau lanjut…

    •  

      Bukan begitu.

      Khan ada latihan bersama pakai F18 Hornet.

      Nah tanpa dibilang2 dicoba dulu ke target hornet.

      Bilangin ke presiden / pm negara yang punya hornet itu “kami sekalian mau test rudal arhanud pak presiden, nanti kalo kena ya kami ganti seharga pesawat plus asuransi jiwa pilotnya” seperti idenya Turki itu…

      Tapi kalo nggak kena ya kami nggak jadi beli.

  27.  

    NASAMS akan dipasangkan dengan pertahanan titik Oerlikon Skyshield dan rudal SHORAD Chiron.

    Ketiga alutsista ini akan melindungi pangkalan udara tipe A dan dioperasikan oleh AU.

    Sky Dragon 50 akan dipasangkan dengan pertahanan titik AA gun buatan Norinco dan rudal SHORAD QW3 dan dioperasikan oleh AU.

    Ketiga alutsista buatan China ini diprediksi akan melindungi pangkalan udara tipe B.

    Buk-M2E, BAMSE, dan HQ16A / LY80 akan dioperasikan oleh AD.

  28.  

    Untuk rang pendek dan menegah seharusnya pihak Indonesia sudah harus lebih dari sekedar sekema ToT.
    Karena rang pendek dan medium lebih banyak ragam pilihannya.
    Akan tetapi untuk range jauh saya berharap kepada Indonesia untuk lebih mengedepankan kualitas, karena sebagai payung udara andalan harus memiliki kombinasi kualitas teknologi sebagai bagian anti dot untuk pespur negara blok Timur dan blok Barat.
    Payung udara juga harus mampu menghadang rudal-rudal dengan teknologi mukhtahir yang memiliki kecepatan dan daya jelajah yang tinggi.

  29.  

    S-400 Triumph mungkin lebih realistis, akan tetapi untuk Thaad menurut saya pribadi kurang realistis, hal tersebut dikarenakan harga Thaad yang lebih mahal dan kompleks.
    Btw jika Indonesia ingin mengakusisi S-400 Triumph, payung udara range jauh ini dapat mobile dengan sekema di darat dan di laut.
    Lalu untuk Sky Dragon, saya lebih menyikapi dengan senyum…

  30.  

    S-400 Triumph mungkin lebih realistis, akan tetapi untuk Thaad menurut saya pribadi kurang realistis, hal tersebut dikarenakan harga Thaad yang lebih mahal dan kompleks.
    Btw jika Indonesia ingin mengakusisi S-400 Triumph, payung udara range jauh ini dapat mobile dengan sekema di darat dan di laut.
    Lalu untuk Sky Dragon, saya lebih menyikapi dengan senyum…

  31.  

    Dapet TOT gak tuh rudal

  32.  

    Dapet TOT gak tuh rudal

  33.  

    Tes

  34.  

    RRT ngajak, korea ngajak, swedia ngajak, perancis ngajak.. kok giliran Russia ngga ngajak … justru kita yg maksa ngajak..heheheehe

  35.  

    Mudah2an sky dragon ga terpilih..

  36.  

    Yang jelas, usahakanlah minta ToT. Bongkar total, rakit ulang dengan sedikit modifikasi. Prinsip perusahaan china mereka spt itu. Terus diulang – ulang lama” akan menguasai teknologinya.
    NKRI sebetulnya punya SDM cukup kok, gak kurang.. Asal konsisten saja mereka mau kok.. Temen” dari ITB, ITS, Undip juga banyak yang pintar”.

    •  

      @Sriwati : Tidak semudah itu…
      Contoh : Sebagai syarat ToT dari China, Indonesia di wajibkan membeli -+ 500 unit rudal C-705 dan harga perunitnya -+ 20 milyar rupiah…
      Jika sekema ToT sudah di setujui, sudah pasti rudal tersebut dibedah dan setiap komponennya di teliti satu persatu.
      Akan tetapi hingga sekarang kenyataannya Indonesia seperti jalan di tempat mengenai rudal berpandu untuk dijadikan bagian priduksi alutista militer Indonesia.

      Anyway jika membeli dan ToT produk militer, khususnya rudal dengan pemandu lebih baik Indonesia mengedepankan kualitas barang dan kualitas teknologi produk tersebut.
      Syukur jika produknya sudah masyk katagori botol pulpen…

  37.  

    GPS china pemandu rudal aja melenceng 10 meter dari target, jangan beli deh

  38.  

    Urusan buat pertahanan jangan main main

  39.  

    Kalo china mau ngasih ToT gak masalah,ambil aja..
    Walaupun barangnya agak diragukan,yg penting ilmu nya kita dapet..
    Karna sistem pertahanan udara ini salah satu teknologi yg HARUS di kuasai indonesia..
    Lumayan lah sky dragon 50 untuk dipake sementara..
    Dari pada gak ada sama sekali.

  40.  

    Kalau mengani Rudal ya beli ke RUSIA dong….product nya sudah teruji.

    Jangan muluk2 S400 lah……beli saja S-300 + Pantsyr saya yakin itu aja udah cukup yg penting beli banyak yg bisa meng cover semua ruang udara RI.

  41.  

    .

  42.  

    jangan ini deh..
    ntar delay 5 menit dah sampe mana tuh targetnya..

  43.  

    Ya silahkan saja semua produsen mengajukan Proposal nya tinggal ntar dipilih oleh Dephan mana yg akan di gunakan oleh TNI-AU sebagai Perisai udara jarak menengahnya Tapi ingat yg diPilih Oleh Dephan bukan berarti yg Alutsista terbaik krn campur tangan Diplomasi Politik serta deal2 Khusus mungkin yg lebih menentukan Alutsista mana saja yg terpilih akhirnya

  44.  

    Bahkan china sendiri msh ngandalkan club S untuk arhanudnya drpd buatannya sendiri

  45.  

    harga berbanding lurus dengan kualitas
    ,Fakta yang ada barang produk RRC saat ini kualitas masih di bawah dri produk EU, USA,
    Belilah barang yang sudah batle proven + TOT,
    Indonesia negara besar, banyak sdm, sda.

  46.  

    Kalau delay 5 menit, jam nya dimajuin 10 menit aja, beres…. malah lebih cepat 5 menit ….

  47.  

    Diuji dulu niii…….. jangan sampai skydragon tapi delay 5 menit,bisa-bisa jadinya skyworm nanti…..

  48.  

    komen nya..nyangkut di email orang

  49.  

    Ini rudal SAM impian, semoga dibeli. Lupakan SAM yg lain. Realita nya kita cuma mampu beli buatan china

  50.  

    Lumayan buat nakutin pesawat komersil yg masuk tanpa ijin. Hehehehe….

  51.  

    lumayan untuk meratakan gedung kura”

  52.  

    Saya minta ijin berpendapat. Kemarin dalam penembakan rudal c-705 sepertinya ada lag hampir 5menit,sebenernya jawabannya gampang itu karena software untuk penembakannya terlalu berat, ini sudah biasa terjadi pada setiap mesin cina dimana mesin cina itu memiliki software yang berat sehingga membutuhkan spesifikasi komputer pengendali yg bagus juga,dan software cina sering mengalami masalah terutama sangat sensitif terhadap tegangan listrik dan serangan virus.

  53.  

    Dr pada ini mending buk terbaru

  54.  

    Anyway, mungkin saudara2 belum pernah tau tentang PT. PINDAD divisi Munisi yg berada di kota kecil Turen kabupaten Malang Jawa Timur, yg khusus memproduksi berbagai jenis amunisi mulai peluru senapan serbu, bom, roket, dan rudal. Hampir tiap minggu Pindad melakukan ujicoba rudal c705, c802, dan rbs versi Pindad di kawasan pantai di wilayah Malang Selatan.

  55.  

    Boleh beli asal jangan jadi satu satunya tumpuan rudal surface to air..

    Pertahanan komposit dg berbagai jenis rudal jelas lebih baik..dalam strategi hankam..

    Pertanyannya apa yg akan di teote..?? Kalo saya suruh milih saya tidak perlu teote hanya ajari saya menjiplak…itu namanya teote beberan..

    Ya gak ??

  56.  

    Kalo milih peralatan perang dr cina berarti pemangku kebijakn pertahanan kt beda tipis ama keledai… Jth di lubang yg saya, msh ingat wkt latihan perang di Natuna?

  57.  

    Luar biasa dinasti koko cheche

  58.  

    Pesan s- 400 Baaaaaang

  59.  

    Jgn chino mulu ach

  60.  

    Testing

  61.  

    2x TNI mampu membungkam kecongkakan panda dan membuat china malu pd dunia
    1 peristiwa kapal cg di natuna
    2 test rudal 705
    Begitulah kehebatan strategi propaganda TNI yang kita banggakan. Terimakasih TNI.. jayalah TNI

  62.  

    WES NGERTI, WES TAU KETIPU, WES PAHAM NEK IKU BARANG BUOOSOK ..KALO MASIH DIBELI JUGA ITU NAMANYA KEBUAACOT..
    OJO GELEM DI BUJUKI CHINO..BANGSA PALING PELIT SEDUNIA..KALO ADA MAUNYA AJA BAIK KAYA SODARA, TAPI KALO LENGAH ..PASTI DI JAJAH.
    SEMUA BARANG YANG DARI CHINA BENCI AKU…
    KECUALI GADIS- GADIS CHINA..XI.. XI.. XI..

  63.  

    Produk china hanyalah kamuflase agar tidak ada tekanan hak paten.

  64.  

    gampang, tinggal bilang SI EMBOK aja udah deal kok

 Leave a Reply