Myanmar Akan Membeli Rudal Balistik SY-400 Buatan China

Rudal balistik jarak pendek SY-400 buatan China. Defence Blog

Angkatan Bersenjata Myanmar akan mengakuisisi sistem rudal balistik serangan presisi jarak pendek SY-400 buatan China, seperti dilansir dari Defence Blog. Menurut salah satu pejabat resmi China menyebut bahwa sistem rudal SY-400 sebagai sistem roket artileri berpemandu, sehingga tidak dibatasi oleh batasan ekspor rudal berjarak 300 km.

Sistem SY-400 dalam konfigurasi standar memiliki delapan kontainer berisi rudal berbahan bakar padat. Rudal dipasang ke dalam suatu wadah, dapat disimpan selama bertahun-tahun dan tidak memerlukan perawatan tambahan. Rudal tersebut diluncurkan secara vertikal dan memiliki jangkauan sekitar 400 km. SY-400 bisa menggunakan berbagai jenis hulu ledak.

Sistem rudal tersebut dilengkapi dengan rudal permukaan-ke-permukaan (SSM) BP-12A dan proyektil roket SY-400, dapat menembus hingga delapan sasaran pada saat bersamaan, yang jauh lebih mudah dan kuat daripada artileri normal. Jangkauan tembakannya hampir 12 kali lebih jauh daripada artileri.

“Proyektil roket mampu melakukan tembakan intensif di daerah yang relatif luas, rudal SSM BP-12A dapat mencapai target yang bernilai tinggi. Dengan menggabungkan kelebihan kedua senjata tersebut, akan memperbaiki efisiensi sistem rudal baru”, menurut pakar rudal, Tang Kehui, dari China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC).

Selain kekuatan tembakannya, sistem rudal baru tersebut memiliki fitur fleksibilitas. Setiap kendaraan rudal bisa menembak dan mundur dalam waktu singkat.

Rudal dilengkapi dengan sistem pemandu GPS/INS. Mereka diarahkan ke target yang dituju pada fase penerbangan awal dengan empat kendali permukaan dan sirip untuk menstabilkan. Rudal menggunakan tingkat penurunan rendah untuk menambah jangkauan. Beberapa rudal dapat diarahkan untuk menyerang target yang berbeda.

Tinggalkan komentar