Mar 312019
 

Kapal selam Type 039 buatan Tiongkok yang kemungkinan merupakan kapal selam yang diincar Angkatan Laut Myanmar (foto:Sinodefence.com)

JakartaGreater.com – Myanmar akan memiliki kapal selam segera, kata Laksamana Moe Aung, Kepala Staf Angkatan Laut Myanmar pada 18 Maret kepada pers setelah Latihan Armada Gabungan Sea Shield 2019.

Menurut Moe Aung, Jenderal Tertinggi militer Myanmar sudah menjelaskan sebelumnya tentang pembelian kapal selam oleh Myanmar. Namun semua itu membutuhkan pemikiran jangka panjang karena sulit dan rumitnya untuk menngoperasikan kekuatan kapal selam. Bahkan untuk melatih awak kapal selam dibutuhkan waktu empat tahun. Juga dibutuhkan pangkalan kapal selam yang aman dari serangan musuh ataupun dari terkena bencana alam.

Sebelumnya Jenderal Tertinggi Min Aung Hlaing, Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar pernah mengatakan pada September 2015 bahwa Myanmar berencana untuk memiliki kapal selam dalam waktu lebih dari empat atau lima tahun.

Menurut Jenderal Min Aung Hlaing, jika ingin memiliki kapal selam , Myanmar bisa memilikinya namun harus memikirkan banyak cara untuk mendapatkannya. Saat ini Myanmar sudah dapat membangun kapal perang permukaan setelah sebelumnya membelinya dari Tiongkok.

Pada Latihan Gabungan Armada Sea Shield 2019, Angkatan Laut Myanmar melakukan latihan untuk mencegah bahaya musuh di wilayah tersebut. Dalam latihan itu Angkatan Laut Myanmar melakukan misi anti kapal selam. Dua kapal perang anti-kapal selam melakukan latihan penyerangan dan menghancurkan kapal selam musuh dengan menggunakan torpedo, roket torpedo dan bom kedalaman.

Eleven Myanmar

 Posted by on Maret 31, 2019