Mar 132016
 

Media lokal Myanmar memberitakan bahwa Angkatan Bersenjata Myanmar (Tatmadaw) telah merilis 46 nama anak-anak yang tergabung dalam dinas militer negara itu.

Tatmadaw, serta kelompok-kelompok paramiliter oposisi Myanmar, telah berulang kali dituduh melibatkan sejumlah anak untuk bertugas di jajarannya. Anak-anak itu digunakan untuk tugas-tugas yang berpotensi mematikan, seperti mendeteksi tambang.

Menurut harian Global New Light of Myanmar, Tatmadaw berusaha mengembalikan anak-anak itu kepada keluarganya di hadapan para pejabat sipil dan perwakilan PBB.

Pada tanggal 27 Juni 2012, pihak Myanmar dan PBB telah menandatangani suatu rencana aksi yang bertujuan untuk mengakhiri perekrutan anak-anak oleh Tatmadaw. Persetujuan itu guna mencegah pelanggaran hak-hak anak. Segera setelah kesepakatan itu dicapai, Organisasi Perburuhan Internasional memperkirakan jumlah tentara anak-anak di Myanmar mencapai 5.000 orang.

Surat kabar itu menambahkan bahwa tentara anak yang telah dibebaskan dari tentara Myanmar mencapai 744 orang. Pembebasan itu sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menyingkirkan jajaran angkatan bersenjata “tentara di bawah umur”.

Sputnik News

https://twitter.com/suparjorohman

  10 Responses to “Myanmar Jadikan Anak-Anak Sebagai Tentara”

  1. pelanggaran internasional…

  2. melas men

  3. kalau di indonesia anak2 yg krg mampu jd pengemis, tkng palak, gelandangan, preman bahkan begal utk itu indonesia perlu meniru myanmar dalam merekrut anak2 jd tentara drp anak2 jd terlantar yg rentan akn dunia kriminalitas 🙂

    • engga gitu juga dong gimana sih, dari pada direkrut jadi tentara lebih baik di kasih pendidikan ilmu sosial dan ilmiah lebih bermanfaat buat kemajuan negara, kalau masalah kriminalitas di usia dini kita juga kan udah ada program bela negara buat antisipasinya.

  4. Seperti darurat perang saja anak anak diberi mainan mematikan begitu… lebih bijak diarahkan yang lebih baik sesuai umurnya olahraga tinju maupun beladiri itu lebih afdol…

  5. Gitu ya

  6. Gmn sih orang2 Burma ini. Dasar orang2 bejat tak bermoral dan tak berprikemanusiaan!

  7. Mendeteksi “tambang”? Apa “ranjau”?. Tlg di cek ulang bung admin

  8. Assalamu’alaikum
    Kalau saya diberi kesempatan jadi orang tua, saya masukan anak saya ke militer 😀
    Dengerin radio lagi tema tentang bercandaan yang mencelakakan, rata” pelakunya anak” dan korbannya anak”/temannya.
    Katanya ada yang bercanda narik bangku di saat mau di duduki eh ternyata korbannya jadi lumpuh kena tulang belakangnya.
    ada yang bercanda pura” mutusin pacarnya waktu ulang tahunnya eh ternyata korbannya bunuh diri (padahal masih anak” sudah pacar”an).
    Gurunya tidak bisa bertindak karena ada undang” perlindungan anak jadi takut.
    Waktu saya smp dulu saja teman” saya mengajak minum”an keras dan merokok untung saya tidak ikutan.
    Jika saja ada lembaga yang mau melakukan survei tentang korban dari kenakalan anak pasti hasilnya tinggi juga.
    Jadi mending dimasukin sekolah militer namun harus diimbangi rohani yang benar.
    😀

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)