Aug 042017
 
ilustrasi kapal selam Nagapasa 403

ilustrasi kapal selam Nagapasa 403

Pertama setelah diperkuat hanya dengan dua kapal selam lawas selama 30 tahunan, Angkatan Laut Indonesia kini menerima satu kapal selam stealth Type 209/1400 dari Korea Selatan.

Kapal selam yang diberi nama Nagapasa 403 secara resmi sudah bergabung dengan Angkatan Laut Indonesia dalam sebuah upacara di galangan kapal Okpo di Pulau Geoje, di bagian tenggara Korea Selatan yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Kapal selam Nagapasa diharapkan akan menjadi dorongan utama bagi kemampuan peperangan bawah laut Indonesia yang sedang berkembang setelah sekian lama ‘tertidur’.

Kapal selam Nagapasa merupakan versi modifikasi dari kapal selam serang Chang Bogo class milik Angkatan Laut Korea Selatan, dilengkapi dengan sonar lambung dan flank array sonar CSU 90 buatan Atlas Electronic, radar Pegaso RESM system and Aries low-probability of intercept buatan Indra, sistem manajemen terpadu MAPPS L-3 dan sistem navigasi inersia Sigma 40XP buatan Sagem.

Nagapasa dapat dipersenjatai dengan 14 torpedo SUT (surface and underwater target) Blueshark yang dapat ditembakkan dari 8 tabung 21 inchi, selain itu Nagapasa juga dapat dilengkapi dengan rudal anti kapal Harpoon dan 28 ranjau laut.

Total tiga kapal selam ‘peningkatan’ Chang Bogo akan diterima Indonesia dalam beberapa tahun ke depan, menjadikan kekuatan bawah laut Indonesia kini sudah tidak bisa diremehkan lagi.

Bagikan Artikel :

  46 Responses to “Nagapasa 403, Dongkrak Kekuatan Bawah Laut Indonesia”

  1. Selamat datang di NKRI

  2. STEALTH..??
    AYO JIRAN PESAN KE PT PAL…

  3. Welcome to Surabaya Nagapasa

  4. lumayan buat ngeronda

  5. Lupakan kilo, amur, scorpene, gotland, konsen u 214 korea

  6. Saya menanti kebijakan pemerintah untuk membangun BUMN MESINitu saja.Mengungat ini teknologi inti.Mesin pesawat,mesin kapal,mesin mobil/truk.Sejauh ini saya perhatikan belum ada pabrikan lokal dalam Bumn yg memproduksi mesin lokal.Paling tidak lisensi lah dari negara lain.Turki saja saat ini memiliki lisensi mesin jet typhoon.Kapan lah indonesia punya pabrik mesin sendiri.Kemarin mobil komodo buat mesin numpang ke pabrik di cina,mengingat di indonesia tidak ada pabrik mesin.Padahal mesin mobil komodo itu asli di rancang oleh anank bangsa,hanya saja pembuatannya berlangsung di negara luar mengingat di indonesia tidak ada sarana penunjang untuk membuatnya.Mesin RUSNAS sampai saat ini belum ada perkembangannya,entah hilang di telan alam.

  7. Saya baru tau.. ternyata pake teknologi siluman ya.. wah semakin mematikan donk kapal selam nya Indonesia..

  8. tinggal kilo dari rusia nya yang belum nampak kejelasanya

  9. minimal punya 20 ekor yang beginian… yang kecil minimal 100 biji, yang gede minimal 15 buah… 😀 BE A GREAT POWER…

  10. yakin ini fitur stealth yah..min stau sy changbogo class itu belum battle proven ,dn korea jg baru pertama kali bkn versi ekspor blm lg teknology aip ,rudal sekelas harpoon blm kaliber…

  11. Belum ada artinya lah dgn satu kasel baru, vdan dua kasel jompo, kalo ada enam unit na baru dibilan, menggeliat…. Lautan kita nggak main main lo luas nya….

  12. Miris, negara kepulauan terbesar di Dunia punya kapal selam cetek, ga mampan dongkrak nya bak danau dihuni semut cetek

  13. Moga ada lagi tambahan kedepannya..

  14. maaf…bukan mengecilkan arti kehadiran nagapasa..
    namun mempertanyakan..arti dongkrak nya dimana?kalo dongkrak itu asumsi nya lompatan..atau penambahan yang jauh..kalo cuman sebiji..apanya yang ngedongkrak..kalo nambah nya langsung 5 baru dongkrak..cmiiw

    • Arti dongkraknya yg tadinya cuma bisa ngeroyok musuh pake 2 kasel jadul itupun blim tentu menang alias kalah sdh pasti, sekarang ditambah kedatangan adeknya jadi tambah nyali sedikit, walaupun tetap jg kalah. Cuma sedikit sih, soalnya nambahnya cuma satu. Lain halnya kalo nambahnya satu armada pasti bisa mendongkrak banyak.

  15. Tinggal nunggu yg ini 2 mingguan lagi muncul..K-410 smolensk

  16. fokus sama yang 405. Yang katenya dilengkapi dengan AIP.

  17. Minimal 8 unit kapal selam jenis ini dan 15 unit kapal selam mini

  18. Siluman hebt dong.

  19. Dah gak usah di gembar gemborkan. Klo mmg sdh bisa buat sendiri segera buat yg banyak baru kita berani koar2.
    Santai aja kita buat trus tau2 pengumuman sdh punya kalsel kaya gitu 50 biji aja. Pingin liat klo tetangga gak pada kebakaran jenggot.

  20. Kasel buatan PT.PAL harus sudah pake AIP!

  21. Hmmm aku lebih suka klo Indo punya kasel diatas cilo class tapi tdk usah dipublikasikan. Andaikan Soekarno masih jabat presiden Sekarang Indo pasti sdh punya kasel nuklir Dan juga kapal induk nuklir. Dan pasti sdh punya senjata nuklir.

  22. ..sudah sekalian bawa harpoon gak yah?…

 Leave a Reply